Wednesday, April 11, 2012

Baby Blues

Back flash lagi yaa..

Dulu, duluuu.. banget nih pas awal kerja denger temen yg baby blues abis melahirkan kok ya agak gimanaaaa gitu. masa sih dikasih anak jadi baby blues? gw mah bakal seneng banget ada mainan tiap hari.

terus lahirlah Kaysa. proses melahirkan melelahkan (tapi menyenangkan skaliii). waktu malam kedua Kaysa nangis semalaman. mana pas malam kedua ini ada pasien di samping gw. gw ambil kamar Sapi (Sapi!!! =D) di KMC yang isinya 2 orang. dia lagi diinduksi dari siang belum melahirkan juga. ga enak banget deh rasanya. dah disusuin, timang2, diajak Ompimpa jalan2 di lorong RS masih nangis juga. pokoknya waktu itu selama 3 hari palingan gw cuma tidur 10 jam.

besoknya Ompimpa takut kejadian lagi Kaysa nangis2. akhirnya dia bilang kita setengah hari aja ya di RS. kasihan mba ini belum melahirkan juga. baik banget ya suami gw ini...sama orang lain!! haha..

sampai rumah berharap bisa istirahat tapi dah ada 2 saudara. akhirnya teler2 nemenin saudara ngobrol. malamnya alhamd ga nangis2. sampai hari keempat Kaysa kuning dan berujung adegan marmet dari jam 11 sampai jam 4 dan gw ga pakai baju samsek itu. underwear doang. huahahhaa full disclosure lagi. yak tidur cuma 2 jam.

pulang RS entah kenapa di mata gw Ompimpa jadi nyebeliiin banget. jadi kalau ada yang nanya ma gw "abis nikah gimana sin berantem mulu ga?" terus gw jawab "ga sih biasa aja.". seriously gw bener2 ga pernah berantem literally. kalau main kata2an sering. haha. nah sekarang gw baru ngerti betapa frustasinya kalau rumah tangga sering berantem. waktu itu hampir setiap hari abis melahirkan gw berantem mulu ma dia. pernah waktu itu temen gw ke rumah dan gw suruh dia jemput temen gw ke depan (inget pan rumah aye di gang sanip! haha), terus dia ngedumel apaa gitu. terus gw yang baru mandi sambil megangin baju biar ga kena pu*ing langsung jawab "apa sih A? gw juga capeee." dan adegan nangis2 itu di depan nyokap gw. sungguh gw commit kalau ada masalah apapun antara gw dan dia kita ga akan nunjukin sama sekali ke orang lain. even nyokap bokap gw yg notabenenya serumah. jadi dulu sih ngakalinnya gw sok2 kenyang biar ga kentara disuruh makan padahal lagi marahan. haha

mana Ompimpa ga helpful sama sekali. gw tau sih dia sebenernya pengen bantu tapi ga ngerti dan ngeri megang anak ringkih mungil gitu. jangankan dia nyokap gw aja ga berani megang Kaysa. pembantu? nope!! jadi yak I DID HANDLE KAYSA ALL BY MYSELF.

gw sempet panggil asisten tante gw yang bidan untuk bantu mandiin Kaysa sampai dia puput pusar. abis itu gw sendiri yang mandiin. selain itu karena ga ada mba jadi gw juga yang bersihin botol, sterilin breastpump, angkat2 baskom Puku Petite Kaysa yang sumpah ga ada petite2nya itu bak, beraattt, atur2 ASI di kulkas, cuci baju Kaysa dan yak cuci bajunya pakai tangan karena newborn kan sering gumoh dan muntah ya jadi bekas ASInya ga hilang pakai mesin cuci, gw juga yang setrika baju Kaysa, bersihin kamar, gunting kuku (skerrriiiii..), bersihin daun telinga (kalau inget!), bersihin poop kagok, lebih sering Ompimpa. haha..dan ga jarang abis angkat baskom mandinya Kaysa jahitan gw langsung nyuut nyuuut..

ditambah lagi karena gw ngeden kelamaan, which is errrr 1 jaman jadi otot ekskresi gw kendor. gw bener2 ga bisa ngontrol pee dan poop. jadi kalau kebelet pipis belum sampai kamar mandi dah keburu pipis di celana. dan Ompimpa tuh ya kalau anaknya nangis dan at the same time gw kebelet pipis dia bilang "yang ga kasian apa denger anaknya nangis? susuin dulu kenapa." dan gw inget banget gw pernah nyusuin di kursi sambil nangis2 karena gw ga bisa nahan pee dan poop. gw membatin sumpah serapah ke Ompimpa. tapi ga berani sumpahin langsung ke muka dia. hahaha

waktu itu gw sampai ngira gw korban malpraktik lho. karena gw tanya temen2 gw yang lahiran normal ga ada yang kasusnya kayak gw. dan ternyata untuk delivery yang lebih dari setengah jam otot2nya jadi kendur jadi ga bisa ngontrol sendiri. tapi dengan berjalannya waktu ototnya mengencang lagi sih alhamd.

terus belum lagi Kaysa di umur 3 mingguan sering muntah. muntah lho ya bukan gumoh. baca link ayah ASI ini deh untuk tahu bedanya. nah dulu kalau pulang kerja Ompimpa langsung ga tahan bawaannya mau gendong2 Kaysa. padahal gw dah sering ngingetin jangan diayun2 gendongnya ntar anaknya muntah atau coba ditepuk2 dulu punggungnya biar dia sendawa tapi Ompimpa suka sok tahu dan ga dengerin gw. dan yak tentunya anaknya muntah. terus dia suka jawab harusnya gini harusnya gitu. aarrrghhhhhh..

dan abis melahirkan itu Ompimpa suddenly jadi banyak kerjaan (ya menurut yey? akhir tahun gitu). jadi gw sering ditinggal dinas. pernah suatu malam anaknya ga mau tidur samsek dari jam 1 sampai pagi. padahal besoknya mertua gw ke nginep di rumah. pas pulang gw tanya "Aa semalam kangen ya ma Kaysa?" dia jawab "iya." damn you! lu kangen sini begadang..

daaaaannn (yak ga abis2 dannya) pas umur 3 minggu Kaysa growth spurt. yang ga tau growth spurt baca ini ya. jadi Kaysa nyusu tiap setengah jam sekali. even baru 15 menit dah minta nyusu lagi. capek maliiihhh... ada 1 masa Kaysa nangis terus. nyusu udah, digendong udah, terus ditambah lagi dia nangis sambil nendang PD gw sakit banget, akhirnya gw taruh dia di tempat tidur terus gw cuma ngeliatin dia nangis saking ga tau harus ngapain lagi. terus pas banget nyokap gw masuk dan kaget liat gw cuma ngeliatin anak nangis terus langsung Kaysa diambil nyokap. abis itu gw nyeseeelll banget dan ngebatin "emang lo mau sin anaklo sakit lagi? kok lo gituin anaklo sih?". astaghfirullah maafkan hamba ya Allah..

waktu itu gw MALU untuk mengakui kalau gw kena baby blues syndrome. karena gw pikir kok ya ga bersyukur amat dikasih anak yg dinanti2 malah baby blues. dan gw baru relief pas gw baca kalau lebih dari 70% Ibu pernah mengalami baby blues. ya ampun kenapa gw harus malu ngakuinnya ya. hebat banget deh Ibu2 yang 30% itu. pasti salehah banget mereka ya. hauhaha..

jadi buat Ibu2 yang ngalamin Baby Blues ahh you're welcome to the club deh. jangan malu untuk cerita ke temenlo, suamilo, orangtualo dan yak every moms need a break, coba sebentar ke salon, jalan kaki keliling komplek, dan kalau perlu contek cara gw, gw sok2an belajar nyetir dan ninggalin Ompimpa berdua Kaysa. hah! rasain luh! abis itu dia baru menyadari kalau ngurus anak itu repot dan sekarang kita tentu sering nyanyi lagu Barneys:

I love you
You love me
We are happy family




Alhamdulillah we've passed those hard times. Love you suamii..

4 comments:

qonita said...

WOOOWWWW....
*speechless
baiklah,aq akan bersiap2 kakaaakkkk hihihi

Shintano said...

super woww deh moment itu. tapi lebih wow lagi kalau diem2 anak nanti pacaran backstreet kali ya. hahahha

qonita said...

hahahaha jauh ya pikirannya :D

seerika said...

wuiiddiih, gue aja sampe sekarang anak (kedua) udah 7 bulan masih suka baby blues. Katanya sih wajar setahun pertama baby blues dateng dan pergi, malah puncaknya bisa jadi sekitar 6 bulan post-partum.

Kejadian tuh di gue, pas anak udah 6 bulan asli capeknya kaya gak ada ujung gitu.

Soal berantem sama suami? Ebuseet, jangan ditanya deh. Ratusaaaan. Bener2 senggol dikit bacok.

Emang yg support system yg baik tuh penting bgt utk menghindari baby blues. Kaya lo yg ngerasa ngurusin Kaysa sendirian, akhirnya jadi lebih rentan baby blues.

Gue di sini juga gitu, semua harus dikerjain sendiri. Capek fisik juga capek mental. Makanya bawaannya jutek melulu.

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template