Tuesday, October 30, 2012

Panduan MPASI WHO 2010

3 comments
Dulu pernah sharing Panduan MPASI WHO ya. tapi ternyata itu dah jadul. nah alangkah baiknya kita upload disini aja mana tau ada yang butuh. Happy reading..

http://www.unicef.org/nutrition/files/ParticipantMaterials_September_2011_clean.pdf

Friday, October 19, 2012

Puding Nasi

2 comments
dapet resep ini dari milis mpasirumahan *dadah2samamomChelsea. begitu dapet resepnya langsung gw praktekin saat itu juga #mpasizilla.

resepnya sendiri dapet dari bukunya Pak Wied Harry (ketauan kan ga pernah baca buku Pak Wied. abis dibeli diilangin. buku pak wied mana nih buku..)

Bahan:
50gr nasi
100ml jus wortel, diproses dari wortel dengan menggunakan jus ekstraktor
50 gr pisang kepok (kemarin gw pakai pisang cavendish tetep enaaak)
1 butir telur, kocok hingga rata, ambil separuhnya
4cm daun pandan, potong 2

Cara:
Haluskan nasi, jus wortel, pisang, dan telur dengan blender

taruh daun pandan dalam mangkok tahan panas, tuangi adonan, kukus dalam dandang dengan air mendidih hingga masak dan puding padat (20 menit)

sisihkan hingga dingin, segera berikan puding pada bayi

rasanya? enak banget maliiiihhhh.. kenapa pas gw cobain resep enak pas Kay GTM muluk sik. jadi gw yang abisin deh. nyum nyum nyummm. kenapa makanan bayi sekarang enak2 banget sik. iriiii... haha

Ujian Lagi

0 comments
Dari judulnya dah madesu ya. babe lagi sakit nih manteman. berawal dari kakinya bengkak. terus dikasih obat ma saudara, bengkaknya turun eh malah ga mau makan. akhirnya karena badannya panas beut dan ga mau makan dioper ke RS deh biar diinfus. awalnya bingung juga sakit apa. sampai gw bilang dokternya yang kebetulan saudara gw dicek aja semuanya deh biar tenang. belagu yee padahal mah miskin. tapi apa juga diusahain kan buat keluarga *dadah2samarencanahoneymoonlagi ternyata papa cuma (yes cuma soalnya yang dicek banyak beut) sakit anemia berat (Hb 7 dari 13) sama ada radang empedu. alhamdulillah hari ini dah pulang sih. itu juga karena babeh gw dah ga tahan mau ngerokok. MasyaAlllaaaaahhhhh... doain cepet sembuh ya teman2. sekarang bokap diinfus zat besi deh seminggu sekali. lesson learned ga boleh minum kopi atau teh setiap hari. gw banget nih. tiap makan pasti minum es teh manis. masyaAllaaahhh...

Friday, October 12, 2012

Anak Ga Suka Nasi

4 comments
Gw pernah cerita disini ga ya kalau Kaysa itu ga suka nasi. Dah dicoba aneka beras: beras putih, cokelat, merah. Kalau merah lumayan suka sih tapi ya gitu deh. Angin2an. Kalau beras putih ya ampuuun paling banter makan 7 suap itu juga setengah jam nyuapinnya.

Nah masalahnya anak gadis kan kurus maliiih.. Kalau gw insist dia makan nasi kapan naik BBnya. Jadi dari 6-9 bulan gw biarin aja dia makan karbo selain nasi. Seringnya sih gw selang seling. Kebetulan gw punya timbangan digital di rumah. Jadi kalau gw liat BBnya naik selama seminggu baru gw tambahin nasi di menunya. Biasanya makan pagi. Sorenya kentang biar makannya banyak buat nutupin kurang makan yg pagi.

Nah tapi kalau gw jalan2 atau lagi sakit ya terpaksa ga dikasih nasi. Ntar makin turun BBnya.

Gw sempet kepikiran juga sih dulu gimanaa ya biar Kaysa suka nasi. Dah gw macem2in lho itu. Nasinya dibikin puding, atau nasi + apple sauce (yummyyy..), dikasih nasi lembek yg sama kayak gw biar dia tertarik gitu, makan nasi sepiring ma gw juga pernah, pernah juga nasinya ditaruh aja di piring. Cara terakhir lumayan berhasil. Anak bayi kan rasa penasarannya tinggi tuh. Itung2 BLW gitu (baby led weaning). Tapi kan kalau begitu yg masuk paling cuma berapa biji ya nasinya. Mau ditelatenin sampai jago juga ketar-ketir ma BBnya.

Akhirnya gw curhat ma dr Wati. Yang ada si dokter juga bingung masalahnya dimana. "Kan orang bule juga ga makan nasi" katanya. Haha bener juga sik. Abis itu gw santai aja.

Jadi misal gw masak bubur, gw biasanya dah ikhlas kalau pasti ga banyak. Jadi abis itu gw kasih oatmeal. Baru deh lahap makannya.

Jadi gw ga pernah ambil pusing. Diabisin alhamdulillah, ga juga gapapa. Abis itu gw dah ikhlas buat masakin lagi. Pernah dong 1x makan gw ganti 3x menu. Huahahaha..super sekali..Intinya sih gw cuma mau konsisten ngenalin nasi ke Kaysa. Karena gw punya kakak kelas dulu yg cuma bisa makan jagung. Jadi kalau ada acara di luar kasian liat dia ga bisa makan, atau kadang dia bawa sendiri jagung dr rumah. Huhu..

Nah selama prajab gw stop ngenalin nasi karena gw ga enak malih ma bu kost. Dah numpang masak, lama lagi kan masak bubur. Jadi selama prajab Kaysa kalau pagi oatmeal, sore kentang. Gitu terus selama 3 minggu. Kasian ya.. Hiks

Pulang dari prajab dikenalin lagi nasi. Kali ini lebih niatlah bikinnya. Disertai keikhlasan nyokap gw juga sih nyuapinnya. Dulu nyokap gw males kalau nyuapin nasi. Ya susah gitu makannya. Jadi nyokap gw selalu bilang nanti aja lah pulang prajab kenalin nasinya. Abis prajab langsung lah gw tagih janjinya. Eh ajaibnya Kaysa sekarang doyan nasi. Alhamdulillaaaahhhh *sujudsyukur..

Jadi kalau ada ibu2 di milis yg curhat anaknya ga doyan nasi, aahhh I've been there, done that. Gw ga tau juga apa yg akhirnya bikin Kay suka nasi. Menu sama, tempat makan sama. Tapi emang bener lho anak tuh bisa ngerasain perasaan yg nyuapin. Kalau yg nyuapin enjoy anak lebih cepet makannya. Berasa ga? Di gw sih berasa banget. Mungkin keikhlasan nyokap gw juga yg bikin Kay mau nasi. Hihi...

Masalah anak tuh lucu2 ya.. Tapi sekarang setelah Kay mau nasi ga lantas seharian karbonya nasi lho. Abis gw ngerasa ada hikmah sendiri anak yg ga doyan nasi. Kecukupan nutrisinya lebih beragam, dari ubi, jagung, oatmeal, kentang, nasi, singkong. Jadi gw bangga Kaysa pemakan segala karbo..

Semangat nyuapin ya buibu. Mungkin ini cuma masalah waktu. Amiiiin..
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Thursday, October 11, 2012

Happy 3rd Wedding Anniversary

2 comments

11.10.09 - 11.10.12

Alhamdulillah dah 3 tahun nikah sama Ompimpa. Senangnya.. Tapi jujur tahun ini tahun terberat pernikahan gw.

Berawal dari baby blues, lanjut ke seringnya miskomunikasi karena yailah orang marahan muluk males kan ya negur jelasin panjang lebar, lanjut ke menyepelekan peran suami di keluarga, lanjut ke ada ga ada lo ga ngaruh toh gw yg cape ngurus anak, merembetlah masalah ga hanya anak tapi masalah lainnya, lanjut ke hilangnya gairah seks gw. Ya menurut ngana? Masak marahan diajakin bobo manut? Doyan apa gimana.. Sampai gw kasih statement "gw ga bahagia nikah samalo." Haha... See parah kan?

Sampai beberapa bulan yang lalu tiba2 suami gtalk. Ngobrol panjang lebar masalahnya dia apa masalah gw apa, yg gw ga suka apa yg dia ga suka apa, terus gimana cara ngatasinnya kita sebagai tim. Apa yg ga bisa kita selesein dan gimana solusinya. Kenapa lewat gtalk? Soalnya kalau lewat omongan gw dah emosi duluan bawaannya. Inget sejak ada Kaysa gw kalau marah sama suami mata melotot tapi bisik2! Huahahaha..

Alhamdulillah dari situ 1-1 masalah solved. Kalaupun gw ngerasa ada yg kurang, lebih ikhlas aja gitu. Kan hati senang.

Emang rumah tangga tuh harus salah satu ngalah ya. Gw disuruh bahas duluan? Beh gengsi! Haha. Umur tuwir kelakuan abege..

Jadi alhamdulillah di tahun ketiga ini kita dah lewatin banyak masalah bareng:
1. Mulai keuangan keluarga dari 5 juta doang
2. Gw kena tumor payudara
3. Miskin semiskin2nya waktu gaji gw masih 900ribu
4. Udah PD hamil ternyata ga hamil 2 tahun yg lalu
5. Nunggu hamil 1 tahun 4 bulan lamanya
6. Nabung semabok2nya selama hamil Kaysa karena gw melahirkan ga di RS beraskes
7. Ngurusin anak berdua aja tanpa pembantu dan baby sitter
8. Ngurusin keuangan keluarga besar, keluarga gw dan dia

Dan alhamdulillah setelah melewati masa2 itu gw makin cinta ma Ompimpa. Walaupun mukenye begitu ya, tapi gw yakin bakal ngejalanin masa yg indah sama dia.. Cita2 gw di masa tua nanti jalan berdua kemana2 kayak orang bule. Haha amiiiinn..
Dan kado pernikahan kali ini alhamdulillah gw dapet kalung emas. Tapiii eerrr kenapa bandulnya kupu2 ya? Haha. Sedangkan gw sendiri belum ngasih kado dan belum tau juga mau ngasih apa. Ndak ado pitiiihhh..susye deh kalo kismin..


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Nasib ASIPkuuu :(

5 comments

Yak dari bulan Puasa emang gw ga bisa nyetok ASI. Ya boro2 nyetok, yang ada defisit muluk.. Jadi gw lupa deh tuh manajemen ASIP terakhir yg terbawah ASIP terlama atau terbaru. Paling atas gw liat 30 Maret. Gw pikir ya itu yg terlama. Jadi gw sikat aja tuh selama ini ASIP yg teratas. Nah pulang prajab kemarin baru ngecek2in lagi. Dan gw liat ASIP teratas tanggal 20an Maret. Aaakkkk hatiku piluuuu.. Berarti ASIP terlama ada di bawah. Dan sekarang dah bulan Oktober which is dah lebih dari 6 bulan umurnya. Hiks hiks hiks.. Begini deh nasib nyewa freezer bukaan atas (freezer eskrim) bukan freezer rak.

Goodbye ASIP 6,5literku. Entah berapa anak yg bisa diselamatkan olehmu. Emang jadi orang ga boleh pelit yee.. Kemarin gw simpen2 karena pikirnya prajab ga akan bawa anak. Jadi gw harus stock 300an ASIP. Eh hamdalah bawa anak jadi begini deh..

Tapi gw dah ikhlas kok. Mungkin ini saatnya ga nyewa freezer lagi. Karena sisa stock tinggal 1/3 kapasitas freezer. Hwoaaaa..

Terus yg bikin ngenes itu kejadian buang ASIP hari Minggu hari Seninnya gw dibbm kalau anak susu gw (alhamdulillah Kaysa banyak ya saudaranya) butuh ASIP lagi karena dia stres abis lebaran ga ada PRT lanjut pindahan rumah lagi. Itu gw berasa ditampar! Aaakkk if I if I if I.. Hayo sin semangat pumping lagi!! Untung ASIP gw dah normal sekarang, jadi ga defisit2. Semoga bisa buat nyusuin 2 anak ya. Semangat sin!!!

Friday, October 5, 2012

Rindu..

1 comments
Ya ampuuunn rinduuuuu... lama ga nulis. apa kabar semua? gw ga nulis2 karena eh karena kemarin gw prajab di Depok. rempong cyiin. karena gw bawa Kaysa ngekost deket sana. haha.. emak norak deh gw. ga mau jauh2 sama anak. soalnya prajabnya 3 minggu dan jadwalnya tiap hari jam 6 dah selesai. gw berasa sayang aja gitu kalau ga bawa Kaysa. dan emang keputusan gw ga salah. dari 10 ke 11 bulan ini perkembangan Kaysa pesaaat banget. tetep gw orang pertama (eeerr kadang kedua sih setelah nyokap) yang tahu Kay dah bisa apa aja. prajabnya sendiri seru deh. emang ada hikmah di balik segalanya. jadi kan tahun lalu galau bener kan tuh ya. mau prajab apa ga. abisan malas kalau prajab sendirian. eh ndilalah ternyata ga lahir2 anaknya. jadi aja pas jadwal Prajab Kay baru umur seminggu. mana kuning lagi. haha.. gagal deh jadi emak egois. nah karena tahun ini ngejar biar bisa masuk OJK (OJK: peleburan kantor gw sama bagian pemantauan banknya BI 2013 nanti), jadi gw diburu2 prajab biar tenang gitu. soalnya prajab tahun ini di Depkeu entah kapan diadain. nah prajab kemarin gw dititipin di Kemendikbud bareng dosen2 dan dokter2. seruuuuuu... banyak hikmah dari prajab ini. entar kalau ga malas gw posting deh. jadiiii... saya siap curhat2 di blog lagi.. *kecupin1-1*

Tuesday, September 4, 2012

First Photo Shoot

2 comments
Ahh finally! namanya juga Ompimpa dah gw tunggu2 kedatangan(CD)nya, ehyalah pakai ketinggalan di kamar hotel. aku benci benci.. nah sekarang dah di tangan.

kita foto Lebaran hari ketiga di Jonas Bandung. pilih paket Action seharga 185ribu sajah dapet 7 foto. framenya eerrrr lupa namanya. kayak putih doang gitu. yang pasti bukan kanvas2an. simple banget tapi aku sukaaa.. dan karena kita tambah 2 orang, nyokap gw dan teteh ipar jadi nambah 10ribu/orang. ciamik ya harganya. daaan karena bingung milih fotonya, jadi tambah lagi 1 foto 30ribu. eh tapi kemarin gw cuma dicharge 50ribu sih 2 foto. hamdalah..

foto kali ini sebenernya diniatin banget ta ta tapiii baju lebaran belum dicuci. dan malas banget ke Bandung bawa baju kotor dan berlanjut nyuci baju di Bandung. jadi ya mari leha2 sajah. kalau ga bagus tinggal foto lagi (doyan!). yang konyol nih kebetulan gw bawa baju hijau pastel, terus gw liat tas gw jga bawain Kaysa kaos hijau pastel. eh dijadiin seragam aja apa ya ini. tapi suami adanya baju abu2. ya udah lah gapapa. yang penting baju baru! haha

pas turun mobil bajunya ketinggalan, gw suruh Ompimpa ambil lagi. mana parkirnya jauh. pas sampai studionya mau foto nyokap nanya "foto pertama pakai baju apa Nak?" me: "pakai ini". mama: "yah Yudi ga usah gantilah, baju yang dipakai itu aja. jadi nta nyuruh dia lari2 ke mobil ambil baju ga nyambung itu?" hauhahaha.. Ompimpa jawab lagi "yah ma, yudi mah nurut aja. yang kata shinta cakep, cakep dah. yang penting ga manyun." huahahahaha siaul kamu sumami!!

pas foto2 untungnya Kaysa ga pakai nangis. ngembeng iya pas akhir2 foto. yah 5 foto pertama lancar lah. tapi pas dia foto sendiri yang ada dia makanin bola2nya atau ngejar2 bundanya ga mau foto sendirian. ohiya foto paketan ini boleh ganti 1x kostum. jadi total cuma 2 baju. sengaja foto pertama yang rame2. biar Kaysanya secured dulu. dan hamdalah berhasil. dapet banyak foto. eh tapiiii giliran anaknya senyum bapaknya ga senyum, aaiiisssshhhhhhhh...

ohiya gw sengaja ga foto telanjang. karena gw liat mah Kaysa dah kegedean ya foto telanjang gitu. nyesel pas baru lahir ga foto telanjang. lucunya kan pas baru lahir gitu ya. badan merah, pipi ginak ginuk. terus posisinya juga masih telentang. nah sekarang kalau sambil dudukkk errrrrr... kok ga lucu bayanginnya. haha

oh iya di Jonas ini ada penyewaan baju juga. tapi kata mbanya ga ada baju kostum2 hewan dan macam2. adanya baju princess. isshhh selera sih ya. gw sih ga doyan princess. asa lenje. haha..

nah jadi inilah foto2nya:




















haha sengaja yang foto2 aneh tetep masuk. biar capture semua emosi Kaysa. seneng, BT, cengok, bengong, sampai nangis. hihi.. nah kalau hasil print di framenya kayak gini nih (ukuran 10R kalau ga salah)




Thursday, August 30, 2012

Miskin Mental

8 comments
Bukaan bukaan saya bukan Andrie Wongso.. Gw mau share pengalaman pribadi yaa. Dan gw ga mau Kaysa ngalamin hal yang sama. jadi postingan ini buat self reminder gitu.


jadi namapun anak satu-satunya (red: anak pungut 1-1nya) di keluarga dan kelahiran gw dinanti selamaaa 8 tahun aja gitu (kasian ya jadinya begini, haha), jadi nyokap gw sangat fokus mendidik gw. umur 4 tahun dah dititipin ke langganan salonnya (yoih nyokap gw dulu punya salon: Salon Shinta. hauhahaa) untuk diajarin ngaji dan salat. abis itu 5 tahun dah TK A. karena nasib umur belum nyampe 6 tahun karena gw kelahiran November, jadi aja lanjut TK B. dulu SD gw syarat masuknya harus 6 tahun soalnya. well diketahui kemudian bisa disogok sih. haha..


dari TK dah keliatan kalau gw menonjol. maksudnya gw paling aktif gitu. gw inget banget pas jaman TK kan gw sering diajak nyokap gw ikutan senam pagi tiap hari Minggu. dan biasanya gw cuma duduk2 di pinggiran mainin pasir (anak gang sanip sejati!!!). nah beberapa bulan setelahnya happening tuh senam SKJ masuk ke TK gw. huahaha buka umur inih! tapi waktu itu namanya juga baru happening guru senam gw tiba2 ngeblank di tengah2 dan gw tetep lanjut senam sendiri. ternyata gw hafal bok senamnya. hauahahhahahaha. padahal cuma modal duduk di pinggiran dan ga pernah ikutan senam. liatinnya juga sambil main2. ahh aku kangen otak spons masa kecilku.


lanjut ke SD bagus di rumah gw. hamdalah dari kelas 1-6 ranking 1 terus. dan berakhir di kelas 6 dapat penghargaan siswa terbaik seSD. terbangga tentunya emak gw. gimana ga ranking 1, orang baru Assalamualaikum depan pintu nyokap gw langsung nanya "tadi dapat berapa nilainya?". kalau gw jawab "9 mah". wiisss emak gw langsung buka bukunya terus kalau kesalahannya konyol gw bisa dimarahin dan diajarin berkali2 biar ga salah lagi. sadis dah pokoknya emak gw masalah nilai. itu baru 9. kalau 8 yasalaaammm ga boleh main siangnya, harus tidur (dulu ini hukuman lho! ahhh aku mau dihukum tidur siang lagi mamaaahh)..yang bikin semangat dulu tuh ada Om gw yang ngehargain nilai gw. 1 nilai 9 dihargain 10ribu. jadi sering banget tuh gw dapet 80ribu even pernah 100ribu. 100 ribu malih!! zaman permen 100 perak dapet 3!!!! terhappy dong anak kecil


lanjutlah gw ke SMP favorit di zamannya dan alhamdulillah diterima. kabarnya kalau dah masuk SMP ini di bilangan tebet itu insyaAllah gampang deh masuk SMA di Bukit Duri. seneng dooong. nah SMP ini mulai labil prestasinya. kelas 1 ga pernah berhasil ranking 1 sih, selalu ranking 2. tapi alhamdulillah kelas 2-3 selalu ranking 1. nah kalau SD termotivasi ranking karena dihargain nilainya 10ribu, kalau SMP ini anak2 yang juara umum di panggil pas upacara. juara umumnya dari 1-3. alhamdulillah dulu kelas 2-3 selalu dipanggil ke depan. beragam deh juara umum 1-3. hamdalah..


tapi pas SMP ini nyokap gw bener2 ngelepas gw belajar sendiri. even pas kelas 3 sempet2nya pas Pra Ebtanas (aseeekkk ebtanasssss!!!) nilai gw jeblok. jadi gw dichallenge wali kelas gw "Shinta kalau nilai kamu segini kamu ga bisa masuk 8!". anjiirirr panas dingin rasanya. langsung gw belajar mati-matian dan alhamdulillah nilai gw dulu sangat memuaskan dan diterimalah gw di SMA banjir itu. peran nyokap gw? nihil. seandainya dulu guru gw ga ngomong begitu mungkin gw akan tetep santai2 aja dulu dan berujung masuk SMA biasa kali ya..


jeng jeng jengggg masuklah ke SMA yang diidam2kan. begitu liat sekolahnya suka! temen2nya? ajib ajib banget dah. mukenye kayak mikroskop semua. hauhahahhahahaha.. disini gw tertekan. bener2 tertekan. pergi sekolah pas matahari terbit pulang pas matahari tenggelam. lanjut makan, bikin PR kadang sampai jam 1. itu pun kadang belum selesai dan berujung nyontek teman di sekolah pagi2. gituuu terusss. mau dapet nilai 8 aja empot2an banget deh. giliran gw dapet nilai bagus 8an eh ada yang dapet 10! siaulll!!! dan nilai gw makin terpuruk terpuruuuk dan teruuus terpuruk. nilai jelek sih ga masalah sebenernya. tapi perasaan ngerasa diri bodoh, ngecewain orang tua, dan i'm nothing itu yang masih kebawa sampai sekarang. pas kelas 2 semester pertama sih alhamdulillah bisa ranking 1. itu juga karena kelas gw unggulan 2 (dari bawah!!!) hahahaha. semester selanjutnya ranking 2.


nah baru bangkit semangat di kelas 2, semua yang ranking2 di-1in tumpak tublek pas kelas 3. gw sebel lho sebenernya sama sekolah yang menganut kelas unggulan. jadi kembalilah gw dejavu kayak kelas 1 dan masuk kelas unggulan. paraaahhh. even kelas 3 gw ini lebih parah dari kelas 1. lo bayangin nih ya, gw hari pertama masuk kelas 3 ada temen gw yang badannya gedaaa kayak tora sudiro duduk depan, pakai kacamata (tentunya!) dan dah bawa tumpukan buku dijejer di mejanya. maaannnn... ga bisa santey aja yah. pan biasanya hari pertama baru dikabarin pan pakai buku wajib apa aja. seketika itu pula gw langsung pengen balik ke rumah. terus ya anehnya di kelas ini nih yang berebutan duduk depan. hauhahahaha. anjiirrrr... seumur2 kan orang berebut duduk belakang ya. dan tentunya gw tiap hari duduk belakang. ini juga nih salah didik. gw sama sekali ga disiplin. telat itu hampir setiap hari. mana ya ciri khas anak 8 pas dah telat kita semua dah kedip2 satpam. dan satpam pun langsung kasih kode nunjuk ke kiri. yang artinya GW DISURUH MANJAT MASJID MALIIIIH. huahahahhaa. anak SMA mah main madol2an ya LAH INI!!!! sarap!


kelas 3 itu gw ranking 6 saja. semua gang belakang serentak ranking 6. which is kalau kita hitung2 ranking 6 itu sama dengan.... ranking 26!!!!! hauhahahahahhaa... dari situ hancur lebur malih. dan kesalahan gw adalah gw ga pernah cerita ke orang betapa desperadonya gw belajar, betapa kecewanya gw ma diri gw sendiri, dan ya itu miskin mental. gw sometimes menyalahkan nyokap gw untuk hal yang 1 ini. gw bener2 dilepas. nyokap gw ga pernah nanya gimana gw di sekolah baru, gimana perasaan gw, temennya enak2 apa ga, guru2nya gimana, dll. padahal nyokap gw tahu betul kadang gw ketiduran di meja pas lagi ngerjain PR. dan eeerrr itu hampir setiap hari.


sesungguhnya gw iri lho kalau denger cerita orang2 tentang masa SMAnya. gw ga pernah ngelaluin masa2 rebel itu, cinta2an ala SMA, madol2an, apalagi clubbing2an. sekalinya madol juga ke rumah temen doang. hauhahaha bermakna sekaliii...


tapiii emang Allah baik sama gw. pas kelas 3 tiba2 gw diberi petunjuk kalau gw harus nekad ambil IPS aja daripada kesedengan gw belajar IPC makin meroket. idihhhh.. dan akhir kelas 3 itupun gw anti mainstream. di saat temen2 gw ambil les di daerah tebet gw ambil di Nurul Fikri karena gw butuh bimbingan rohaninya. berat yee,, huahahaha.. dan emang terbukti kalau jauh dari temen2 spektakuler itu, gw bisa berkembang. dan nilai SPMB (anjiiirr SMPB buka aib!) gw pun alhamd yang terbaik di Nurul Fikri. see betapa miskin mentalnya gw... dan hamdalah gw bisa masuk FEUI.


nah pas awal masuk ini hamdalah IP gw masih baguuus bener. akhirnya makin lama makin turun turun dan turuuun karena, gw mulai tau IP temen2 gw. pas awal kan tanpa beban tuh belajar ya belajar aja.aaakkkk bener2 miskin mental!!!!! dan gw benci benci benci ma diri gw. makin keras gw berusaha makin keras pula jatuhnya IP gw. hahahaha...


dan pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah:


1. otak anak jangan diforsir cuy. ga tau ya menurut gw mah otak gw dah capek banget pas kuliah. bawaannya mau lulus aja. mungkin karena dari kecil nyokap gw selalu nyecer nilai2 gw dan dibabat abis belajar muluk, jadi ya gitu deh.


2. temani anak anda belajar. dulu nyokap gw ga nemenin gw belajar lagi karena dia ga ngerti pelajaran SMP, SMA apalagi kuliah. tapiiii bukan itu esensinya. ada perasaan comfort dan percikan spirit tersendiri ketika nyokaplo perhatian sama lo. dan sebenernya kalau aja nyokap gw dulu nanya gimana sekolahnya gw tentu akan berurai air mata dan ngeluarin uneg2 gw betapa stressnya gw. dan mungkin kalau waktu itu gw pindah ke sekolah yang normal (yaiyalah sekolah isinya geek semua gitu mana mungkin bisa dibilang normal), mungkin semangat belajar gw terpacu dan self esteem gw ga luntur kayak sekarang. eh ini sampai sekarang lho self esteem gw nihil. bener2 nihil. jadi kalau misalnya nih gw liat temen gw S2 kemana, si itu kerja dimana, dan adik kelas gw udah begini2, gw langsung ngebatin mana mungkin gw bisa kayak mereka. aahhhhhhh i hate myself for being so loser


3. gw sih kurang suka ya dengan sistem reward itu. jadi dulu gw belajar ya terpacu karena reward. SD dikasih uang, pas SMP dikasih piagam juara umum. nah ketika semua itu ga ada yasalam dah hidup gw. kelar kelaaarrr..


4. ada baiknya juga sekolah ga perlu pakai sistem ranking kayak sekolahnya cinca lawra. orang2 selalu ngejudge anak pintar = anak ranking di sekolah. heloooo pinter EQ jauh lebih penting dalam hidup kali ketimbang IQ!!! perhatiin deh orang yang berhasil dalam hidup itu justru yang EQnya bagus.


5. please jangan ada kelas unggulan. egois bener deh sekolah2 itu. demi maintain "keunggulannya" sekolah2 sengaja yang pinter2 dikumpulin biar persaingannya makin ketat dan nem2 rata2 seluruh murid bisa kedongkrak dan mereka tetep bisa memegang status sekolah unggulannya.


6. love your kids as the way they are. gw inget dulu nyokap gw sempet malu waktu SMA dari segitu banyaknya anak berprestasi yang dipanggil maju ke depan ga ada 1 pun nama gw dipanggil. dan waktu itu tante gw ikutan ke wisudaan SMA. sedih lho rasanya hatiku.



makdarit rencananya sih Kaysa ga akan kita sekolahin cepet2. kalaupun sekolah pas toddler nanti paling di Tumble Tots yang cuma ngegym2 gitu. apalagi calistung. semoga gw ketemu TK deket rumah yang ga ngajarin calistung. gw dah nanya2 ada TK Kak Seto di Pejaten atau paling banter TK Pak Kasur di Pasar Minggu lah. terus gw juga ga akan maksa Kaysa harus ranking ini, juara itu, bisa ini bisa itu. i will love you as the way you are Kaysa. for me you are the best. ahhh kan jadi kangen anak. pulaang pulaaangg


Wednesday, August 29, 2012

Kay, Key, Baby K?

0 comments
Sejujurnya setelah Kaysa lahir masih belum tahu bakal manggil Kaysa apa. awalnya Kay. tapi gw takut ntar temen2nya ngatain Kay Kay jadi To*ai. aaakkk aku tak rela (sungguh pikiran ga penting!). eh serius lho dunia ini kejam bung! temen gw kartika jadi tipang, pamela jadi me*i, rizka jadi pe'a, ga usah jauh2 deh gw shinta jadi nenen, yudi jadi Ompimpa nah apalagi yang jelas2 namanya mengundang untuk dihina. haha

jadilah setelah 1 bulan mulai beralih ke Baby K karena emang dari dulu pan sebenernya pengen punya panggilan anak Kei. haha. tapi ntar kalau ga baby lagi gimana? kan malu dipanggilnya baby K terus. lagian asa ribet tiap ngetik baby K baby K. haha

jadi sekarang balik ke awal. keluarga gw semua manggilnya Key. tapi kalau ngetik tetep Kay sih karena kebiasaan. Kaysa namanya siapa? Key? chaa. hihi *gremet

Tuesday, August 28, 2012

Kaysa 9m old

0 comments
udah lama ga posting milestone Kaysa. Bentar nyontek postingan sebelumnya dulu dah bisa apa aja. yak mari...

alhamdulillah anak bunda cepet banget perkembangannya di bulan ini..yaituuu...
1. 9m 3w dah ngerti nelepon. kalau liat HP langsung dipencet2 (entah apa yang dipencet) terus ditaruh di kuping. jadi gw tinggal bilang haloo dia bakal lakuin itu. hihi *gremet.




2. 9m2w kalau gw bilang kue kuee dia langsung taruh apapun di kepalanya. haha..

3. dah bisa jalan 3 langkah. subhanallah banget deh. di umur 9m3w dah bisa jalan.

4. 9m3w dah mulai manjat2 tangga. nah ini skeri benerrr. di rumah gw masuk kamar aja ada undakannya, ada tangga besi juga. ya Allah lindungilah anakku. yang pasti sejak masuk 8 bulan nyokap gw ga bisa ngapa2in kalau ngangon cucu. makan beli aja deh.

5. dari umur 9m1w dah bisa jawab kalau gw tanya "namanya siapa? kei?" dia jawab "ca." hihi

6. dah kayak beo. dari 8m3w kalau baby sitter kecilku nanya "dah makan belum? atau dah mandi belum?" dia jawab "dah". kadang malah fasih bener "u dah".

7. dari 9m2w dah ngerti nonton. dia paling suka iklan Dancow Nutri Gold yang ada baby cowo naik pesawat. hello bunny, hello world, im ready. langsung dia nengok, senyum2, kadang dadah2, atau goyang2. even kalau lagi nyusu langsung dilepas nyusunya, terus lanjut lagi. hahahaha..eh tapi dia masih suka iklan doang sih. nonton TV belum tertarik (thx God)

8. 9m2w dah mulai kenalan sama emosi marah. dia dah bisa marah kalau dilarang2. dia kan suka banget tuh gigitin botol shampoo, minyak kayu putih. hadooh ngeriii. takut ketelen. soalnya sejak bergigi dah bisa kebuka tutup botolnya.

9. makin aktif. kalau jalan dah bisa gandengan 1 tangan aja. dulu kan dititah 2 tangan. tapi teteep lebih suka merangkak. lebih cepet kali ya.. jadi legging2 mulai berbulu semuanya. ngesoot ngesoot. hihi..

10. giginya dah 6. sekarang dah muncul lagi 1 gigi. tapi alhamdulillah bener jarak gii ke 6-7 ini lumayan lama. puting aman lah sebulan kemarin :D. nah di usianya 9m3w ini Kay dah sakit 3x. semuanya karena pilek. yg pertama pas 5 bulan, kedua pas 9,5 bulan, eh baru sembuh seminggu dah kena lagi nih. hadeeehh peer deh naikin BBnya lagi.

11. kemarin pengalaman mudik pertama Kay dan sukses GTM. ini GTM pertama. sutris ya jenggg. gw kira yang kemarin gw alamin ini dah GTM ternyata belasan suap itu hamdalah beneeeer. sekarang 7 suap aja dah sesuatu bener.

12. dari 8,5 bulan dah ngerti kalau uminya pakai jilbab dan megang dompet langsung merangkak ngepot2 minta ikut. itu artinya uminya mau ke warung. haha.. jadi aja selama puasa kemarin nyokap gw susah tadarusan. orang dikira ke warung muluk, hahaha

13. 9m dah bisa manggil "Nda" buat gw sama "Ah" buat Ayah. haha Ah.

14. finally setelah 3 bulan diajarin terus Kaysa sekarang dah bisa dadah (milestone wajib bukan? haha), toss, sama salim. seneng deh pas lebaran kemarin Kay dah bisa salim sama orang2. *proudmommy

Nah kekurangannya:

1. ga mau sama siapapun. maunya sama bundanya. kadang sama ayahnya juga ga mau. susye deh eyke kalau kongkow ma temen2. ga bisa salaaat. jadi ya mesti kalau jalan harus ada Ompimpa atau nyokap. oh menstruasii masih lama ya datangnya? kangen kuteeekkss *salahfokus

2. karena sakit kemarin BBnya kembali turun. dah susah2 naikin 200 gram dalam 2 minggu eh dalam sehari turun 300 gram. nasiiibbb..

3. keras kepala *eeerr anak gw banget dah nih. kalau dilarang apa gitu langsung makin penasaran dan narik2 badan ke belakang.

4. pas mudik kemarin dah kecolongan makan Blue Band karena ga bawa butter unsalted, makan rengginang (!!), kastengel, tahu goreng bergaram.

5. senyum teteeep somse kalau sama orang baru..




Monday, August 27, 2012

Happy Eid 1433H

0 comments
Huhu malu sebenernya. Perasaan gw ga pantes lebaran tahun ini. Orang ga menang apa2. Puasa batal 8 karena tiap sabtu minggu emang sengaja ga puasa karena full nyusuin Kaysa (gw belum mens sampai sekarang), ngaji cuma 4 juz itu juga di 4 hari terakhir ngajinya, tarawih amit2. 2x doang kayaknya *tutupmuka, nahan emosi? Wihhhhh juaranya saya! Juara yg paling cepet emosi maksudnya.

Sempet rasionalisasi "ah wajar kan punya bayi", tapi di akhir Ramadhan gw liat senior gw lagi ngaji di pojokan dan hampir khatam. Padahal dia anaknya 2, yg kecil beda sebulan sama baby K dan dia sabtu minggu masih full puasa. Ohiya dia juga 1 ilmu lah ma gw. Ngasih mpasirumahan. Ya Allah maluuukk sin maluuuukkk..

Semoga tahun depan masih dikasih umur, kalau ga gw pasti nyesel seumur mati (kan dah keburu metong). Hihi (eh kok masih cengengesan sih ini). Beneran permohonannya kok ini ya Allah. Kasih kesempatan ketemu Ramadhan tahun depan ya Allah. Amiiin..

Nah untuk Lebarannya sendiri tadinya kan mau Lebaranan di Cirebon pas hari ke2-5. Tapi berhubung ipar gw tukang ngebor, jadi suddenly doi dinas ke Thailand dan gagal Lebaran di Indo. Nah ga ada yg bawa mobil deh. Mamah mertua naik Cipaganti dah ga kuat. 2x naik itu pulang2 sakit. Jadi ya udah deh direfund tiket keretanya (pemalas, ke Cirebon aja milih naik kereta. Haha). Dan uang kita hangus 25%. Hamdalah ga material jumlahnya.

Lebaran kali ini sesuatu banget deh. Malem takbiran gw sibuk bikin cemilan Kay buat dibawa ke Bandung lebaran kedua nanti. Jadi baru tidur jam 12an. Jadi deh pas pagi baru bangun jam 6 dan anak gadis baru bangun jam 6.15. Gatot sudah lebaranan kece di Lapangan Auri Pancoran. Ya walopun gw ga berharap bisa salat Ied juga sik, mana betah anak gadis duduk manis. Jadi jam 7-8 nyuapin+mandiin Kay. Jam 8 pas tetangga rame2 ke rumah gwnya baru mandi. Aaakkkk.. Mana lebaranannyahh..

Terus pulang dari rumah saudara jam 5an, langsung packing. Yoih belum packing. Cuma packing peralatan mpasi Kay doang.

Selama di Bandung behhhh anak gadis susyeee makannyah.. 5 suap aja dah alhamdulillah. Dan di saat yg bersamaan emak2 milis mpasirumahan ngeluhin hal yang sama. Ahh I'm not alone.

Di Bandungnya sendiri tentu ga makan kemana2. Perasaan mah emang paling enak masakan mamah mertua. Jadi kita cuma sibuk panggil tukang pijit (FINALLY!!!), terus foto Kaysa di Jonas (FINALLLY!!!) Ntar keburu prom anaknya), terus tidur tidur dan tiduuurr. Hihi..

Untuk foto di Jonasnya sendiri agak mendadak sebenernya. Ga nyiapin baju!! Mana nyokap sama teteh ipar tiba2 kita ajak ikutan foto. Senaangg.. Gapapalah amburadul dikit.. Ga sabar liat hasilnya wiken ini. Sampai2 Ompimpa yang ujian (eh belum cerita ya Ompimpa kuliah lagi) dibela2in ke Bandung.

Sekali lagi gw, Ompimpa, dan Kaysa mohon maaf ya teman2. Maafin kesampahan mulut ini. Sungguh ga ada niatan untuk nyakitin pihak manapun..






















Template Baru, Semangat Baru

0 comments
Kangen ngeblog tapi setiap mau nulis cerita rasanya bakalan panjang nulisnya dan berujung males ngeblog. Akhirnya cari2 template blog baru biar semangat nulis lagi. Semoga suka ya. Capek ni utak atik templatenya. Gw pribadi sih lebih suka template lama, tapi tak apelah. Ntar ganti lagi aja. Sayangnya gw mentok ga bisa ubah settingan postingannya biar ga ditengah. Semua yang ada tulisan centernya gw ganti left ga ngefek. Haha.. Cetek. Oke semangat nulis lagiii *selfnoted
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, August 6, 2012

Tips2 dari dr Wati

13 comments
berhubung postingan sebelumnya agak gak mutu, mending gw share tips2 dari dr Wati selama jadi DSA Kaysa ya. ohiya sebelumnya gw jelasin dulu deh. pas lahiran Kaysa di KMC. imunisasi 0-1 bulan juga masih di KMC. tapi masuk bulan ke-2 sampai sekarang Kaysa selalu imunisasi di Markas Sehat. ini klinik rumahan binaan dokter2 di Milissehat. sebenernya Kaysa ga gw patokin sih DSAnya harus dr Wati. jadi kalau pas jadwal imunisasinya Kaysa ga ada dr Wati ya gw ke dr Yoga. atau siapa aja yg ada disana. karena menurut gw tetep dokter terbaik buat Kaysa ya gw. jadi gw yang harus banyak belajar. tapi lain halnya kalau dah masuk sekolah nanti sih ya. biasanya anak rentan sakit.

nah sekelumit masalah dan tips dari dr Wati yang pernah gw terima adalah:
1. Kayak yang gw ceritain sebelumnya, Kaysa ini DRAMA bener belajar minum ASIPnya. eerrr total baru jago minum ASIP 3 bulan. udah berember2 air mata deh nyuapin ASIP doang. nah pas bener pas usia 3 bulanan dia nolak nyusu. sedih luar biasa. lebih sedih dari putus cinta sama gaji 855.700 itu. haha..waktu itu langsung dong mikirnya Kaysa bingung puting. karena emang finally Kaysa pinter minum ASIP itu pakai media spout Magmagnya Pigeon. eh kok ndilalah beberapa minggu setelahnya nolak nyusu. jadi sejak itu gw stop spoutnya dan balik ke cupfeeder Medela. nah pas imunisasi 4 bulanan gw cerita sambil mau nangis2 ke dr Wati dan tebak jawabannya apa? lanjut spoutnya. itu bukan bingung puting tapi nursing strike. anak yang diberikan botol dot setelah 6weeks risiko bingung putingnya kecil. aheeyyy joget India.. kaget juga sih statement itu keluar dari seorang dr Wati. dia bilang setelah 6weeks dikasih spout gapapa. kalau BB ga naik normal boleh kasih dot

2. BLW. a big no no for dr Wati. dia bilang lebih banyak risikonya daripada benefitnya. belum pernah liat sih bayi kesedak sampai mukanya biru. iiihhh skerriiii bayannginnya.. iya dok belum pernah liat saya mah. nanti aja BLW setelah umur 9 bulanan kalau dah jago.

3. Pumping 2 jam sekali is a must. yayaya ga ada tuh males2an yaa.. ayoo diangkat pantatnya Ibu2. eh tapi gw ngalamin sendiri lho manfaatnya. kalau di awal rajin, alhamd pas masuk kerja ga panikan pumpingnya. jadi sampai sekarang gw ga berkurang lho stoknya. padahal eheemm gw malasss pisan. sampai rumah ga pernah pumping lagi. haha.. jadi pumping cuma 3x di kantor. eh tapi ASI itu mind game sih. gw rasa gw menang disini. orang ga punya otak, apa yang mau dipikirin. huahahahhaa *bangga

4. BB rendah. nah Kaysa ini kan ya dibilang BB rendah gak sih. tapi dia pernah pas umur 6 bulan persentasenya di Growth Chart WHO Anthro sampai 30,2%. akkk mau nangis. padahal pas lahir 52% terus makin turun. eh tapi hamdalah sekarang dah naik ke 41,3%.nah dulu itu dr Wati suruh gw bikin diary ASI. jadi ditulis Kaysa nyusu jam berapa dan nyusunya berapa lama. nah masalahnya dulu gw sutris banget deh disuruh bikin diary2an. perasaan mah ga ada masalah. emang Kaysa tiap nyusu cuma 5 menit, tapi gw akalinnya nyusunya dipersering jadi 1 jam sekali. bahkan kadang 45 menit sekali. pokoknya tiada waktu terbuang hengkang2 kaki nonton TV. langsung buka clepp.. nah karena stress itu jadi gw ga terusin lagi diarynya. idiihhh... yang ada bisa2 ASI gw turun. dan terbukti kan sekarang mulai naik persentilnya. see kadang dokter hebat pun ga harus diturutin nasihatnya. haha

5. nah kalau cara booster BB lewat makanan, dr Wati suruh gw kasih Kaysa keju, ICE CREAM (yeaaahhh!!!), campur makanannya dengan ASIP, sama makan kuning telur. mari bahas 1-1. keju menurut beliau itu gapapa dikasih tiap hari. horeee... kalau ice cream boleh yang dijual bebas sama bikin sendiri apalagi. nah tapi ice creamnya harus yang rasa vanilla. jangan takut ya kata dr wati eskrim ga ada pengawetnya kok. dingin doang. hihi.. trus untuk campur makanan sama ASIP emang nutrisinya pasti turun, tapi it's not problem at all *nganga*. jadi misal bikin sup brokoli campurin ASIP hangat2 api kecil. nutrisinya tetep lebih gede (dari apa ya gw ga nanya lagi. haha). nah yang terakhir kuning telur bisa dibuat scrambled egg campur keju. ahh yummy. sayang Kaysa ga suka. mungkin karena goreng2 ya. Kaysa kan emang ga suka EVOO. mungkin ga suka goreng2an juga.

6. nah untuk perawatan bayi baru lahir mah jangan tanya deh. doi konvensional bener but i love it. dia bilang kita harus tiru para bule. dia ga ada tuh males2an nyusuin malem sambil tiduran. terus bule2 juga ga gaya2an nganterin anaknya baby spa. spa paling enak buat bayi ya pijatan ibunya sendiri *mrembeeesss.. dia bilang kalau siang anak ga usah dikasih pampers atau clodi. biarin aja biar si mbaknya ga main HP terus. hihi lucu yaa.. terus ga usah dikasih minyak telon biar aja duitnya buat dana pendidikan anak yang naudzubilah mahalnya. terus kalau anak sakit terus kamu panik kenapa? dah tahu kan tanda kegawatdaruratan? simpen aja rasa paniknya nanti kalau anak dah pacaran, dah sering pulang malam. sakit flu doang mah ga usah panik. haha.

7. untuk yang prajab tips dari dr wati kalau ga dikasih izin pumping, izinnya aja ke WC. gapapa pumping 5-10 menit. kan yang penting frekuensinya. bayi juga nyusu cuma 5-10 menit kan. anjir ga kepikiran..

UPDATE:
lupa tambahin. kalau menurut dr Wati susu UHT ga boleh samsek sebelum 1Y. baik untuk campuran makanan, apalagi buat susu beneran. hihi. happy parenting =)

Loveletter to Kaysa -1

0 comments
Dear anak Bunda yang bawel, alhamdulillah kemarin usia Key dah 9 bulan. ga berasa banget ya Nak, baru juga kemarin kamu nendang2 perut Bunda. eh sekarang dah bisa nendang beneran kalau tidur, hihi..

Kaysa, Kaysa lagi apa di rumah? Bunda kangeeen.. maafin ya kemarin cookiesnya gosong. yah namanya juga diterusin sama Ayah, Ayah kan suka ngasal masaknya. padahal itu harusnya enak banget lho Nak (menurut Bunda. haha). maafin ayah bunda yaa..

Key kenapa sih makannya lagi susah? padahal kan dulu bisa makan 30 sendok? jangan diikutin Bundanya. ikutin selera ayah aja tuh yang makan aja bisa 1 jam sendiri. abis makan ini, makan itu, peras jeruk ini, goreng tahu dikecapin, dll ga berhenti2 *teteepngehinasuami

Key, ini kenapa sik bunda ga bisa nulis surat cinta kasih keibu2an, yah maklumin aja ya Nak.

Key bunda seneng banget lho FINALYY Key bisa panggil Nda. setelah sebelumnya Kaysa panggil Bunda akik sama abah,, ahhhhh.. langsung sejuta pelukan untuk Key *kecup

Kaysa tahu ga? Kaysa makin kesini makin nyenengin lho. walaupun Bunda lagi berantem sama Ayah masalah harus milih siapa Pilkada putaran kedua nantinya misalnya, eh tiba2 Kaysa senyum. langsung maknyess hati Bunda.

Kaysa juga yang selalu bikin bunda bisa bertahan pumping walaupun lagi bosen matii sama rutinitas yang 1 ini. seandainya Bunda bisa nemenin Kaysa 24 jam yaa.. tapi sejujurnya Bunda ga sanggup Nak jadi full time mom. ga sanggup sama stressnya. anak susah makan dikit, stress, anak nolak susu stress, anak gigit puting stress, salut deh sama semua full time mom di luar sana..*kecupinsatusatu

Kaysa bunda mau pumping dulu yaa... kamu yang banyak dong maemnya. jangan makan alpukat, keju, pisang, kentang mulu (tetep banyak yaaa.. hihi)..karbonya dimakan juga lebih dari 20 sendok ya, pleaseeee =)

Tuesday, July 31, 2012

Siomay Oat (8m+)

4 comments
Halo mau bagi2 resep lagi ahh.. resep ini dapat dari Milis Mpasirumahan yang mana diambil dari Mommiesdaily..

Berikut resepnya:
2 sdm oatmeal
1 butir telur (Karena Kaysa masih 8 bulan jadi gw pakai kuningnya aja)
40 ml susu cair (untuk anak under 1Y bisa diganti air kaldu)
1/2 sdm tepung terigu
2 sdm keju parut
50 gr daging ikan lele atau ikan berdaging putih lainnya (Kaysa baru gw kenalin ikan patin)
1 sdm wortel parut

Cara buat:
1. campurkan oatmeal, susu/kaldu, terigu, daging ikan
2. masukkan telur, keju parut dan wortel, aduk smeua bahan
3. masukkan adonan ke dalam cetakan (gw pakai baby cubes), kukus selama 10 menit

Kalau mau digoreng juga bisa, selesai dikukus, celup2 ke kocokan telur, guling2 di tepung roti.

Untuk usia berapa sebenernya tergantung ya. liat aja bahan2nya. anak moms semua dah lulus 4 days rule apa belum.

rasanya? endang bambaaaanggg... kenyal2 gitu. jatuhnya kayak schotel sih menurut gw. kebetulan Kaysa sekarang dah ga mau yg cair2. dan makannya pan disuapin pakai tangan. hihi..gw mau bikinin buat Kaysa ahh sabtu ini (janji2 palsu!!!)..

selamat mencoba

Friday, July 27, 2012

Fasting While Pumping

2 comments
Alohaaa..masih puasa? samaaa..

nah bedanya tahun ini puasanya sambil pumping. sebenernya gw ga ngoyo mau puasa. tapi dengan pengalaman tahun lalu aja hamil gede bisa puasa dan batal cuma 2 hari insyaAllah tahun ini Allah juga pasti memudahkan.

mana mulai puasa wiken lagi ya. Sahur, nyusu, nyusu, masak, nyusu, nyusu, masak, nyusu nyusu, nyusu, masak. kelaaar jam 5 megap2. dehidrasi akut. alhasil dah bertekad kalau wiken ga mau puasa aja.

nah sekarang ngantor nih. alhamdulillah sebelum Ramadhan ini kan juga dah latihan puasa tuh. buat bayar puasa. jadi dah kebayang kayak gimana. dan alhamdulillahnya pas puasa ini badan juga ikut menyesuaikan diri. baik loh badankuh, ga haus atau kelaperan seperti yg dibayangkan. gw bayanginnya gw bakal megap2 juga gitu. secara biasanya gw abis pumping kiri minum segelas, pumping kanan, minum lagi segelas. pokoknya selama di kantor doang gw bisa minum 3,5 liter lho. banggaaa...

nah secara puasanya sih ga ngaruh, ta ta tapiiii hasil pumpingan lama2 ngaruh maliiihhh.. puasa pertama sama persis. malah lebih 20ccan. puasa kedua turun 30cc, ketiga 50cc, keempat 70cc, nah pagi ini baru pumping pagi aja dah berkurang 100cc. hwuuaaaaaaaaaaa *nangisdipojokan.

sekarang sih Kaysa baik deh. minumnya juga cuma 450-500cc. padahal biasanya 550-600cc. jadi ga ngejar2 banget. cuma pumping di kantor aja 3x cukup. nah mengingat pagi ini aja dah berkurang 1 botol, jadi makin yakin wiken ga puasa. mari kita balas power pumping tiap 2 jam dikala wiken. tumbler mana tumbler....

gimana sih tipsnya biar produksi ASI ga turun? padahal sebelum tidur usahain minum 1 liter. sahur juga 1 liter. tapi emang makan cuma 2x sih gw. secara abis pulang kadang Kaysa belum makan, jadi gw nyuapin Kaysa dulu. terus selesai2 pas dah ga ada orang di rumah. mana bisa makan sambil gendong Kaysa. dia pasti ngacak2 nasi gw. gw ngeri dia kena sambal terus ngucek mata, dll. jadi jam setengah 9an baru makan. nah makan keduanya kapan? keburu ngantuk maliih. Princess kan jam 9 dah tidur. hahahhaa kebo!

Monday, July 23, 2012

Those Unforgettable Times

6 comments
Gimana puasanya teman2? Dah batal belum? Gw dah puasa 3 hari tapi rasa2nya ga ada yng diterima inih. Marah mulu malih. Kemarin marah ma Ompimpa karena dia ga bisa jagain anak. Jadi gw masak sambil nyuapin anak dan buka puasa. Emosi? Yesss. Haha

Nah cukup sudah intronya. Jadi semenjak masuk sini roda kehidupan berubah. Secara gaji sih emang turun, tapi benefit lain kayak expenses dan tunjangan kesehatan mana ada dimari. Jadi kalau tahun lalu terngepot2 nabung buat biaya lahiran, abis lahiran pun masih terngepot juga bayar imunisasi anak. Gw aja yang imunisasi di Markas Sehat (klinik kesehatan binaannya DSA Kaysa, dr Wati) bisa abis 2 juta lho tiap kunjungan apalagi KMC ya? Sungguh tak mampu!

Nah dengan berkurangnya gaji pola kehidupan berubah. Postingan ini sengaja ditulis buat gw baca lagi 10 tahun atau bahkn 5 tahun kedepan ketika gw ga kere lagi. Hahhaha amiiiiiiiinnn..

1. Makan soto
Ini tersampah dalam hidup gw. Jadi pas makan soto ayam, begitu masuk pesan tuh ya soto ayam. Pas duduk gw liat menu di dinding soto ayam pisah 11ribu, soto ayam campur 9ribu. Gw langsung ke ibunya minta soto ayamnya dicampur aja. Huahaha

2.namapun PNS ya jadi kalau sakit ya terpaksa harus kenalan sama yang namanya Puskesmas. Nah sekali2nya tuh gw ke PUSKESMAS gang sanip. Begitu masuk disuruh buka sepatu. Yailah balik lagi. Abis daftar gw nunggu dipanggil dokternya. Pas lagi nunggu tiba2 ada ibu2 nyampirin gw minta salaman. Dia bilang "neng pulang dulu ya neng". Anjiirr kenapa pake saaman sik nih. Mana dia salamannya dari ujung k ujung. Semua disalamin. Haha.. abis itu digodain ma tukang ojek langgannan gw "sakit apaan mak?" Ibu: "ini sakit gatal2." Ojek: "yah mak kalau gatel tinggal garuk aje". Huahaha berasa di lenong bocah gw

3. Bulan lalu gw training di BEJ. Paginya gw prefer nyuapin Kaysa instead of sarapan. Kapan lagi gitu bisa nyuapin anak. Biasanya ngejar2 absen dari jam 7.30. Nah gw belilah tuh sandwich di stall roti langganan. Nah masalahnya dulu aja jaman di EY gw nunggu jam 5 dulu baru beli roti soalnya kalau di atas jam 5 diskon 50%. tapi ya gapapalah darurat. Mau ke PP juga belum buka. Akhirnya dibelilah sanndwich dan aqua gelas. Maklum standar sarapan gw sekarang nasi uduk. Roti kecil2 itu mana nampol. Pas bayar billnya 53ribu.masya Allah. Tega banget sih dia jual roti sekian persen gaji gw!!!! Apa perlu gw beli roti bawa slip gaji gw hah? Hah???

4. Nah kalau ini pengalaman hari ini. Tadi ada silaturahmi ma Dewan Komisioner OJK. Eh dah pada tau kan yah kalau gw kerja di Bapepam? Nah Bapepam ini nantinya mau gabung ma bagian monitoring perbankan BI jadi 1 badan superior (katanya) jadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah tadi orang bappam ke BI ngasih selamat ke semua Dewan Komisioner yg terpilih. Temen gw balik dari BI langsung gw tanya :"gimana Sal orang2 BI? Cakep2 ya?" dia jawab:" ya ampun Ta tangan orang BI empuk2 banget Ta. Beda banget ma tangan orang Bapepam".huahahahaha.. najiiiissss... eh ada lagi temen gw nyahut "iya bu haji (red: gw) beda banget. Tangan orang BI isinya cincin semua". Huahaahahaha

5. Pas zaman hamil gede kan gw sutris banget tuh ditanyain orang muluk kapan lahiran. Lah meneketehe emang sini Tuhan. Jadi tiap ada yg nanya dah lahiran belum seketika itu pula bawaannya mau ngemall nyari kontraksi. Sampai waktu itu gw cari kontraksike Gandaria City. Dah ditahan2 tuh selama ngemall cuma buat makan doang. Padahal keliling mall sampai 4 jam. Kan sini bawaannya ketar ketir aja harus saving duit puluhan juta buat caesar gitu. Eh ndilalah pas balik pake ditilang polisi lagi gara2 gw salah ambil jalan. Gw sumpah serapah ma Ompimpa dalam hati. Dah gw sayang2 tuh duit, ehyailah masa gw harus ngeluarin duit 50ribu. Akhirnya begitu pak polisi mau ngeluarin surat tilang gw sok2 meringis2kontraksi. Eh polisinya panik dan nanya: "mau ke RS ya Pak?" dan gw jawab:" iya pak dah sakit banget nih pak." Akhirnya gw disuruh lewat.horaaaayyyy... haha

6. Kalau ini kejadiannya pas jaman jadi auditor.eh berarti gw belum pernah ngerasain kaya yah. Hahaha.. jadi dulu tuh kita suka buka puasa ke Al Azhar. Demi apa? Demi dapet jodoh saleh. Hahaha.. nah pas masuk ke Al Azhar yailah kenapa temen gw ikutan ngantri tajil gratis sik. Malu ma pengemis jalanan noh. Hahaha jiwa miskin. Nah kejadian ini juga berulang kalau salat di PP. Jadi PP tuh suka ngasih kurma gratis plus Aqua. Nah kita ber4 tuh sering banget salat di PP demiiii Aqua gratis. Jadi abis ambil aqua baru makan di pengkolan depan Komdak belakang. Lumayan hemat 3 ribu. Hahaha

7. Nah yang terakhir ini kejadiannya pas jaman kuliah. Jadi emang dari lahir dah miskin sih gw. Haha *bangga. Jadi kan jaman muda, pengen cantik tapi ga punya duit. Jadi kalau creambath kemana lagi kalau bukaaaann Johny Andrean training center. Harus yang training kalau gak, gak mampu. Dulu creambath plus blow dry 17ribu, creambath plus keringin angin2 11ribu. Pede lah gw creambath. Nah pas diblow dry gw panik banget megang2in terus rambut gw. Gimana caranya rambut gw ga terlalu lepek kayak tikus kecebur tapi jangan sampai kering banget juga. Ntar gw bayar 17ribu lagi! Kan duit gw cuma cukup 11ribu. HAHAHAHAHAHAAHAAHA..

Aiiibbb aiiiibbbbbb.... demen banget sik gw umbar aib. Astofaziiimmm

Wednesday, July 18, 2012

Mood Booster

0 comments
Hari ini ngantuuuk banget. barusan ditraktir makan ma boss. langsung lah busui kalap. makan bayar aja kalap mulu apalagi hratiiiss. semua dimakan. enak juga ga tuh makanan. yang penting apapun dicoba. haha.. nah sampai tadi jam 1 sampai sekarang ga ilang2 ngantuknya. ter la lu. padahal ada kerjaan.

klik klik open folder di music, nemu lagu Kaysa. nnnnjuuuuuuuuuussssss berasa suntik oksitosin gw. senang dan jadi pengen kerja lagi. kangen anaaakkk...*hummingitsybitsyspider

Baby Sitter Cillikku

5 comments
Jadi sejak 1,5 bulan yang lalu AKHIRNYA gw dapet ART. gw dah nulis tentang ART ini, tapi lama ngendon di draft. terlalu negatif kayaknya auranya. jadi ga diterusin.

nah justru ketika gw ga nyari pembantu, tepatnya nyokap gw males pakai pembantu lagi, akhirnya temen nyokap nawarin. tapi dia maunya pulang pergi dan hari Minggu ga masuk. ditambah lagi dia bakal ngajak anaknya kerja. dang! Combo paket! yang tentu biasanya bakal ditolak nyokap mentah2. tapi herannya nyokap gw iyain aja ngasal. soalnya dah 2x juga ada yg dah deal masuk eh pas hari H ga dateng.

taraa hari Minggu datang Mba Lia seorang diri. cakep banget doi. putih bersih pakai kacamata frame lumayan tebal dan rambut buceri. pertemuan pertama gw shock juga. kenapa dia cakep banget pakai bajunya. haha. nah berhubung gw tipe yang judge a book by its cover, gw biasa aja pas dia masuk. lagak2nya ni mba ga serius kerja. masih suka hepi2. jadi hari pertama berlalu biasa aja.

nah pas hari Senin si mba bawa anaknya. etapiiii ternyata anaknya ini baik banget. namanya Biya. Kak Biya sayang banget ma Kaysa. dia nengok aja Kaysa dah cekikikan. ngumpet dikit Kaysa dah merangkak lebay sampai ngepot2. makin sering ngoceh2 ma Kakaknya. Biya mau lho lari2an demi Kaysa ketawa. sampai keringetan gitu dianya. ahh hatiku hangat. i fell for her. so deeply..

nah kemarin Kakak Biya ranking 1. jadi KAKAK Shinta kasih hadiah deh. gw bilang "Kak, kalau nanti Kakak bisa ranking 1 KAK Shinta ajak naik kereta di mall deh. dah pernah belum?". eh doi semangat belajar kali ya. jadi walaupun kata si mba nilai2nya turun dari semester sebelumnya (sebelumnya dia mang dah ranking 1) tapi dia berhasil ngejar nilainya dan ranking 1 lagi. horaayyyy...

jadi untuk menepati janji, kemarin KAKAK Shinta ajak Kakak Biya ke GI. have fun ya baby sitter kecilkuuu..


Friday, July 13, 2012

Baju Lebaran

0 comments
Huahahaha.. Iya iya gw tau puasa aja belum dah beli baju lebaran. Udah gitu belum tentu tahun ini ikutan puasa juga lagi. Haha. Eh justru itu, sebelum barang naik harga, beli dari sekarang. Setelah ngubek2 Ambas akhirnya nemu baju lebaran kece warna ungu. Iri banget deh ma Kaftan2 kece, tapi ya mosok gw nyusu tuh Kaftan ditarik dari bawah sampai t*t*. Jadi daripada gw exhibitionist beli baju lebaran atasan aja. Udah gitu nemu yg jual baju gamis bayi pitik cilik. Rencananya sih bakal dikecilin lagi. Semoga ga merusak bentuk asli tuh baju deh, nah berhubung baju gw dan Kaysa ungu, jadi suami jangan protes yaa kalau dibeliin baju koko ungu *evilgrin

Kaysa 8m old

4 comments
dah lama ga update milestone baby K. maafin bunda naakk..

nah alhamd wasyukurillah Kaysa ini cepet banget milestonenya. ini yang gw inget:

1. pas 6 bulan teng dah tumbuh gigi bawah, 2 minggu setelahnya numbuh lagi 1 gigi bawah. gitu terus. sampai sekarang 8m1w dah punya 5 gigi. 3 gigi atas 2 gigi bawah. tapii gigi atasnya gede banget bak kelinci. persis kayak gw. kenapa yg jelek yg ditiru sih Kay...makanya sejak umur 6m3w dah ga suka makanan cair2. maunya buburnya kental.. hihi. tapi negatifnya banyak bet bekas gigitan nyusu. huhu. baru juga sembuh seminggu, eh digigit lagi. ikhlasin siiinn ikhlaaasssiiiiiiiinnnn..

2. pas 6m Kay dah bisa duduk bersandar 1 tangan kayak di pantai, nah pas 6m2w tiba2 dah bisa duduk sendiri. awalnya sih doyong2 tapi 3 hari kemudian dah tegak duduknya.. horaaayyy..

3. pas 5m2w kan Kaysa dah bisa merangkak gaya lumba2. jadi merangkaknya pakai perut. nah sejak 6m1w Kaysa dah bisa merangkak pakai dengkul. terharu deh gw.. jadi cepet banget jalannya. nyokap gw masak air mandi tiba2 dah disusul ma Kaysa. hihi

4. nah ini yang bikin hati gw kejut2. pas umur 7,5m tiba2 Kaysa merambat di badan gw terus dia pegangan di meja. 7m3w dia dah lancar berdiri tanpa dipegangin. ya Allah histeris gw..

5. udah selesai tuh ya gw kaget dia bisa berdiri umur 7,5m, terus 7m3w tiba2 dia merembet di baby boxnya. ga banyak sih cuma 2 langkah. awalnya gw kira kebetulan doang kan. besokannya gw tes di kursi panjang. dia berdiri di pojok kanan. gw duduk di pojok kiri. eh dia bisa lho nyamperin gw. subhanallah...

6. nah ini yang teranyar. setelah bisa berdiri, untuk ke posisi duduk lagi biasanya dia jatuhin aja gitu pantatnya. tapi pas 8m dia dah bisa turun pelan2, terus jongkok, baru duduk. Subhanallaaaahhh Naak dah ngerti konsep sakit ya Nak? trus pinternya lagi kalau di kasur dia tetep jatuhin pantatnya. hihi..

7. pas 8m tiap berdiri biasanya dia seneng banget tuh pukul2 meja di tempat dia pegangan. terus lama2 gw suka nyanyi dindin ba dindiiin oiyy dindin ba dindiin, terus anak bayi nekuk2 lututnya tanda joget. huahahhahahahaha lucuuuuuuu.. anak bayi nurun siapa sih naakk doyan joget? *kibasjilbab

8. walaupun Kaysa ga suka didongengin tapi gw pantang mundur, tetep gw bacain buku apapun dengan harapan lama2 jadi suka. semalam gw bacain buku bantal Peternakan Si Meong. pas bagian sapi gw kasih tau sapi itu suaranya mooo'..mooo'.. eya Allah semaleman anak gadis teriak2 mooo' mooo' ga berhenti2. dari mulai main, sampai gw salat, makan, ngajakin tidur tetep aja dia teriak2 mooo' moooo'. haha. kejadian juga dia bisa ngomong akik. semaleman dia manggil gw akik. pernah juga sepagian gw dipanggil abah. lucuuu.. Bunda dipanggil abah atau akik tetep seneng kok Naak..

9. masalah berat badan. alhamdulillaah wasyukurilah karena Kaysa doyan makan apalagi alpukat dan keju, jadi bulan ini walaupun dah aktif beett BBnya tetap naik 400gram. asiiiikkkk.. padahal kalau di atas 6 bulan katanya naik cuma 250-400 kan ya. semoga BBnya naik terus deh. sekarang persentilnya mulai naik ke 39% setelah beberapa bulan ini terus turun dari 49% jadi 33%. bener2 sujud syukur

10. emang nyokap gw tuh supermom bener deh. setelah Kaysa diajarin minum pakai gelas, sekarang Kaysa mulai ditatur poop dan pee di toilet. ya ampun gw shock seshock2nya Kaysa dah bisa pee di toilet. kalau poop kan gampang ya. begitu liat dia ngeden2 bisa langsung dibawa ke toilet. nah kalau pee ini jadi tiap bangun tidur atau makan Kaysa dibawa ke toilet terus nyokap bilang uuusssttt usssssttt (suara pipis) trus Kaysa pipis deh. terbangga

apalagi ya? kayaknya udah. nah kekurangannya apa aja, ni nih:

1. dah diajarin dadah ma uminya (nyokap gw) dari 6m sampai 8m1w ini belum bisa2 juga.

2. separation anxietynya makin parah. ga bisa ditinggal sedikitpun. apalagi dia aktif banget kan ya jadi makin ga bisa ditinggal

3. senyumnya itu lho angin2an. kalau sama tetangga2 gw atau siapapun di mall sumeh banget. senyum teruuuss. tapi sama temen gw entah mengapa susyeee bener senyumnya. haha.. gw kadang malu lho. kesannya gw membesar2kan banget anak gw bisa ini itu tapi pas ketemu meneng wae. hhahahaaha

4. alhamd muka dah mulai putih tapi teteeep kaki sama tangan hitam. berarti beneran genetik ini mah hitamnya, bukan karena efek disinar dulu. hahahahhaa

nah ini nih foto Kaysa di umur 7-8 bulan *kecup. pulaaanggg pulaaanggg..ngelonin anak. happy wiken =)








Puding Beras Mangga

7 comments
Bagi2 resep lagi. kalau ini ambisi emaknya. dari jaman K 6 bulan gw dah nyari resep puding beras. karena gw suka banget ma puding beras di SwissBell tempat biasa rapat kantor. enak enak enaaakkk..

Bahan:
50 gram beras
1 sdm agar2 plain merk Swallow
air 600cc
mangga secukupnya untuk topping
susu secukupnya(kalau gw pakai 4 sdm ASIP)
cinnamon seiprit

Cara buat:
1. masukkan beras, agar2 dan air dalam panci sampai beras matang.
2. setelah dingin, blender dengan susu dan mangga.
3. tambahkan cinnamon di atasnya.

kelaaar.. nah masalahnya kemarin gw terlalu malas untuk blender. jadi walaupun Kaysa ga suka yang encer2, tapi dia ga suka juga beras utuh. harus tetep diblender. nah karena Kaysa ga suka gw yang makan. tambahin gula 1 sdm. enaaakkkkkk...

Cookies Oat Banana

3 comments
Hah besok dah wiken. senaaangg..Nah sejak 8 bulan ini Kaysa dah gw kenalin cemilan. Salah 1nya ini. gampill pisan bikinnya. gw dapet resepnya dari temen kantor. nih dia

Ingredients:
50 gr mentega tawar, suhu ruang, kocok2 sebentar pakai garpu/sendok, biar agak lembut aja
100 gr oat quick cooking, haluskan dengan grinder
2 buah pisang ambon matang, parut dengan parutan keju

Directions:
campur semua bahan hingga rata, pipihkan di loyang, potong2 dengan cookie cutter, bersihkan sisanya. Trus panggang dengan api kecil kurang lebih 10 menit atau sampai kecoklatan

Kalau pakai cookie cutter yg banyak liku2nya agak sulit dan lama merapikannya jd saranku pakai yg oval, bulat atau kotak aja, lebih gampang.



Nah itu teorinya. praktiknya gw ga punya cookie cutter. jadi potong2 pakai pisau. haha. ga cantik bener deh bentuknya. untuk manggangnya sendiri gw pakai suhu 180 selama 20 menit. eh tapi gosong juga sih ujung2nya. emang kalau kata mba Depe Mpasirumahan kenali oven anda. karena tiap oven beda2. sipp.. ntar dikurangin deh waktunya. selamat mencobaaa. Kaysa sih sukaaa banget. apalagi bagian gigit menggigitnya. hihi

Thursday, July 5, 2012

Manajemen ASI

1 comments
aaakk mulai dari mana ya? gini pada prinsipnya ASI itu kayak orang dagang. supply = demand. jadi makin banyak diperah, makin banyak juga ASI yg diproduksi. kalau gw sendiri mulai pumping dari hari kedua di RS. hasilnya? sepantat botol aja. haha. begitu sampai di rumah gw juga rajin pumping tiap 2 jam. hasilnya pas awal pumping cuma dapet 10 cc. abis dipumping kasih mama untuk Kaysa belajar nyusu pakai medela cup feeder. gitu terus sampai 10 harian. jadi belum stock ASIP. nah setelah Kaysa pulang dari RS karena kuning, alhamd ASInya mulai meningkat 1 botol bisa hasil dari 3x pumping, dst sampai sekarang bisa sekian botol.

nah masalahnya pas umur 3 mingguan mulai tuh fase growth spurt. bayi maunya nyusuuu mulu. baru nyusu setengah jam, eh dah owek2 lagi. itu sangat wajar saudara2. itu bukan karena ASIlo kurang lantas berpaling ke susu formula. Kaysa juga suka abis nyusu tetep nangis. hihi. that's why gw sempat Baby Blues. nah tapi gw tetep rajin pumping di setiap jedanya itu. biar dibilang baru juga 2x tuas goyang, gw simpen tuh ASIPnya. buru2 masukin kulkas biar Kaysa ga makin kenceng nangisnya.

untuk ASI segar ini bisa tahan hingga 4 jam di ruangan berAC. gw dah buktiin. lebih dari itu hwoeeekk (ketauan pernah minum susu sendiri). tapi kalau di ruangan ga berAC yasalaam. 1,5 jam aja dah kuning dan asem.

nah abis dipumping, botolnya dikasih tanggal, sama jam perah. gunanya jam perah ini untuk gabung2in ASInya. kalau ngasih label ini gw pakai selotip pipa kayak di bawah ini. apa sih namanya nih. enak kalau ini abis dicuci ga berbekas di botolnya dibanding label kertas itu.



nah ntar pas malam gw gabung2in ASI yg didapet seharian. jadi ASI itu kalau suhunya dah sama boleh digabungin dalam 24 jam. maksudnya suhunya dah sama tuh jadi kita ga boleh gabungin ASI yang baru dipumping sama ASI di kulkas. yang 1 dingin 1 hangat. jadi ASI yg baru diperah dimasukin ke kulkas dulu selama min 30 menit, baru boleh digabung. tapi gw malas. biasanya gabung sekalian pas malam. baru masukin freezer. awalnya 1 hari cuma dapat total 80ml-an (soalnya kan kepake buat Kaysa belajar mimik susu tuh)lama2 bisa nabung 3-4 botol ASI per harinya.

nah rajin ya gw? jangan salah! gw kira semua ibu menyusui tuh emang gitu, jadi gw lakuin karena emang gw kira itu kewajiban gw. hahahahahhahaa *gagaladmire. see kadang kegesrekan membawa berkah.

nah pas masuk kantor alhamdulillah lah pokoknya. dapet tabungan lumayan banyak. gw juga sewa freezer di mas Rizky di Depok nomor HP 081553328867. tapi yang bersisa freezer bukaan atas cuma Rp 100ribu/bulan. masalah? ga! gw rajin lho mindah2-in ASI per 2 mingguan atau kadang 1 bulan sekali jadi ASI yang terdahulu dipindahin ke atas, yang terbaru di bawah. nah ASIP yang disimpan di kulkas bawah (chiller) tahan
3-8 hari, kulkas di freezer 1 pintu tahan 2 minggu, freezer di kulkas 2 pintu tahan 3 bulan, dan kalau di deep freezer bisa tahan 6 bulan. Subhanallah yaa..

nah gimana cara penyajian ASIP (ASI Perah)?
gw penganut gabungin susu segar sama perah. malah akhir2 ini selalu pakai susu segar. karena gw yakin susu segar lebih banyak nutrisinya dibanding ASIP di freezer. jadi misal kebutuhan Kaysa dulu sebelum makan 7 botol, jadi 4 botol ASI hasil pumping kemarin, 3 botol ambil dari freezer. nah yang 3 botol dari freezer ini semalam sebelumnya dah gw turunin ke kulkas bawah. Ingat Suhu ASIP ga boleh berubah drastis nanti nutrisinya banyak yang hilang. nah ASI yang dah turun di kulkas ini bisa tahan 24 jam setelah mencair sempurna. gw sih ga pernah tahu tuh kapan ASIP gw mencair sempurna, jadi kalau lebih dari sehari udah lah gw buang aja walaupun bersisa.

ohya tips: untuk lebih cepat nyairin ASIP tuh taruh ASIP di mangkok plastik yang berisi air di chiller. plastik ya jangan keramik, lambreta juga kalau keramik mah.

trus pas mau diminum botolnya ditaruh di mangkok berisi air hangat, hangat ya jangan panas. inget apa ibu2? suhu ASI ga boleh berubah drastis. eh tapi gw lebih suka angetinnya pakai gelas sih. jadi merata air hangatnya sampai ke mulut botol. kalau mangkok kan paling cuma separuh botol kan tingginya. trus diminumin deh ke anaknya.

hangatinnya sebatas jumlah minum anaknya aja ya. soalnya ASI yang dah dihangatin ga boleh dihangatin lagi. misal nih pas newborn kan paling minumnya 1 cupfeeder doang; 30cc. jadi hangatinnya ya 30 cc aja. sisanya botolnya masuk kulkas lagi.

nah misal ASInya ga habis gimana? sayangnya ASI kalau dah kena liur bayi cuma tahan 1 jam. jadi dalam 1 jam harus dihabisin atau dibuang, hiks. dulu gw sering buang2 ASIP nih karena Kaysa ga suka ASIP. padahal gw dah ngumpet di kamar.

nah pertanyaan yang biasa sering muncul tuh kok ASIP gw bau sabun ya? sama buibu gw juga. normal sekali ituh. soalnya gw juga pernah nyiumin ASIP donor eh ternyata baunya sama persis ma bau ASI gw. tapi beda dengan ASI yang bau zat besi ya itu karena enzim lipasenya tinggi. jadi sebelum masuk kulkas ASIPnya harus discalding dulu. browsing aja ya tentang scalding ini. gw ga berpengalaman.

trus pertanyaan sering muncul lainnya kok tutup botol ASI gw pop up? aman ga tuh diminum bayi? kalau tutup botol pop up itu penyebabnya 2: 1. karena ASIlo kepenuhan. jadi maksimal kalau botol kaca biasa sampai yang ada garisnya aja ya (100cc). jangan lebih dari itu 2. karena mulut botol/tutup botolnya basah. gw sering tuh pas gabung2in ASI ada ASI di mulut botol, dilap dulu ya baru ditutup.

apalagi ya? ohya steril ya? kalau gw cuci botol pakai sleek, terus tinggal masukin dish dryer Panasonic. kelaar. gede sih itu wattnya . 400 ya. tapi gw ga mau ambil risiko daripada anak gw diare. cuci mencuci ini juga berlaku selama di kantor. setiap abis pumping, gw cuci bersih, terus masukin sterilizer juga.

nah karena di kantor gw ga ada kulkas, jadi gw kalau pulang pergi kantor bawa cooler bag. abisan cooler box berat. nanti begitu nyampe kantor langsung icegelnya masukin coolerbox biar botolnya ga dingin lagi. karena apa? suhu ASI ga boleh berubah drastis. nah nanti kalau botol dah ga dingin baru gw pumping. selama kerja PP 11 jam, gw pumping 3x. dulu sih pas awal pumping 3 jam sekali. tapi lama2 modar. males pumping, jadi dikurangin aja 3x. inget bunda Wati wanti2 nih pokoknya pumping di kantor untuk jam segitu ga boleh kurang dari 3x.

untuk jadwal pumpingnya pagi jam 9, siang jam setengah 2an sama jam 4an. sekarang sih dah malas ga pernah pumping malam lagi *janganditiru. kalau dulu dah ngurus anak seharian juga malam2 tetep pumping jam 2. wihhh ngalirr dereeessss..

semangat pumping ya buibu. emang kebukti deh anak ASI lebih aktif. semoga aktif ini seiring dengan kepintaran anak yaa. amiin

Perlengkapan ASI

6 comments
Mau share ini dari dulu tapi pengennya kalau fotonya lengkap. yang ada ga nulis2. haha. bagi teman2ku yang lagi hamil berbarengan hah lucky you. enak kali ya kalau hamil barengan ma temen sendiri.

nah apa aja sih perlengkapan ASI gw:

1. Breastpump
Nah ini modal utama ibu menyusui. gw sendiri punya 2 breastpump. yang 1 kado Pigeon Manual. 1 lagi beli sendiri Medela Swing. pas Kaysa lahir sampai umur 5 bulan gw pumping pakai Pigeon. canggih malih. PD bisa bener2 kempes pes pes. sampai akhirnya pas 5 bulanan tangan gw pegal ga hilang2 dan lama2 capek juga pakai manual dan karena sparepartnya banyak ga bawa 1 sparepart aja ga bisa pumping. gw pernah seminggu itu berkali2 pernah ga bawa tuasnya, terus beberapa hari setelahnya tiba2 yan putih2 tengahnya itu hilang entah kemana habis dicuci. dah BT tuh eh siangnya OB kantor nemuin katanya jatuh di lantai. hihi masih rezeki. tapi tenang walaupun banyak sparepartnya tapi sparepart cadangannya banyak juga. jadi kalau hilang ga usah beli lagi kayak Medela. gw puas banget ma Pigeon ini. Pigeon ini yang bantuin gw bisa ngumpulin ASI sebotol demi sebotol akhirnya dapat sekian botol untuk modal ninggalin Kaysa :D



akhirnya beli lagi Medela Swing. pas awal pakai norak gitu gw. kaget2 sendiri. haha.. tapi ga sakit samsek lho pakai ini. karena gw pernah minjem Medela Minelnya temen gw soalnya waktu itu Ompimpa lupa masukin tuas Pigeon ke coolerbag. nah kalau Minel itu gw ngerasa sakit. narik2nya ga alami menurut gw. kejut2 menggelegar. haha. ga usah review, must have items lah ini pokoknya.



2. Cooler bag
untuk coolerbag sendiri gw punya 2 juga, 1 merk Mothercare, 1 merk Unimom. 2-2nya kado. kalau untuk ke kantor gw biasanya pakai yang mothercare karena lebih muat banyak. ntar gw share manajemen ASI ala gw deh ya di post tersendiri. tapi kekurangannya coolerbag ini ga ada icegelnya. icegelnya seiprit liat foto deh, yang di tengah.



nah kalau unimom lebih tahan lama dinginnya dan biasanya gw pakai kalau pergi2. biasa Kaysa kalau pergi suka lebay excitednya dan jadi ga lama nyusunya. jadi gw akalin bawa ASIP dari rumah.



2-2nya recommended. yang penting icegelnya banyak dan bagus.

3 Ice Gel/ Ice pack
nah kalau ice gel gw punya ice gel paketannya Unimom. Silver Nano namanya. gretongan juga inih. gw suka suka suka ice gel ini. dah nemenin gw ke PESAT selama 8 jam dan pernah juga gw pakai rapat 14 jam masih dingin. senaaaangg.. gw punya 2, tapi yang 1 bocor jadi gw beli lagi. hah senangnya nemu yang jual icegel Silver Nano di www.gerailaktasi.com.

nah ice packnya gw beli Igloo. gw sih ga suka icepack ya. kurang dingin. ice pack mah 4 jam juga dah ga terlalu dingin. kalau ice gel 4 jam masih beku. beku lho ya bukan dingin. that's why tahan 12 jaman.

4 Botol ASI
Botol ASi ini tadinya gw beli di OLS2 terkemuka itu tuh yang asi-asian. trus gw nemu yang jual botol ASI murah di Pasar Pramuka. 1 pak isi 15 botol harganya 18ribu sajah. gw ga tau sih persisnya dimana soalnya yang beli Ompimpa. tapi banyak kok yang jual botol kaca tutup karet abu2 di Pasar Pramuka. lo tanya aja masmas2 disana *gamembantu

5. sterilizer
untuk sterilizer mang mantap deh pilihan gw ke Panasonic Dish Dryer. isinya gede dan langsung kering. karena gede jadi sekalian jadi rak botolnya Kaysa. ga makan tempat jadinya. haha



nah untuk di kantor, karena kantor gw ga ada kompor jadi ga bisa rebus2 alat pompa. jadi gw bawa sterilizer sendiri dari rumah merk Baby Crown. nah ini pinjeman dari Uni gw. mantaapp..kecil. jangan tanya kualitasnya. jelek. abis disteril harus diangin2in dulu biar kering. haha. ada harga ada kualitas. gw pernah browsing harganya cuma 85ribu. tapi sangat membantu untuk di kantor.



4. Medela Cup Feeder
Pas newborn sampai 3 bulan ngajarin Kaysa minum ASIP tuh entah berapa air mata yang keluar deh. Kaysa tipe yang lama bisa minum ASIP pakai media apapun. awalnya pakai cup feeder ini karena gw ga mau Kaysa bingung puting. akhirnya kelarr nangis2 mulu tiap pakai ini. akhirnya setelah 1,5 bulan gw beli spout. nah sekarang pas Kaysa dah makan medela cup feeder ini sangat membantu buat Kaysa belajar minum air putih. sekarang Kaysa dah bisa minum pakai gelas lho. terharuuu.. jadi kalau pergi2 tinggal beli Aqua gelas. lumayan ga perlu bawa botol



5. spout MagMag Pigeon Import
ngenalin ini juga taunya dari milis asiforbaby. seneng banget nemu ini. ini bukan dot ya. karena kalau dibalik ga tumpah ASINya. dan kekenyalannya juga beda ma dot dan bentuk spoutnya ga kayak puting. that's why ini recommended. akhirnya pas umur 3 bulanan Kaysa lancar minum pakai ini. yeayyyyy. emang tiap bayi beda. jadi cobain aneka media pemberian ASI yang cocok buat anak kita.



6. Cooler box Puku
nah selain tak berkompor di lantai gw juga ga ada kulkas. pe er banget deh tiap abis pompa harus turun ke bawah nitip di kulkas. mau beli kulkas sendiri ma busui2 lainnya ga dibolehin kepegawaian. bahh! duit2 kita ya padahal, cuih. mana lift kantor lamanya kayak nunggu jodoh, jadi akhirnya gw beli coolerbag Puku ini. harganya cuma 75ribu dan ASI awet sampai 24 jam. gw sering rapat di luar seharian dan awet 14 jaman. kekurangannya 1 berat. eh 2 deng sering dikira jualan es ma abang angkot. haha



7. Plastik ASI Natur
Nah kalau ini penyelamat di kala susah. gw tiap ke kantor bawa 7 botol ASI. tapi kadang ada aja kan masalahnya. lupa nyatuin ASI di 2 botol kepisahlah setelah suhunya sama, dll. jadi gw selalu siap Plastik ASI ini di kantor. dan kalau training juga biasanya bawa kantong ini aja biar ga berat. abisan Cooler boxnya aja dah segede2 gaban gitu.



8. Bra Menyusui
gw beli yg merk Ejese. nah ini bagus sih. gw juga punya yg pakai kawat merk Sorella. gw pernah salah posisi kawatnya kurung turun, jadi agak kejepit dikit (apanya sin? haha), nah gak lama langsung saluran ASInya mampet, jendul2 gitu. ngilu maliihh. alhasil gw sesiangan pijit PD di kamar mandi pakai lotion. hiks. kapok. ehtapi kalau pakai Kebaya gw pakai yg berkawat sih..

9. Bantal menyusui
nah ini nih yg ga kepake. baru mau dipakaiin ikat pinggangnya tuh bantal dah keburu nsngis anaknya. kelaaar. fotonya ada disini yaa..

10. Cairan Pembersih Botol Sleek
penting banget ya masuk sini. haha. ya mana tau ada yang nanya.. ini stock juga di kantor beserta sikat botolnya. senaaangg..

Happy shopping ya buibu

Wednesday, July 4, 2012

Apple and Sweet Potato Soup

1 comments
Mau bagi resep kesukaannya Kaysa. sumber dari sini: http://www.homemade-baby-food-recipes.com

2 tsp flour
2 tsp unsalted butter
6 fl oz (3/4 cup) low sodium orhomemade chicken broth
2 tsp applesauce (use our recipe above)
6 oz (3/4 cup)sweet potatoes(cooked)
pinch ground ginger (optional)
pinch ground cinnamon (optional)
4 fl oz (1/2 cup) milk (use breast milk or formula if you prefer)
Melt the butter in a heavy saucepan and stir in the flour.
Cook, stirring constantly, until the flour/butter mixture turns golden.
Pour in the broth slowly, stirring constantly, then add the applesauce, sweet potato, ginger and cinnamon.
Bring the mixture to the boil, then lower the heat until the mixture is simmering gently.
Cook for 5 minutes.
Puree the mixture (either by transferring to a food processor in batches, or using a hand blender in the pot), then return it to the saucepan.
Pour in the milk, warm through gently - and serve.

yummyyyy.. gw aja doyaaannn.. tapi gw ga pakai ginger karena takut Kaysa ga suka..Happy Cooking.. ohya buat yang nanya gw dah kenalin Kaysa unsalted butter dari 7,5 bulan. hehe.. alasannya karena gw pernah baca di milis mana gitu kalau dalam Mpasi yang paling penting variasi makanan. karena risiko bayi alergi cuma 10% dan ga lebih bahaya daripada bayi kekurangan nutrisi. dang! berasa ditampar saya. jadi sejak saat itu gw puter otak berkali2 (kayak yang punya!) gimana caranya semua kebutuhan makan Kaysa terpenuhi. susah banget lho buat gw. secara gw ga ngerti mana yang masuk sayur, buah, protein nabati, hewani, haha.. semangat belajar!!

Thursday, June 21, 2012

Kelas Kece Mpasirumahan

2 comments
Hwoaa ga berasa lusa dah wiken lagi. it must be because im soo happy..

nah wiken kemarin alhamd dikasih kesempatan ikutan kelas kecenya Mpasirumahan. awalnya kan gegara gw twit BT ga bisa ikutan kelas kece tanggal 7 karena ada temen nikahan. nah minggu lalu tiba2 di-DMin @mamakokihandal mau ikutan tanggal 17 apa ga. widih hati berdegup kencang bisa ikutan kelas kece for the very first time. kelar transfer bla3 tiba2 jiper sendiri. gw ngerti ga ya ntar yang diajarin. secara masak air aja gosong! hahaha..

untungnya kelas kecenya di Mi Beniah, Kemang. berangkat dari rumah sok anak Kemang banget ga tanya2 mom @depezahrial lokasi persisnya dimana. sampai pertengahan jalan baru nelp Mi Beniahnya. hihi aku takut nelp makmod =D.

sampai sana kelasnya baru bangettt dimulai. dan ternyata di luar dugaan mba @depezahrial kocak ternyata. hihi.. dont judge a book by its writing ini ya namanya.

nah materinya sendiri sangat sangat sangat bikin bulu kuduk berdiri. manalah bisa gw bikin inihhhh..
1. Roti Gandum (Basic) >> ga kebayang yang advanced kayak gimana
2. Fromage choux. susye ye namanya padahal mah maksudnya sus keju. haha
3. Pancake Yoghurt Gandum
4. Apel Panggang Saus Basil
5. Serabut leci

begitu duduk kita dibekalin kertas resep sama sebungkus bahan untuk bikin roti gandum sendiri di rumah. hauhahaha pe er banget nih. bikin roti gandumnya sendiri seru banget. sampai setengah hari sendiri. kita semua diikutsertakan bulat2in roti gandumnya sampai kalis. seruuuuu... 20 tangan megang adonan, abis itu dimakan sendiri. harusnya kasih nama tuh ya roti siapa.

begitu selesai amaze sendiri. ini nih roti hasil adonan 20 tangan =D



gw seneng ikut kelas begini. secara ilmu permasakan sangatlah cetek. ga sabar ikutan kelas2 selanjutnya..

tapi sayangnya semua resep di atas belum bisa dipraktekin untuk anak 7,5m. tapi mau coba dimasak buat suami aja biar ga lupa. dah 20 bulan ga masak buat suami =D. nah rencananya sabtu ini mau nyoba bikin roti gandum dan serabut lecinya. doakan saya

Tuesday, June 19, 2012

Mpasi Morat Marit

0 comments
Siapa bilang mpasi rumahan itu susah? sini sini kenalan ma gw. hihi.. prinsip MPASI gw bahan makanannya harus mudah didapet, ga mahal, ga pakai ribet masaknya, dan Kaysa akan makan jenis makanan itu sampai besar. maksudnya Kaysa ga pernah gw kenalin beras organik. bisa kere gw kalau sampai gede dia makan beras organik mulu. haha.. gw juga belum kenalin apa tuh butternut squash atau plum bla3 yang cuma bisa dibeli di premium supermarket. tapi jangan salah kalau Kabocha Kaysa gw kenalin. soalnya ada di Carrefour/Hypermart yang kemudian gw nyesel juga sik mending gw kenalin labu parang aja. haha..

nah cobaan mpasirumahan pertama Sabtu kemarin. gw kondangan jam 11. pagi2 nyuapin Kaysa alpukat. sep sep sep kelaaar. nah habis itu anaknya nyusu 1 jaman sambil tidur. berhubung sekarang Kaysa kalau tidur ga bisa ditinggal (tau lho doi kalau gw keluar ga lama pasti bangun dan nangis), jadi mana bisa nyiapin makan siang Kaysa. jadi abis kondangan kan harusnya gw belanja bulanan ke Hypermart soalnya kalau ga gitu gw haiqul yaqin males jalan keluar lagi panas2an. jadi dengan pedenya sampai Hypermart gw langsung pesan kwetiau buat gw (yea rite pulang kondangan makan lagi) trus minta sendok 2. 1 buat gw 1 lagi buat Kaysa. abis itu gw melesat ke bagian buah2an nyari pisang, pasang bib, beli aqua gelas (hamdalah anaknya dah bisa minum pakai gelas), dan hap hap hap kelar makan pisang.

dan aktivitas belanja bulanan pun dilanjutkan dengan perut anak dan ibu kenyang. hahaha.. mpasi morat marit tergancil kan?

Monday, June 11, 2012

Bunda vs Kaysa vs Ayah

0 comments
berhubung nemu foto kecil gw dan Ompimpa mari dibandingkan. please find out 5 similarities between me and baby K! apa? ga ada persamaan? tenang gw juga cuma nemu 1 kok, dagu! huahaha



nah bandingkan dengan foto ini. maap ya suami akhirnya footnya dipublish juga. salah sendiri punya muke minta dihina bener. huahahahaha..



Nak ayah tuh cuma nanam benih lho. yg mual2, menghantam semua orang di busway selama hamil, dan ngeden 1 jam itu bunda lho. kenapa sik ga ada mirip2nya sama bunda? sekalinya ada miripnya yang bagian begini *tepokjidat

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template