Wednesday, December 5, 2018

Alat Bantu Dengar

0 comments
Alhamdulillah wasyukurilah bokap dah bersih sel cancernya gaes. tapi ya namanya kanker bisa muncul lagi kapanpun. naudzubillah mindzaliiik. nah salah satu dampak dari radiasi 35x itu bokap jadi ga bisa dengar. awal2 masih dengar tapi dalam hitungan bulan dah ga dengar samsek. awalnya bisa diakalin kita ngomong sambil nulis. Lama-lama matanya pun mulai ga awas. Jadi komunikasi lewat HP. Tapi lama kelamaan kasian juga. kita dah ketawa ngakak-ngakak ngeliat kelakukan Inara atau Kay terus bokap gw diam aja. akhirnya mulailah cari tahu alat bantu dengar. gw kaget lho harga alat bantu dengar semahal itu. mana tipe bokap gw yang pemarah gitu kan. gw kebayang saudara2nya yang dah dikasih alat bantu dengar pun ujung2nya ga dipakai karena berisik katanya. akhirnya bertekad mau beli yang bagus aja sekalian biar ga noisy. pencarian awal telpon ke Optik Melawai. ternyata ga di semua counter Optik Melawai ada alat bantu dengar lho. cuma di Menteng, Melawai, Salemba, Depok, sama mana gitu.

terus pencarian selanjutnya ke ABDI, Alat Bantu Dengar Indonesia di Matraman. tapi sayangnya ga diangkat2 telponnya.

terus mulai cari di tokopedia. lah jauh amat harganya. Di Melawai minimal 4,6 juta di tokped ada yang 150ribuan aja. wow aku ngeri haha

terus cari di Kaskus ndilalah sampai 32 juta harganya. huahahahahahahahahahhahahaa ngomong jorok kamu Kuuuusss..

terus pencarian selanjutnya ke Soundlife di Epicentrum. Ini pas ditanya babibu ngomongnya. ilfil.

pas dah yakin mau ke Melawai akhirnya nemu yang dekat rumah. Power Hearing Indonesia di Pasar Minggu. pas nelpon ternyata Minggu tutup. dan luckily bisa home visit. cakeeeppp. perjuangan banget ngajak bokap keluar rumah akhir2 ini. hamdalah rezeki.

terus dites lah bokap gw untuk masing-masing frekuensi bokap gw bisa dengar di desibel berapa. terus ntar dirata-ratain desibel yang bokap gw bisa dengar untuk masing-masing frekuensi. terus dicek lagi yang telinga satunya.  nah bokap gw ternyata bisa dengar di rata-rata 83 desibel dan itu masuk ke kerusakan pendengaran berat. ya Allah... tahu gitu dari dulu dibeliin. terus untuk kasus bokap gw ini bisa pakai alat yang mentok 90 desibel atau 100 desibel. katanya kalau dah pakai alat bantu penurunan pendengaran bisa kurleb turun 1 per tahun. jadi biar aman beli yang 100 desibel aja.

kalau kata audiometrinya, untuk kasus orangtua sakit memang bisa cepat banget turunnya kalau ga dipakai alat bantu. apalagi kalau yang bersangkutan banyak minum obat. makin mempengaruhi saraf pendengarannya ceunah. feeling guilty lho gw nganggurin sebulan. maafin pa...

setelah itu dicobain alat bantu dengar yang sesuai buat kasus bokap. baru percobaan pertama bokap gw langsung ngacungin jempol. saking girangnya gw dah lama ga lihat senyum bokap gw segitu sumringahnya gw langsung setuju beliin bokap gw alat yang paling mahal itu. haha. untungnya disini cuma 8,2 juta harganya, merk Hansaton dari German.

jadi bagi kalian yang lagi dampingin orang tua sakit dan tetiba hilang pendengaran, buruan dibeliin alat bantu dengar. time is tickling fast guys. di kasus bokap gw, bokap kehilangan pendengaran total dalam waktu 2 bulan saja.

terus bagi yang butuh bisaWA ke nomor di bawah yaa. Masnya baik dan komunikatif:
POWER HEARING INDONESIA
Jl. Ragunan Raya, B2, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan 12540
Phone : 021 2200 1813
Kontak WA: 081297028607

Wednesday, November 28, 2018

PP Iptek TMII

0 comments
Minggu lalu kita bermain ke Taman Anak2 dan Museum Iptek Taman Mini. Taman Anak2nya mah zonk. Tapi museum Ipteknya kami suka sekaliii. Sekarang dikenal dengan nama Pusat Peragaan Iptek.

Awal masuk gloomy dan langsung ada dinosaurus yg kepalanya goyang2 dan ngeluarin suara. Langsung Nara ketakutan. Trus makin ke dalam kita naik pesawat, masuk rumah ilusi dimana Kay sama Ompimpa jadi tampak sama tinginya, trus kita ke lantai dasar yg ada percobaan petirnya. Kebayang lah ya anak gw makin takut. Haha

Tapi untungnya deket situ ada alat musik, aneka percobaan listrik seru2, percobaan globe melayang karena ada magnet, trus area Robotic, makin ke dalam makin seru sih. Ada percobaan gaya dan gerak, percobaan mobil yg kalau diluncurin ngeluarin bunyi, narik benda yg sama tapi lama2 makin berat percobaan tsunami, sampai ada percobaan gempa cuyy. Seruuu

Recommended ga? Bangeet. Inara sih at the end dah ga takut lagi dan mainin segala alatnya. Ohya tiket PP Iptek cuma 16.500 lho @ Taman Mini Indonesia Indah









Tuesday, November 13, 2018

Celotehan Inara (3y 2mo)

0 comments
1. Semalam Inara ngigo sampai nangis gitu. trus paginya gw tanya
S: Adek semalam kenapa nangis?
I: aku?
S: iya. adik ingat ga semalam adik nangis, terus ga lama tidur lagi sih abis bunda garuk2 punggung
I: pas aku kecil?
S: semalam. ga tau deh kalau semalam Inara kecil apa besar ya?
I: besal laaah

bhaiiiiqqquee

2. Inara kalau mau tidur minta garukin punggung dulu
I: galuk
S: apa? bunda ga ngerti
I: galukin
S: apa sih? garuk? coba ucapin garruuk
I: aku ga bisa
S: coba dulu, garrruuuk
I: punggung

cerdaas haha

3. Main tebak-tebakan
I: buah buah apa yang bikin bingung?
S: buah semangka. soalnya luarnya hijau dalamnya merah
I: salaah. apel
S: kok apel?
I: tuh kan bingung

hauhaha masih ada ya jayusan begitu

4. tebakan lagi
I: sapi sapi apa yang warna warni?
S: sapi apa ya? *sokgaktahu
I: krayon

Lah yang nanya lupa jawabannya. Sapidol kaliik

Monday, November 5, 2018

Tes Tumbuh Kembang @Klinik Kancil

0 comments



Kemarin Inara tes tumbuh kembang karena mamak galau ga kelar2 nih anak tahun depan masuk TK apa PG. Tesnya di Klinik Kancil, Duren Tiga. Buat anak yg ga pernah sekolah kaget juga gw Nara anteng dites selama hampir 2 jam. Mana selama sesi konsultasi Nara main sendiri selama 30 menit (anak ga boleh dengar hasilnya). Padahal biasanya ketemu orang baru muke cemberut, mata mendelik, tangan berlipat dada 😂. Beda ya aura psikolog.

Tesnya ngapain aja? Ditanya nama lengkap sendiri, ortu, punya hewan peliharaan apa ga (dan dijawab punya, monyet. Ini maksudnya yg monyet siapa ini Nak? 😂), rumahnya dimana, karena anaknya susah disuruh bercerita jadinya gw yg bacain Nara buku trus diliat Naranya interaktif ga selama gw bacain buku, tebak gambar, ditanya dah bisa makan/ pegang gelas / pakai sepatu sendiri ga, ditanya posisi atas tengah bawah, meronce, puzzle gampang dan susah, main rumah2an, nyusun balok sampai tinggi, main domino (ini gw baru tahu ada domino gambar binatang. Beli ahhh), membandingkan benda besar kecil, melipat kertas origami dan ditanya bentuknya apa, bermain cap, meloncat 1 dan 2 kaki, jalan jinjit, posisi pesawat terbang dengan kaki belakang diangkat 1 selama 5 detik (ini anaknya failed), terakhir menggambar orang dengan lengkap.

Nah pertanyaan paling penting, perlu ga dites ini? Menurut gw sih ga perlu.Terus napa tes siiin? Penasaran aja maliih 😂😂😂. Mamak demen buang2 uang. Well kenapa ga perlu karena gw dah tahu ada tabel KPSP ini buat cek sendiri perkembangan anaklo sesuai umur apa gak.

http://tumbuhkembang.net/alat/kuesioner-pra-skrining-perkembangan-kpsp/

http://www.dshs.wa.gov/ca/fosterparents/training/chidev/cd06.htm

Sebenarnya ada 1 lagi sih alasan kenapa tes ini. Karena gw abis tes STIFIn anak2 (tes finger print) dan penasaran mau discuss sama psikolog dah ada kajian ilmiahnya belum tentang ini. Ternyata belum ada gaes..

Monday, October 29, 2018

Inara (3y 2mos)

0 comments
Nasib anak kedua ya. ga pernah digadang2 di blog sendiri selayaknya anak pertama. parenting style pun berubah 180 derajat. santaaaiii.. sebelum setahun pun anak dah makan gula garam. stock ASIP pun ga seaduhay anak pertama dan ternyata ini yang bener... dan setelah baca buku The Danish Way of Parenting pentiiing banget nyantai gini cuy.. kalau disana disebut Hygge (baca Hugga). the arts of doing nothing padahal mah ngajarin anak banyak hal..

Inara itu anaknya lucuu.. bukan karena gw emaknya ya, tapi gw ga pernah ngerasa Kay lucu. hauhahaha. ya abeis kayaknya Kay mah tuwir gitu. ga berasa punya anak2 gua. ga ada lucu2nya. huahahahaha *sungkemKay

Kalau Inara ini anak2 sekali. pernah ya dia pegang perut gw terus nanya : Hamil ya bu? gw jawab gak. trus dia bilang "ohhh gendut ya bu?" Huahahahahahhaa...

sering juga dia berimajinasi remote jadi HP buat foto2 dia, tali baju dijadiin earphone, kalau diajarin sekali langsung hafal termasuk kalau lo salah2 ngomong atau berbuat. kelaaaarrr diinget terus sama dia. hauhaha

terus ya kenapa dah ah anak gw antik2 banget. yang kakak pernah gw post yaa suka makanin garam. nah adiknya suka.......




pegang2 udel. Huahahahhaha.

itu kalau dah diem, anteng di pojokan atau mau tidur pasti lagi megangin udel. ya Allah gimana ngilanginnya ini??????

selain itu memang anaknya kreatif sih. buat seumur Inara yang 3 tahun 2 bulan mewarnainya dah lumayan rapi. dan baru gw tahu sekarang kalau Inara  memang anak Intuiting yang kreatif. itu ya kalau gw beliin puzzle bisa banget dalam sehari dibongkar pasang puluhan kali tanpa bosan.

dan beda dengan Kakak, Nara suka sekali lego. dengan modal diskon gw beliin lego duplo princess2an eh dia bisa nyelesain cepet lho. kok bunda terharu Naaaakk...

minusnyaaa kalau dah marah... amit amiiiittt. ga kenal. gualaknya minta ampun. mata melotot kayak mau keluar. ngikutin siapa sih Nak? *dududududududu. mana kalau dah marah main fisik. Kakaknya suka dipukul, dijambak, dan tindakan anarkis lainnya *ngurutdada *dadakamu eaaa..

sampai saat ini belum sekolah. dan sekarang gw pun masih bingung tahun depan masukin anaknya Playgroup apa TK. abis kayaknya anaknya belum ngerti perintah. suka seenaknya dia aja. tapi masalahnya gw ga mau anak kedua ini sekolah kelamaan. maunya langsung TK aja. tapi kalau di rumah setahun lagi asa dah gede banget nih anak. huahahahaha. insyaAllah wiken ini mau tes ke Klink Kancil mengenai kesiapan sekolah. semoga makin mantap deh.

sebandel2nya nih anak tapi anaknya sweet sekali. lebih romantis ketimbang kakaknya. lebih sering ngucapin aku sayang bunda dibanding kakaknya. lebih suka peluk2.

di umur yang 3 tahun ini dah pernah tenggelam di kolam renang. itu padahal gw cuma ganti baju doang lho. terus anaknya dah nyebur. mana ga bersuara lagi ya kalau tenggelam gitu. Alhamdulillah panjang umur.

anaknya juga usil sekali dan Nunung abis.. sering dia masukin kakinya ke antara 2 sofa atau malah kepalanya dimasukin ke antara 2 sofa trus dia teriak2 minta tolong, aseliii Srimulat abisss..

semoga Inara diberi kesabaran ya Naaaakkkk.... dan dilindungi Allah selalu dan semoga selalu jadi anak yang bahagia





Tes Stifin

0 comments
Ada yang pernah dengar tentang tes Stifin ga? perkenalan gw bermula dari teman ngaji di kantor canggih banget kalau bikin resume kajian. dia bisa banget tuh lagi ngaji tangannya aktif bikin resume kajian buat diblast besokannya setelah izin Ustadz/Ustadzah tentunya yaa. terus dia cerita dia baru tahu potensinya ini gara2 tes Stifin. jadilah gw penasaran tes Stifin ini apa

Tes STIFIn adalah tes yang dilakukan dengan cara menscan kesepuluh ujung jari anda (mengambil waktu tidak lebih dari satu menit). Sidik jari yang membawa informasi tentang komposisi susunan syaraf tersebut kemudian dianalisa dan dihubungkan dengan belahan otak tertentu yang dominan berperan sebagai sistem-operasi dan sekaligus menjadi mesin kecerdasan anda.

Menurut konsep STIFIn ragam Mesin-Kecerdasan hanya ada lima: Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting. 


Identitas Mesin-Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika Mesin-Kecerdasan digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya.  Jenis kemudi kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Introvert kemudi kecerdasannya berasal dari diri sendiri ke luar, sedangkan ekstrovert dari luar ke dalam. jadi konsep introvert extrovert di STIFIn bukan masalah gaul gak gaul ya. huahahhaa


Jadi berbeda sama IQ yang mana hasilnya dipengaruhi juga oleh lingkungan (didikan ortu, teman main, budaya masyarakat dll) kalau tes Stifin ini pure kecerdasan lahir si anak. Magicnya ini ada dalam Al Qur'an lho.

QS Al Qiyamah; 3-4, yaitu:
Apakah manusia mengira, bahwa Kami tidak akan mengumpulkan (kembali) tulang belulangnya?  bukan demikian, sebenarnya Kami kuasa menyusun (kembali) jari jemarinya dengan sempurna”

Jadi saking uniknya sidik jari tiap manusia yang menggambarkan kelima belahan otaknya, Allah mampu menyusun kembali jari jemari per orang. Masya Allah..

Ohya perlu dipahami sebelumnya kalau tes STIFIn ini hanya menggambarkan 20% potensi anak by DNA yaaa. 80%nya dipengaruhi lingkungan. Nah kalau dah tau kecerdasan anak trus gimana? ya sebaiknya kita asuh sesuai otak yang dominan di anak. bisa gak kalau kita fokus ke otak yang lemah di anak? bisa, tapi sayang waktu yang terbuang. kalau kata Mba Dhey istilahnya stupid dan health cost. dia umpamain orang yang ga kidal makan pakai tangan kanan. nah gw maunya makan pakai tangan kiri ah. kalau dilatih terus bisa ga? bisa. tapi capek ga? capek. dan tetap lebih nikmat makan pakai tangan kanan.

Gw sendiri tes langsung ke Mba Dhey yang punya license Stifin Depok. Ini kontaknya yaa 081511371446. Biayanya 550ribu per orang + Ongkos50ribu. Kalau banyakan lebih murah deh. bisa 350 ribuan gitu. Mba Dhey ke rumah pas mau Maghrib gitu. baru datang langsung keluarin alat scanner. tes Kakak lancar, adiknya ini susye. tangan dilipat di dada, mata melotot, mulut manyun dan bilang GAK MAUUUU. sabar sin sabaaar... orang tujuan utama tes ini buat Inara. hauahhahaha. sampai Mba Dheynya penasaran "Aku ga mau salat dulu mba. penasaran hasil tesnya adik apa. Kayaknya sama kayak aku nih dia." eh ga lama Nara mau dites karena penasaran. Dan eng ing eng hasilnya begini:
 Kaysa Sensing: Introvert
Inara Intuiting Introvert

Pantessss bertolak belakang benerrr ini anak dua.

Kalau mau tahu detailnya bisa baca disini buat Sensing Introvert dan disini buat Intuiting Introvert. Haha malas ngetik. Kan ceritanya cara gw didik Kay dah terbukti efektif ya, tapi kenapa ga berhasil buat Nara. Ya gw mendidiknya ga sesuai kecerdasan Inara. Bahkan katanya anak Intuiting ini cocoknya disekolahin di sekolah alam. We'll see ya Naaaakk..

Yang paling menarik dari tes ini pas lihat ini nih:

Garis kuning berarti dikuasai, biru didukung. Pantes adik semena2 banget sama Kakak. Sensing dikuasai Intuiting. Hauhahahahaha. sabar ya Kay. dan kalau dengar penjelasannya pun kayaknya gw juga Sensing. pantesssssssss... seenak udelnya aja kamu sama bunda Nak. takutnya sama Ayah dan kayaknya Ayahnya bener Thinking. dia kan kaku kayak kanebo. hauahahha.

Terus yang menarik juga ini: Cara mendidiknya gimana? Kalau sensing ini orientasi harta. cari kerja yang pasti2 aja, senengnya yang sesuai SOP, dan lucunya anak Sensing ini harus diberikan  "Musuh Bayangan.". Karena anak Sensing ini semua indranya aktif, dia harus melihat, mendengar, merasa, dia harus diberikan role model. Dan anak Sensing kalau belajar harus diulang2 karena dia tipe Memory Quotient.

Nah kalau Intuiting senangnya berpikir. anak2 yang begini ini doyan belajar bahkan sampai S3 (AMIIIINNN), curiosity tinggi, kreatif dan imajinatif. Ibaratnya kalau di perusahaan anak Intuiting ini Marketingnya, Sensing Salesnya. cara mendidik anak intuiting cukup difasilitasi, belajar sambil gambar, nonton video, belajar dari kesimpulan dulu baru belajar detail. karena anak Intuiting ini cuma perlu tahu helicopter viewnya aja dah paham. ga perlu tahu detail kayak Sensing.



 
Semoga sharingnya membantu yaa. Tes ini selain buat tahu kecerdasan anak juga untuk mengetahui cara parenting yang tepat sesuai kecerdasan anak tersebut.

Thursday, September 13, 2018

Main ke D' Kandang

0 comments

 

Sekarang mainnya jauh2 mulu yaaa. kemarin ke Tangerang sekarang ke Sawangan Depok. 22km aja dari rumah eyke.

Kemarin kita berangkat jam 8.30. sampai sana jam setengah 10. Passss.. karena konon kalau datang sebelum jam 10 diskon 50% tiket terusan.

ndilalah pas gw sampai lagi ada reuni SMP. jadi tiket terusannya habis. jadi gw bayar 10k buat tiket masuk. harusnya ada tiket yg sekaligus yoghurt sih. tapi kok akika ga ditawarin mbanya sih???? haha.

begitu masuk disambut tikar rumput sintetis kayak di Alun-Alun Bandung. itu walaupun panas tapi disini berasa adem lho. karena banyak pohon kayaknya ya. kalau di Kuntum kan panas beuuuttt..

sebelah kanan ada perosotan, ayunan, dan rumah pohon. jalan dikit ada spot buat foto2 cantik. ada ban warna warni dan banyak pohon2.

di tengahnya ada air mancur. jadi bisa banget kita duduk2 di tikar rumput sambil liat anak main air. di sebelah kiri pusat jajanan. Kaysa beli gulali dibentuk hello kitty. terus yang dimakan anak2 kuping sama pitanya aja. badannya tentunya yg makan gw dan ompimpa. giung giung dah. haha

abis itu kita ke farmnya dong. karena kita ga beli tiket terusan jadi kita beli koin dulu. kasih makan kambing Etawa 20k, naik kuda 25k, menangkap ikan 20k, kasih makan kambing, ayam, kelinci (dalam 1 tempat) 20k, menunggang kerbau bule 20k, naik flying fox 20k. ada lagi spot arts gitu kayak menggambar di atas kaos, dll. dan ada juga spot bertani tapi kita ga kesitu.

untuk naik kudanya lumayan jauh lintasannya jadi lumayan antri. ini baru panas nih. si Ompimpa mah ngadem di pojokan makan es yoghurt. enak banget bapak yaa.. hahaha

yang bikin seru disini binatangnya lapar2. seru gitu kasih makannya. haha. belajar keberanian juga buat Kay dan Inara karena binatangnya ngejar2 tangan kita. haha. sampai pas ke kambing Etawa ya itu berebut minum susunya. akhirnya kita beli lagi lagi dan lagi susunya. gw sampai komen ke Ompimpa ini kasian ya binatangnya kelaparan. kalau kata Ompimpa bukan karena ga diurus, tapi pas aja kita kasih makannya pas jam makan dia. buktinya binatangnya gemuk2. enel uga

yang paling seru adalaaah menangkap ikan. iya menangkap, bukan memancing. itu anak2 gw blingsatan masuk kolam nangkapin ikan. walaupun ga berhasil2 tapi berkenang sekali sama mereka. please ignore tempatnya yang berlumut ya. merem aja mamak mah. sampai di rumah gw cek in suhunya 1-1 takut demam. haha..

abis itu main air mancur. air mancurnya kadang2 dimatiin pas siang. sebelah kirinya ada spot outdoor activities. Kay naik flying fox tinggi beut. mamak yang deg2an. disini ada ATV juga sama apalah itu mainan tali yang kita gantung2 jalan sepanjang tali. haha

di dekat pintu masuk ada spot archery juga.

pulangnya masyaAllah perjuangan. emang jangan pakai Waze dah ah. jalanannya kecil2 dan banyak ditutup karena ada nikahan. huahahhaa.

recommended ga? bangeeeettt. cuss.. pas gw datang banyak yang dah pulang dong. emang enakan pagi2 kayaknya. kalau di tulisannya sih buka jam 09.00 tapi konon kata temen gw yg warga sana bukanya jam 07.00. tapi akses menuju kesananya masyaAllah. jalanannya ga diaspal. haha
 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template