Thursday, July 21, 2011

Revisi Cara Beli Reksadana di Commonwealth

Masih lanjutan postingan sebelumnya, akhir2 ini gw makin concern ma perkembangan investasi gw. dan alhamdulillah kerja di lingkungan yang semuanya eager to learn investing. namapun duit rapelan baru keluar jadilah temen2 gw nyari2 tahu investasi ini investasi itu, asuransi ini asuransi itu,seru deh pokoknya. tiap minggu ada aja yang dipanggil buat presentasiin kelebihan produk mereka. ada Panin Bank, Commonwealth, Allianz, terakhir Prudential.

Buat yang Reksadana karena masih sedikit yang punya jadi mereka banyak yang nanya2 ke gw. dan dengan senang hati gw jelasin. naaahh waktu proses tanya jawab inilah gw nemuin beberapa kesalahan gw dan tambahan info baru. haha. mari kita bahas:
1) oh my dear hampiiir aja gw salah langkah. jadi kan gw mau mindahin tabungan pendidikan anak gw ke reksadana. nah kemarin karena temen gw mau beli logam mulia di Cikini jadi gw sekalian ke Commonwealth Cikini. gw pikir ya udah lah gw ambil RD BNP Paribas Pesona Amanah aja. kayak yg gw ceritain disini dan sini emang dari dulu gw pengen ambil RD BNP Paribas Pesona amanah ini. tapi dulu cuma dijual di HSBC. nah sekarang dijual juga di Commbank. horaaayyy. (eh ini kenapa intronya panjang banget sik!).

Nah pas gw isi form auto invest si BNP Paribas ditulis lah subscription fee gw total 1,65%. gw tanya "temen saya baru beli kemarin cuma kena 0,8%an mba." kata CS Commbank : "temennya beli lewat internet banking kali bu? kalau itu diskon 50% feenya". wowww kemane aje gue? untung RD gw yang kemarin si Manulife Syariah Sektoral Amanah ga ada subscription fee. hamdalah ga rugi..

2) ternyata yang bisa lewat token itu cuma purchase. kalau jual harus ke Commbanknya langsung. tanya kenapa? karena kantor gw yg ngatur. hahahaha. yah kan Bapepam takut kalau yang jual itu bukan org yg berwenang. Takutnya tokennya diambil orang atau ada pihak lain yg tau no I'd buat token kita. Who knows.

3)Untuk transfer lewat token ga kena biaya. Begitu juga debit atau transfer lewat atm bersama, prima, dll. Lumayaaan..

4) Nah karena buat RD baru gw mau beli online aja ada 1 masalah nih. Walaupun kelebihan kita beli online instead of auto invest adalah kita bisa atur beli saat NAB turun, tapi sayangnya harga yg bakal dipake untuk beli adalah harga besoknya. Misal gw beli hari senin seharga 1800. Dah tuh klak klik sampai confirm pembelian. tapi pembelian ini ga langsung kerecord hari itu juga. Prosesnnya takes time 1 hari. Jadi harga yg dipake adalah harga hari selasa, misal 2000. Jadi sebenernya ga untung2 banget juga ya dibanding auto invest. Lo mana tau harga besok berapa. Haha..

Terus kalau dah diproses, nanti jumlah pembelianlo muncul di bagian CommInvest Account lo deh di layar online commbank (liat postingan sebelumnya aja ya)

Buat proses penjualan RD di commbank gw lagi nunggu info dari temen gw nih. Dia dah jual RDnya senin kemarin. Harusnya hari ini duitnya masuk, tapi tdi sore belum masuk juga. Nanti gw share yaa.. Happy invest =)

15 comments:

Denok said...

puyeng bacanya shin.. hehehehe
kalo gitu shinta bisa diajak nih kalo aku mau beli reksadana..

Shintano said...

Hihi iya harus baca postingan sebelumnya dulu. Ada di link-an di atas.

Boleh ajak gw. Kena fee 10% yaa *matre* haha

manusiaP said...

Mba, lanjuut donk posting tentang reksadana nya. baru buka mulai hari ini nih, perlu banyak belajar

manusiaP said...

Mba, tambah lagi donk posting tentang reksadana nya. baru mulai invest hari ini nih, butuh banyak belajar

Shintano said...

request aja deh, minta dipostingin tentang apa *soktausegalanya. yah mana tau yang ditanyain gw tau gitu. gw juga baru belajar inih. perasaan ga spektakuler2 gainnya. haha

manusiaP said...

Mba, sebenarnya keuntungan yang kita dapat dari reksadana itu apa ya? selisih harga jual - harga beli? kalo return itu apa ya dan dapatnya per berapa lama? thx

Shintano said...

iya return = gain = selisih harga jual - beli. kita dapat ini ketika jual aja. bukan didapat per bulan.

Rendy Bambang Junior said...

mbak shinta... makasih banyak untuk ilmunya yang super luar biasa

saya baca semua label finance semaleman dan menghasilkan blogpost ini http://rendybambang.wordpress.com/2013/04/06/rampok-ilmu-financial-dari-mbak/

kalau ada yang kurang berkenan nanti saya edit blogpostnya, sekali lagi makasih ilmunya mbak, moga berkah :D

Shintano said...

hwoaaa kece dirangkum semuanya gitu! canggih maliih. semangat invest! jadi makin tinggi deh ntar IHSG kita. amiiinn..

yang diedit paling masalah biaya2nya aja. dah ga segitu sekarang.

Anonymous said...

mbk...
kalo auto invest kena biaya pembelian gak?

Shintano said...

sama2 kena. tapi lebih gede. soalnya kalau beli sendiri subscription feenya diskon 50% wulan. sekarang gw jadinya beli sendiri deh. ga autoinvest lagi

roni said...

ass,...mau tanya, bisa ngga beli RD di commonwealt di kota yang bukan tempat tinggal kita ? soalnya di kota saya belum ada commbank, tks

Shintano said...

Aduh kurang tau juga saya mas Roni. Logikanya sih bisa ya. Coba tanya twitternya aja @CommBank_ID

Unknown said...

Hai Shinta salam kenal..Aku lagi nyari2 tentang pembelian reksadana lewat commbank..Udah beberapakali baca2, di sini yang paling kena dan mudah aku pahami,jadi nggak babibu lagi langsung ke CommBank Cikini juga..Alhamdulillah akhirnya..btw,nama blognya kan tentang wedding notes.. begitu refresh,lhohh..anaknya udah gede..*maap random*

Shintano said...

hwoaa senangnya kalau postingannya berguna. iya ini blog dari jaman wed prep sampai beranak. haha. harusnya ganti nama ya..

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template