Friday, February 12, 2010

La Tahzan (Jangan Bersedih)

udah lama gak baca buku bagus dan akhirnya gw tergugah baca buku yang dah bertahun2 ngendap di rumah, La Tahzan.

well sebenernya gw bukan pecinta buku2 religi yang isinya ajaran/perintah2 semuanya. soalnya entah kenapa abis baca buku itu gak ada satupun yang nempel di otak gw seperti halnya waktu gw baca buku How to be a great wife. 1 hal yang gw inget cuma cerita seorang istri yang kakinya sampai bengkak karena terlalu lama shalat malam. dan alangkah meruginya para istri yang menghabiskan waktunya untuk tidur lelap di malam hari.

jadi gw prefer baca novel religi. karena cerita2 itulah yang selalu nempel di otak gw ketimbang ayat2 Al-Qurannya.

apa sih yang menggugah gw untuk baca novel ini?

karena akhir2 ini gw ngalamin cobaan yang terberat dalam hidup gw. jadi ceritanya sekitar sebulan yang lalu gak sengaja gw ngeraba ada benjolan kecil di payudara kanan. karena waktu itu gw lagi menstruasi, gw nyantai aja. tapi benjolan ini kok makin membesar yaa sekitar 2 minggu yang lalu. akhirnya gw memberanikan diri ke RSCM. sampai RSCM pun dokternya nyantai banget, namanya dr. Diani Kartini. pas dicek dia liat ada benjolan kurang lebih 1cm dan ini sifatnya mobile. maksudnya ketika lo tekan dia akan bergerak ke arah tekananlo. disuruh lah gw USG. pas di USG ternyata ada fam (tumor jinak) ukurannya 1,5x1,4cm.

abis tahu penyakit ini gw sempet curhat sama Dini, temen kuliah gw. dia tampak khawatir banget ma penyakit gw, padahal gw nyantai banget. sampai ada satu perbincangan berikut:
D : Ngapain sin k RSCM ?
S : Gw ada tumor Din
D : ya ampun, terus keadaanlo gimana?
S : Gw malah seneng Din
D : Kok gitu?
S : gw seneng, soalnya gw ditegur sama Allah tapi dengan penyakit yang ringan. gw pas di Spore ga salat Zuhur ma Ashar Din. terus gw juga salat Subuhnya telat mulu.

abis perbincangan itu gw jadi inget baru aja 3 hari sebelum gw periksa ke dokter gw ngebatin gw mau jadi hamba yang lebih baik. gw mau perbaikin salat gw, gw mau amal tanpa memandang apakah yg ngamen suaranya jelek atau anak kecil, gw ga mau nunda2 infaq 2.5% lagi. see Allah baik banget kan ma gw? di saat gw mau menjadi hamba yang lebih baik lagi langsung lah gw dikasih penyakit ini untuk ngangkat semua dosa2 gw. amiiinnn..

senin minggu lalu 1 Feb 2010 gw bawa hasil USG k dokternya. kata dokternya gw harus dibiopsi eksisi. jadi jaringan fam itu diangkat untuk kemudian di cek di lab apakah tumor gw ini ganas atau jinak. kalo ganas maka gw positif cancer. akhirnya gw mutusin untuk dioperasi keesokan harinya.

jadilah gw operasi tgl 2-2-10. sehari sebelum operasi gw uring2an. bukaaan bukan karena gw takut operasinya. tapi gw keinget hubungan gw yang memburuk dengan nyokap gw selama masa persiapan pernikahan gw. tapi otak gw masih berpikir nyokap gw yg salah, even sampe detik ini. haha anak bandel.

pas mau operasi pagi2 gw dah puasa dari jam 3 subuh, 6 jam sebelum operasi. sebelum operasi nyokap gw ngebawain buku doa, yasin,dll. lha buset dah kayak mau mati aja.haha..sebelum masuk ruang operasi nyokap gw nangis2.

operasi cuma berlangsung sejam dan siangnya gw dah boleh pulang karena gw ambil yg One Day Care. besoknya gw dah kerja normal. normal dalam arti gw dah lembur sampe jam setengah9. haha..

hari Jumat tgl 5 gw periksa ke dokter sekalian nanya hasil lab. begitu masuk ruangan, dokternya langsung nanya suaminya mana Bu? saya khawatir lho sama keadaan Ibu. anjrit lah itu yg namanya perasaan gw dah campur aduk gak menentu. terus dia cerita ternyata pas jaringan gw diambil kok jaringan gw warnanya item kebiruan. kalo tumor normal lainnya harusnya warnanya putih. jadi perasaan dia ga enak. kayaknya gw kanker. gw nanya terus kalo kanker kemungkinan terburuknya prosedur apa yg harus saya lakukan dok? dia bilang yah terpaksa payudaranya diangkat. tiba2 netes aja gitu air mata gw. gw jawab:tapi saya belum punya anak Dok. air mata gw makin deras.

malam itu gw kalo bengong tiba2 nangis. terus abis dari dokter juga ga sanggup kerja lagi,,takut nangis kalo ditanya temen kantor. akhirnya seharian cuma berdiam diri d rumah. sampai akhirnya gw baca La Tahzan. ini buku paaasss banget buat yg lagi sedih. coba deh..

abis baca buku ini hati gw tenaaang banget. dan gw dah ikhlas kalopun payudara gw harus diangkat. karena kalo bukan gw yang tabah orang sekitar gw juga bakal susah.ilmu dari Law of Attraction nii. kalo lo ngeluarin energi negatif, org di sekitarlo pun bakal jadi negatif. nyokap gw ternyata cerita ke saudara2 gw yg lain sambil nangis2. bokap juga dah stress. cuma gw sama Ompimpa yg nyantai.

Senin sore gw ditelp ma orang lab PA (Patologi Anatomik) katanya hasil lab gw dah keluar. buru2lah gw nyuruh Ompimpa ambil karena setengah jam lagi labnya tutup. nyampe sana begitu dapet hasil lab yang ada kita cuma bisa googling. karena ga ngerti artinya apa. hasil googling kita berdua nyimpulin ini kanker. karena kata2 musinosa yang ada di hasil lab adalah salah satu jenis kanker.

besokannya bangun pagi gw langsung pelukan sama Ompimpa. terus gw tanya Aa ikhlas ga kalo nta kanker? ikhlas. kan masih ada pengobatan lain. kita coba second dan third opinion aja dulu. Aa ikhlas kalo ternyata hasil akhirnya pun payudara nta harus diangkat? ikhlass. kalo itu yang terbaik menurut Allah. abis itu kita cuddling sampai 1 jaman. cuma di tempat tidur pelukan sama Ompimpa sambil sesekali netesin air mata. akhirnya jam setengah 10an kita k dokter. begitu nyampe RSCM pas banget dokternya keluar ruangan, mau ada urusan. akhirnya dia balik lagi. pas nyampe ruang pendaftaran dokternya minta hasil lab. begitu dia buka, wah bagus ini hasil labnya. gak ada apa2. Alhamdulilllaaaaaahhh... saking aja yaa disitu penuh banget. lagi banyak yang berobat. kalo gak gw dah mau sujud syukur aja. kata dokternya kayaknya gw pernah jatuh waktu kecil soalnya yang bikin warnanya item kebiru2an yaa karena memar itu. terus gw cuma perlu ngelakuin SADARI (periksa payudara sendiri) tiap bulannya sehabis mens. untuk jaga2 siapa tau tumor itu muncul lagi..

alhamdulillah.. Allah baik banget ma gw. gw jadi ngerasa tiap menit itu penting. tiap moment itu berarti, I live for today..gw mau memanfaatkan tiap menit kehidupan gw untuk sesuatu yg berharga. amiiinn.. yak karena gw ga kanker, jadi kita mau ngelaksanain nazar kita untuk ga menunda punya anak. doain kami yaa..

3 comments:

Nat said...

hallo mbak, aku mau ngelakuin operasi FAm tapi lagi cari referensi dokter yg bagus rekonstruksinya dan gak terlalu mahal biayanya.. Kalo bisa tolong email aku ya ke christnadwima@gmail.com mohon bantuannya untuk sharing sedikit ya :) thanks..

Christina Natalia Dwi Maryati said...

mbak bisa email ke aku? ke christnadwima@gmail.com aku mau tanya2 sedikit masalah rekonstruksi operasinya hehehe thanks yaa :)

Anonymous said...

Hi mbak,salam kenal ya..famnya udah totally ga ada skrg?mbak tlg email aku ya di nuningdpratiwi@gmail.com, Dokter diani gmn penangannya?makasih sblmnya ya..

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template