Wednesday, August 1, 2018

Anak SD Zaman Now


Alohaaa... siapa yang anaknya baru masuk SD dan shock liat pelajaran kids zaman now???

Gw pas libur kemarin beliin Kay buku tematik. semata2 karena penasaran pelajaran tematik itu cemmana. ini lebih ke mempersiapkan diri sendiri biar sanggup ngajarin anak. tapi surprisingly aku syukaaa sekali tematik. berasa baca buku cerita. Misalnya tema tentang Diriku. Itu pas awal ngajarin bagaimana sikap kalau mau pergi sekolah seperti salim sama orangtua, tidur jangan kemalaman biar tidak terlambat ke sekolah, terus sampai sekolah salim sama guru dan berdoa. dapat tuh pelajaran Moral dan Agama. selanjutnya cara memperkenalkan diri melalui cerita Siti berkenalan dengan teman2nya. dapat tuh pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaraan/pelajaran Moral). terus nanti ada huruf yang diacak. anak2 disuruh mengisi huruf yang hilang dari nama teman Siti. awal2 huruf vokal yang hilang. terakhir2 huruf konsonan yang hilang. dapat tuh pelajaran bahasa Indonesia. selanjutnya disuruh berhitung berapa banyak huruf nama2 teman Siti. misal Beni itu 4 huruf, Leoni itu 5 huruf, dll. atau nanti teman Siti diurut dari yang jumlahnya sedikit sampai yang banyak orangnya pakai gambar gitu. Dapat tuh pelajaran Matematika. nanti terakhirnya ada nyanyian cara berkenalan dengan teman, dapat pelajaran Musik. Seru kaaan. bisa liat link ini kalau penasaran

https://www.bukupaket.com/2017/01/buku-kurikulum-2013-kelas-1-sdmi-revisi.html

ta ta tapi kalau pelajaran Matematika dan Science Kay pakai buku My Pals. Konon katanya itu buku pelajaran anak Singapore. Bukunya sih gw sukaaaaa banget karena banyak gambar dan menarik. ta ta ta pi kenapa susye banget pelajaran anak sekarang. pelajarannya dah comparing numbers gitu. more, fewer, number patterns, number bonds, addition stories.  even ada gamesnya. pas belajar konsep more and fewer pertanyaannya kalau jumlah kucing lebih banyak daripada anjing, jumlah kodok lebih sedikit daripada jumlah kucing, berarti jumlah kodok lebih sedikit apa lebih banyak daripada anjing? Eaaaa pelajaran anak sekarang dah logic ajeeee kayak gini nih bukunya:

overall walaupun pelajarannya tampak susah tapi sekarang lebih ke konsep. kayak pas pelajaran addition anak disuruh loncat2an pakai mat, atau pakai lego, biji2an, dll. aku sukaaaa sekaliiiii..

nah kalau ini masalah sekolahan Kay. emang kalau survey nanyanya yang lengkap cuyyy. emang lah dulu ga niat masukin Kay disini ya kaaan. jadi pas survey nanyanya ga komprehensif amat. apa dikata berujung disini karena ini the best choices we had. ternyataaa walaupun di sekolah Kay ga ada PR, tapi ternyata ulangannya tiap minggu. huahahahahahhahaha toyor diri sendiri. ini juga gw tau kemudian dari temennya temen gw setelah bayar uang pangkal.  mau putar balik rasanya tapi kere. huahahaha..

tapi good pointnya anak jadi terbiasa belajar dikit2. gw seneng banget konsep ini. kebetulan gw juga senengnya belajar dikit2 jadi pas ujian ga shock....... SD sampai SMA. pas kuliah mah SKS semua. haha

nah point selanjutnya yang gw sadari kemudian ternyata buat anak ini ga berat. mamak2nya aja yang lebay seperti guaaa. anak ga ngerasa lagi ujian juga. berasa ngerjain worksheet biasa aja. jadi mereka pikir emang anak SD ya begini ini. hauhahaha.. dulu bunda pulang jam 10 Nak dan ga ada ujian2 acan. tau2 UTS dan UAS ajee..

buat Ibu2 yang ngajarin anak2nya di luar sana, jangan stress ya... emotion is contagious kan yaaa.. gw sekarang sering download worksheets di internet buat Kay belajar. karena kurikulumnya sama kayak luar juga jadi gampang lho nyari worksheetsnya. selamat belajar madrasahnya anak2. ho oh yang belajar Ibunya ini mah. haha

9 comments:

Anonymous said...

Salam kenal bunda kay, boleh diinfo review nya selama 1 semester ini bagaimana sekolah di GiS ya bun? Utk masalah macet masih parah tidak ya kira2 klo dr daerah pejaten (laporan pandangan mata aja sih bun ����).
Lalu secara akademik sistem belajar mengajar nya bagaimana ya? Apakah kay happy sekolahnya? Untuk ekskul yg dimulai setelah jam sekolah,dimana utk anak kelas 1 aja baru pulang jam stgh 2 apakah bisa diikuti? Kok kayanknya kasian ya jd ga bisa tidur siang.. soalnya msh galau juga nih mau dimasukin dimana..sudah keterima di GIS juga tapi takut anak ga enjoy. Thx u

Shintano said...

Hai mba. masih macet. tapi anakku naik motor jadi aman. bagusnya sekarang tanah yang di depan GIS dah dibeli. jadi lumayan lah antri nganter anaknya ga separah dulu.

Kalau review sekolahnya gw puas. gurunya pinter2, anak2nya bageur. tapi kalau agama masih kurang menurut standard gua. karena dulu Kay TKnya di Al Azhar kali ya. jadi hafalannya dah lumayan. dan disini ga diakomodir untuk ngelanjutin hafalan. ini sih kecewa terbesar gw. kecewa lainnya tahun ini nilai UANnya nuurun jauh. pas gw tanya Wakil Kepala Sekolahnya (ho oh gw samperin Wakepseknya hauhaha), katanya tahun ini nilai UAN turun karena baru tahun ini ada essaynya. ya menurut gua mah itu masalah semua sekolah ya. Nizamia tetep bagus tuh nilainya. jadi ga makes sense sih alasannya. kita liat ya tahun ini naik lagi ga peringkatnya

kalau ekskul, tiap Kay ekskul emang jadinya ga tidur siang. orang sampai rumah jam 4 kurang. tapi kalau hari lain hamdalah masih bisa tidur siang karena sampai rumah jam 2an

Kalau anak2 kelas kay gw liat enjoy banget. even yang belum bisa baca. mereka malah nanya mulu kapan masuk sekolah. gw pribadi liat anak2 dan mama2nya pintar dan nice.

Anonymous said...

Makasih mba reviewnya...kalau untuk englishnya gimana ya mba? Apakah dipakai di kegiatan sehari-hari atau hanya waktu tertentu...krn agak sayang juga di tk nya yg skrg digunakan sehari-hari ���� agak sayang klo malah terlupakan ����

Shintano said...

Englishnya kurang banget mba. dia kan cuma 3 yang pakai English, Math, Science. mana seharusnya tiap minggu ada native speaker tapi recently 2 minggu sekali karena guru bulenya kurang.

Shintano said...

untuk masalah native speaker ini gw tanyain juga ke gurunya. katanya lagi proses recruiting. masalahnya susah cari guru bule yang Islam. karena yang sudah ada sekarang bulenya Islam semua

Anonymous said...

Wahhh...makasih banget mba reviewnyaa...berguna banget buat saya ������

Unknown said...

halo mba salam kenal, lagi browsing2 GIS eh terus jadi mampir kesini, saya juga wali murid kelas 1B di GIS mba...kalau anak mba Shinta kelas 1 apa?

oiya kalo mau lihat hasil UN peringkat sekolah sd gitu dimana sih mba webnya?kok saya googling ngga nemu nemu ya...penasaran GIS ada diperingkat berapa..

makasi ya mba infonya

Shintano said...

Boleh Mba Widya kuemail kemana?

Unknown said...

Email ke wid.andina2903@gmail.com mba...terimakasih ya sebelumnya 😊

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template