Monday, February 6, 2012

Updated perlengkapan ke RS, perlu atau gak?

Emang defaultnya gw lebay ya, mau ke RS pun lebay. pas bikin list ini mah belum packing. begitu dipacking anjrit koper ukuran sedang aja ga muat. bahhh masa ke RS gw bawa 2 koper. dan akhirnya gw cut setengahnya. dan yak aktualnya pun cuma dipakai 1/2 nya lagi. haha. mungkin karena gw lahir normal yang cuma 1,5 hari di RS yaa.haha..

DAFTAR BARANG BAWAAN UNTUK KE RUMAH SAKIT

Pakaian Ibu
• 3 Baju tidur (piyama/daster) kancing depan >> gak perlu!! orang dapet baju RS yang cihuy juga. paling buat yang berjilbab bawa manset
• 1 Kimono : kalau susah pakai piyama >> gak perlu!! orang dapet baju RS yang cihuy juga. paling buat yang berjilbab bawa manset
• 3 kain sarung batik : pada kenyataannya temen2 gw lebih prefer pakai ini daripada celana/rok. haha >> hadeeuhh ini dah abada 21 masih aja pakai sarung batik. sangat tidak perlu!!!!
• 2 gurita ibu >> ok
• 1 pasang kaos kaki : biar ga kedinginan >> ok. kalau di KMC mang baby friendly yaa. jadi suhunya diset maks 26 derajat. jadi gw mah ga kepake juga
• 1 Sendal jepit >> ok
• 3 Bra menyusui >> ok
• 1 pak Breast pads >> ga perlu. orang baru lahiran mah jarang yang ASInya langsung banyak. gw aja yang dah keluar dari pas IMD ga kepake ni breastpad
• 6 pasang underwear >> ok
• 1 pak Charm Night Wings >> kalau di KMC sih dapet dari RS.
• Jilbab + peniti + bros >> ok
• 1 Stel baju kancing depan buat pulang ke rumah >> ok

Perlengkapan Ibu
• Perlengkapan mandi: Sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, body lotion, cologne >> ok
• Sisir, pengering rambut : errr centil ya? we'll see ini jadi dibawa apa ga >> hair dryer is a big no no
• Handuk >> ok
• Kosmetik : penting!!!! >> ok
• Kacamata >> err buat apa ya. entahlah. haha

Peralatan persalinan lainnya
• Handphone + charger >> ok
• iPod + Charger (jangan lupa diisi dengan CD hypnobirthing & murottal) >> ok
• The baby book, novel >> orang kontraksi disuruh baca makin spaneng cuy. kalau gw cuma baca kumpulan doa2 selama persalinan. yah kemana ya tuh buku. bagus lho doa2nya. mungkin ini juga yg bikin gw tenang selama kontraksi yaa
• Al-Quran >> untuk pasien yg kontraksi 56 jam macam gw mah perlu banget ya. biar lebih tenang
• Mukena + sajadah untuk tamu >> ok
• Jam/stopwatch untuk menghitung kontraksi > HP Esia >> penting gilak nih HP Esia gw. mendadak kepake nih Esia mati suri
• Baby Oil (buat massage payudara) : eh tapi kayaknya ga jadi pakai baby oil. menurut The Baby Book bagusan pakai Lansinoh yang mengandung zat lanolin murni. eh tapi produknya Medela juga ada deng Medela Purelan. mari beli itu aja. bisa dibeli di http://asibayi.com/2009/10/06/purelan%e2%84%a2-100/ >> hadeeh belum ada bengkak2nya habis melahirkan mah. dah bagus keluar tuh ASI selama di RS.
• Bantal menyusui + nursing apron >> ok
• Tisu basah, tisu kering >> ok
• Camilan (buah2an, permen, susu, coklat etc), buat ibu untuk tenaga ngeden, dan juga ayah/orangtua/yg menunggui & Aqua 1 dus untuk para tamu >> perlu banget!! gw malu deh kemarin banyak tamu tapi ga ada kue. sungguh kita sekeluarga dah bener2 cape banget ga tidur 3 hari. maklumin yaa
• Kamera digital + charger >> ok
• Peralatan menyusui: Breast pump (kalau tidak tersedia di RS), sendok/cup feeder (kalau belum mau menyusui langsung)>> ok. gw mulai pompa dari hari kedua Kay lahir. dan beneran hasilnya bener2 setengah sendok teh. bener2 ngikutin kebutuhan bayi yaa.. nih nih hasil pompaan *maluuu




Perlengkapan bayi

• 2 pasang baju newborn >> 1 aja buat pulang RS
• 2 singlet >> 1 aja buat pulang RS
• 2 topi bayi >> 1 aja buat pulang RS
• 2 selimut bayi >> 1 aja buat pulang RS
• 2 pasang sarung tangan bayi >> 1 aja buat pulang RS
• 2 pasang kaos kaki bayi >> 1 aja buat pulang RS
• 2 gurita bayi >> errr DSA gw pan dr Wati yaa. jadi ga dibolehin pakai gurita
• 2 kain bedong>> 1 aja buat pulang RS
• 2-5 diapers untuk newborn >> 2 aja cukup utk pulang RS
• Selimut topi >> ok
• Gendongan samping >> ga tega euy gendong pakai gendongan asa ringkih. mending gendong tangan aja
• Anting bayi ( kalo babynya Perempuan yaahh, biar bisa sekalian ditindik di RS ) : masyaAllah gw lupa nyiapin yang ini! mana harga emas lagi mahal ya? apa pakai benang aja dulu? huahahahha. mari melipir ke Cikini >> err ga sempet beli dulu. tapi emang mending dah dibeli pas melahirkan
• Carseat : ehmm tetep berharap dari kado aja deh >> ga tega euy asa ringkih. padahal kalau di Aussie ibu melahirkan ga boleh pulang kalau belum punya car seat yaa..

Perlengkapan Ayah/Pendamping
• Peralatan mandi ( Sabun, Shampo, Deodorant, Sikat gigi, Odol, Cukuran) >> ok
• Handuk >> ok
• 3 set pakaian siang (1 baju lengan panjang untuk menghindari luka2 cakaran & remasan tangan kita nanti): walaupun gw bakal nerapin hypnobirthing tapi kan mana tahu yaaa..watch out suami!!! >> err karena gw masih tinggal ma nyokap ga perlu dibawa ini mah. minta dibawain nyokap aja
• 3 set pakaian tidur >> tidur? tidur itu binatang apa?
• 1 set baju pulang >> ok
• Kasur lipat/kain panjang buat tidur + bantal >> Thx God tempat tidur samping bisa dipakai
• 6 Celana dalam >> ok
• Handphone + charger >> ok
• Dompet >> ok
• Buku/majalah/laptop >> ga kepakai ini mah. mending dia ajak gw ngobrol biar gw ga berasa kontraksi.

Dokumen-dokumen : ok semua. hebat deh di KMC akta lahirnya Kaysa seminggu dah jadi. horaaayyy =D
• Rencana persalinan : di Indonesia ada gak ya? kalau di luar sana sih ini dah biasa banget. kayak kita ngelist apa aja yang kita mau selama persalinan. misal: water birth, suami masuk selama persalinan + videoin, mau pakai ILA, dll
• Buku catatan rumah sakit (medical record)
• Buku nikah asli n FC
• KTP ayah dan ibu dan fotokopinya
• Kartu Keluarga dan fotokopinya
• Akte lahir ayah dan ibu dan fotokopinya
• ATM/uang cash
• Daftar nama dan nomor telepon keluarga/kerabat yang akan dikabari tentang kelahiran

Yak sekian. mungkin updated ini lebih dikarenakan untuk kasus gw emang bisa begini belum tentu untuk orang lain. but heyy ngapain lebay2 sik ke RS doang..hehe

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template