Monday, August 6, 2012

Tips2 dari dr Wati

berhubung postingan sebelumnya agak gak mutu, mending gw share tips2 dari dr Wati selama jadi DSA Kaysa ya. ohiya sebelumnya gw jelasin dulu deh. pas lahiran Kaysa di KMC. imunisasi 0-1 bulan juga masih di KMC. tapi masuk bulan ke-2 sampai sekarang Kaysa selalu imunisasi di Markas Sehat. ini klinik rumahan binaan dokter2 di Milissehat. sebenernya Kaysa ga gw patokin sih DSAnya harus dr Wati. jadi kalau pas jadwal imunisasinya Kaysa ga ada dr Wati ya gw ke dr Yoga. atau siapa aja yg ada disana. karena menurut gw tetep dokter terbaik buat Kaysa ya gw. jadi gw yang harus banyak belajar. tapi lain halnya kalau dah masuk sekolah nanti sih ya. biasanya anak rentan sakit.

nah sekelumit masalah dan tips dari dr Wati yang pernah gw terima adalah:
1. Kayak yang gw ceritain sebelumnya, Kaysa ini DRAMA bener belajar minum ASIPnya. eerrr total baru jago minum ASIP 3 bulan. udah berember2 air mata deh nyuapin ASIP doang. nah pas bener pas usia 3 bulanan dia nolak nyusu. sedih luar biasa. lebih sedih dari putus cinta sama gaji 855.700 itu. haha..waktu itu langsung dong mikirnya Kaysa bingung puting. karena emang finally Kaysa pinter minum ASIP itu pakai media spout Magmagnya Pigeon. eh kok ndilalah beberapa minggu setelahnya nolak nyusu. jadi sejak itu gw stop spoutnya dan balik ke cupfeeder Medela. nah pas imunisasi 4 bulanan gw cerita sambil mau nangis2 ke dr Wati dan tebak jawabannya apa? lanjut spoutnya. itu bukan bingung puting tapi nursing strike. anak yang diberikan botol dot setelah 6weeks risiko bingung putingnya kecil. aheeyyy joget India.. kaget juga sih statement itu keluar dari seorang dr Wati. dia bilang setelah 6weeks dikasih spout gapapa. kalau BB ga naik normal boleh kasih dot

2. BLW. a big no no for dr Wati. dia bilang lebih banyak risikonya daripada benefitnya. belum pernah liat sih bayi kesedak sampai mukanya biru. iiihhh skerriiii bayannginnya.. iya dok belum pernah liat saya mah. nanti aja BLW setelah umur 9 bulanan kalau dah jago.

3. Pumping 2 jam sekali is a must. yayaya ga ada tuh males2an yaa.. ayoo diangkat pantatnya Ibu2. eh tapi gw ngalamin sendiri lho manfaatnya. kalau di awal rajin, alhamd pas masuk kerja ga panikan pumpingnya. jadi sampai sekarang gw ga berkurang lho stoknya. padahal eheemm gw malasss pisan. sampai rumah ga pernah pumping lagi. haha.. jadi pumping cuma 3x di kantor. eh tapi ASI itu mind game sih. gw rasa gw menang disini. orang ga punya otak, apa yang mau dipikirin. huahahahhaa *bangga

4. BB rendah. nah Kaysa ini kan ya dibilang BB rendah gak sih. tapi dia pernah pas umur 6 bulan persentasenya di Growth Chart WHO Anthro sampai 30,2%. akkk mau nangis. padahal pas lahir 52% terus makin turun. eh tapi hamdalah sekarang dah naik ke 41,3%.nah dulu itu dr Wati suruh gw bikin diary ASI. jadi ditulis Kaysa nyusu jam berapa dan nyusunya berapa lama. nah masalahnya dulu gw sutris banget deh disuruh bikin diary2an. perasaan mah ga ada masalah. emang Kaysa tiap nyusu cuma 5 menit, tapi gw akalinnya nyusunya dipersering jadi 1 jam sekali. bahkan kadang 45 menit sekali. pokoknya tiada waktu terbuang hengkang2 kaki nonton TV. langsung buka clepp.. nah karena stress itu jadi gw ga terusin lagi diarynya. idiihhh... yang ada bisa2 ASI gw turun. dan terbukti kan sekarang mulai naik persentilnya. see kadang dokter hebat pun ga harus diturutin nasihatnya. haha

5. nah kalau cara booster BB lewat makanan, dr Wati suruh gw kasih Kaysa keju, ICE CREAM (yeaaahhh!!!), campur makanannya dengan ASIP, sama makan kuning telur. mari bahas 1-1. keju menurut beliau itu gapapa dikasih tiap hari. horeee... kalau ice cream boleh yang dijual bebas sama bikin sendiri apalagi. nah tapi ice creamnya harus yang rasa vanilla. jangan takut ya kata dr wati eskrim ga ada pengawetnya kok. dingin doang. hihi.. trus untuk campur makanan sama ASIP emang nutrisinya pasti turun, tapi it's not problem at all *nganga*. jadi misal bikin sup brokoli campurin ASIP hangat2 api kecil. nutrisinya tetep lebih gede (dari apa ya gw ga nanya lagi. haha). nah yang terakhir kuning telur bisa dibuat scrambled egg campur keju. ahh yummy. sayang Kaysa ga suka. mungkin karena goreng2 ya. Kaysa kan emang ga suka EVOO. mungkin ga suka goreng2an juga.

6. nah untuk perawatan bayi baru lahir mah jangan tanya deh. doi konvensional bener but i love it. dia bilang kita harus tiru para bule. dia ga ada tuh males2an nyusuin malem sambil tiduran. terus bule2 juga ga gaya2an nganterin anaknya baby spa. spa paling enak buat bayi ya pijatan ibunya sendiri *mrembeeesss.. dia bilang kalau siang anak ga usah dikasih pampers atau clodi. biarin aja biar si mbaknya ga main HP terus. hihi lucu yaa.. terus ga usah dikasih minyak telon biar aja duitnya buat dana pendidikan anak yang naudzubilah mahalnya. terus kalau anak sakit terus kamu panik kenapa? dah tahu kan tanda kegawatdaruratan? simpen aja rasa paniknya nanti kalau anak dah pacaran, dah sering pulang malam. sakit flu doang mah ga usah panik. haha.

7. untuk yang prajab tips dari dr wati kalau ga dikasih izin pumping, izinnya aja ke WC. gapapa pumping 5-10 menit. kan yang penting frekuensinya. bayi juga nyusu cuma 5-10 menit kan. anjir ga kepikiran..

UPDATE:
lupa tambahin. kalau menurut dr Wati susu UHT ga boleh samsek sebelum 1Y. baik untuk campuran makanan, apalagi buat susu beneran. hihi. happy parenting =)

13 comments:

lomita said...

shiin..kalo lagi bareng anak pun pumping tetep harus 2jam sekali??

eiya, magmag yang import itu dimana-mana kosong deh...hiks...

Shintano said...

Iya lomi. Justru gw rajinnya dulu pas masih cuti. Sekarang mah boro2. Hamdalah cuti 2 bulan aja dapet buanyaaak banget botol. Subhanallah. Oh ga ada ya? Yg lokal juga gapapa kok lomi. Eh dah 6 weeks belum sih? Kalau belum mending cupfeeder dulu yaa

qonita said...

weeeewww...keren deh dokternya..seneng ya kalo ada dokter yg ga menyalah2kan cara konvensional.krn kdg emang ada bagusnya.
aq akan trs bguru padamu kakaaaakk :))
soal pumping klo masih cuti.gmn cara ngatur waktunya?ajarin dong :D

Shintano said...

pumpingnya pas anaknya tidur nit. kan newborn biasanya tidur mulu tuh. tapi pas periode growth spurt di umur 3w-6w itu emang agak empot2an sih. pokooknya sedapetnya aja. 10 ml, 10 ml deh. ga usah sedih. kan karena disusuin terus makanya dikit. caiyooo.. ntar anaknya dah tidur lagi pumping lagi. kalau ribet cuci steril breastpump gapapa dicuci+siram air panas aja dulu. tpi jangan sering2 ya. kasian imunitasnya masih lemah. kalau bisa pakai tangan mah enak pisan. ga usah repot2 cuci steril..sayang gw ga jago

emaknyashira said...

Gw dulu pun gitu shin, kadang sebelah kanan dinenenin yang kiri dipompa, dulu sih pas prajab gw belom kawin tapi kayaknya gampang-gampang aja minta izin, pasang muka melas aja ngomongnya pasti diizinin lah.

Shintano said...

asiikk gampang izin ya? tenang deh gw. wih gw ga bisa tuh pumping sambil nyusuin. ditendang Kaysa terus botolnya. haha

lomita said...

udah 8weeks shin...sempet nyoba pake cupfeeder, lumayan ya banyak kebuang asipnya hiks..seringnya gak abis padahal cuma nyoba 30ml..

eh, kalo pake spout gitu cara ngasihnya sama kaya pake dot?

Shintano said...

iya sama persis sis sis. selamat mencoba.. btw gw dah bbm Audrey ITC Cempaka Mas, katanya Magmagnya sekarang kosong. tapi ntar sore banyak datang baru. tapi belum tau ada Magmag apa ga. ntar gw kabarin ya kalau ada

qonita said...

oo klo pumping pas anak tdr,pas dia bangun mau nyusu g abis kan ASInya? *ptanyaan polos -.-

Shintano said...

Gak kok lomi. hamdalah.. buktinya Kaysa sebulan pertama naik 950gram, bulan kedua 1,1 kg. berarti bener itu smeua teori2 perASIan.

Gianti Pradipta said...

shin, lg browse ttg Markas Sehat trus dapet blog lo (eh gue anak FE 04 jg tapi Mene hehe).. di sana fee dokternya brp ya? imunisasinya ada lengkap PCV/rotavirus jg?

secara gue baru sadar kalo KMC charge harga vaksin lbh mahal dr yg di labelnya, ampun deh makin lama makin mahal aja tuh RS.. lg cari tmpt lain yg kualitas sama & lokasinya jg deket, tp murceee..
tengkyu

Shintano said...

Halo Ge. Seneng ketemu temen sendiri. Fee dokter cuma 200 apa 220 gitu. Lumayan ya. Nah gw pernah PCV di KMC 1.150rb di Markas cuma 850rb. Soalnya Markas bukan RS jadi ga kena pajak. Lagian perasaan gw mah kebanyakan dokter anak di KMC sekarang dah ga bagus ah. Ga patient's oriented. Sekalinya bagus waiting listnya 2 minggu. Cih!

Tapi kalau service di Markas sehat jauuuh sama KMC. Daftarnya lewat sms 02171284653. Kalau nelp ga diangkat. Terus jadwal dokternya ga tetap. Jadi berubah2 terus tiap minggu. Soalnya dokternya sering jadi pembicara di PESAT sih (Program Edukasi Kesehatan Anak untuk Orang Tua). Ikutan aja tuh. Yg terdekat di Bekasi. Sangat membantu bagi emak panikan macam gw

Gianti Pradipta said...

Iya di Markas Sehat dokternya pun bukan DSA tp umum yah.. DSA di KMC skrg 300-325rb, plus vaksin/obat yg di-markup..

yaah Bekasi masih kejauhan dari rumah, gue kan kalo ke KMC jalan kaki, jd sbenernya agak sedih mo pindah RS mengingat enaknya akses, tp kalo inget harganya suka sebel sendiri hehe..

oke deeh noted yah shin thanxx

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template