Thursday, January 29, 2015

From The Best to The Worst (Sorry..)

Kay sekarang dah masuk kelas 3 tahun di Rockstar. harusnya dese sekarang dah ga boleh ditemenin lagi. apakah berhasil? tentu tidak. insecure abisss.. tiap gw nemenin Kay di kelas diiringi tatapan tajam ibu2 lainnya. sebenernya mungkin biasa aja kali ya. tapi karena gw sensitif  berasa diliatin Ibu2 lain.

itu setiap mau nganter sekolah malaaasss banget. males dramanya. mana gw lagi hamil kan. akhirnya alhamdulillah wasyukurilah Ompimpa dah tinggal revisi2 tesis doang. jadi sekarang kalau sekolah dianterin Ompimpa. bye bye berdiri di kereta dan lari2 naik lift karena telat. hamdalah. haha

hati ini mencelosss deh tiap gw harus membelalakkan mata tanda encourage Kay untuk masuk kelas sendiri. karena hati ini sebenernya seneng2 aja kalau nemenin Kay di kelas karena gw jadi tahu dia lagi belajar apa dan lagu baletnya apa. soalnya gw suka catat2in lagu baletnya buat gw latih lagi di rumah. huahahaha..

tapi Kay ini kan mau sekolah. itung2 latihan buat sekolah nanti.

ditambah lagi Kay ini alhamdulillah lumayan menonjol di sekolahnya. kalau ditanya "who wants to help?" dia pasti tunjuk tangan (kecuali lagi madol main trampoline di pojokan ya. haha). selain itu, gw juga biasain Kay selalu duduk di samping Missnya. biar dia konsen gitu. kemana missnya duduk gw kejaaar. biar Kay kebiasa sekolah sungguh2.

nah sekarang, ada masanya dia nangis2 minta jangan ditinggal. udah duduk di dalampun gw harus banget duduk di belakangnya persis. masa nemenin anak ini alhamdulillah cuma berlangsung 1,5 bulan aja (lama ni yeeee..). gw pun bermodalkan trust ke Kay. gw ga akan ninggalin dia diam2. dan secara bertahap gw duduknya makin jauh, jauh , dan keluar. horeeee..pas terakhir gw berhasil ninggalin itu gw bilang "bunda nemenin bentar disini ya Kak, nanti kalau bunda ga ada berarti bunda duduk di luar ya kak." ohya 1 lagi. berbekal buku Adele Faber dan Elaine Mazlih "berbicara agar anak mendengar dan mendengar agar anak berbicara", gw ajak ngobrol Kaysa dan ikut merasakan apa yang dia rasain dengan cerita "dulu bunda juga takut kok kak ditinggal sendiri. bunda pernah tuh pas TK ditinggal umi. terus bunda nangis. akhirnya Bu Guru panggil Umi. pas bunda lihat Umi ternyata duduk di luar doang. sejak saat itu bunda jadi tahu kalau bunda aman2 aja. orang Umi cuma duduk disitu doang.". sejak saat itu anaknya berani. dan 2x setelahnya berhasil ditinggal sendiri. horeeee.... kenapa ga dari dulu sik dipraktekin.

gw inget 2 minggu lalu saat pertama kalinya Kay bisa ditinggal kelas balet sendiri gw beliin puzzle saking girangnya *tumbenGaPelit. padahal kelas gymnya belum berani ditinggal. terus minggu kemarin pas berani ditinggal di 2 kelas itu, gw beliin tas Frozen. muka bangganya masih kebayang sampai sekarang. begitu keluar kelas gw peluk2 dan bilang "Kaysa hebat sekali bisa ngalahin rasa takutnya. Kaysa sudah besarr." haha lebay bener deh. missnya juga ngasih kode kalau "finally ya mommmyyyyy..."

nah di masa2 ini gw jadi belajar gimana nerima anaklo apa adanya. dan ternyata ga mudah. at all. jadi buat Ibu2 di luar sana yang ngerasa anak kita jago kandang misalnya, atau prestasi akademisnya jelek, keep believe in your kids because kids never faill surprising you. haha

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template