Tuesday, August 23, 2011

(Mencoba) Bikin Kue Lebaran



Sibuk banget gw akhir2 ini cuy. pulang kantor pasti tidur! haha..

nah Sabtu kemarin tumben2an gw getol banget di dapur. pertama masak iga saus tiram. enaak! ntar gw post ya. kedua masak capcay. baru separuh masak dilanjutin nyokap gw. nah terakhir pengen nyobain bikin Nastar sendiri. uhuk! iya nastar aja gw ga bisa bikinnya. haha..

bikin Nastar dari jam 5an. adonan tepungnya jadi, lanjut adonan selai Nanas. behh nih selai lama banget ya matengnya. gw sambil ngaduk sambil buka2 online shopping nyari harga stroller. hahaha.. terus dilanjutin ma Ompimpa yang ngaduk selai sambiiiil...baca Al-Qur'an. hahahaha keliatan kan mana yang manusia surga.

terus pas Ompimpa ngaduk gw siap2in oven. pas gw balik daaang selainya jadi begini:



karena nyokap gw ga bakat baking dan seumur2 ga pernah bikin kue, akhirnya gw telepon mertua. dia bilang gula gw kebanyakan makanya jadi kayak gulali. pas gw tanya kata dia harusnya nanasnya aja dulu yg dimasukin, ntar kalau dah kering baru dikasih gula sambil dirasa sesendok 2 sendok. whaaat? sesendok 2 sendok?? gw masukin 300 gram gula malih! hauhahahahahahahhahaa...pantes! kalau di Buku Resep Kitab Masakan yang tebel itu: 1 buah nanas + 300 gram gula pasir + 1/2 sdt kayu manis bubuk + 1/2 sdt garam. sampai gw coret2 tuh buku buat nandain mana aja yang salah. haha

nah akhirnya diapain? kata mertua gw tambahin aja nanasnya, ntar juga bagus. eh tapi ini adonan tepung mang tahan ditinggal semaleman? mau beli nanas lagi dah jam setengah 10 malam. mana badan dah rontok masak dari jam 2 siang. akhirnya adonan tepungnya tetep kita baking tanpa selai nanas. bodo amat!! bentuknya beda2. kalau nyokap gw dibikin bentuk bulan sabit, Ompimpa labil kadang bulan sabit kadang bentuk 8, kalau gw bentuk 8 dan bola (see ngasal banget kan bikin kuenya? haha).

habis baking yg pertama belang belentong kayak gini:



hahaha. tapi anehnya yang gosong itu rasanya ga hangus lho. rasa normal tapi warnanya cokelat. akhirnya dikurangin waktu bakingnya. abis itu dibedain lagi. yang wadah aluminium 10 menit, hitam 15 menit. hasilnya jadi begini:



teteep belang belentong. haha..

tapi emang Allah baik banget dah, rasanya ternyata enaaaakkk banget. crunchy gurih manis gitu. super endang bambang. Ompimpa doyan banget! selesai baking jam setengah 12 malem langsung tepaaarrr.. kayaknya ga usah nunggu lebaran dah habis tuh kue.

seru juga nih main baking2an. semua orang di rumah gw jadi involved. besok2 nyusahin lagi ahh..

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template