Monday, August 15, 2011

USG 4 Dimensi


Eh ya Allah mau nulis ini aja lamaa bener ga sempet2. dan kayaknya gw dah lupa beberapa point. sebelum makin lupa yuk mari diposting buat kenang2an..

seperti yang dah gw ceritain disini gw dah booking dr Bambang Karsono di klinik Moegni 3 minggu sebelumnya. Dr Bambang ini dokter terbaik untuk USG 4 dimensi soalnya dia punya sertifikasi POSK apa PSOK gitu namanya. Selain dr Bambang yg bagus dr Dario Turk di Medistra sama Kuningan. Tapi dr Dario lebih mahal (950ribuan) padahal lebih senior dr Bambang. jadi gw prefer dr Bambang.

sampai hari H pun gw masih bingung needs vs wants USG 4 Dimensi ini. mengingat gw bayar sendiri dan biayanya ga murah (755k di Moegni), jadi sampai sore pun gw sibuk browsing buat nyari tahu manfaat USG 4 Dimensi. Gw ga mau USG ini semata karena keinginan gw buat liat bentuk muka anak. haha cetek!

Hasil browsing nunjukin dengan USG 4 Dimensi kita bisa mendeteksi sedini mungkin diantaranya penyakit sebagai berikut yang ga bisa dideteksi dengan USG 2 Dimensi:

1. kelainan otak (hidrosephalus)
2. katarak
3. kelainan rongga jantung
4. kelainan tulang belakang
5. bibir sumbing
6. tali pusat gak nempel ke plasenta dengan baik
7. tumor ovarium/ fibroid, tumor payudara, hati, kandungan empedu, pankreas, limpa, ginjal, kandung kemih dan prostat
8. dan dengan melihat bentuk muka kita bisa deteksi gangguan kromosom dari fetal behaviournya.

abis browsing hilang sudah niat awal sebatas liat bentuk muka anak. gw dah ga peduli deh anak gw mirip siapa. pas gw kasih tahu Ompimpa juga dia bilang "Yang Aa takut. takut anak kita kenapa2." nah kan salah pilih suami kan! dia malah jiper. haha

buka puasa tuh rasanya ga nikmat bener. ada perasaan excited tapi rasa takut jauh lebih mendominasi. pas salat Maghrib khusyuuu' bener. dan dengan bismillah akhirnya kita berangkat ke Moegni.

sampai Moegni jam 7.10 aja dong. padahal dokternya praktek jam setengah 8 dan gw dapat nomor 4. tadinya mau salat tarawih di Sunda Kelapa dulu tapi dah telat. akhirnya salat di klinik ajah. sumpah yah ini kliniknya kecil beneeerr. mana panas lagi. kalau ga mengingat di YPK harus ngantri sampai tanggal 27 Agustus gw juga malas kesini.

akhirnya gw masuk ruang dokter jam 9 kurang 10. pas masuk dokternya ramah bener. dah tua kira2 57 tahunan kali ya. dia nanya gw biasanya kontrol dimana dan dengan dokter siapa. terus langsung bobo cantik buat USG.

Pertama yang diperiksa langsung ukuran kepala. terus dia kasih lihat otak kecilnya sama cairan otaknya. alhamd semua normal dan anak gw ga hydrosephalus atau down syndrome. hamdalah. terus dikasih liat juga matanya. matanya sipit kayak ompimpa. tapi ini cepet banget liatnya.

kedua lihat tulang belakang. emang canggih nih USG 4 Dimensi. pas periksa tulang belakang terus alatnya bergetar gitu di perut gw, terus suddenly kita bisa liat ruang antar tulang rusuknya. canggih deh *norak!*. emang bener ya USG 4 dimensi tuh bukan cuma lihat dimensi panjang, lebar, tapi kedalaman dan waktu (gerak)juga. alhamd ga ada masalah.



ketiga liat plasenta alhamd posisinya normal di korpus depan. insyaAllah ga plasenta previa ya..

keempat liat tali pusat alhamd normal juga dan tali pusat nempel dengan baik di plasenta. gw sampai nanya anak saya ga kelilit tali pusat kan dok? dokternya jawab: "haduh pikirannya.. ga bu. tuh liat." haha

kelima cek air ketuban alhamd normal. terus gw tanya ginjal anak saya bagus ga dok? dokter bilang : "kalau jumlah air ketubannya normal, fungsi ginjalnya bagus kok bu." alhamdulillah

keenam cek femur dan lemur (panjang kaki dan tangan). pas dicek kata dokternya :"Ibu anaknya tinggi nih." ya Allah alhamdulillaah. selama kuliah gw dikatain kontet ma temen gw Bogem. emang Allah maha Adil. jadi kamu ga bakal ngalamin harus naik2 kursi ngambil sepatu yang diumpetin di atas AC Nak. huahahaha iya dulu gw pernah ngalamin ini. makanya cari temen yang bener ya, jangan kayak gw. haha. eh tapi kata dokternya: "anak cewe ga bagus juga bu terlalu tinggi. haha.."



ketujuh hitung ukuran lingkar perut: diameter biparietal (diameter antar tengkorak bayi) dan diameter serebelum (perut) untuk ngitung umur bayi. dan alhamd umur bayi gw kecepetan 1 hari saja. hamdalah. dan lingkar abdomen (keliling perut) untuk ngukur ukuran bayi. bayi gw dah 1kg. alhamdulillaahh.. walaupun gw baru naik 6 kg, si bayi dah 1 kg aja gendutnya..



kedelapan liat jenis kelaminnya. walaupun dari awal liat si dokter dah bilang anak gw perempuan, tapi ini cuma buat keperluan dokumentasi aja. haha cetek.



kesembilan dikasih liat jari2nya lengkap apa gak. alhamd lengkap.

kesepuluh yang paling ditunggu2. liat bentuk muka. daaan anaknya ga mau nengok aja lho. 1 menit, towel2. 3 menit towel2 masih ga nengok. sampai akhirnya 5 menit ditowel2 ga nengok juga. terus gw sengaja lama2in tuh ngobrolnya sambil dokter nowel2 dari samping perut kanan, perut kiri, ga ngaruh juga. hadehh. Nak bunda mau liat mukanya. terus dokternya nyerah dan gw disuruh turun dari tempat periksa.

terus pas duduk di meja konsul gw bilang "yah dok saya dah daftar dari 1 bulan yang lalu ke dokter. di YPK ga dapet akhirnya lari kesini. masa ga bisa liat bentuk mukanya?" dokter bilang: "saya kan cuma bagian fotografernya bu. kalau anaknya ga mau nengok ya gimana lagi." hauhahaha bener juga sih. terus gw cek dari daftar manfaat USG apa yang belum diperiksa. ahaaa detak jantung. akhirnya gw tanya jantung anak saya gimana dok. oh ibu mau liat, yuk liat yuk (jago kan gw ngulur2 waktu biar bisa liat anak pintar)

kesebelas cek detak jantung. alhamd 143 (normal 120-160). terus yang paling seru lihat katup jantung. dikasih liat gitu ini ya bu katupnya ada 4. ehyaAllahh lucunyaaaa..terus pertanyaan gw: "jantungnya ga bocor kan dok?" dr: "Ya ampun ibu pertanyaannya. huahahaha". terus akal bulus dilancarkan dan tetep si anak ditowel2 ga nengok juga padahal lagi ga tidur lho. pupus sudah perjuangan gw menunda waktu. hauhahaha



pas keluar ruangan jujur gw masih sediiih.. gw berasa buang2 duit banget kalau ga bisa lihat mukanya. terus Ompimpa bilang "Astaghfirullahal adziim yang ga ada bersyukurnya banget sih. alhamd anak kita ga ada kekurangan 1 apapun, sehat wal afiat. kalau cuma bentuk muka mah 3 bulan lagi juga bisa ngeliat." hauahhahaha. iya ya gw ga bersyukur banget. kan tujuan utama USG 4D buat cek kesehatan yg lebih mendalam bukan? dan alhamd bayi gw sehat2 aja. "Sesungguhnya nikmat apalagi yang engkau dustakan."

pas dikasih hasil printout USG dan buku pemeriksaan, gw minta CDnya. terus kata susternya kalau USG 2D ga dapet CD. horaaaayyyy jadi gw diitungnya USG 2D. dr Bambang is the best deh. dan biaya yang dikeluarin cuma 540k sajahh. sama aja kayak gw kontrol ke KMC kalau begitu tapi dapet teknologi yang lebih canggih..

dan ga ada yang lebih nyenengin waktu liat chart ini. lihatlah red dot ini, semuanya di garis tengah. hamdalah





Yak sebenernya ada banyak hal yang diperiksa. Tapi cuma itu yg gw inget. Jadi intinya USG 4D perlu apa ga? Kalau menurut gw kalau emang janinlo ga ada masalah kayaknya ga perlu ya. Tapi kalau emang ada budget lebih ya kenapa enggak, apalagi kalau dicover asuransi.

Cheers,

Happy mommy





8 comments:

Desi kumala sari said...

hehe... lagi search di google, mau cari tau tentang info tentang usg 4D. tau2 nya nemu blognya k'shinta.hehehe

nice info.thanks... :)

-desi , anak RISNA doelu-

Shintano said...

ehyaoloh Desiii.. long time no see.. hamidun ya? semoga diberi kelancaran sampai melahirkan ya. ibu dan bayi sehat. amiiin

Anjani said...

mba dirimu anak FE UI akun 04? soalnya aku liat2 temennya eka sama eci..aku mau nanya dong Dr. Sri Lestari gmana ya? soalnya mba kan pernah cek ke dia?

Thanks in advance,

Salam Kenal

Ode FEUI Mene 05 :)

Shintano said...

Hai Ode. iya aku akun UI 2004. temennya Eka dan Echi. dr sri Lestari waktu itu gw cuma sekali ketemunya. kesan gw sih dokternya ramah ya. mau ngejelasin. tapi harus kita yang nanya. padahal kadang kan kita suka clueless ya mau nanya apa. makanya lebih sreg sama dr Diah di KMC. happy searching ya..hope it helps

Nastiti Handayani Poncosudarmo said...

hai shinta, seneng banger baca posting ini, lengkap. dokterku juga kasih rujukan ke dokter bambang di moegni. tapi bingung mau tanya apa aja. makasih ya, ijin nyontek poin2 yg harus diketahui..

Shintano said...

Alhamdulillah kalau membantu mba Nastiti. Semoga sehat2 terus ibu dan anak ya. Amiiin

wanda panjaitan said...

Huanjirr gw googling dr bambang nemunya blog lo nta hahhaha...ini mah gw whatsapp aje...
gw ud curiga sih pas liat nama blognya shintayudiwedding, tp ga kepikiran yudi abis di ingetan gw langsung ompimpa :')

Yoekaa said...

Canggih banget ya mbak kalo pake USG 4D... mau coba ah nanti kalo hamil

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template