Thursday, December 21, 2017

Survey Sekolah Kaysa

Eh Ya Allah sampai juga masanya puyeng pilih sekolah anak. gila berliku banget ini pemilihan SD doang. it's gonna be a loooooong post ya gaes. sabar. haha

Untuk survey sekolah tahun pertama gw dah pernah share disini yaa..

Survey Sekolah Tahun Kedua

Setelah survey yang gw share disitu, akhirnya diputuskanlah Kaysa masuk Al Azhar.  dari awal masuk gw ga sreg ma sekolahnya. karena waktu itu gw hamil Nara jadi selama gw cuti melahirkan gw bisa antar Kay sekolah dan lihat langsung sistem pendidikan disana. dalam seminggu tuh bisa 1-2x nonton film kayak Pocoyo bermain musik, kisah nabi, dll. Lah kalau nonton mah di rumah aja maliiiihhh...

Jadi selama setahun kedua gw mulai survey buat cari TK baru. huahahahha.

Dwi Matra
Tahu sekolah ini dari forum Urban Mama. untuk sekolah ini Kay sempat trial. waktu itu kita berangkat jam setengah 8 untuk trial jam 8. eh ndilalah sampai sekolah jam setengah 9. lokasi sekolahnya di belakang Citos untuk playgroup dan TK. Untuk SD dekat tempat urut H. Naim.

dari luar sekolahnya rumah doang cuy. mana jalanannya sempit. ga kebayang macetnya pas jam berangkat/pulang sekolah.

Untuk bahasanya full English. gurunya muda-muda dan asyik-asyik. pas gw datang sih gurunya pakai kaos dan jeans doang. kece. yang gw suka disini sistemnya active learning. setiap anak diajarin untuk speak up. terus gurunya hafal aja gitu nama adik-adik muridnya. misal ya pas gw datang lagi belajar beach. terus ditanya di pantai ada apa aja. terus yang ceriwis2 cerita deh dia pernah ke pantai sama si X , Y, Z. terus gurunya tahu lho si X, Y,Z itu siapanya si anak. kereeen

jam 9 anak-anak makan, lanjut gambar di luar. secara gedung sih ga banget. tapi gw suka sistem pendidikannya. untuk biayanya tahun 2015-2016 sendiri kayak gini.


Gw suka moto sekolahnya be kind and creative everyday. emang kreatif2 anaknya gw liat. Dari data hasil survey tahun keempat ketauan kalau nilai UASNya pun bagus deh sekolah ini. peringkat 100. Yang bikin ga jadi disini karena macet sih.  tapi ga kapok. karena dah terlanjur ke daerah sini mari kita coba ke......

Al Jabr
huahahahahhaa. situ arteis sin? baru turun dari Uber aja gw dah minder. eh ya Allah cakep amat ini sekolah. kayak yang di FTV2. huahahaha.

bahasa full English. sekolah Islam. pas gw ke admissionnya langsung dibilang untuk SD dah full booked. padahal anak gw SDnya masih 3 tahun lagi. hauhahaha. ohya gw emang cari sekolah TK yang ada SDnya. biar ga usah nyari lagi.

Dari survey tahun ke3 gw jadi tahu kalau nilai akreditasinya 94 apa 96 gitu terus nilai UAN 2016-2017nya peringkat 501. Eaaa

terus karena udah lah terlanjur kesini akhirnya gw daftarin Nara sekolah. yang mana waktu itu Nara masih 2 bulan. hauhahahahaha.. pas gw bilang anak gw masih 2 bulan si admin bilang kalau yang daftar disini emang yang masih pada hamil. ebuseeet. hauhahahahahahhahahahahhaha

karena speechless gw ga banyak nanya sih disini. karena yakin ga mampu juga ya.

Untuk biayanya tahun 2015-2016 sendiri begini:

Eaaa eaa eaaa... Mamak makan nasi aking. Pas gw youtube acara akhir sekolahnya juga keren deh. Baguss. Emang beda kelas dah sama gua.

Nah di survey tahun kedua ini juga gw jadwalin trial ke Global Islamic school. Lagi lagi pas hari H ada aja halangannya. Anaknya baru bangun jam 8an dari jadwal trial 08.30. Jadi mari kita lanjut TK di Al Azhar aja.

Survey Tahun Ketiga
Nah di tahun ketiga ini gw berbekal hasil akreditasi sekolah berdasarkan web Badan Akreditasi Nasional. Kriteria yang dilihat dari standar isi, standar kompetensi, standar proses, standar pendidik, sarana, standar pengelolaan, standar biaya, dan standar nilai. Diketahui kemudian peringkat pertama untuk Jaksel ternyata lumayan deket ma rumah gw, yaitu....

SD Insan Mandiri
Lokasinya di Jl. Batu Merah No. 71, dekat stasiun Pasar Minggu Baru, di belakang apartemen Nifarro. Gw jalan dari rumah jam 7an naik ojek sampai sekolahnya jam 07.50. Jangan tanya muka Kay. Jutek. Capek di jalan ya Nak. Huahahhaa

Sampai sana zonk. Jalan yg gw lewatin naik ojek aja cuma muat 1 mobil. Pas sampai sekolahnya eaaa eaaa napa jelek amaaat.

Habis itu gw tanya2 bapak administrasinya. Kaget doi kalau gw nanya2 buat SD yang masih 2 tahun lagi dimasukin. Huahahaha.

Dari hasil ngobrol2 gw SUKA BANGET ma sekolahnya. Jadi dia nerapin sistem multiple intelligence research. Anak pas masuk dites dulu buat diliat si anak kelebihannya dimana. Terus nanti anak yang cara belajarnya mirip dikelompokin jadi 1 kelas untuk memudahkan cara ngajar gurunya ke anak tersebut. Keren yaa. Jadi anak2 yg gaya belajarnya visual akan diajar dengan banyak gambar misalnya.

Terus dia prinsipnya semua anak itu pintar jadi tiap anak diasah kemampuannya sesuai kepintarannya masing-masing. Moto mereka Sekolah Para Juara dan Sayang Teman. Nilai akreditasinya 98 dari 100 dan dari data survey tahun keempat, ketauan nilai UASnya pun peringkat 112...(lo harus baca post SD Pilihan ini)

Terus pas gw tanya harganya 36 juta aje. Itu 2 tahun lalu. Sekarang berapa? 45 jutaan. Mari pingsan jamaah. Pas gw denger harganya 36 juta itu gw langsung comment ke bapak admin "Pak mohon maaf nih ya Pak sebelumnya. kenapa mahal amat sekolahnya? tapi kok bangunannya begini? tuh liat di belakang bapak tuh Pak, dindingnya dah kekelupas." Huahahahahhahahahahaha muluuutt muluuut. terus bapak admin bilang kalau fokus mereka memang di pendidikan gurunya. 67% (29 dari 43) gurunya dah S2 lho cuy. even 17% (2 dari 43) gurunya dah S3. terus selain itu mereka memang suka berangkatin umroh gurunya tiap tahun. pantas berprestasi ya. ternyata kesejahteraan guru sangat diperhatikan. terus dari mama temen Kay yang adiknya ngajar disana terkuaklah kalau gedung mereka masih sewa. ya kebayang ya cuy biaya sewanya daerah Kalibata. pantes biayanya mahal amatan. Terus gw jadi khawatir juga ntar kayak Nizamia lagi pindah dr Kalibata dan daerah Blok M pindah ke Jaktim. Jauuuh.. Jadi survey tahun kedua ini mari kita akhiri saja. karena haiqul yaqin mau masukin Kay kesini. tok tok tok




Survey Tahun Keempat
Akhirnya tiba masanya cari sekolah SD beneran tahun ini yang mana anaknya sekolahnya masih setahun lagi. di tahun keempat ini bekal bertambah. selain nilai Badan Akreditasi Nasional gw juga dapat PDF nilai UAN SD SeJakarta. bagi yang mau sok comment alamat emailnya. nanti insyaAllah gw emailin.

Dari hasil UAN ini makin yakin pindah dari sekolah Kay karena peringkatnya 551 aje. Innalillahi...

Global Islamic School
Iya iya tahu perasaan tiap tahun consider ini mulu tapi ga daftar2. hauhahahahahha. jadi nilai UAN sekolah ini nomor 1 cuy seJaktim. Ho oh sekolahnya masuk Jaktim karena di daerah Condet situ. terus akreditasinya juga peringkat 1 seJaktim sama ma Insan Mandiri nilainya 98. pas survey ajak Kay, girang beneeeerrr anaknya. yang tadinya Al Azhar minded tetiba jadi Global minded. dia suka sekolahnya karena ada.........



Kolam ikannya. Nakkkkk kok cetek sih kayak bunda.

Kalau dari segi fasilitas emang gw akuin bagus banget ini sekolah. sekolahnya luas, bersih, jemputannya oke, ada kolam renangnya, ada lapangan panah, perpus bagus, masjid ga ada tapi solatnya pada di aula.

Pas gw trial gw emang selalu melipir ke kantin buat nguping2 anak-anaknya yang lagi ngobrol. nah pas di GIS ini pas banget mereka lagi ambil raport term 1. jadi banyak Ibu2 ngumpul. gw tanya lah reviewnya. mereka sih puas semua sama sekolahnya. baik secara akademis maupun agama karena anak2nya dah hafal 1 juz ceunah. tapi kan target gw lebih tinggi dari itu yaa, jadi gw ga melihat ini sebagai kelebihan sik. terus mereka concern di harga, katanya biaya tahunannya naik terus. emang mahal banget sih Ibu-Ibu begini nih:


Ja ja ja di sampai lulus SD habis 60 jutaan ya cuy. Luar biasa. Yang gw takutin dari sekolah ini sedari dulu kan karena borju2 ya yang sekolah disini. bikin macet Jl Condet. tapi pas gw trial dan Kaysa tes disini keliatan lah ibu2 yang kayak gw ternyata banyaaak. jadi gw agak tenang. terus kakaknya teman sekolah Kay yang disini juga anaknya pintar dan biasa aja. ga hedon gitu. jadi mari kita pertimbangkan.

Kelasnya ada 8 masing-masing 24 anak dengan lulusan TKnya cuma 3 kelas jadi masih besar kemungkinan buat murid di luar TKnya yaa.
Rasio guru 1:12
Backgorund guru lebih dari 50% S2, tapi ga ada yg S3
Jam sekolah 07.15-13.30 untuk kelas 1-3
Ada jemputan dengan range harga Rp 550.000 untuk Pulang/Pergi saja dan Rp 750.000-850.000 ke Tanjung Barat
Ada catering dengan harga Rp 18.000/porsi atau Rp 350.000/bulan
Ekskulnya banyak ada basket, renang, futsal, panahan, wushu, karate, taekwondo dengan biaya Rp 500.000-Rp775.000/bulan. Dududu..
Bahasa pengantar: Bilingual. Untuk pelajaran Science, Math dan English full English. Terus dia tiap seminggu sekali ada native yg ngajar.
Tiap pagi ada ngaji/iqro/tahfidz juga kalau mau. Jam 06.30-07.00
Anak2nya rajin salat Dhuha.
Target hafalan 2 juz.
Terus ada buku agenda ibadah harian juga. Mereka juga ada sistem award bagi anak yg berperilaku manis hari itu. Yg ga baik nilainya dikurangin.

Biaya formulir Rp 450.000. Nah tes masuknya ngapain? Tesnya 2 jam ajeee. Ada tes calistung (yeaa rite agak ilfil), walaupun tes berhitungnya gampang sih kayak 3+1, 4+1, dst. Terus ada tes geometrik gitu nama bangunannya apa, terus ada tes loncat kayak main gaplek (anak gang sanip alert huahaha), ada tes mengancing baju juga. Kalau dari hasil tesnya sih ada aspek bahasa tapi Kay ga inget tes bahasanya ngapain. Hauhahahaa gw rasa sih ditanya nama2 benda. Nah hasilnya kayak gini nih


Dan hasil tesnya bener banget ya Allah. Emang Kay kemampuan melihat situasi sosial kurang banget. Dia ga bisa lihat gw lagi buru2, atau adiknya lagi ngantuk tapi masih digodain ma dia. Dan emang daerah rumah gw ga ada temen mainnya dia. Cuma ada 2 teman. Jadi aja makin ga terasah kemampuan berinteraksi sosialnya.

Nah selain itu ada kuesioner seabrek2 sampai 7 halaman yg diisi ortu sebagai pengganti wawancara sekolah. Agak kecewa sih gw kalau ga ada interview. Kan gw mau tanya2 langsung ke Kepala Sekolahnya. Selama ini kan gw nanyanya ma temennya temen gw yg anaknya dah disana. Kalau kata temennya temen gw di Global tiap 5 hari ujian. Ajegile. Tapiii sisi baiknya jadi tiap ulangan bahan ulangannya cuma 5 halaman aja. No wonder prestasi mereka bagus ya. Emang rajin pangkal pintar. Huahaha

Gimana masih lanjut Global? Gak ah masih sreg Insan Mandiri.

SDIT Buah Hati
Nah tahu sekolah ini dari mamanya teman Kay. Kebetulan ketua pengajian kantor juga anak2nya pada disini. Hasil akreditasi BAN nilainya 96 dan peringkat 6 seJaktim. Terus nilai UANnya dapat peringkat 132. Jauh yesss ma Global. Nah pas survey sayangnya gw kesana habis dari Global. Ya jelas anaknya ga mau masuk. Jelek banget sekolahnya. Konon katanya ni sekolah aksesnya banjir kalau pas hujan besar. Mana pas gw kesana anaknya bebas jajan di luar. Kan eyke ngeri. Buat biayanya kayak gini. Pas gw survey sih ngeliat anaknya ga tertarik acan jadi gw ga nanya mendalam. 5 menit keluar lagi menuju sekolah ketiga...


SD Smart School Al Hamidiyah

Alamatnya di Jl Kecapi, Jagakarsa situ dekat Jl Joe. Nah karena gw berangkat dr Condet berasa jauuuh banget ini sekolah. Padahal jalanannya lancar. Jadi ini berbanding terbalik ma Global yg deket tapi macet.

Tau sekolah ini dari tetangga gw yg anaknya disana. Tapi dari awal emang gw ga tertarik sih. Pertama karena akreditasinya jelek, 92 apa 94 gitu. Terus peringkat nilai UANnya juga 256. Taaapiii sekolah ini bagus. Sistem pendidikan active learning, sistem sekolah juga sekolah karakter. Ga ada PR. Tapi bagi yang ga selesai ngerjain di sekolah besoknya dilanjutin lagi buat ngerjain. Terus kalau dirasa masih kurang juga nanti ada jam pelajaran tambahan dari guru tanpa dipungut biaya. Kata temen gw yg lain lucu deh anak2 sana malah yg ga perlu ikut kelas tambahan pada ikutan juga pengen belajar. Keren ya. Ohya sekolahnya full Bahasa Indonesia dengan background guru yang S2 masih sedikit. Terus ya turn over gurunya lumayan tinggi katanya. Jadi minus tersendiri buat gw.

Pas gw survey pun langsung dikasih powerpoint mengenai sistem sekolahnya. Ini 1-1nya sekolah yg begini nih eh 2 deng ma Insan Mandiri yang kirim powerpoint by WA pas pemgumuman open house. Pas gw confirm ke bapak admin emang iya sih dikit banget yang masuk SMP 41 yang gw pengen. Cuma 2 orang cuy. Terus peringkat sekolahnya ke6 seKecamatan. Dudududu

Sekolahnya juga bersih, sarana lumayan lah, toilet bersih, sayang tempat salatnya mini amat, terus kantinnya super mini. Kaysa ga mau disini karena katanya ga ada mainannya. Huahaha. Tapi tahun depan mau ada mainannya kok.

Untuk agamanya target hafalan 5-8 juz tapi secara realita 2-5 juz aja.

Nah 1 lagi kelemahannya sekolah ga nyediain jemputan. Jadi sekolah cuma bantu koordinir sopir yg dekat sekolah yang biasa jemput anak2 SD di lingkungan sekitar sekolah. Lah Kaysa pulang TK naik ojek aja tidur mulu padahal deket gimana sekolah yg jauh dan pulangnya jam setengah 2an. Ohya kata tetangga gw juga karena setelah jam pelajaran ada sesi tanya jawab mengenai perasaan anak hari ini, jadi jam pulangnya suka molor jadi jam setengah 3 kalau pas banyak anak yang mau ungkapin perasaannya. Sweet and bitter reality sih ini. Haha


SD Kretivitas Anak Indonesia
Tau sekolah ini dari tetangga gw juga. Alamatnya di Jagakarsa juga Di Jl Kedondong.

Pas masuk Kaysa sumringah banget cuy. Karena ini sekolah baru dan bareng sama TK jadi banyak mainan.

Tapi masalahnya karena ini sekolah baru belum ada lulusannya. Paling gede kelas 4. Pas gw kesana sih meski lagi dibangun tapi ga berdebu. Gurunya? Jangan tanya. Gw suka suka suka. Gurunya ramah anak semua. Keliatan kan ya dari mata mana yang ngajar dari hati. Gw suka banget deh. Mana anaknya pintar2. Pas gw makan bakso gw nguping anak yang nanya mulu ke ibunya. Ah makin cinta. Tapi ya kantinnya belum ada. Jadi cuma ada tukang bakso ma minuman di pojokan.

Sistem pendidikannya 50% indoor 50% outdoor. Sarana juga bagus banget. Ada kolam renangnya juga. Tapi kolam renang di KAI di tengah gitu dan agak kebuka. Gw sih ga mau ya Kay berenang diliatin anak lain. Kalau di Global dia kolamnya dibelakang dan meninggi gitu. Jadi ga terpampang nyata. Jam berenang pun dibedain cewe ma cowo.

Yang bikin ga jadi masuk sini sih jelas karena sekolahnya ga berbasis Islam ya. Ngeralat postingan gw pas survey tahun pertama dulu ternyata sekolah Islam itu penting banget. Gw jadi lebih alim karena anak gw alim. Jadi bener2 bisa jadi tabungan akhirat si anak dan ortu juga. Jadi dengan berat hati KAI kita coret dr list. Ini 1-1nya sekolah yg walaupun secara akademis belum terbukti tapi gw sreg. Huhu






Dah mau closing tapi masa sekolah anak sendiri ga dipajang sih ya. Ini nih..

SD Islam Al Azhar

Secara gaya belajar gw ga suka. Terlalu 1 arah. Dan anak diminta jadi penurut ya. Padahal kan memang tiap anak unik. Dan gurunya kewalahan ngadepin anak yang beda. Even ada 1 anak yg akhirnya dirumahkan karena menurut gurunya si anak ga siap sekolah. Eaaaa. Kebayang ga sih jadi ortu si anak. Atau bahkan perasaan anaknya sendiri? Selain itu yg material lainnya sih mamak pusing dimintain duit ini itu mulu. Dengan uang pangkal segitu gedungnya jadul dan prestasi minim ya. Tapi kalau dari sisi agama emang bagus banget cuyyy. Kaysa dah khatam Qur'an. Gurunya support kelebihan anaklo dimana. Sekolah juga rajin ikutin anaknya lomba atau pameran gitu. Jadi kan anaknya semangat banyak piala.

Terus tiap tahun ada aja piala yg dikasih ke anak. Ada kategori peserta ekskul terbaiklah atau even peserta ekskul doang dapat piala. Jadi tiap anak merasa mereka juara. Ada juga kategori anak terajin baca buku dan terajin ke sekolah. Sweet.

Plusnya lagi tahun kemarin lebih dari 90% anak TKnya khatam quran. Bahkan ya pas acara akhir tahun kayak Pildacil gitu. Ada 8 anak terpilih yang disuruh nyambungin ayat juz 30. Ih merinding deh liatnya. Kalau untuk SD target hafalan 1 juz. Ada ekskul menari, menggambar, tahfidz, futsal dll.




Nahhhh jadinya pilih mana? Tunggu postingan berikutnya yaaa. Dah sampai rumah nih

30 comments:

Dhiandh, Mommy Adelio said...

halo mamak kaysa boleh minta pdfnya? email aku diannitasupiadi@yahoo.com

nuhun yah teh

Dhita said...

Salam kenal bunda Kaysa.. boleh minta data Akreditasi & nilai UAN nya? email aku : chiexa@gmail.com
Terima kasih sebelumnya..

Anonymous said...

Hii.. Bunda Kaysa.. thanks yaa infonya...
sya mau minta data akreditas & nilai UAN juga yaa bun..
ke iachu207@gmail.com

Terima Kasih

Anonymous said...

Assalamualaikum bunda Kaysa, boleh minta file akreditasinya dan UAN nya, dikirimin ke rahmanrh@yahoo.com , yaaa, makaciih

Shintano said...

@all sudah kuemail semua yaa..

Dini said...

Hi Mba...

Aku Dini, salam kenal..Boleh minta dikirimin kah file akreditasi da UAN nya? dikirim ke adiputri09@gmail.com

Terima kasih sebelumnya yaaa

Unknown said...

Halo Mba shinta,

Salam kenal sebelumnya, saya tahun ini juga sdh harus persiapan SD utk tahun depan. Boleh minta dikirimin juga seperti ibu2 yg lain file Akreditasi dan UAN nya? Masih galau bgt cari SD nih padahal sdh waktunya daftar2 😁😁

Makasih bgt sebelumnya ya mba.

Unknown said...

Halo mba sinta,

Salam kenal sebelumnya, sy juga sdh harus segera daftar2 masuk SD sekarang ini. Masih galau terus, boleh minta di email daftar nilai akreditasi nya dan peringkat Nilai UAN nya mba?

Oiya mba. . Maaf sampe kelupaan saya kasi alamat emailnya pada pesan sebelumnya saking excitednya baca blognya yg berguna banget. Ini udh pesan ke-3 ����.
Alamat email saya di :
Tweety.pandanarum@gmail.com
Dan
Eliaratih@yahoo.com

Makasih sebelumnya.

Shintano said...

done juga ya mba

Unknown said...

Assalamualaikum.. mama Kay, mau minta file UAN dan akreditasinya juga dong.. tolong email ke cumatika@yahoo.com terima kasih sebelumnya ya mom

Umi Nahla & Rei said...

Malam mbak..aku juga mau minta tolong kirim file UAN dan akreditasinya ke sekarputri_asihjaya@yahoo.com terimakasih sebelumnya yaa..
Hari ini kami survey ke Global condet dan hampir pasti si sulung mau ikut test disana..tp baca postingan ini jd galau mau survey2 yg lain..hehe

Unknown said...

Mau fonk mb kirim email akreditasi dan nilai UAN ke nuryati100611@gmail.com. Mksh

fidrie said...

aku juga mau ya mba, email akreditasi dan nilai UAN nya, makasih,email:fidrianti @gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum.. mama Kay, mau minta file UAN dan akreditasinya juga dong mba..boleh minta tolong email ke anissaharyadi@gmail.com terima kasih sebelumnya ya mom

Unknown said...

Assalamualaikum mbak, boleh minta jg kah mbak file akreditasi & uan nya? Lg bingung cari2 sekolah tiba2 ketemu tulisan ini:) Terima kasih banyak sebelumnya mbak

Email ku denissa_anind@yahoo.com

bunda twins said...

assalammualaikum bund,boleh minta jg ya mba file akreditasi n UAN nya ya bund,emailku detwins.pasha66@gmail.com
mksh ya bund

Unknown said...

Assalamu'alaikum Bunda Kay.. boleh minta juga ya file akreditasi & nilai UAN nya.. emailku ayu.adjas@gmail.com
Hatur nuhuunn 🙏

rani.ferlianisa said...

Assalammualaikum bunda kay
Boleh email aku juga gak utk akreditaaidan peringkatnya tks yaa

rani.ferlianisa@gmail.com

Tysha said...

Hi moms, boleh tolong share ke email saya di tysha.a.sugiharto@id.ey.com? Thanks mom

Unknown said...

Moms mau dong moms share ke email saya cantyasuwitri@gmail.com terimakasih mom

adriratna said...

Assalamu'alaikum bunda Key, boleh saya diemail juga data nilai akreditasi dan peringkat UAN.. terima kasih sebelum dan sesudahnya ya bum.

Shintano said...

Sedih dikirim semua ya moms

@adriratna emailnya apa?

Erlita said...

Assalamualaikum mbak... terima kasih banyak postingannya... lagi galau juga cari2 SD nih. Walaupun anaknya masih TK. kalau berkenan bisa diemail data akreditasi dan UAN nya mbak ? ke erlitadewi06@gmail.com, Terima kasih banyak

Unknown said...

Assalamu'alaikum bunda Kay, boleh saya diemail juga data nilai akreditasi dan peringkat UAN..ke email efebriana1982@gmail.com
terima kasih sebelum dan sesudahnya ya bun..🙏

Anonymous said...

Assalamualaikum moms.. Kalau boleh saya diemail juga data akreditasinya ya.. septianiatma@gmail.com
Terima kasih..

Unknown said...

Mom, mohon dishare juga mengenai akreditasi dan peringkat uan nya di mommyhanum10@gmail.com.. terimakasih

Azam_kyky said...

assalamualaikum mom...minta tolong dong mom di share untuk akreditasi dan peringkat uan nya...email nya rikyandinivery@gmail.com....ditunggu ya mom...terimakasih🙏🙏🙏

Dwi Maulid Diana (dien) said...

saya jug mau mbak di email akreditasi dan pwringkat sekolah yaaa.. ke dwimauliddiana@gmail.com.. saya tunggu..makasih ya mbaaaa

Anonymous said...

Assalammualaikum mom.. boleh share data akreditasi dan peringkat UANnya? email aq ginaitinq@gmail.com.. Makasih

Unknown said...

Haloo mba, saya juga mau tolong di share yaa

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template