Monday, November 13, 2017

Kaysa Mengaji

Mau cerita kenapa Kaysa bisa khatam di umur 6 tahun.

Jadi Kaysa itu kan ngaji dari umur 3tahunan gara2 ikut2an temannya di masjid dekat rumah. jam TPAnya jam 4 tuh. Dari awal dah ditanya kalau mau ngaji tidur siangnya lebih awal  soalnya jam setengah 4 harus dah mandi. eh bener lho doi bangun jam segitu. emang anaknya rajin sih dia. haha

ngaji disini lumayan tuh dari iqro 1-4. pas masuk playgroup dah iqro 2. tapi lama2 kok Kaysa ngaji disini dipersulit. pertama bayarannya dinaikin. kalau ini ga masalah lah ya, ini aja dah murah amatan. terus lama2 anak2 yang ngaji selain yang sekolah di sekolah samping masjid ga dibolehin. ya oke dah. untungnya di sekolah Kay juga dah iqro.

Lanjut masuk TK A dah iqro 4. tapi karena libur sekolah dan dah ga ngaji di TPA masa suddenly Kay lupa lho. ga ngerti tanwin, ga ngerti kalau ketemu huruf wau dibaca panjang, dll. broken heart. jadi pas TK A diulang lagi iqro 4nya. itu setiap halaman diulang terus deh. ada yang sampai diulang 3x. haha mamak kejam.

pas TK A dah khatam iqro Alhamdulillah. lanjut TK B dah juz 4 kalau ga salah. eh baru masuk term 2 dah khatam. rahasianya apa?

pertama ngaji itu harus fun. dulu sih guru agama gw galak2 ya. baru denger kata Agama Islam aja dah males. nah gw ga mau ini kejadian di Kay. jadi dulu sedari awal gw ngajarin ngaji dengan nyanyian atau bahkan sambil goyang. yang follow IG gw tahu deh Kay ngajinya gimana. haha.
nah walaupun dah Al Quran ngajinya teteeepp sambil main. tapi sekarang mainnya kalau dah selesai sehalaman dia minta gendong digoyang2, atau main kitik2, atau main perosotan, atau main petak umpet, atau main ampar2 pisang, atau main loncat dadu, atau main nempel sticker, atau main kuda2an, dll. kebayang ga? iya serempeus itu. hauhaha.. demiii anak mau ngaji.

tapi ada kalanya anak tetep ga mau ngaji. kalau dah ga mood gini gw yg bacain ngajinya, Kay tinggal ngikutin.yang penting Kay tahu kalau ngaji wajib setiap hari dan seberapa penting ngaji di keluarga gw. jadi pas abis khatam dia boleh ga ngaji sehari seneng bangettt anaknya. hauhahaha

terus kalau lainnya, untungnya di sekolah Kay ada lembar iqro buat nandain anaknya dah sampai mana bacanya. jadi di rumah gw nerusin aja. tapi kalau pas iqro ga boleh nerusin sih. jadi gw ngajarin biar besok di sekolah ga salah2.

dan yang paling gw syukuri untungnya Kaysa sekolah di sekolah Islam. dan gurunya support banget kalau anaknya mau cepat khatam. kayak Kaysa ini sebenernya 10 hari sebelum acara ultah baru juz 26. terus gw inget pas dia khatam iqro dikasih piagam gitu ke ortunya. nah karena mumpung gw ke sekolah kenapa ga sekalian aja. terus gw tanya Kaysa " Kay bunda bakal seeeeneeeeng banget kalau pas Kay ultah Kay dah khatam Quran. Bisa ga ya Kay?". Terus dia jawab insyaAllah bunda. widiihhh melted hati gw.

terus gw WA gurunya minta tolong disupport Kay mau khatam pas ultah, eh bener tiap Kay datang ke sekolah cepat disuruh ngaji. terus pernah pas jam pelajaran Kay dipanggil keluar disuruh ngaji. MasyaAllah. lumayan banget tuh jadi 1 juz bisa 2-3 hari aja. nah sampai H-1 masih 6 halaman yang belum dingajiin. gw dah ngebatin aja ya udahlah kalau ga khatam juga gapapa. betapa kagetnya gw pas sampai rumah anaknya dah khatam sama Umi. nah ini lingkungan rumah juga perlu supportif. Umi dah nyicil ngaji dari siang ternyata. jadi pas malam tinggal beberapa lembar aja. Allahuakbar.

sekarang abis khatam dia lanjut ngaji lagi. sekarang gw kadang2 ga nyimak lagi bacaannya. Kaysa ngaji gw bacain buku buat adik. tapi tiap selesai sehalaman teteuuupp main gendong2an. hauhaha. Alhamdulillah ya bersusah2 dahulu bersenang2 kemudian.

banyak banget kemudahan yg gw dapat setelah Kay jago ngaji. pertama entah kenapa anaknya cepet banget diajarin apapun. kemarin gw tes soal tambah2an, pengurangan, even pembagian aja anaknya nalarnya nyampe walau meski belum diajarin pembagian di sekolah. mungkin benar ya anak yang hafidzah lebih cerdas. nah PR gw selanjutnya nemuin sekolah yang lebih bisa mematangkan bacaan Quran Kaysa, semoga nanti bisa jadi hafidzah ya Nak, ya Allah cita2 banget nih. Amiiiiin

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template