Friday, June 28, 2013

Infeksi Saluran Kemih

Sekarang mau sharing kejadian beberapa bulan lalu ah. Kay sakit berturut2. Nah salah satunya ini, ISK atau urinary tract infection atau orang awam bilangnya anyang2an.

Untungnya gejala yang timbul di Kay khas banget. Jadi gw langsung ngeh kalau dia ISK. Pertama mild fever 37-38,3 paling tinggi. Terus ngeden kalau berkemih. Selain itu kalau abis nyusu dalam waktu 30 menit bisa 4x pipis. Ga tega deh liat dia pipis. Ngeden2 gitu. Tapi anaknya ceria2 aja sih. Ohya 1 lagi gejalanya, BB Kay waktu itu susah naik.

Akhirnya gw tes urin rutin + kultur urin di Prodia Childlab. Total cost 450ribuan. Bagusnya sih urin yang diambil tuh urin tengah (mid stream). Tapi anak segini dia bilang mau pipis aja dah alhamdulillah ya. Mana dapet urin tengahnya. Akhirnya pakai plastik penampung urin (urine collector) yang dilekatin ke Ms V-nya. Nah sambil nunggu pipis dipasangin video Barney. Alhamdulillah anteng anaknya. Ga lama gw susuin dan keluarlah pipisnya. Pas di Prodia Childlab ini kece deh masang urine collectornya pas. Ga ada pipis yang rembes2 keluar. Soalnya sebelumnya gw tes di KMC banyakan yg merembesnya. Ih ga kapok2 deh gw tes lab di KMC. Dah tau labnya dia ga bagus (pengalaman hamil dulu).

Gw minta hasilnya diemail. Gw belum sampai rumah dah keluar hasil urin rutinnya dan bener nilai bakterinya + dan leukosit tinggi (emang pasti tinggi kalau anak lagi sakit). Tinggal tunggu hasil kultur urinnya yang nunjukin jumlah bakterinya dan Kay resisten sama AB mana.

Abis itu gw sms dokternya dan diresepin suspensi Coatrimixazole (Antibiotik jenis trimethoprim-sulfamethoxazole yang emang paling ampuh buat ISK). Ini kesalahan gw. Sebenernya ya ga perlu buru2 minum AB kalau anak tidak tampak kesakitan. Tunggu hasil kultur urinnya keluar dulu (semingguan).

Tapi gw si emak lebay yang merasa bersalaaah banget sama Kay, bilang ke dokternya orang dia demam gitu dok dan susah makan. Namanya anak sakit ya normal susah makan dan demam lah. Selama infeksi/virus/bakteri masih ada di tubuh akan selalu demam yg merupakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit itu.

Setelah 5 hari minum obat, keluar hasil kultur urin dan bener nilai koloni bakterinya >100.000 (kalau urinnya diambil pakai metode midstream jumlah koloni dibilang ISK kalau >105.000). Terus jenis bakterinya E. Coli.

Ehmm pernah emang gw ngeGancit lagi makan di Eat and Eat eh anaknya poop. Terus gw suruh Ompimpa keliling2 dulu biar gw makan dulu. Soalnya dah jam 3 waktu itu dan gw lapar beraaat. Poor Kaysa.

Selain itu air di gang sanip kan emang ga bagus ya. Mungkin dari situ juga. Soalnya di rumah gw pakai air tanah + air hidrolisis (??) Yang disaring itu tuh.

Sama 1 lagi kemungkinan terbesar nih. Kay selama ini kalau tidur pampersnya ga gw ganti. Abis gw baca2 di milis kalau anak mereka >1 tahun ga ganti pampers kalau tidur malam. Temen kantor gw juga gitu. Tapiii masalahnya Kay ini kan masih kuat nyusunya. Bisa 3-4x bangun nyusu. Jadi ga bisa gitu juga. Lesson learned 1.. Sekarang gw pasang alarm jam 2 buat ganti pampers. Hihi

Waktu itu jangan tanya gimana rasanya. Rasa bersalah itu luarrr biasa. Kalau bisa resign jadi ibu gw resign deh. Orang sampe pas di KMC Kay nunjuk mainan apa di Mothercare langsung gw beliin. Padahal mana pernah gw beliin mainan dia mahal2. Haha motherkere!

Ohya lanjutin yg tadi. Selain itu hasil kultur urin nunjukin kalau ternyata Kay resisten AB jenis trimethoprim-sulfamethoxazole (merk Coatrimexazole) ini. Nah lho! Percuma kan dah minum obat 5 hari. Gw protes ke dokternya kok bisa dok? Padahal ini AB (Antibiotik) pertama yg diminum Kay. Kalau sakit batpil atau diare Kay ga pernah minum obat samsek. Cuma gw awasin aja tanda kegawatdaruratannya dan home treatment.

Terus kata dokternya "E. Coli-nya ternyata sudah resisten Bu. Di lingkungan sekitar kita banyak orang yg banyak pakai AB sembarangan shg kuman mempertahankan diri shg akhirnya resisten thd beberapa AB" Yayaya fenomena superbugs ya. Makin benci sama orang yang suka sembarangan minum AB. Padahal AB itu buat bakteri. FYI ya 70% penyakit di negara tropis karena virus kok. Jadi ya self-limiting disease. Virus itu akan hilang sendiri seiring waktu. Yg diperluin cuma asupan makanan bergizi dan minum yang banyak.

Nah akhirnya ganti AB jenis cephalexin. Karena Kay ga resisten sama jenis ini. Terapinya selama seminggu dan sehari 3x setelah makan.

Seminggu setelahnya tes lab lagi untuk urin rutin aja. Dan alhamdulillah bakterinya dah negatif. Jadi ga perlu kultur urin lagi deh.

Lesson learned 2: jadi emak yang sabaar dan cerdas. kan bisa nunggu sampai hasil kultur urin keluar dulu baru diterapi. yang jadi korban anaknya juga kan.


Tips: buat anak yang susah minum obat, coba pakai pipet deh. tadinya gw minumin obat lebih banyak yang keluarnya daripada yang masuk. terus arahin pipetnya ke dinding mulut sebelah dalem pipi. jangan langsung ke tenggorokan biar ga keselek. ke bayang gak? haha

sumber bacaan: Web Milis Sehat dan Kidshealth

Powered by Telkomsel BlackBerry®















2 comments:

ningnung said...

Akupun ga pernah gantiin pampers pas malem :(

Raka dulu pernah tes urin di KMC bagus sih, tapi emang entah kenapa ga terlalu sreg sama lab nya yah..

Sehat ya anak gadis!

Shintano said...

ah senengnya baca commentlo ini. gw kira gw doang yg ga gantiin pampers kalau malem. huhu kasian anak gadis

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template