Thursday, July 5, 2012

Manajemen ASI

aaakk mulai dari mana ya? gini pada prinsipnya ASI itu kayak orang dagang. supply = demand. jadi makin banyak diperah, makin banyak juga ASI yg diproduksi. kalau gw sendiri mulai pumping dari hari kedua di RS. hasilnya? sepantat botol aja. haha. begitu sampai di rumah gw juga rajin pumping tiap 2 jam. hasilnya pas awal pumping cuma dapet 10 cc. abis dipumping kasih mama untuk Kaysa belajar nyusu pakai medela cup feeder. gitu terus sampai 10 harian. jadi belum stock ASIP. nah setelah Kaysa pulang dari RS karena kuning, alhamd ASInya mulai meningkat 1 botol bisa hasil dari 3x pumping, dst sampai sekarang bisa sekian botol.

nah masalahnya pas umur 3 mingguan mulai tuh fase growth spurt. bayi maunya nyusuuu mulu. baru nyusu setengah jam, eh dah owek2 lagi. itu sangat wajar saudara2. itu bukan karena ASIlo kurang lantas berpaling ke susu formula. Kaysa juga suka abis nyusu tetep nangis. hihi. that's why gw sempat Baby Blues. nah tapi gw tetep rajin pumping di setiap jedanya itu. biar dibilang baru juga 2x tuas goyang, gw simpen tuh ASIPnya. buru2 masukin kulkas biar Kaysa ga makin kenceng nangisnya.

untuk ASI segar ini bisa tahan hingga 4 jam di ruangan berAC. gw dah buktiin. lebih dari itu hwoeeekk (ketauan pernah minum susu sendiri). tapi kalau di ruangan ga berAC yasalaam. 1,5 jam aja dah kuning dan asem.

nah abis dipumping, botolnya dikasih tanggal, sama jam perah. gunanya jam perah ini untuk gabung2in ASInya. kalau ngasih label ini gw pakai selotip pipa kayak di bawah ini. apa sih namanya nih. enak kalau ini abis dicuci ga berbekas di botolnya dibanding label kertas itu.



nah ntar pas malam gw gabung2in ASI yg didapet seharian. jadi ASI itu kalau suhunya dah sama boleh digabungin dalam 24 jam. maksudnya suhunya dah sama tuh jadi kita ga boleh gabungin ASI yang baru dipumping sama ASI di kulkas. yang 1 dingin 1 hangat. jadi ASI yg baru diperah dimasukin ke kulkas dulu selama min 30 menit, baru boleh digabung. tapi gw malas. biasanya gabung sekalian pas malam. baru masukin freezer. awalnya 1 hari cuma dapat total 80ml-an (soalnya kan kepake buat Kaysa belajar mimik susu tuh)lama2 bisa nabung 3-4 botol ASI per harinya.

nah rajin ya gw? jangan salah! gw kira semua ibu menyusui tuh emang gitu, jadi gw lakuin karena emang gw kira itu kewajiban gw. hahahahahhahaa *gagaladmire. see kadang kegesrekan membawa berkah.

nah pas masuk kantor alhamdulillah lah pokoknya. dapet tabungan lumayan banyak. gw juga sewa freezer di mas Rizky di Depok nomor HP 081553328867. tapi yang bersisa freezer bukaan atas cuma Rp 100ribu/bulan. masalah? ga! gw rajin lho mindah2-in ASI per 2 mingguan atau kadang 1 bulan sekali jadi ASI yang terdahulu dipindahin ke atas, yang terbaru di bawah. nah ASIP yang disimpan di kulkas bawah (chiller) tahan
3-8 hari, kulkas di freezer 1 pintu tahan 2 minggu, freezer di kulkas 2 pintu tahan 3 bulan, dan kalau di deep freezer bisa tahan 6 bulan. Subhanallah yaa..

nah gimana cara penyajian ASIP (ASI Perah)?
gw penganut gabungin susu segar sama perah. malah akhir2 ini selalu pakai susu segar. karena gw yakin susu segar lebih banyak nutrisinya dibanding ASIP di freezer. jadi misal kebutuhan Kaysa dulu sebelum makan 7 botol, jadi 4 botol ASI hasil pumping kemarin, 3 botol ambil dari freezer. nah yang 3 botol dari freezer ini semalam sebelumnya dah gw turunin ke kulkas bawah. Ingat Suhu ASIP ga boleh berubah drastis nanti nutrisinya banyak yang hilang. nah ASI yang dah turun di kulkas ini bisa tahan 24 jam setelah mencair sempurna. gw sih ga pernah tahu tuh kapan ASIP gw mencair sempurna, jadi kalau lebih dari sehari udah lah gw buang aja walaupun bersisa.

ohya tips: untuk lebih cepat nyairin ASIP tuh taruh ASIP di mangkok plastik yang berisi air di chiller. plastik ya jangan keramik, lambreta juga kalau keramik mah.

trus pas mau diminum botolnya ditaruh di mangkok berisi air hangat, hangat ya jangan panas. inget apa ibu2? suhu ASI ga boleh berubah drastis. eh tapi gw lebih suka angetinnya pakai gelas sih. jadi merata air hangatnya sampai ke mulut botol. kalau mangkok kan paling cuma separuh botol kan tingginya. trus diminumin deh ke anaknya.

hangatinnya sebatas jumlah minum anaknya aja ya. soalnya ASI yang dah dihangatin ga boleh dihangatin lagi. misal nih pas newborn kan paling minumnya 1 cupfeeder doang; 30cc. jadi hangatinnya ya 30 cc aja. sisanya botolnya masuk kulkas lagi.

nah misal ASInya ga habis gimana? sayangnya ASI kalau dah kena liur bayi cuma tahan 1 jam. jadi dalam 1 jam harus dihabisin atau dibuang, hiks. dulu gw sering buang2 ASIP nih karena Kaysa ga suka ASIP. padahal gw dah ngumpet di kamar.

nah pertanyaan yang biasa sering muncul tuh kok ASIP gw bau sabun ya? sama buibu gw juga. normal sekali ituh. soalnya gw juga pernah nyiumin ASIP donor eh ternyata baunya sama persis ma bau ASI gw. tapi beda dengan ASI yang bau zat besi ya itu karena enzim lipasenya tinggi. jadi sebelum masuk kulkas ASIPnya harus discalding dulu. browsing aja ya tentang scalding ini. gw ga berpengalaman.

trus pertanyaan sering muncul lainnya kok tutup botol ASI gw pop up? aman ga tuh diminum bayi? kalau tutup botol pop up itu penyebabnya 2: 1. karena ASIlo kepenuhan. jadi maksimal kalau botol kaca biasa sampai yang ada garisnya aja ya (100cc). jangan lebih dari itu 2. karena mulut botol/tutup botolnya basah. gw sering tuh pas gabung2in ASI ada ASI di mulut botol, dilap dulu ya baru ditutup.

apalagi ya? ohya steril ya? kalau gw cuci botol pakai sleek, terus tinggal masukin dish dryer Panasonic. kelaar. gede sih itu wattnya . 400 ya. tapi gw ga mau ambil risiko daripada anak gw diare. cuci mencuci ini juga berlaku selama di kantor. setiap abis pumping, gw cuci bersih, terus masukin sterilizer juga.

nah karena di kantor gw ga ada kulkas, jadi gw kalau pulang pergi kantor bawa cooler bag. abisan cooler box berat. nanti begitu nyampe kantor langsung icegelnya masukin coolerbox biar botolnya ga dingin lagi. karena apa? suhu ASI ga boleh berubah drastis. nah nanti kalau botol dah ga dingin baru gw pumping. selama kerja PP 11 jam, gw pumping 3x. dulu sih pas awal pumping 3 jam sekali. tapi lama2 modar. males pumping, jadi dikurangin aja 3x. inget bunda Wati wanti2 nih pokoknya pumping di kantor untuk jam segitu ga boleh kurang dari 3x.

untuk jadwal pumpingnya pagi jam 9, siang jam setengah 2an sama jam 4an. sekarang sih dah malas ga pernah pumping malam lagi *janganditiru. kalau dulu dah ngurus anak seharian juga malam2 tetep pumping jam 2. wihhh ngalirr dereeessss..

semangat pumping ya buibu. emang kebukti deh anak ASI lebih aktif. semoga aktif ini seiring dengan kepintaran anak yaa. amiin

1 comments:

qonita said...

itu yg slalu aq bayangin,gmn ya pas cuti,ya menyusui ya pumping.smoga bisa ya.bguru padamu suhu :D

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template