Tuesday, June 1, 2010

Kamfreet

Bingung mau ngapain lagi. gw nunggu dijemput Ompimpa dr jam setengah 6. mau pulang sendiri masih parno kaki gw kenapa2 *manja! getok nii*. gw numpang nyampah aja yaa...

gw benci banget ma kantor gw. mau dibilang Big Four kek, coverage healthcarenya gede kek, mau future career opportunitynya bagus kek,non sense!

yang bikin gw betah disini cuma tim gw yang solid. dalam suka dan senang. haha..ga pernah susah kayaknyah! kalo diajak cabut kompak bener dah. sampai ke Senior Managernya. solid kan? *wink wink*

ada buanyak banget list dosa Ernst and Young dalam hidup gw:
1. Dari wawancara user ke pengumuman diterima gaknya lama bener.1,5bulan.padahal temen gw cuma 3 minggu

2. Begitu masuk hari kedua gw langsung disuruh ke klien.tadinya malah hari pertama. Gila!!

3. Hari ketiga ditinggal di klien sendirian tanpa supervisi langsung dr senior. Kalo ini mah salah sistem ya. Harusnya kita dibekalin training dulu kek kayak d PwC.EY mah hajar bleh..makanya sekarang banyak ambil anak2 unggulan dr masing2 Univ.

4. Acara outingnya nyampah banget! Masa cuma k Puncak. Dulu sebelum CFO EY yg sekarang, sering outing k Bali,yah at least Bandung lah.

5. Gaji gw dan temen2 gw pernah secara serentak dihold.gara2 kita telat bikin timesheet report.blahh!! Ngarang ini mah!! Sampai akhirnya junior gw ngadu di surat pembaca Kompas.mampus! Malu banget tuh EY.

6. Pas tahun pertama gw di EY gw ga dapet bonus soalnya gw pernah terminate dulu buat nyelesein kuliah, terus balik lagi 3 bulan setelahnya. Alasannya gw masuk lebih lama dr tanggal yg ditentukan.beh bak ada notificationnya aja.bukan masalah duitnya, tapi caranya.

7. Tahun kemarin chargeable hours gw 1800/1900an dr standar untuk promote 1600 daaann performance appraisal gw diturunin dari highly effective jadi effective aja.ini berdampak ke gaji.jadi di level yg sama gw ma temen gw beda2 gajinya.haha. Tapi ingeett ini bukan masalah uang! gw cuma ga ngerti basis penilaiannya apa.yg banyak highly effective tuh auditor2 Pertamina. Emang sih chargeable hours mereka jauuuh lebih gede dr gw (rata2 >2000 hours), tapi gw berani kok dicompare ilmunya ma mereka.perasaan gw ga bego2 banget.tapi bego buangeet.haha.

intinya sih kalo dah di round table (istilah untuk nentuin siapa yg promote) manajer2 saling ngeluarin taring kekuasaannya.kalo lo ikut ma manajer yg meneng wae jangan harap penilaian manajerlo ke lo ga akan dichallenge. Susah itu mah highly effectivenya.kebayang yaa sikut2annya di round table?

8.Orang adminnya yaolooo..beda tipis ma Meiska di Cinta Fitri.judesnya puooll.haha. 2 bulan lalu kita pernah telat terima Out of Pocket Expense.harusnya dibayar tanggal 15 jadi tanggal berapaa gitu.pas temen gw nelp ke bagian Expense dia jawab: "kan di peraturan Perusahaan ga tertulis kapan OPE dibayar.".

Jyaahh kalo bukan karena kita2 yang ujung tombak perus buat nyari uang ini juga lo ga akan digaji Mba.

Ada lagi kejadian beberapa waktu lalu gw mau isi expense report dari laptopnya Bagian Expense.waktu itu kompinya ke log off. Gw nanya ma mba2 depan gw:"Mba maaf, tau passwordnya ga ya?".dia jawab "Yah namanya juga password ga boleh org lain tau dong Mba."

Jyaahh gw ciumlo! Masalahnya ini kan komputer yg biasa diakses umum.dasar dandang item!!haha

Nah yg ini nii paling konyol. Jadi bulan lalu expense report gw ditolak dengan alasan gw nulis deskripsi taxi dr klien k Cibubur, Jawa Barat. Harusnya Cibubur masuk Bogor Mba. Sok laah gw ganti.mungkin dia pengen spesifik. Tapi bulan berikutnya gw kelupaan tetep nulis Jawa Barat dan ga diapa2in.jd gw pikir udah ga salah. Ehh minggu lalu gw direject karena harusnya Cibubur, Bekasi.huahahahhahahahaa..

Ga bisa marah gw!! Gw malah kasian.. Pantes ya kerjaannya gitu doang (ga bermaksud ngatain bagian admin lainnya). Gw beliin peta lah besok..

9. Ini yg paling gress.gosipnya expat2 di kantor gw mau diberhentikan. Katanya EY ga perlu expat lagi. Jyaaahh bak pinter aja orang Indo!! Kalo bukan Filipino2 itu juga belum tentu EY berkembang. Lagi2 gw ga peduli sebenernya ma semua urusan kantor, tapiii senior manajer gw itu Filipino.sumpaaah gw ga pernah sekalipun terbersit kerja untuk Perusahaan.gw kerja buat dia. Kalo malaikat punya malaikat itulah senior manager gw!! Baiiiiiikkk banget! Saking baiknya lo sampai enggan ma dia.

Gw sering banget ke gap cabut ke Pacific Place depan kantor, dia malah senyumin gw! Padahal yaa kalo dia marahin gw pun gw terima. Sumpaahh!! Emang gw salah. Lha ini disenyumin! Haha.

bukti nyata senior gw yg sekarang. Dia jadi rebel gitu ke manajer aslinya gara2 pernah dipinjem senior manager gw ini. Katanya "ma manajerlo aja kerjaan gw selesai tanpa dicaci maki, kenapa manajer gw harus nyuruh dengan caci maki sih!" Haha.that's my boss!!!

Intinya sih kantor gw ga menganggap karyawannya sebagai ASET perusahaan. Gw sih percaya yaa kalo lo baik ma orang, orang pasti bakal baik ma lo. Jadiii kalo perusahaan ga baik ma karyawannya ya jangan harap perusahaan bisa maju. Berapa puluhan atau ratusan ex employee EY yg ngeluarin sumpah serapah ke EY?kita mana tau!!makanya ga berkah kali yaa rejekinya EY *mencoba mengaplikasikan ilmu berrumahtangga ke aspek perusahaan,haha*.

Semoga EY bisa nerima kritikan ini.Ini kritikan bersama lho bukan kritikan gw doang.temen gw kemarin bilang mau nulis di Suara Pembaca gara2 expensenya ditolak2 mulu hanya karena hal sepele! Form over substance procedure!!kalo kita sama2 cape nyari uang buat EY hargailah karyawannya. Jadi kita juga kerjanya semangat!!dan hargailah setiap kritikan yg membangun toh ini untuk kepentingan bersama.we need to be heard and appreciated.get my point? Fiuhh

Kenapa gw masih stay? Dah gw bilang gw kerja buat manajer gw ini.belum tentu gw pindah nemu manajer sebaik dia. Udah baik pinter lagi!!dia jadi kayak konsultannya para manajer di kantor gw.

Gw tau Allah maha adil.kalo gw ga dapet keadilan di EY pasti gw dapet keadilan di lain tempat.amiin..

*curahan hati seorang staf yg sangat takut kehilangan manajernya*

8 comments:

kartini said...

RESIGN RESIGN RESIGN!
percuma lu bertahan di kantor yang ga ngehargain karyawan dan cuma anggep karyawan kaya robot yang bisa dibego2in dan sistem manajemen yang kacrut kaya tai *jiaaaahh curcol :D

Shintano said...

Haha curcol! We'll see tin.kalo beneran SM gw resign kan pasti tim gw dipecah belah tuh, kalo ikut tim enak mungkin stay kalo ga ya udah.malas gw juga.semoga gw dapet kerjaan yg ITU ya tin.amiiinnn

Irene Amelia said...

kemaren gue makan di batam mau pesen puding alpukat..soalnya gambarnya nampak sangat enak... eh tapi gue kepikiran kasus sasa, suruh amend expense cuma gara2 di bon makan ada puding seharga Rp.14,000 yang katanya ga boleh di reimburse ke kantor soalnya bukan makanan (terus apa dunk kalo bukan makanan)...14 ribu jeng... itu orang saking ga ada kerjaannya apa ya, 14 ribu aja diurusin....bukannya sombong daripada gue disuruh repot2 amend expense mending gua bayar tuh 14 ribunya rela gue...passed below SAD amount kali mba...hahahaha
btw, mau dikemanain emang SM lo...???hehehhe

Shintano said...

huahahhahahhaa...daripada 14ribu masuk buser yaaa?haha

Anonymous said...

Saya dulu melewati karir saya di perusahaan akuntan publik. Bukan the big six. Pekerjaan saya membludak karena pegang 3 perusahaan sekaligus yg dlm waktu kurang dr 2 tahun saya membuka perusahaan sendiri dengan kantor pusat di Singapore dan cabang di China dan Vietnam serta Malaysia. Dari perjalanan from zero to hero tersebut saya memegang satu kata kunci : karma. Ketika sebagai pekerja / karyawan saya banyak menuntut maka saya tidak akan pernah mampu menjadi enterpreuner ber asset jutaan dollars. Dengan segala keterbatasan aturan perusahaan yg bisa di katakan " aneh " lah maka saya menjadi creative, innovative, berdaya juang tinggi.
So, if you wanted to be on top then you hv to be wise by not advertises yr company in bad name as think if you were as employer or the owner of the company. Good or bad is always there and will always be there as the statement we can't please everyone and to pleased everyone is not my job were true.
Salam berkarya dan bijaksana

Shintano said...

Well noted mba / mas

Ivan Santoso said...

Dan hingga mau tutup tahun 2015. KAP 2 huruf tercinta ini masih belum berubah. Sy resign dr EY per 18 Sep 2015 hingga saat ini blm ada kepastian kapan final payment saya dibayar.

Mau nanya yg poin 5 itu akhirnya beneran masuk SP Kompas? Trus gmn reaksi EY? Gajinya dibayar gak akhirnya?

Shintano said...

iya beneran masuk kompas. akhirnya dibayar sih. Haha

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template