Tuesday, August 2, 2016

Trial Kumon vs EF

Yang gw dah ceritain di blog sebelumnya gw mulai masukin Kay les bahasa Inggris. tapi tempat les yang terdekat dari rumah gw ya si Kumon ini. lokasinya sebrang stasiun Tanjung Barat. kalau dari harga sih separuhnya si EF ya. tapi bagaimana sistem pembelajarannya? check it out.

Kalau bahasa Inggris itu kan yang paling penting frekuensi latihannya ya. di Kumon ini seminggu 2 kali, sedangkan EF karena jauh dari rumah gw, gw bisanya antar pas Sabtu dengan durasi 1,5 jam. jadi gw prefer di Kumon dengan lama pembelajaran 30 menit sampai 1,5 jam. ho oh tiap anak beda2? kok iso? Jadiiiii ternyata sistem pembelajaran di Kumon ini belajar mandiri. anak2 dengerin CD sendiri terus ngerjain soal di buku, ntar mau pulang dites ma gurunya. nah dengerin CDNya ga pakai headphone lho. katanya soalnya biasanya anak2 suka pura2 dengerin CD padahal gak. huahahahhaa. sumpah gw speechless. dan jam belajarnya bebas aja. wong mandiri. huahahaha. jadi 1 ruangan itu bisa nampung sampai 20 anak dari berbagai umur. selama 1-2 bulan nanti didampingi gurunya biar terbiasa cara nyalain CD dlsb. nanti setelah 2 bulan dilepas ma gurunya. dan datangnya pun terserah lo. pokoknya dia buka jam 12-setengah 6. katanya buat seumur Kay (4 tahun) mending datang jam 12 aja karena jam 2-3an mulai ramai sama anak SD. hahahahahhaa...

lah kalau dengerin CD doang mah mending gw kasih denger Oxford di HP maliiiihhh.. sisanya gw print-in aja soal2 di internet. ter la lu. 

yang lebih parahnya itu kelas campur2 ya kan. pas Kaysa tes aja di ruangan cuma ada 2 murid. Kay sama 1 lagi anak SD kelas 3-4an kayaknya. lah itu Kay kedistract abis sama suara CD si anak SD. gimana kalau di kelas ada 10 murid misalnya. ter la lu..

udin nanggung kita tes aja lah ya. pertama banget disuruh nulis nama, umur, dan nama sekolah (skip ini pasti). pas awal2 tes Kay disuruh ikutin pola garis gitu. mulai dari lurus, zigzag, dan bentuk aneh lainnya. Kay masih banyak yang keluar garis tuh. baru tes bahasa Inggrisnya. terus ada part ke 3 yang gurunya nyebut bahasa Inggrisnya Kay yang pilih gambarnya. misal Missnya nyebut Tree, tapi yang ditunjuk Kaysa angka 3. hauhahahaha. terus ada tes tracing huruf. lanjut lagi ada nulis bahasa Inggrisnya apa. yakaliii... 

terus ini paling spektakuler. jadi hasilnya Kay masuk kelas paling bawah. alasannya karena nulisnya masih ga lurus. yakaliiiiii anak 4 tahun inihh... jadi nanti selain PR yang diberikan sehari 10 halaman tentang bahasa Inggris ditambah 5 lembar belajar tarik garis buat latihan menulis. HUAHHAHAHAHAHAHAHAHAHHA.. ada PR 10 halaman aja gw dah ilfil ditambah lagi 5 halaman buat belajar nulis. jadi gini nih sistem PRNya. selain mandiri, Kumon juga menekankan pada banyak latihan. makin banyak latihan makin pintar yekan. jadi misal les Senin sama Rabu. nanti ada PR buat hari Selasa, Kamis-Minggu yang banyaknya 10 lembar/hari. HUAHAHHAHAHAHHAHAHAA. gokilll.. gw kira gw dah emak paling lebay lho. ternyata ada lagi emak2 yang lebih lebay. ya.. untuk les Matematika juga kurleb sama deh sistemnya. Mandiri dan banyak PR.

bagaimana dengan EF?

gak lama dari Kumon gw langsung ke EF Pancoran. ho oh jauh. abis EF Pejaten ga ada yang Sabtu doang buat umur Kay. disini sistem pembelajarannya persis kayak sekolah. jadi ada anak2 menempel huruf, mengurutkan gambar, menggunting, dll. makanya dia nyebutnya ini sekolah sih. dan ada headmasternya. sangat ramah anak. gurunya juga asik. 1 kelas Kay ada 6 murid. ada juga kelas lab bahasanya. itu kayak main games. misal disuruh urutin gambar gitu sambil klik2 komputer. Kaysa abis selesai les langsung bilang "Bunda Echa mau les bahasa Inggris aja, ga usah sekolah lagi." huahahahahahhaha

gw abis Kumon kemarin kegampar banget lho. emang gw segitu nyantainya ya jadi Ibu? jangan2 emak2 diluar sana emang banyak yang mengharuskan anaknya dah bisa nulis rapih di umur 4 tahun? atau baca buat umur Kaysa ini dah kewajiban? gw belum mulai ngajarin lho. anaknya belum tertarik. kalau tambah2an Kaysa suka sekali jadi dah gw ajarin. sampai anaknya temen gw dilesin baca. Siiiiinnn santai banget jadi emak. hahahahahhaa.. tapi kemarin begitu Kay ga bisa ngaji iqra 4 gw spaneng. akhirnya tiap hari belajar ngaji lagi dan turun belajarnya jadi Iqra 3 biar anaknya ga desperate ga bisa2. hahahaha..




5 comments:

ndhachiyo said...

haahhahaha pdhal gw pikir lw udeh rajin bgt lw sin jd emak2 bikin permainan edukatif gtu ga kek gw apalah emak pemalas ini >_<

tpi gw jg santai bgt sih sih disaat anak lgi udeh bljar nulis dan baca anak gw blum hahahahaa

besinikel said...

gue santai abis Shiiin.. apalah anak 4 tahun dikasi berlembar2 kek gitu, bs2 yang stress emaknya, bukan anaknya! :))) ngajarin iqra aja mau abis sumbu sabar gue wkwkwkwkwk

Shintano said...

Yoih. Ga ngerti kenapa harus bgt dilesin begituan. Sekolah SD aja sampai jam 2-3an kan. Mental hectic

Shintano said...

Mangkanya gw kira gw dah lebay yekan. Ternyata masih ada yg lebih lebay. Huahaha

ningnung said...

Kok sama ya gw juga spaneng kalo Raka ga bisa iqro, trus gw ngajarin sendiri dannn marah2 mulu. Trus abis gitu gw dimarahin keyong :D

Asli itu PR 10 lembar horor banget.

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template