Tuesday, June 14, 2011

Kelas Prenatal

Yak karena gw clueless mom, jadi gw mau mengingatkan diri gw sendiri kalau gw harus ikut kelas2 di bawah ini:

1. Kelas Perawatan Bayi

Kelas ini diadain di RSIA Tambak. gw ga tau juga sih sebenernya ini diadain rutin atau seminar sekali waktu. gw tau kelas ini dari blog Icha. jauh ya ciin 2009 ke 2011. haha.. kemarin mau telepon ke RS tapi kok ya kayaknya kecepetan banget. ntar aja lah kalau dah 7 bulanan. ntar lupa lagi ilmunya.

Dalam seminar ini diajarin:
•Pijat Bayi
•Membedong Bayi
•Memandikan Bayi
•Merawat Tali Pusat
•Konsultasi Gizi Ibu Hamil dan Menyusui

Harga (tahun 2009an) Rp30.000/orang. Ompimpa wajib ikut nih soalnya gw gelian ma tali pusar dan takut mandiin bayi, so total damage Rp60.000. Info lebih lengkap bisa contact kesini: 021 - 230 34 44.

2. Kelas AIMI ASI

Kelasnya sendiri ada 3, yaitu:

(1) BREASTFEEDING BASICS (BB)

Dalam kelas ini akan dibahas berbagai topik, seperti:
(a) tatalaksana IMD;
(b) mengapa ASI dan resiko pemberian susu formula,
(c) manfaat ASI bagi ibu dan bayi,
(d) perkenalan anatomi payudara,
(e) berbagai posisi menyusui,
(f) pelekatan yang benar, dan
(g) kiat-kiat sukses menyusui.

Para peserta kelas ini juga akan mempraktekan secara langsung berbagai posisi menyusui, pijat ibu untuk melancarkan ASI, dan juga akan menonton video IMD serta video menyusui keluaran dr. Jack Newman, MD, pakar laktasi dari Kanada.

(2) BREASTFEEDING TIPS FOR WORKING MOMS (WM)

Ibu-ibu menyusui yang juga bekerja diluar rumah perlu diberikan dukungan penuh supaya tetap dapat menyusui, minimal secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan bayinya. Untuk ini, perlu diberikan informasi, dukungan serta pelatihan secara khusus mengenai beberapa topik yang dapat membantu dalam pencapaian target tersebut, seperti:
- hak2 ibu bekerja untuk tetap menyusui
- persiapan untuk kembali bekerja
- tips meningkatkan supply ASI
- anatomi payudara
- teknik memerah, menyimpan dan memberikan ASIP

Tidak ketinggalan ada praktek langsung:
- memijat payudara
- memerah ASI dengan tangan
- pijat punggung untuk melancarkan ASI

Ditambah lagi dengan menonton langsung video memerah ASI dengan tangan, demo memberikan ASIP dengan cangkir/cawan.

(3) COMMON PROBLEMS IN BREASTFEEDING (CP)

Puting lecet…luka…sampai berdarah? Payudara terasa keras, bengkak sampai badan meriang? Bayi menangis terus…bayi menolak menyusu langsung dari payudara…produksi ASIP tiba2 menurun…? memang ada saja permasalahan yang dapat dijumpai selama perjalanan kita menyusui sang buah hati. Mari kita bahas secara bersama2 berbagai common problems tersebut.
- puting lecet dan luka, candida (thrush)
- membedakan payudara bengkak, tersumbat, mastitis dan abses
- mengapa bayiku menangis terus?
- aneka bentuk, rupa dan warna feces bayi ASIX
- breast refusal (menolak menyusu langsung dari payudara)
- produksi ASI tiba2 menurun
- beda nursing strike (tiba2 menolak menyusu) & early weaning
- weaning with love

Juga akan dipraktekkan metode pemberian tambahan asupan melalui sistem Supplementary Nursing.

Gw sendiri tertarik ikutan kelas yang kedua dan ketiga. yang kelas pertama materinya banyak diajarin di kelas kedua juga jadi agak redundant yaa. hemat hemaat. untuk kelas kedua maunya bareng Ompimpa, dan kelas ketiga sendiri aja. Biayanya 1 kelas Rp230.000/couple dan Rp125.000/orang. Jadi total damage kelas 2&3 = Rp355.000. Sayangnya kelas yang baru dibuka April-Juli. dan gw yakin banget pasti dah full. jadi mari pantengin website AIMI buat daftar kelas selanjutnya.

Info lebih lengkap bisa baca blog AIMInya sendiri

3. Kelas Laktasi

Kalau ini hasil baca blognya Mba Tya. kelasnya diadain di balkesmas paseban dalam kompleks RS St Carolus. di klinik laktasi ini kita diajarin praktek secara langsung tentang teknik memijat payudara dan teknik memerah dengan tangan.
dan yang paling penting, kita dikasih sugesti positif kalo kita bisa menyusui.

Biayanya 120K IDR sudah termasuk jasa dokter, jasa layanan dan administrasi. ini sebenernya ada di kelas keduanya AIMI yaa. tapi mana tau kelasnya full jadi gw masukin sini aja dulu biar ga lupa.

4. Kelas Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua (PESAT)

Kalau kelas ini nanti2 aja ikutannya setelah anak pintar lahir. Yang dibahas dalam kelas ini lebih untuk meningkatkan pengetahuan gw sebagai orangtua gimana cara nanggulangin anak yang sakit. Niatnya sih mau nerapin Rational Use of Medicines juga ke anak gw nanti. tapi ya booo gw bayangin diemin anak gw kalau demam di bawah 38,5 derajat selama 2 hari kok rasanya ga tega. susah ini dapetnya. haha..

Nah berhubung kelasnya dah banyak yang lewat mari kita ikut PESAT 13 ajah. gw sih pengennya ikutan semuanya. belagu yaa.. total damage Rp575.000. Ompimpa ga usah ikut. ga punya duit!

Sesi I: Sabtu, 19 maret 2011
Topik 1: Kesehatan Gigi pada Anak
Kapan sebaiknya anak mulai dibawa ke dokter gigi? Bagaimana membersihkan gigi anak dengan baik dan benar? Kapan ya anak perlu pasta gigi? Tahukah Anda bahwa kesehatan gigi susu akan mempengaruhi gigi tetap anak kelak? Temukan jawabannya di sini.

Topik 2: Seputar Imunisasi
Bagaimana kerja vaksin dalam melindungi tubuh? Apakah imunisasi ada efek sampingnya? Apa yang dimaksud dengan catch-up immunization? Apa itu imunisasi simultan? Dan banyak lagi. Semuanya akan dikupas tuntas di sini.

Topik 3: Common Problems I (Batuk Pilek, Bronchitis, Radang Tenggorokan, Asma)
Batuk pilek dan asma adalah beberapa penyakit yang sering diderita anak-anak. Apakah setiap anak pilek dengan napas ”grok” berarti asma? Bagaimana membedakan pilek dengan asma? Apakah radang tenggorokan itu? Bagaimana gejalanya? Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukah kita tata laksana yang tepat untuk itu? Diskusikan disini.

Sesi II: 9 April 2011
Topik 1: Demam, Kejang Demam, Demam dengan Ruam
Tuhan menciptakan mekanisme demam, pasti ada maksudnya. Tahukah kita bahwa demam bukan penyakit, melainkan gejala atau petunjuk adanya suatu penyakit atau infeksi? Kapan saat yang tepat untuk memberikan obat penurun demam? Berbahayakah kejang demam?Apakah tiap kali anak mengalami demam perlu diberi obat anti kejang? Agar tak selalu bingung dan panik ketika anak demam, ikuti penjelasan tentang demam dan kejang demam,berikut tata laksana penanganannya secara rasional.
Ketika demam, muncul ruam merah di leher dan dada anak saya, berbahayakah? Kenapa setelah demam turun justru muncul ruam merah pada anak? Kenali macam-macam demam dengan ruam di sesi ini.

Topik 2: Menilai Perkembangan Anak
Seorang anak tidak hanya bertambah berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) saja, tetapi ia juga mengalami perkembangan emosi dan intelektual. Bagaimana menilai perkembangan anak dengan bijak dan obyektif? Bagaimana memberikan stimulasi dini yang tepat pada anak? Bagaimana sebaiknya menangani perilaku tantrum (temper tantrum) pada anak? Dan masih banyak lagi yang dapat Anda diskusikan bersama narasumber pada sesi ini.

Topik 3: Pendidikan Seks pada Anak
”Bu, adik bayi asalnya dari mana?” ”Bagaimana bisa adik bayi dikeluarkan dari perut Ibu?” Sering bingung menjawab pertanyaan-pertanyaan sejenis itu yang ditanyakan oleh anak Anda? Bagaimana cara yang tepat untuk menjelaskan masalah seputar seks pada anak? Temukan jawabannya pada sesi ini.

Sesi III: 7 Mei 2011
Topik 1: Kegawatdaruratan pada Anak serta Cara Penanganannya
“Bagaimana nih, anak saya tanpa sengaja terkena air panas!” “Tolong, anak saya jatuh, apa yang harus saya lakukan?” ”Anakku mimisan, bagaimana ya menghentikannya?” Bagaimana cara penanganan yang tepat untuk keadaan gawat darurat seperti ini pada anak? Temukan pada sesi ini.

Topik 2: Menilai Pertumbuhan Anak
Orang tua cenderung menghabiskan banyak pikiran dan energi untuk urusan berat badan (BB) anak. Apakah anak gemuk itu pasti sehat? Dan apakah anak yang cenderung langsing/kurus itu pasti kurang gizi? Bagaimana cara membaca growth chart yang benar? Apa itu Body Mass Index (BMI) dan apa fungsinya? Mari kita menilai pertumbuhan anak dengan bijak.

Topik 3: TBC
Flek di paru-paru = TBC, benarkah demikian? Tahukah kita bahwa menegakkan diagnosa TBC pada anak itu sangat sulit? Over diagnosed of TB berkonsekuensi anak harus rutin minum obat anti TBC yang akan berefek pada kesehatan hatinya. Temukan penjelasan yangsebenarnya pada sesi ini.

Sesi IV: 28 Mei 2011
Topik I: Layanan Kesehatan terbaik untuk Konsumen, Rational Use of Medicine (RUM)
Bagaimanakah konsep layanan kesehatan yang seharusnya? Dapatkah terjalin suatu kemitraan yang kuat antara pasien dengan dokter? Siapakah yang memikul tanggung jawab layanan kesehatan? Apakah setiap gejala penyakit harus diobati (a pill for an ill)? Perlukah kita mengetahui efek samping dari obat? Apa beda obat paten dengan obat generik? Apa itu polifarmasi? Dan banyak pertanyaan lainnya. Jangan sampai ketinggalan diskusi ini agar kita dapat lebih bijak dan rasional menggunakan obat.

Topik 2: Common Problems II (Diare, Konstipasi, Muntaber, Gastroenteritis)
Diare, muntah, sakit perut, batuk dan pilek adalah beberapa penyakit yang sering dideritaanak-anak. Kebanyakan penyakit anak-anak disebabkan oleh infeksi virus. Sudah tahukahkita tata laksana yang tepat untuk itu? Does my child really need drugs? Bagaimana caramenghentikan konstipasi berulang pada anak? Diskusikan disini!

Topik 3: Mikroba dan Antibiotika
ANTIBIOTICS, NEW THREAT IN YOUR LIFE: ANTIBIOTIC RESISTANCE (Antibiotik, krisis yang mengancam: bakteri yang sudah kebal/resisten terhadap antibiotik).
Antibiotik adalah obat yang istimewa, mereka membantu tubuh kita melawan infeksi bakteri. Pemakaian antibiotik yang tepat dapat menyelamatkan jiwa saat kita terancam infeksi bakteri yang serius.
Ingus anak sudah berwarna hijau. Apakah itu pertanda ia perlu diberi antibiotik? ”Kalau diresepkan antibiotik, harus dihabiskan….”. Benarkah? Temukan penjelasan tentang antibiotika, saat tepat untuk mengkonsumsi dan tata laksana konsumsi antibiotika, dalam sesi ini.

Sesi V: 18 Juni 2011

Topik 1: Kuning pada Bayi (Jaundice)
Apa yang menyebabkan kuning pada bayi baru lahir? Berbahayakah itu? Apakah tes bilirubin mutlak dilakukan pada setiap bayi baru lahir? Apakah untuk menghilangkan jaundice in newborn mutlak dilakukan penyinaran? Diskusikan pada sesi ini.

Topik 2: Makanan Pendamping ASI dan Nutrisi Tepat untuk Tumbuh Kembang Anak
Bagaimanakah cara yang paling baik untuk memperkenalkan solid food? Bingung ketika anak mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut)? Pusing karena anak sedikit atau susah sekali minum susu? Seperti apa konsep pemberian makan yang baik pada anak? Bagaimana menterjemahkan piramida makanan dalam pola makan anak sehari-hari? Temukan pembahasannya disini.

Topik 3: Demam Dengue, Demam Berdarah Dengue, dan Typhus
Bagaimanakah mengetahui gejala demam berdarah sejak dini? Apakah jumlah trombosit yang turun berarti positif demam berdarah? Dan bagaimana tata laksana penanganan demam berdarah? Apakah gejala typhus merupakan diagnosis yang valid? Bagaimana mengetahui seorang pasien positif typhus? Semua akan dibahas panjang lebar di topik ini.

Biaya:
1.Peserta lepasan perorangan: IDR 125,000
2.Peserta lepasan pasangan: IDR 240,000
3.Peserta paket (seluruh sesi) perorangan: IDR 575,000
4.Peserta paket (seluruh sesi) pasangan: IDR 1,000,000.

Info lebih lanjut bisa baca blog Pesat 12 Jakarta.

5. Kelas Senam Hamil

Kalau ini mau 2 kali aja selama hamil sesuai saran Dr Diah. biayanya sekali datang di KMC Rp60.000. Pastinya harus ditemenin Ompimpa selama senam. Berdasarkan pengalaman orang2 yang namanya Ibu mau melahirkan pasti panik dan lupa deh sama teknik nafasnya. jadi ada baiknya suami ikut selama senam hamil untuk ngingatin apa aja yang harus dilakuin sewaktu Ibu mau melahirkan. kalau CD prenatal yoga gw dah beli di Gramed harganya Rp30.000an. tapi sampai sekarang belum dipraktekin. haha..

Yak jadi ibu2, kalau mau jadi Ibu pintar biaya yang harus gw keluarkan kurleb Rp1.110.000 (asumsi dapat kelas AIMI jadi ga perlu ke Carolus) daaangg..*pasanglilin*

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template