Tuesday, July 22, 2014

Gadai Emas

Gw dong lagi ngantri nuker duit receh di Bank. Antrinyoooo.. tadinya sih mau ngantri sambil ngaji (masih juz 19 dong gw. Astaghfirullaaahh). Tapi kok ga cocok amat ma muke. Jadi ya mari blogging aja.

Salah satu solusi kurangnya duit DP rumah kemarin akhirnya gw gadaiin emas. Sebenarnya mau dijual tapi kok asa sayang karena ruginya sampai 500ribu sendiri buat 1 LM. Isshh...

Pertama gw ke Bank Syariah Mandiri. Disini uang gadainya bisa 85% dari harga emas itu setelah ditaksir banknya. Lumayan banget ya. Tapi ternyata cuma bisa emas kuning. Emas putih ga bisa. Karena perhiasan gw rata2 emas putih jadi gagal gadai disini.

Terus lanjut ke Pegadaian. Cukup bawa KTP terus emas gw ditaksir. Total 29.5 gram cuma dihargain Rp 8.7 juta. Berarti segramnya  cuma Rp 295 ribu ya. Rugi amat kalau sampai wanprestasi dan emas gw diambil. Huhu.. etapi LMnya ga digadai sih. Ga boleh digadai ma Ompimpa karena itu tabungan hajinya. Duileee... cuma 4 bulan doang kali gadainya.  Nah kan bleber. Dari taksiran segitu gw dikasih pinjaman cuma Rp 8 juta. Isshhh.. soalnya kayaknya 700ribunya buat cover biaya admin bulanannya deh kalau2 gw wanprestasi.

Biaya adminnya gw ga ngeh deh. Ada tingkatannya. Tapi buat pinjaman gw yg masuknya kategori 5-10 juta biaya adminnya 1,15% per 2 minggu. Jadi 4 bulan 9.2%. Jangka waktu pinjamannya per 4 bulan. Tapi kalau mau diperpanjang boleh2 aja. Tinggal tambah biaya adminnya aja. Udah deh selesai. Total cuma 20 menit. Nanti TTD akad. Biaya adminnya pun bisa dibayar saat pelunasan. Dan bagusnya lagi karena sistem Pegadaian dah integrated kita bisa nyicil di Pegadaian manapun. Tapi kalau mau ambil barang tetap di Pegadaian asal lo gadai. 

Kemarin gw dah lunasin sebagian di Pegadaian deket rumah. Tinggal kasih KTP dan form akada gadai, 10 menit kelar. Ada kenaikan fee tapi jadi 1.2% per 2minggu. Terus jatuhnya sisa gadai gw pakai fee admin yg baru. Dan jangka waktunya pun diperbaharui 4 bulan kemudian. Ih ogah ah ngutang 8 juta aja sampai 8 bulan bayarnya. Haha.. semoga membantu bagi yg butuh uang ya. Kalau keadaan terdesak Pegadaian sangat membantu. Cabangnya banyak pula dimana2. Tapi ya itu hitungannya kecil banget dibanding BSM

2 comments:

ndhachiyo said...

ahhh pas bgt ni baca blog lw sin, gw lgi kepikiran mau gadai emas buat rumah , abis syg jg klo jual emas.. makasih info nya yaaa buat gw yg galau mau gadai emas dmn...

Shintano said...

Hihi bisa pas banget ya. Alhamdulillah kalau membantu

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template