Thursday, November 7, 2013

Weaning (with love?)

Gw agak cuek soal weaning ini. Seperti yg gw tulis di postingan Daftar Dosa, gw masih pumping, selama cuti masih nyusuin on demand (biasanya 3-4x sehari), dan masih berpikiran ya udah weaningnya pisah kamar aja seminggu. Nangis nangis deh. Haha..

Jujur gw ga percaya sama weaning with love. Dimana letak with love-nya kalau gw aja tersakiti. Gw juga sedih maliiih lepas nyusuin. Dan gw bayangin gw bakal nangis stop ngASI Kaysa. Haha. Jadi gw pikir menyapih ini ya kewajiban gw aja dan sebagai salah 1 milestone yg harus dilalui gimana pun caranya.
Modal gw cuma 1 selalu ngulang2 "nanti kalau Kay dah ulang tahun, tiup lilin, potong kue, nyusunya dariii?" K: gelas. Udah itu.

Even gw ga baca2 cara orang weaning gimana. Gw cuma baca sekelewatan sharing orang2 di milissehat sama asibayi aja. Jadi ga sengaja browsing khuseus.

Tibalah waktunya ultah kan. Nahhh emaknya lupita beli kue. Niat bikin sendiri pun ga bisa karena ga ada bahannya. Jadi ya pasrah aja. Kalau berhasil hamdalah, kalau ga ya berarti nanti nyapihnya pas potong kue beneran di ultahnya Kay 2 minggu lagi.

Ohya sengaja bilangnya detail berhenti nyusuinnya setelah potong kue, tiup lilin, dll. Soalnya anak umur segini belum bisa berpikir abstrak. Kalau kita bilang nanti kalau Kay umur 2 tahun bla3, atau nanti kalau Kay dah besar bla3. Dia mana ngerti kapan dia umur 2 tahun, apalagi besar.





Pas hari Minggu jadwal kontrol dokter kan. gw bilang aduh dok tinggal 2 hari lagi nih dok, kayaknya Kay ga ada tanda2 bisa disapih. dokternya bilang ya udah bu ga usah dipikirin. kan ga harus 2 hari teng dia lepas susu. ya bertahap lah bu. terus gw kasih tau kalau ga berhasil saya pisah kamar aja seminggu ya dok. dia ketawa. hahaha. nyantai aja bu, ga usah dipaksa harus bisa disapih sekarang. nah cakep deh.

Pas hari H siang masih nyusu selama perjalanan beli kado ke Gramed. Untungnya nyusunya sambil tidur di pangkuan. Huhu so sweet. Cuma bisa di mobil nih nyusu di pangkuan. Kalau di rumah mah pasti nyusu sambil tidur ibu dan anak.

Moment of truth. Sengaja tidur dicepetin jadi jam 8 kurang. Karena haiqul yaqin dia ga bisa tidur cepet tanpa susu. Gw deg2an tapi berusaha nyantai. Begitu gw dan dia tiduran, mulai nyanyi2 dan cerita2 apapun. Terus gw kasih liat foto2 dia bisa main perosotan sendiri, main ayunan sendiri, pakai sepatu sendiri, pakai baju sendiri, dan foto2 mandiri lainnya yg nunjukin dia dah besar. Datenglah waktu nyusel2 susu. Gw bilang eh Kaysa kan hari ini ulang tahun ya jadi nyusunya dari gelas. Dah ga dari sini. Terus dia ngangguk2 terus balik badan. Bolak balik dari ujung kasur ke ujung lainnya. Huhu gw tau dia nyari kenyamanan.

Terus gw deketin lagi sambil nyanyi lagu tidur. Dan akhirnya satu jam kemudian anaknya tidur. Subhanallah. Udah nih? Beneran nih dia bisa disapih. Tanah mana tanah *sujudsyukur.

Terus gw kan kalau tidur kebo ya. Gw takutnya ntar gw refleks nawarin nyusu. Akhirnya bangun lah gw. Sengaja ga tidur sampai jam nyusu dia berikutnya. Biasanya Kay minta nyusu lagi jam 11-12 malem. Jam setengah 12 gw masuk kamar. Dan bener anaknya kebangun minta? Air putih!!!!! Subhanallah. Mukjizat.

Alhamdulillah hari pertama nyapih berhasil tanpa air mata baik ibu dan anak. Tapi gw ngembeng sih dan berusaha nahan nangis. Gw tiba2 ikhlas aja gitu ngeliat anaknya juga ikhlas disapih. Hwoaaaa.. Anak gadisku..ohya jangan lupa pas bangun tidur dipuji2 dong "hwoaa Kaysa hebat ya bisa tidur tanpa nyusu. Bunda bangga sekali jadi bundanya Kaysa" *cium2.

Kasian deh abis bangun dia langsung makan roti, agar2, melon, susu Ultra. Lapar ya Nak. Biasanya jam 6 nyusu dulu. Huhu.

Lanjut perjuangan hari kedua. Kemarin bad day banget deh. Segala dompet pake ilang. Jadi jemput Kaysa di rumah si mba jam 7an. Mau tidur jam 8 pun ga tega. Kayaknya dia masih kangen. Akhirnya main2 sampai jam 9. Masuklah ke kamar. Anaknya cranky hari ini secara kata si mba tidurnya cuma sejam.

Sebelum masuk kamar sempet nangis sebentar minta susu. Tapi berhasil gw alihin terus. Begitu masuk kamar, keluarinlah foto2 dia mandiri itu. Lanjut nyanyi lagu pengantar tidur khusus yg selalu gw nyanyiin buat dia. Lagunya Lisa Ono yg My Boy. Haha tapi gw ganti jadi My Girl kok. Abis itu 20 menit kemudian tidur. Subhanallah. Indah banget hidup. Tengah malam juga minta nyusu terus gw kasih air putih dan anaknya lanjut tidur. Subhanalllaaahh.. I'm so proud of you lil fighter.

Semoga beneran dah bisa disapih nih ya. Kelar 1 tugas gw sebagai orang tua dan selamat datang ratusan tugas lainnya. Kuncinya 1 kalau dapet dari ilmu milis Parenthink pas disapih aktivitas mulutnya harus dialihin ke aktivitas mulut lainnya. Seperti nyanyi, cerita, dll.

I'm so proud of you lil fighter. Thank you for choosing me as your mom *kissous
Powered by Telkomsel BlackBerry®












1 comments:

Wely said...

Halo shinta...
sama euy... lagi menggalau masalah menyapih. Ultahnya tgl 10 sih.. udah berbulan-bulan dikasih tau kalo udah tiup lilin ga mimik mama lagi, tapi dari gelas. ga tau deh praktiknya gimana ntar. eh, tadi malam berhasil ding tidur tanpa mimik. tapi paginya langsung nagih... hehehe.

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template