Friday, June 27, 2014

Seminar Menghindarkan Anak dari Kejahatan Seksual

Siapa yang ikutan seminar ini sama Bu Elly Risman? Baguuusss banget seminarnya.. seminar ini diadain sama Kampung Keluarga tgl 21 Juni 2014. Ini seminar dari Yayasan Buah Hati kedua yg gw hadirin. Dulu pas baru masuk Depkeu ada seminar kecil. Tapi bukan dibawain sama Bu Elly Risman langsung. Dulu gw shock buangettt lho. Gw ga nyangka anak sekarang dah sebegitu amoralnya. Baik kita bahas ya

Pas awal dateng ya seperti biasalah eyke telat. Tapi ternyata emang seminarnya baru banget dimulai. Terus bu Ellynya tiba2 nangis. Dia cerita kalau Inpres apalah itu yang baru keluar terkait pendidikan anak hasilnya mengecewakan. Padahal inpres ini dah dikawal ketat perkembangannya sama beliau dari tahun 2009. Bahkan beliau sampai datengin sahabatnya dokter syaraf dari US langsung untuk jelasin ke Kemenkes betapa kekerasan seksual ini adalah penyakit dan harus ditreatment selayaknya penyakit. Berdasarkan dokter syaraf ini, kalau orang obesitas itu 2 bagian otaknya yg rusak, kalau orang pakai narkoba dkk hanya merusak di 3 bagian otak. Nah kalau pornografi itu merusak SEMUA bagian otak. See.. ini penyakit dan harus diterapi. Ga cuma kurungan penjara dan kelar urusan. Seperti yg kita tahu rata2 pelaku kejahatan seksual adalah mereka2 yg dahulunya juga korban kejahatan seksual. Lingkaran setan deh jadinya. Dan hasil inpresnya gimana? Solusinya menurut pemerintah kita cuma butuh tambahan 1 jam pendidikan agama dan moral. Astaghfirullaaahh.. gimana ga sesenggukan gw. Kebayang ga sih nasib anak2 kita.. ini bencana yg sesungguhnya. Mari kita jabarin bencananya apa aja

Si Emon tau? Pelaku sodomi atas 69 anak di Sukabumi. Modusnya? Menjadi bapak dari anak2 yg kekurangan kasih sayang dari ortunya. Awalnya dibeliin permen, cokelat, baca buku bareng, you name it. Dan sekarang korbannya menjadi pelaku. Nauzubillah minzalikkk. Macam downliners. Ngeriii

Pelaku video porno anak SMPN 4 tau? Ini kejadiannya deket kantor gw banget malih. Lihat gimana Allah kasih peringatan ke kita ya. Jadi SMP ini persiss di samping Departemen Agama. Nah sebrangnya istiqlal. Kejadiannya? Di kelas saat anak2 lagi pada salat Jumat di istiqlal. Modusnya? Ada pasangan baru jadian. 3 hari setelahnya cowonya ngajakin ML. Maaf ya ga pakai tedeng aling2 nulisnya. Abis gw gemes bangettt. Terus dikasihlah ma si cewe. 3 hari berturut2 mereka ML di kelas. Gilakkk.. nah parahnya. Pas kejadian video ini si cewe awalnya duduk di matras. Terus adegan pornonya ini disaksiin sama 8 orang temen cewenya. Jadi temen cewenya yg kasih instruksi. Buka dong bajunya,  buka dong roknya, cium dong, dst. Gilak! Tanda2 kiamat. Diupload lah di youtube. Astaghfirullah. Ortu si anak pas tahu denial. Ga mungkin katanya. Orang anaknya juara Fisika terus. Ngeri ya. Sekarang mah anak2 bisa bermuka 2. Di rumah baik2 di luar kita ga tau. Lessons learnt jangan ada matras di kelas, jangan bolehin anak bawa HP di kelas, kalau pas jam istirahat memding kelas dikunci aja karena anak sekarang nih ya pas jam pelajaran mereka sibuk browsing adegan porno terus ntar kasih liat cewenya eh ntar pas istirahat kita kayak gini yuk. Sinting ga tuh. Trus solusi lainnya mending ada guru yg jagain kelas selama jam istirahat. Dan ohya penting banget nih ada guru yg jagain di ruang ganti. Banyak anak mesum tuh. Issshhh.. dulu SMP gw aja mesum2 bgt anaknya di ruang ganti. Haha

Ada juga guru agama sodomi 6 anak dan dia pernah lakuin oral seks di depan kelas. Udah gilakkkkk!

Banyaklah itu contoh2nya. Ga tega juga gw nulisnya.

Nah yang penting ini nih. Gimana caranya menghindarkan anak kita biar ga jadi korban ataupun pelaku (*knockonwood)

Anak usia 0-5 tahun. Ajarkan anak bahwa tubuhnya berharga, ajarkan anak jenis2 sentuhan 1) sentuhan baik: sentuhan di area bahu ke atas dan lutut ke bawah 2) sentuhan membingungkan di area bahu-lutut. Ajarkan anak untuk kritis dan waspada kalau ada sentuhan membingungkan. Kalau dia ga nyaman ajari anak bilang ketidaknyamanannya atau kabur 3) sentuhan buruk: sentuhan di daerah yg tertutup baju renang. Ajari anak untuk teriak, kabur, tendang, gigit, whatever kalau dapat sentuhan buruk

Selain itu ajarin anak 4 area yg tidak boleh disentuh siapapun: 1) mulut 2) dada 3) kelamin 4) dubur.

Selain itu ajarin juga anak ada rahasia baik dan buruk. Soalnya sekarang kan pelaku cenderung ngancem jangan bilang siapa2 bla3. Ajarin ke anak kalau anak harus cerita apapun ke kita. Baik rahasia baik dan buruk

Kapan waktunya? Bisa dimulai dari anak umur 3.5 tahun. Di waktu itu anak dah mulai ngerti. Di saat yg sama sebaiknya anak dah pisah tidur dengan ortunya dan jangan ganti baju di depan anak. Ohya di umur segitu juga anak dah nyadar dia punya kelamin. Jadi emang fasenya tuh anak2 cowo megang kelamin. Cewe pun. Kaysa pun udah pernah aneh lho. Dia pernah peluk guling kenceeeng bgt sampai keringatan. Itu rasanya gw takuuut banget. Ini anak gw kenapa. Liat dari mana. Gw alihin dr guling pernah, hw omongin baik2 pernah, gw tanya kenapa sia lakuin itu pernab dan ga ada yg ngaruh. Akhirnya berhasil dengan gw jelasin kalau bunda ga suka liat Kaysa begitu karena bunda kasian liat Kay keringetan gitu. Kalau keringetan punggung Echa jadi gatal2. Setelah itu dia ga pernah ngelakuin lagi. Fiuuhhh.. 1 phase passed! Kemarin juga banyak ibu2 yg nanya kalau anaknya suka pegang kelamin. Ini nih untungnya ikutan milis. Gw dah tau duluan kalau emang ini cuma fase belaka. Jadi ga terlalu kaget pas kejadian di Kay. Walau deg2 ser juga sik pas ngalamin sendiri. Takutt kebablasan jadi kebiasaan.

nah selain itu ada baiknya lah yg mandiin anak dan pakaiin baju ortunya sendiri. Banyak babysitter gilak di luar sana. Tapi buat yg ibu bekerja gimana ya? Huhu peluk Umi. Untung masih punya mama. Contoh baby sitter gilak jadi ada seorang ibu cerita ke bu elly. Pas pulang kerja dia tiduran di kasur terus anaknya nanya mama cape ya? Anjir gw ga sanggup nulisnya.  Terus anaknya bilang mama buka celananya deh nanti adik jilat. Demit should i write this? Shock dong ibunya. Ibunya sambil sok cool nanya iya mama cape. Kenapa mama harus buka celana? Adik tau drmn? Anaknya jawab dari mba. Kata mba kalau cape adik jilat biar ga  capek. Gilak! Gw rasa gw bisa lho ngebunuh orang kalau menyangkut Kaysa. Mau gw bunuh rasanya tuh babysitter. Ya Allah lindungi anak hamba ya Allah

terus gw tambahin dikit dari ilmu Om Toge ya. Salah 1 cara mencegah terjadinya pelecehan. Ajari anak tentang kepemilikan bahwa badannya adalah milik dia dan siapapun yg nyentuh badannya harus seizin dia. Jadi sekarang gw kalau mau cium dan peluk Kay izin Kay dulu. Praktiknya? Sulit yes. Biasanya bisa cium sesuka hati. Tapi apa sih yg ga buat perlindungan anak ya.

Anak umur 5-7 tahun: kenalkan anak bedanya orang asing, kenalan, teman, sahabat, kerabat dan muhrim bagi muslim. Ajarkan anak untuk percaya instingnya, untuk berani bilang tidak enggak mau jangan begitu dkk, ajari anak untuk berbagi rahasia dgn kita, ajari anak untuk menahan pandangan dan menjaga kemaluan, ajari anak untuk tertib saat tidur dan mandi (err yg terakhir gw ga ngerti kaitannya)

usia 7-10 tahun persiapkan anak menjelang baligh, ajari anak selektif memilih teman, tidak menjawab sms/telpon dari nomor yg tidak dikenal, tidak mudah percaya temannya, ajari anak  bersuci karena anak sekarang kelas 4 dah pada mens maliih, jelaskan dampak buruk pacaran dan jelaskan bahaya oral seks. I cant believe it. Gw harus jelasin oral seks ke anak SD. Yes karena anak sekarang  dah jadi lifestyle oral seks ini. Kata temennya bu Elly yang dokter kelamin dan kulit sekarang banyak kasus penyakit jengger ayam dan ini ga bisa hilang SEUMUR HIDUP. Pasiennya? Membludak seumur remaja. Penyebabnya? Karena oral seks. Yaiya orang mani masuk mulut gimana ga jadi penyakit. Penyakit ini penyakit kulit yg mirip jengger ayam bentuknya dan menyerang bagian mulut, kelamin dll.

saat umur  lebih dari 7 tahun juga kita harus berhenti peluk2 anak tujuannya untuk menghindari sensasi payudara ke anak. Ibu ke anak laki2nya jangan sampai kalau peluk kena dada kita. Ga kebayang sedihnya ga meluk anak laki sendiri ya. Demit

Usia 10-12 tahun bekali anak untuk bijak menggunakan perangkat komunikasi ajari anak untuk bersosialisasi di media yg aman.

usia 13-16 tahun tanya ulang kapan pertama kali melihat pornografi, siapa yg memperkenalkan, tanya apa yg dirasakan, apa yg dia lakukan setelah itu, seberapa sering melihat pornografi, kapan terakhir kali melihat pornografi, punya pacar atau tidak, berapa lama pacaran, apa saja yg dilakukan saat pacaran

ngeri ya? Gw sesenggukan dari awal sampai akhir seminar. Kekuatan doa paling utama ya. Semoga anak kita dilindungi Allah. Dan yang paling penting jangan subkontrakkan pendidikan agama ke sekolah atau pihak lain. Kita sendiri yg harus ajari pendidikan agama sedini mungkin

Dan Bu Elly berkali2 bilang saatnya ayah kembali ke rumah. Anak cuma perlu minimal 30 menit main sama ayahnya. Karena 100% pelaku ini backgroundnya kehilangan figur ayah.

Gw abis seminar ini bawaannya makin pengen resign *lemparakadKPR

Selesai seminar gw langsung beli sepaket buku bu Elly. Tadinya dibilang habis eh ternyata masih ada di tas beberapa. Rezeki gw.. sebagai ibu yg sewaktu kecil berasa tabu banget ngomongin sex apalagi sama ortu sendiri kayaknya wajib ya punya buku ini. Bukunya judulnya:
1. Ensexclopedia (hah! Makasih bu elly)
2. For boys only : panduan utk jelasin ke anak tentang mimpi basah dll
3. For girls only: panduan utk jelasin ke anak tentang menstruasi dll
4. Hindari balita dari kekerasan seksual
5. When i fall in love

Harusnya ada 1 buku lagi buat ortu judulnya kurleb tetap mempesona di umur yg semakin matang. Ah ga perlu. Masih kece kok gw. Huahahaha

6 comments:

gilang soraya said...

ya ampun mbak.. gw speechless bacanya.. cuman bisa istighfar doang.. serem banget yah.. gw punya anak laki 15 bln.. musyi cari banyak info nih tentang sex education for kids.. thanks for your info..

Shintano said...

Nah iya kata Bu Elly pun sekarsng target utama orang2 gilak ini dah bukan anak cewe lagi tapi anak cowo juga. Kekepinanak

Yessi said...

astaghirulloh... berkali-kali istighar bacanya..punya anak cowok juga gak kurang musti ati-ati dibanding punya anak cewek ya.. aku pernah ikut juga seminarnya ibu elly risman ini, bahasannya selalu bagus dan ngena. jadi orang tua harus terus belajar ya mbak. ngena banget yg dibilang pendidikan agama anak nggak bs di subkontrakan ke orang atau lembaga lain. Ya Alloh sanggupkan kami para orang tua untuk menjaga membimbing anak2 selalu tetap di jalan-Mu, aamiin

ndhachiyo said...

aaahh aku ga tau klo ada seminar bu elly baru skli dgr dan lgsg jatuh hati bikin hati hancur...

mana keenan anak cowo masa ga boleh peluk pas remaja ahh hati ini perihh.

thx ya mak info nya

qonita said...

huhuhuu baca bgini slalu jd takuuuttt,,khawatiirrr,,smoga anak2 kita dijauhkan dari orang2 jahat ya.dan kita dijadikan orang tua yg sanggup mengajarkan kebaikan ke anak ya..huhuhuhu sedih jdnya,,beneran pgn resign tp apa kabar KPR >_<

keluargakecilnanasik said...

mbak... bacanya mpe dagdigdug...

mba bukunya bu elly itu di jual di toko buku ga mba??
tertarik bgt... secara dulu juga tabu bgt ngomongin ma ortu skrg kudu jelas...

mksh mba infonya

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template