Thursday, January 29, 2015

From The Best to The Worst (Sorry..)

0 comments
Kay sekarang dah masuk kelas 3 tahun di Rockstar. harusnya dese sekarang dah ga boleh ditemenin lagi. apakah berhasil? tentu tidak. insecure abisss.. tiap gw nemenin Kay di kelas diiringi tatapan tajam ibu2 lainnya. sebenernya mungkin biasa aja kali ya. tapi karena gw sensitif  berasa diliatin Ibu2 lain.

itu setiap mau nganter sekolah malaaasss banget. males dramanya. mana gw lagi hamil kan. akhirnya alhamdulillah wasyukurilah Ompimpa dah tinggal revisi2 tesis doang. jadi sekarang kalau sekolah dianterin Ompimpa. bye bye berdiri di kereta dan lari2 naik lift karena telat. hamdalah. haha

hati ini mencelosss deh tiap gw harus membelalakkan mata tanda encourage Kay untuk masuk kelas sendiri. karena hati ini sebenernya seneng2 aja kalau nemenin Kay di kelas karena gw jadi tahu dia lagi belajar apa dan lagu baletnya apa. soalnya gw suka catat2in lagu baletnya buat gw latih lagi di rumah. huahahaha..

tapi Kay ini kan mau sekolah. itung2 latihan buat sekolah nanti.

ditambah lagi Kay ini alhamdulillah lumayan menonjol di sekolahnya. kalau ditanya "who wants to help?" dia pasti tunjuk tangan (kecuali lagi madol main trampoline di pojokan ya. haha). selain itu, gw juga biasain Kay selalu duduk di samping Missnya. biar dia konsen gitu. kemana missnya duduk gw kejaaar. biar Kay kebiasa sekolah sungguh2.

nah sekarang, ada masanya dia nangis2 minta jangan ditinggal. udah duduk di dalampun gw harus banget duduk di belakangnya persis. masa nemenin anak ini alhamdulillah cuma berlangsung 1,5 bulan aja (lama ni yeeee..). gw pun bermodalkan trust ke Kay. gw ga akan ninggalin dia diam2. dan secara bertahap gw duduknya makin jauh, jauh , dan keluar. horeeee..pas terakhir gw berhasil ninggalin itu gw bilang "bunda nemenin bentar disini ya Kak, nanti kalau bunda ga ada berarti bunda duduk di luar ya kak." ohya 1 lagi. berbekal buku Adele Faber dan Elaine Mazlih "berbicara agar anak mendengar dan mendengar agar anak berbicara", gw ajak ngobrol Kaysa dan ikut merasakan apa yang dia rasain dengan cerita "dulu bunda juga takut kok kak ditinggal sendiri. bunda pernah tuh pas TK ditinggal umi. terus bunda nangis. akhirnya Bu Guru panggil Umi. pas bunda lihat Umi ternyata duduk di luar doang. sejak saat itu bunda jadi tahu kalau bunda aman2 aja. orang Umi cuma duduk disitu doang.". sejak saat itu anaknya berani. dan 2x setelahnya berhasil ditinggal sendiri. horeeee.... kenapa ga dari dulu sik dipraktekin.

gw inget 2 minggu lalu saat pertama kalinya Kay bisa ditinggal kelas balet sendiri gw beliin puzzle saking girangnya *tumbenGaPelit. padahal kelas gymnya belum berani ditinggal. terus minggu kemarin pas berani ditinggal di 2 kelas itu, gw beliin tas Frozen. muka bangganya masih kebayang sampai sekarang. begitu keluar kelas gw peluk2 dan bilang "Kaysa hebat sekali bisa ngalahin rasa takutnya. Kaysa sudah besarr." haha lebay bener deh. missnya juga ngasih kode kalau "finally ya mommmyyyyy..."

nah di masa2 ini gw jadi belajar gimana nerima anaklo apa adanya. dan ternyata ga mudah. at all. jadi buat Ibu2 di luar sana yang ngerasa anak kita jago kandang misalnya, atau prestasi akademisnya jelek, keep believe in your kids because kids never faill surprising you. haha

School Hunting

10 comments
Pemirsaaahhh.. rindu sangat pemirsaaahh...

tak terasa anak gadis mau sekolah (beneran). Rockstar mah goyang2 pantat doang. haha.. rasanya? biasa aja ternyata cuy. hahaha.. karena gw bayanginnya gw bakal haru biru gimanaaa gitu. ternyata datar.

school hunting ini berawal dari googling, telpon, dan datengin langsung. kriteria sekolah:
1. ga harus sekolah Islam. pendidikan agama itu tugas gw, bukan tugas sekolah. tapi alhamdulillah daerah rumah gw banyaknya sekolah Islam dan tentu jadi poin plus kalau sekolahnya Islam.
2. harus deket dan ga macet. masalahnya daerah rumah gw yg bagian mana sih yg ga macet??? Pasar Minggu? Condet? TB Simatupang? Jagakarsa? macica semuaa..
3. background gurunya harus ada yang psikologi  dan langsung coret sekolah yang gurunya lulusan Sastra Inggris. maap bukan mendiskreditkan. gapapa deh anak gw ga lancar bahasa Inggris, daripada malas sekolah karena gurunya ga nyenengin.
4. kalau bisa bahasa pengantarnya bahasa Inggris. karena Kaysa dah lancar ngomong juga sih dan interest bahasa Inggris. doi sekarang lagi suka nyanyi lagu Let It Go wesewesesweses Keminggris. haha
5. kalau bisa yang ada jemputannya karena sungguh gaji sekarang belum sanggup bayar sopir. btw gaji sopir berapa sih? haha dah jiper duluan.
6. seminggu 2-3x aja cukup.
7. BIAYA! hahaha sok2 nomor terakhir. padahal mah nomor 2. haha. FYI biaya yang dicantumin di bawah ada yang udah biaya 2015-2016 ada yang biaya 2014-2015 ya.

Sekolah Karakter
Naksir berat sama sekolah ini. Sekolah ini gurunya keren2. begitu masuk anak2 ditanya "perasaan mereka pagi itu gimana. happy? sad? disappointed?". terus mereka disuruh nempel pin yang menunjukkan moodnya pagi itu. nanti gurunya bakal nyesuaiin cara belajar dengan mood anak.kereeen ya?

tapi apadaya pas gw telpon awal Desember pendaftarannya udah tutup dari Oktober. ajegile. gw daftar SD aja udah antrian nomor 40. Gapapa deh daftar SD aja.
Uang masuk TK A 14.150.000
SPP Rp750.000/bulan
Nanti pas di TK B ada biaya tambahan Rp 2.500.000
Bahasa Pengantar: bahasa Indonesia
Background guru: psikologi dan S.Pd

Nah masalahnya adalah pas gw nanya ada jemputan ga ke Tanjung Barat, mbanya kaget. lah ini bukannya di daerah Pasar Rebo mba? bukan Bu kami di Cimanggis. yasalaaaammmm. otak otaaakk...

Sekolah Alam Indonesia
Ini sekolah idolaku. nanti pendaftarannya 1 hari ajeee pertengahan Februari. gosipnyaaaa walaupun pendaftaran jam 8.00 orang2 udah pada dateng dariiiiiii jam setengah 6. ajegile... persaingan ketat beneeuuurrr... baiklah Kay kita cari hotel deket sana nanti ya. hauhahaha yakali
Uang pangkal Rp 15.000.000.
Dana operasional tahunan Rp 3.500.000
SPP Rp575.000/bulan
Ada jemputan biayanya sekitar Rp 450-500ribu. tapi nanti akan disurvey lagi sih. katanya selama ini paling jauh sampai Lenteng Agung aja, ga sampai Tanjung Barat. baiklah..
sekolah 3x seminggu Senin-Rabu-Jumat atau Selasa-Rabu-Kamis. nanti ditentuin sekolah.
masuknya jam 08.30-11.30.
Tidak ada catering
perbandingan guru dan murid: 1 guru megang 5 murid. per kelas cuma 15 orang aja dan dibuka 2 kelas.
anak2 wajib pakai jilbab dan baju muslim bebas.
Pengantar: bahasa Indonesia
Alamat: Jl Cipedak deket Jagakarsa sana.

kelebihan sekolah ini karena pengenalan Islamnya kuat sekali. even dalam acara2 selalu memasukkan nilai2 Islam. misal pas lomba 17 Agustusan, anak2 ini makan kerupuk sambiiiil duduk. karena adab Nabi Muhammad kalau makan harus sambil duduk. lucu yaaa.. pas gw youtube sekolahnya gw sampai nangis di bagian anak2 kecil ini dibiasain cuci piringnya sendiri setelah makan. anak kayak gini yang gw pengen nih. down to earth. yang menyenangkan lainnya tentu karena main di alam ya. jadi anak ga berasa sekolah. cucok buat Kaysa yang senang berpetualang. gw aja kalau ngajarin dia kadang masuk tenda atau duduk di atas motor.

tahapan pendaftaran:
Seleksi berkas-wawancara ortu-Sit In  selama 1 mingg- pengumuman

Masalahnya: gw belum survey sekolahnya. tapi mengingat alamatnya di Jl Kahfi sana yang mana biasanya macet kayaknya bakal mundur teratur sih. we'll see..

TK Madania
naksir sekolah ini karena pengantarnya Bahasa Inggris dan sekolahnya ada kolam renangnya *cetek.
Biaya:
uang pangkal Rp 9juta/tahun, it means sampai TK B jadi Rp 27 juta ya.
Monthly fee: Rp 1.650.000
Uang seragam Rp 350.000
Field trip 1-2x free (kecuali akhir tahun ajaran akan ada field trip dan dikenakan biaya transport)
Alamat: Jl Kahfi I No.18, Ciganjur
Background guru: IKIP dan beberapa sastra Inggris. okebay
perbandingan guru dan murid 1:6
pelajaran: Math, Language/Vocab, Swimming, Moral, dan Video Audio (tampak seru)
Sekolah Senin, Selasa, Kamis jam 08.30-12.00, Rabu: 08.30-11.30 (salah 1 pelajarannya tiap Rabu berenang, makanya pulang cepet), Jumat 08.30-10.30

Nah masalahnyaaa lagi2 karena daerah macet sih ya. dan jadwal sekolahnya tiap hari. yang boneng aja anak 3 tahun tiap hari sekolah? nehi!

Kepompong
suka sekolah ini pertama karena baca blognya inidhita.com sekarang jadi inidhita.co ya. anaknya tampak manis2 sekali yang sekolah disini.
Uang pangkal Rp 10 juta/tahun, berarti abis Rp 30 juta ya sampai TK B.
SPP: Rp 1.170.000/bulan
Biaya tambahan: Rp 1 juta/tahun
Jadwal sekolah: Senin Rabu Jumat atau Selasa Kamis Jumat.
Jam sekolah: 08.30-11.30
Bahasa: full Bahasa Indonesia
Lokasi: Jl Bangka

Masalah utama sih di jarak ya dan daerah Kemang Ampera situ macetnya asoy cuy. bye bye kepompong. btw pas gw tanya lulusan Kepompong kebanyakan sekolah dimana dia jawabnya SD Kupu2. lucu bangeeetttt sikkkk...

Sekolah Cikal
Ainjieee situ mampu???
uang pangkal Rp 39.500.000 sampai TK B (udah include filedtrip dan seragam) : masih (diusahakan) mampu lah.
SPP per 3 bulan Rp 5.800.000 (oh kay ga mampu...)
TK per 3 bulan Rp 8.100.000 (kelaaarr)
Ekskul: cooking club, traditional dance, modern dance
Waktu sekolah 3x seminggu
jam sekolah: 08.30-11.00
Tidak ada trial!
Bahasa: prekinder full bahasa. TK-SD bilingual
Lokasi: deket Citos, samping Highscope

Tutor Time
yakin mau ditulis disini? yakin?
gapapalah ya. buat bagi2 shock.
Booking fee: USD 275/year
SPP USD 1300-1900/term yang mana 1 term = 10 weeks. HUAHHAHAHAHAHA
Bahasa pengantar: full English
Pengajar: lokal tapi sudah punya akta mengajar dengan pengalaman mengajar > 10 tahun. yayayayaya
Kalau TK yang ngajar native.
jadwal sekolah: minimal 3x seminggu tergantung paket yang lo pilih. ehiya biaya per termnya juga tergantung paket yang lo pilih.
Jam sekolah: 08.20-12.20
Bisa trial sekali jam 08.00-15.00
Lokasi: Kemang Timur

kapan mau trial Bu? yah saya discuss sama suami saya dulu ya Bu. tutututututut. hahaha

Jayakarta Montessori
iya iya ga pinter2 emang gw. abis nelpon tutor time kok berani2nya nelpon Jayakarta Montessori. yang nerima telpon aja bule cuy. bahasa Indonya ga lancar. yasalaaamm
Uang pangkal USD10.300/year *MasJanganNgomongJorokAhMas. huahaha
SPP : USD 250/month
Seragam: Rp 750.000
Lokasi sebelah Hero Kemang

Global Islamic School
waini sekolah yang tiap hari gw lewatin. macetnyoooooo... gw naik motor aja bisa 20 menit di daerah Global ini. bisa jadi poin plus juga sih. berarti sekolahnya beneran bagus ya. atau anaknya borju2 ya dianterin naik mobil semua. haha
Biaya: Uang pangkal Rp 15 juta sampai TK
Uang kegiatan: Rp 3,5 juta/tahun
Uang perlengkapan: Rp 175.000/tahun
SPP 1 juta/bulan
Semacam biaya POMG Rp 180ribu/tahun
jemputan: nehi. adanya buat anak SD, kalaupun ada buat pulangnya aja.
Yang diajarin: upacara dan doa2, salat, pengenalan angka.
jadwal sekolah: Senin, Rabu, Jumat atau Selasa Kamis Jumat
jam sekolah: 08.00-11.00
Bahasa pengantar: bilingual
Masa trial dah lewat Desember kemarin.

kalau ditotal2 biaya masuk pertama gw harus nyiapin 21 juta. ohkaaayyy.. tapi dibanding Al Azhar in total sama aja sik. sebenernya gw dah jadwalin observasi di sekolah ini. tapi 2x mau observasi failed mulu.
yang pertama pas lagi youtube-an eh yang paling atas nemu videonya Iqbal Cowboy Junior. yasalaaam ilfil. haha cetek. gw ga mau anak gw SD dah pacar2an maliiihhh. kelarrrr ga jadi observasi. tapi terus gw coba yakinkan diri coba aja sik diliat sekolahnya. toh testi orang2 bagus dan lulusannya juga rata2 masuk SMA 8 atau malah luar negeri. ditambah pas gw cerita ke temen2 gw mereka malah bilang "Iqbal itu emang pintar ta, dia pernah pertukaran pelajar di Australia. diantara anggota Cowboy Junior dia yang paling bener." ba ba baiklahh...jadilah jadwalin observasi kedua. lagi2 gagal karena ada berita anak Global yang bunuh diri bernama Aga, yasalaaam hidup sulit benerrr. kayaknya bener2 pertanda ini ya. sampai sekarang sih masih pengen coba observasi disana. karena hati kecil gw bilang ini sekolah bagus. kalau lagi begini sok2 mother instinct deh siiinn.. Ompimpa bagaimana? menolak mentah2 dengan jawaban " Aa ga ikhlas anak kita sekolah di tempat yang nyusahin banyak orang karena bikin macet."  hahahahhaha..

An Nash
tau sekolah ini pertama kali dari temen gw Indah. yang punya kebetulan orang EY juga, bossnya suaminya Indah. gw tau lah orangnya. aliiim bener. sekolahnya pun dah ada sampai SD. pas dah. gw ga perlu capek2 nyari SDnya lagi. datanglah gw pan. dari nanyain alamatnya aja si mba admin dah ngaco deh ngasih tau ancer2nya. berakhir gw jalan kaki dari UNAS di Pasar Minggu ke ni sekolah. booooo saya lagi pendarahan dalam ini hamilnya. sampai sekolahnya tetoott. kecil dan rumah biasa. begitu masuk wiih isinya Ibu2 berjilbab panjang hitam2. oke gw mulai insecure padahal gw dah pakai gamis lho dan jilbab sedada. padahal gw dah diceritain Indah juga kalau disini segitu alimnya tapi masih shock aja. pas mau masuk dalam kelas ada gambar yang boleh masuk cuma yang jilbab syar'i. Assalamu'alaikum *kepretinjilbabkeperut *ehganyampedengjilbabnya. haha

pas masuk daaaang ga ada orang. akhirnya gw telpon dijawab "sudah sampai ya Bu. baik saya keluar." hihi...
gw langsung diajak masuk untuk trial. tapi karena hari itu adanya kelas toddler 2-3 tahun yasulah coba aja. pas gw datang lagi jam istirahat. anak ini makan cemilannya. lucu2 banget anaknya. ga lama gw ambil brosur. terusss pas balik, gw liat Kaysa lagi sesenggukan nangis karena sedih ditinggal dan gurunya DIAM AJA. kelaaar.. padahal gw datang ma Umi juga lho. Umi mukenye dah sepet benerrr.. ga mau masuk malih. maunya nunggu di luar. hauhahahahaha..

ohya kalau disini sudah pasti jilbabnya syari ya. terus untuk TK cowo sama cewe dipisah. hihihihi... bahasa pengantar Indonesia. sampai SDpun bahasa Inggris cuma ekskul aja. bahasa utamanya Indonesia dan Arab. yayayyaa. background gurunya pun kebanyakan dengan gelar LLC, yang berarti lulusan Kairo Mesir. fasihhh banget kayaknya Arabnya ya. haha

sebenernya masalah alimnya gw ga masalah. justru ini tabungan akhirat gw toh. kalau Ompimpa justru ga setuju. dia mau sekolah yang biasa2 aja. ga usah terlalu strict toh kita lahir di sekolah umum alhamdulillah alim2 aja (situ sini sih gak!). hamdalah. thank you for reminding me the reason why I married you Ompimpaaa..


akhirnya yu dadah babay kita pulang.

Biaya:
Uang pangkal Rp3.300.000
Uang Kegiatan Rp 1.900.000
SPP Rp 450.000/bulan
jadwal sekolah: Senin Rabu Jumat
jam sekolah: 08.30-11.00
Boleh trial 2x
Alamat: deket UNAS Pasar Minggu. kalau SDnya di Jl Swadaya I, Poltangan, Pasar Minggu.


Al Azhar
kalau ini jujur tertarik cuma karena ini paling deket dari rumah yg ga macet2 amat. akhirnya kita survey kesini. Kaysa mah suka sekali. karena banyak mainannya (padahal biasa aja) sama banyak washtafel mini. hahhaa anakku kenapa kamu cetek sekali kayak Bunda. pas masuk kelasnya emang beda ya kalau sekolah dah pengalaman, menyenangkan deh. banyak gambar anak2 ditempel.

Biaya:
Uang pangkal: Rp 7 juta/tahun (include fieldtrip). nanti masuk TK bayar lagi Rp 12,7 jutaan. jadi total Rp 20 jutaan lah ya sampai TK B
SPP Rp 550ribu/bulan
Biaya semacam POMG Rp 180ribu/tahun
Biaya formulir Rp 200ribu.
Ada jemputan. moso ke rumah gw Rp 800ribu/bulan dong jemputannya. mamaaakkk,,, seiprit doang gini lho. nambah dikit dah dapet sopir ya. haha
Bahasa: Indonesia dan Inggris untuk beberapa daily commands
Alamat: Jl Mujair, belakang Pom Bensin  yang deket markas PKS itu.
Tidak ada trial!


Disini Kay dah gw daftarin dan jadwal observasi 21 Februari bertepatan dengan nonton Hi5. semoga keburu deh nonton Hi5nya.. hati sih agak ga srek ya. secara temen2 gw yg geblek2 itu ya lulusan Al Azhar semua. tapi diliat dari kualifikasi dan jarak gapapalah ya Nak setahun ini di Al Azhar dulu. nanti kalau bunda dah mampu bayar sopir kita cari sekolah lain.

Jadi dimana adinda sekolah? Al Azhar? maybe.. see masih belum yakin. haha







Monday, January 12, 2015

Di surga

6 comments
Kaysa ini mulai banyak gaya. Mulai banyak kejadian yang pengen rasanya balikin Kay ke perut. Haha kejam. Mulai dari kalau marah menghentak2an kaki sambil tangan bersila di dada.. terus marah teriak2 "Bunda nih..." yasalaamm  itu pengen banget gw pites rasanya.

Habit juga mulai aneh2. Kebiasaan 3 bulan ini dia suka banget NGEMILIN GARAM. Yasalaaam. Pernah gw banyakin ngasihnya dia ga kapok lho.

Kebiasaa  baca buku alhamdulillah masih berlanjut. Kemarin gw dapet arisan buku Ensiklopedi Bocah Muslim. Ada 1 buku tentang ensiklopedi Islam. Salah 1nya ngenalin konsep surga neraka. Kalau untuk konsep neraka sih gw skip. Gw lebih suka ngasih gambaran Kay tentang surga ketimbang nakut2in dia tentang neraka. Sekalian lah masukin values siapa aja yg masuk surga

S: Kak kalau di surga enak lho. Banyak makanannya. Ada anggur, apel, salak, mangga. Tapi Allah milih2 mana aja yang boleh masuk surga. Cuma anak2 saleh dan sopan yg masuk surga. Jadi Allah kan ga suka ya sama anak pemarah *ngaca, sama temen juga harus baik, sharing mainan, kalau hentak2in kaki juga Allah ga suka.
K: gitu ya?
S: iya makanya bunda baik ma temen bunda, sama Umi. Kan bunda pengen makan anggur, apel, salak. Enak ya tinggal metik doang
K: *mata lirik kanan kiri tanda mikir. Yess kayaknya berhasil nih*
Ga lama dia bilang: kalau di surga ada garem ga bunda?


Kelaaaaaarr...

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template