Monday, July 11, 2011

Postnatal Care

Hihi modal embat brosur KMC dan gw ga berhenti ber-oh-ah-oh sepanjang baca. Jelas clueless mom! Daripada ni brosur hilang mending gw pindahin dulu ke blog. Haha..

Apa itu postnatal care?
Postnatal care adalah perawatan yg perlu dilakukan pada ibu setelah melahirkan hingga masa nifas selesai.

Apa yang Anda butuhkan?
Istirahat. Cobalah utk beristirahat di sela-sela kesibukan merawat dan menyusui bayi. Minta bantuan dari suami atau keluarga yg lain utk membantu merawat bayi. Coba utk tidur di saat bayi anda tidur.

Mengurangi nyeri. Jika ibu melahirkan normal, sering timbul nyeri akibat luka pada jalan lahir. Utk mengurangi nyeri, ibu dapat duduk dalam air hangat atau meletakkan kompres dingin. Utk mencegah infeksi, cebok dari arah depan ke belakang setelah BAB. Bila nyeri belum teratasi dgn dokter anda utk pemberian obat pengurang nyeri yg aman utk ibu menyusui.

Lokia. Darah dan jaringan yg keluar dr rahim setelah melahirkan disebut lokia. Biasanya lokia akan keluar selama 2-6 minggu, kadang dapat berlangsung lebih lama.

Sulit BAB dan wasir. Makan makanan yg kaya serat dan minum banyak air putih dapat membantu mengatasi keluhan sulit BAB. Utk mengurangi keluhan karena wasir dokter dapat memberikan obat yg bekerja lokal utk mengurangi pembengkakan pd dubur.

Nyeri pada payudara. Air susu ibu biasanya akan keluar 2-4 hari setelah bayi lahir. Hal ini akan membuat payudara ibu menjadi lebih besar, keras, dan nyeri. Keluhan ini akan berkurang pd saat ibu mulai menyusui secara rutin. Utk membantu mengurangi nyeri, kenakan bra yg sesuai dan letakkan ice packs pada payudara (pas ke Mothercare kemarin gw baru tau ada alat beginian. Haha)

Kapan Ibu dapat memulai aktivitas normal?
Jika ibu melahirkan normal tanpa ada masalah, ibu dapat segera melakukan hampir semua aktivitas normal. Jika ibu dioperasi seksio sesarea, ibu harus menghindari mengangkat barang berat selama 6 minggu.

Kapan ibu mulai haid secara teratur lagi?
Jika ibu tidak menyusui biasanya haid akan terjadi lagi 3-10 minggu setelah melahirkan. Sedangkan bila ibu menyusui, tidak ada waktu yg spesifik kapan akan mulai haid lagi. Mungkin saja tetap tidak haid hingga 6 bulan pertama menyusui, tetapi dapat juga terjadi lebih awal (makin mantap ASI eksklusif. amin!)

Kapan kembali ke berat badan normal?
Utk kembali ke berat badan semula biasanya membutuhkan waktu hingga 8-12 bulan. Cara yg terbaik adalah konsumsi makanan yg sehat dan berolahraga. Jika ibu menyusui disarankan tetap memperoleh minimal 1800 kalori sehari, karena menyusui membutuhkan banyak kalori dan juga membantu ibu menurunkan berat badan.

Kapan hubungan seksual bisa dilakukan?
Sebelum memulai aktivitas seksual konsultasikan dahulu dengan dokter anda mengenai kapan waktunya dan metode keluarga berencana yg dapat ibu gunakan karena banyak faktor yg mempengaruhi.

Postpartum blues?
Banyak perubahan fisik dan emosional terjadi ketika hamil dan setelah melahirkan. Perubahan ini dapat menyebabkan ibu merasakan sedih, cemas, takut, atau bingung. Perasaan ini disebut baby blues dan biasanya dimulai saat bayi lahir dan hilang dalam waktu seminggu. Tetapi, untuk sebagian ibu, perasaan ini tidak dapat hilang begitu saja bahkan dapat makin memburuk. Ketika hal ini terjadi disebut sebagai depresi postpartum. Hal ini dapat menjadi masalah yg serius dan membutuhkan penanganan. Jika ibu merasakan depresi, bicarakan dengan dokter anda (gw pernah baca ada yg sampai bunuh diri karena depresi berat di Jepang. Astaghfirullah. *ketok2meja*)

Kapan ibu harus kontrol kembali ke dokter?
Dokter akan memberitahukan kapan anda harus kembali utk kontrol. Utk persalinan normal, biasanya minggu ke-4 hingga ke-6. Jika dioperasi, ibu biasanya disarankan kembali kontrol pada 1-2 minggu dan 6 minggu setelah melahirkan. Dokter akan menjadwalkan lebih awal bila terdapat masalah selama kehamilan, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes.

Kapan ibu harus menghubungi dokter?
- deman lebih dari 38 derajat C
- merasakan nyeri yg tidak biasa pada daerah perut atau kemaluan
- luka pada jalan lahir atau luka operasi bertambah nyeri, bengkak, kemerahan atau keluar cairan
- perdarahan lebih dr 1 pembalut per jam
- darah/cairan yg keluar dari liang kemaluan berbau busuk
- keluar bekuan darah yg cukup besar
- payudara memerah atau terasa lebih panas, atau keluar cairan yg tidak biasa dr puting susu
- tidak dapat mengosongkan kandung kemih, atau merasakan nyeri seperti terbakar saat berkemih
- tungkai terasa nyeri atau memerah
- baby blues lebih dari 2-3 hari

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template