Tuesday, November 16, 2021

Tahapan Penerimaan Siswa Baru SD Nizamia Andalusia 2022/2023

 Assalamu'alaykum...


Alhamdulillah ujian masuk SD Inara di Nizamia dah selesai. Tinggal nunggu hasilnya aja nih. Berikut tahapan ujian masuk di SD Nizamia Andalusia tahun ajaran 2022/2023:

1. Pendataan identitas diri calon siswa via Google Form di bulan September

Tahapan ini intinya kita menunjukkan bahwa kita mau daftar di SD Nizamia buat nantinya diundang di open housenya. 

2. Admin Nizamia akan mengirimkan info FAQ, registrasi dan undangan open house. Di tahap ini kita boleh milih mau datang langsung kesana atau by zoom. Gw sendiri kemarin milihnya by zoom. 

3. Konfirmasi kehadiran open house.

4. Open house di minggu ke4 Oktober selama kurleb 30 menit. Gw kemarin kaget juga pas open house ternyata cuma berdua sama ortu lain. kirain ramean. mana belum pakai lipstick *penting. huahahha. Ndilalahnya lagi mama lainnya itu gw kenal. Dulu anaknya sekelas Kay. sempit amat dunia. 

Nah open house ini ngapain aja? Dijelasin sistem belajar di Nizamia terus intinya ini kita bebas nanya apa aja sama Wakil Kepseknya. Ohya yang spesial di Nizamia sendiri Kepseknya ada 2 untuk grade 1-3 sama 4-6. Keren ya jadi lebih fokus. gw kemarin puas banget sih nanya2. Alhamdulillah.

5. Nah baru tahapan yg benerannya nih pendaftaran di awal November. Berhubung gw pernah salah paham daftarin Inara di Maret 2021 kemarin yang ternyata itu buat tahun ajaran 2021/2022 (geblek ga ilang2!!), jadi gw kebayang pertanyaannya sebuanyaaak itu. Pertanyaannya kayak kalau anak Anda dibully atau menjadi pelaku bully apa yang akan Anda lakukan? Kalau anak Anda ketahuan mencontek apa yang akan Anda lakukan? Apakah akademik itu penting bagi Anda? Mengapa Anda merasa anak Anda layak diterima di SD Nizamia Andalusia? Gitu2 deh sampai 4 halaman. Gw ngerjain ini luamaaa.. Niat banget dah. Di saat ini kita juga upload soft copy dokumen kayak KK, Akta Lahir, Raport TK, dll. ohya selain itu juga ditanya apakah anak Anda prematur, apakah anak Anda merambat pas bayi. wow ngaruh ya? haha. Tapi emang secara scientific katanya anaknya yang merambat terlebih dahulu baru berdiri/jalan lebih baik ya. 

6. Pelaksanaan Assessment Siswa. Ini juga bisa dilakukan secara offline dan secara online. Kali ini gw pilih offline karena gw pengen liat anaknya enjoy ga di sekolahnya. Dan Alhamdulillah Inara suka banget sama sekolahnya. Katanya gurunya baik2. ya Allah hati guaaa.. hangat! udahlah ini pertama kali offline school terus anaknya enjoy sekolah dan suka guru2nya. emang Inara pertama datang di kelasnya. kita sampai jam setengah 8an. gw liat dari luar dari datang sampai tes gurunya ngajak ngobrol terus. semoga Inara terus suka sekolahnya ya nak. amiin..


Berdasarkan cerita Inara yang ditanya pas tahapan ini pertama anaknya disuruh perkenalan di depan kelas, anak dikasihliat kartu bergambar misal gambar burung, terus mereka disuruh nulis huruf pertamanya gambar tersebut, jadi Inara nulis B, kuda juga gitu tulis K. jadi menurut Inara ga nulis kata ya cuma huruf pertama. Tapi ga tahu deh beneran apa ga. huahaha abis anaknya asa ngocol. terus gw tanya tes bahasa Inggrisnya apa? kalau kata Inara sih ga ada pertanyaan khusus ya. cuma emang kalimat pertanyaannya pas di kelas pakai bahasa Inggris gitu. lagi2 ga tahu bener apa ga. haha.. abis itu katanya nyanyi lagu bahasa Inggris. Kata Inara ini yang paling susah. HUAHAHAHAHAHAHA.. orang tiap hari nyanyi kok susah sik. gemeeesss. katanya aku ga hafal lagunya. oh baiiikk.. 
Terus disuruh counting, kata Nara sih tambah2an aja, ga ada pengurangan (ya penambahan aja udah susah sik buat anak TK naaak. hfffttt). Terakhir disuruh mewarnai. ohya ada juga gw liat mereka keluar kelas terus disuruh jalan lurus sama lari ngikutin garis di depan kelas. ortunya selama tes ada waiting room gitu terus dipasangin film Kartini. gw lagi seru nonton, eh diganti film Sherina. huahaha. bagus deh emang ada anak2 yang ikut juga.

7. Pelaksanaan parents interview selama 10 menit. 

Waini... jangan sampai anak gagal gegara kesalahan ortunya yekaan.. yang ditanya sih cuma 4 pertanyaan ya seinget gw : 

- Apakah akademis itu penting menurut ortu? 

- Apakah Anak mempunyai gadget sendiri? 

- Siapa yang menemani anak sekolah?

- Apa harapan ortu terhadap SD Nizamia?

Nah abis itu gongnya nih. Ortunya dites ngaji huahahhahahahaa. gw kan dah haiqul yaqin dong suruh Ompimpa. Eh deseu nyangkut di breakout room. Jadi gw duluan deh yg dites, baru ayahnya yg dites. Mari tunjukkan hasil ngaji di Utsmani mamak ya. haha


8. Pengumumah hasil assessment: awal Desember

9. Pembayaran enrollment fee minimal 50%: pertengahan Desember - awal Januari

10. Pelunasan pembayaran maksimal Maret.


N.B:

Tahun ajaran 2022/2023 buka 7 kelas. Nah gw ga ngerti kenapa jadi banyak kelasnya. Dengar2 sih TKnya mau pindah. Don't know deh benar apa ga.


Doain Inara dapat sekolah yang terbaik ya. Hati gw masih cenderung ke Madina Islamic School nih. Tapi sampai sekarang belum pembukaan. Bismillah ya Inara semoga dapat sekolah yang terbaik menurut Allah yang bisa membantu Inara jadi anak salihah.

6 comments:

Anonymous said...

Hi Mbak, boleh info feedbacknya so far gmn di nizamia plus minusnya? Ohiya Mbak, di nizamia SD nya sebangku sndiri2 atau sebangku berdua ya klo kondisi normal tdk pandemi? Thank you :)

Shintano said...

aku ga tahu kondisi sebelum pandemi karena Inara baru masuk 1 bulan ini. Kalau sekarang 1 meja ber4. Plusnya so far berasa masa transisi dr TK ke SDnya. ga langsung berat belajarnya. so far baru belajar nyanyi lagu Nizamia, pancasila pakai lagu2, nyanyi pakai gitar, belajar math 1-20.kalau minusnya karena Inara di Al Azhar agamanya dah kuat, di sini pakai jilbab aja belum wajib.

Anonymous said...

Hi mba, kebetulan saya sedang dalam tahap hunting sekolah anak juga, dan kebetulan pilihan saya di GIS dan nizamia juga karena itu yg paling dekat rumah. Tapi hati lebih berat ke nizamia, trs ketemula blog mba ini.

Mba untuk bahasa inggrisnya, apakaha anak2 jadinya lbh sering menggunakan bhs inggris?
Trus, setelah beberapa bulan dsana reviewnya gimana mba?
Apakah mnrtba mmg lbh bagus di nizamia drpd d gis secara mba punya 2 anak di sekolah itu?
Makasih mba 😊

Anonymous said...

Halo mba kalau menurut aku jauh sih mba Nizamia sama GIS. Manajemen Nizamia jauh lebih well managed. Peralihan dari TK ke SDnya berasa banget di Nizamia. Kemarin aja ujiannya pakai flash card gitu membantu anak yg belum lancar baca tulis. Gurunya juga sayang anak kecil banget. Kegiatan di Nizamia main2 aja perasaan. Tapi kalau aku tes pelajarannya anakku ngerti sih. Haha. Terus 1 point plusnya lagi tiap akhir pekan bu guru upload materi buat seminggu ke depan sedangkan kakaknya di GIS sekarang diwajibin nulis di buku tulis PPT yg disampaikan di kelas. Helloooo katanya sekolah global kok malah ga memafaatkan teknologi🤣. Kalau untuk bahasa Inggris sama menurutku mba. Ga aktif digunakan di kelas tapi Global ada kelas nativenya untuk bahasa Inggris di Nizamia ga ada. Tapi kalau aku lebih rekomen Nizamia untuk saat ini mba. Yayasan GIS ga banget kata aku dan ga open discussion ke ortu. Tapi sekarang Nizamia ga ada area parkir samping sekolah mba krn tanahnya sengketa. Jadi PR banget parkirannya. Kalau ada acara2 jadinya diadain di TMII. Semoga membantu yaa

Shintano said...

eh komen di atas dari aku ya mba. entah kenapa jadi anonymous tadi hehe

Anonymous said...

Terimakasih mba informasinyaa.😊anakku akhirnya kami daftarin di nizamia juga, tinggal tunggu jadwal tes dan bismillah lulus, aamiin

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template