Thursday, July 21, 2011

Tabungan Rencana vs Reksadana

Alohaa.. akhirnya sempet posting juga..

Seperti yang dah gw ceritain sebelumnya kalau 2 minggu setelah married gw dan Ompimpa langsung ke bank. buat apa? buat buka tabungan pendidikan anak. waktu itu kita ambil untuk yang 7 tahun. dengan asumsi hamil 1 tahun terus 6 tahun setelahnya masuk SD deh. keluar tuh tabungan pendidikan..

selama setahun pertama dan belum ngerti Reksadana mah gw seneng2 aja. tapi kok ya dipikir2 kenapa nih returnnya kecil emet! dalam 7 tahun kalau dari perhitungan awalnya (which is masih gambaran kasar dan tergantung performance bank tersebut ke depannya) return yang gw dapat cuma sekitar 19%an dan kalau dibagi 7 tahun berarti cuma sekitar 2,7% setahun. hahahaha.. berarti sama aja ma nabung biasa ya cyiiin..

akhirnya gw beraniin diri untuk tutup tabungan pendidikan itu. ga mau ah bego lama2. dan biaya penutupannya pun cuma 100k. immaterial lah yaa. alhamdulillah..

nah selanjutnya uangnya mau gw pindahin ke Reksadana aja. walaupun return Reksadana syariah ga gede. sumpah punya gw baru gain 4% ini! ga tau kapan naiknya ni return! padahal secara historical 1 tahun naiknya bisa 19-26%. ini kapan naik drastisnya sih? perasaan gw 6 bulan masih segini2 aja. haha..napsu!

kenapa gw tetep mau ambil Reksadana instead of tabungan pendidikan? karena ya at least returnnya lebih tinggi. ga mau ah bego kelamaan. dan kalau gw pegang dalam jangka panjang (> 5 tahun) gw yakin pasti returnnya jauuuuh lebih tinggi dari tabungan pendidikan biasa. Reksadana yang mau diambil pun lagi gw pantau harganya sebulan ini. so far makin lama makin naik. dan kenaikannya jauh lebih gede dari reksadana gw yg sekarang. semoga stabil begini deh. amiin..

dulu prinsip gw yang penting diversifikasi dalam berinvestasi. tapi sekarang gw ga mau asal diversifikasi! kalau emang ga nguntungin ya udah tinggalin aja. semoga target incomenya tercapai ya. amiin..

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template