Tuesday, June 7, 2011

Kunjungan Dokter Keempat

Gilaa akhir2 ini pengen nulis tapi ga tau apa yang mau ditulis. akhirnya ada bahan juga. haha

minggu lalu kita ke dokter diah. gilaa yaa pembangunan antasari gokill macetnya. mana pakai diputer2 jalannya. dari kantor gw ke KMC naik motor 1,5 jam! fiuhhh.. gw sampai berkali2 benerin posisi duduk saking sakitnya pantat gw. as expected gw nyampe dapet nomer 10. wakwaauuw..

berat badan naik sekilo *tepukbahusendiri*, tapi tensi rendah beneerr.. 90/60. mari makan steak..

abis salat gw makan dulu dan balik2 dah nomor 9. i like it..

ga lama dipanggil masuk dan pertanyaan pertama langsung "gimana bu dah enak kan makannya?". banget dok! hahaa..

ditanya keluhan gw cuma mengeluhkan nafsu makan gw dah normal tapi ga serakus orang2 hamil lainnya. dia bilang "terus masalahnya dimana?" haha bener juga sih.

langsung ke favorite part..USG!

si dokter dah nakutin gw aja, dia bilang harusnya gw dah berasa geli2 ditendang. sumpeeh deh dok belum berasa apa2 ini. gw sampai bilang "jangan2 lemak saya kebanyakan ya dok jadi ga berasa?". huahahaha...ternyata si suster salah hitung due date gw. fiuhhh.. jadi insyaAllah besok, minggu 19 teng, dah berasa geli2 ditendangnya, amiiinn, cant wait =))

nah gimana keadaan baby? ukuran bayi 17 minggu 5 hari. cuma beda sehari sama usia kehamilan 17 minggu 6 hari. berarti bayi berkembang sesuai umurnya. hamdalah.

pas awal diUSG tangan anak pintar lagi di kuping, kayak lagi adzan. gw langsung membatin, alhamdulillaah anak gw kayak Ompimpa. tapi 2 detik kemudian harapan gw pupus sudah! anak pintar goyang2 heboh bener. sampai mau ngitung detak jantungnya aja susah beneerr.. kata dokternya "ini anaknya ga bisa diem banget bu. anak mamanya kayaknya yaa?" haha. gw saking takutnya tuh anak kenapa2 sampai nanya "tapi normal ga sih dok?". haha. maafkan bunda nak memberikan gen ganjen sedari kecil. haha

detak jantung alhamd 140/second. normal 120-160/second

kemarin ngitung panjang bayi ga bisa. anak gw gerak2 mulu. kalau berat badan alhamd 209 gram. normal BB berdasarkan tabel baby ayah bunda 190 gram. ntar gw upload yaa..

terus hitung panjang lemur (tulang paha bayi), lingkar kepala (head circumferencial), abdominal circumferencial (lingkar perut) dll. ini juga lama bener ngitungnya saking ga bisa diem. kalau hitung2an ini gw give up deh. gw cuma liat standard deviationnya aja. alhamd rata2 -0,5%, -0,9%, ada juga yang +2%, +1,46%. hamdalah. masih dalam range normal.

akhirnya ke bagian yang ditunggu2. ngecek jenis kelamin anak pintar. susaaah banget. tadinya bu dokter mau give up tapi kayaknya dia ga tega ma gw. akhirnya pas gw ngebatin "ayo nak bunda mau liat", suddenly tangannya ngangkat kakinya ke deket kepala. taraa.. so far sih ga ada monasnya ya. tapi ga mau ge er dulu. secara dia gerak2 mulu. si bu dokter juga ga ngomong apa2 karena ga berani ngasih statement.

oiya lupa alhamd plasentanya di atas kepala si baby. jadi so far alhamd ga ngalamin plasenta previa (plasenta di samping kiri kanan atau di bawah baby yang bisa ngalangin jalan lahir).

terus seperti biasa masuk ke sesi konsultasi:
Me: "Gimana cara biar nanti ASInya banyak dok?"
Dr: "Yang penting positive thinking terus bu. cuma itu kuncinya. karena ASI itu diperoleh on demand. kalau Ibu banyak ngeluarinnya, produksi ASInya pun akan banyak. jadi ga usah khawatir. di RS ini akan dicari usaha maksimal biar ibu lancar asinya. kalau nanti ibu belum keluar asinya pun kita nyediain donor ASI. bayi bisa puasa sampai dengan 72 jam kok bu. jangan berikan apapun meski ASI belum keluar."

subhanallah.. Allah baik banget ya.. dah merencanakan segala sesuatunya begitu sempurna buat si anak bayi.. kalau kalian baca www.aimi-asi.org makin sering amazed sama kuasa Allah deh. Subhanallah..

Me: "saya pernah baca makan kurma dan minum madu itu bagus untuk memperlancar ASI ya dok?"
Dr: "terserah aja sih kalau ibu mau lakuin itu, monggo. tapi yang pasti nanti di minggu ke26 semuanya saya hentiin. apalagi suami Ibu ada bakat badan tegap tinggi besar, jadi ga boleh minum dan makan yang manis2 lagi." (daang percuma dong. emang kuncinya cuma banyak2 relax dan berdoa)

Me: "senam hamil dimulai kapan dok?"
Dr: "nanti aja bu trimester ketiga. saya sih saranin senam di klinik/RS maksimal 2 kali aja. buang2 duit. tapi ibu harus praktekin setiap hari di rumah ya.." daaang se.ti.ap ha.ri. baiklahhh..

Me: "saya aman untuk berpuasa ga dok? dan gimana ciri2 sebaiknya saya berhenti puasa?"
Dr: "amaan bu. ga ada itu ibu hamil sakit karena puasa. saya dulu puasa pol. insyaAllah kok bu, Allah akan memudahkan bagi siapapun untuk berpuasa. ciri2 harus stop puasa kalau gemetar, lemas banget, dan pusing" (alhamdulillaaah ketemu dokter yang pas banget di hati gw dan ompimpa)

Me: "massage payudara gimana sih caranya dok? untuk memperlancar ASI nantinya?"
Dr: "ga perlu bu. ga ada itu teori orang yang sering dimassage payudaranya selama kehamilan akan lancar ASInya. (daaang terdiam gw. emang harus pilih2 referensi banget deh gw). Ibu google deh "Let-down reflex" nanti ibu akan ngerti kenapa saya bilang ga perlu massage payudara dari sekarang."

siaaap dan ini hasil browsingan gw tentang LDR sumber dari sini:







Let down Reflek atau lebih sering dikenal dengan LDR Keluarnya hormon oksitosin menstimulasi turunnya susu (milk ejection /let-down reflex). Oksitosin menstimulasi otot di sekitar payudara untuk memeras ASI keluar. Para ibu mendeskripsikan sensasi turunnya susu dengan berbeda-beda, beberapa merasakan geli di payudara dan ada juga yang merasakan sakit sedikit, tetapi ada juga yang tidak merasakan apa-apa. Refleks turunnya susu tidak selalu konsisten khususnya pada masa-masa awal. Tetapi refleks ini bisa juga distimulasi dengan hanya memikirkan tentang bayi, atau mendengar suara bayi, sehingga terjadi kebocoran. Cara lain yang biasanya dilakukan untuk mendapatkan LDR adalah dengan mengkilik2 putting, seperti memutar tombol frekuensi radio, atau menarik bintil2 pada aerola. Sering pula terjadi, payudara yang tidak menyusui bayi mengeluarkan ASI pada saat bayi menghisap payudara yang satunya lagi. Lama kelamaan, biasanya setelah dua minggu, refleks turunnya susu menjadi lebih stabil.

Refleks turunnya susu ini penting dalam menjaga kestabilan produksi ASI, tetapi dapat terhalangi apabila ibu mengalami stres. Oleh karena itu sebaiknya ibu tidak mengalami stres. Payuradara yang kelihatannya kosong juga masih dapat terus diperah lagi bila kita mendapatkan LDR. LDR ini juga dapat membantu mengosongkan payudara yang asinya baru dapat diperah sedikit.

Refleks turunnya susu yang kurang baik adalah akibat dari puting lecet, terpisah dari bayi, pembedahan payudara sebelum melahirkan, atau kerusakan jaringan payudara. Apabila ibu mengalami kesulitan menyusui akibat kurangnya refleks ini, dapat dibantu dengan pemijatan payudara, penghangatan payudara dengan mandi air hangat, atau menyusui dalam situasi yang tenang.
Disadur dari blog mbak lutvita, dan ditambahi ma ibunya Fay..






Me: "Dok perut kanan saya kalau habis ketekuk terus berdiri suka sakit, normal ga dok?"
Dr: "Kalau ga sampai demam sih normal2 aja bu. memang semua organ ibu hamil lagi direkonstruksi istilahnya. jadi ada bagian2 yang mulai beradaptasi ulang. kalau perut bagian kanan itu usus buntu bu. tapi kalau usus buntu sampai demam. yah ibu jadiin itu warning aja lah, jaga makanannya."

sip

Me: "Jadwal dokter selain di KMC dimana lagi dok?"
Dr: " di RS Gandaria dan RS Islam Jakarta."

ini buat jaga2 aja. mana tau kenapa2 di hari bu dokter ga jadwal di KMC *amit2cabang bayi*

Me: "Usaha biar lahir normal apa aja dok?"
Dr: "yang menentukan kelahiran anak itu ada 4 bu:
1. panggul cukup
2. psikis
3. jalan keluar bayi ada
4. adanya kontraksi

untuk poin 1,3,dan 4 kan dah given ya bu. yang penting psikisnya itu. jangan stress, jangan manja, walau hamil ga berarti bebas makan apa aja, rajin olahraga biar relax, rajin salat malam, rajin baca Al-Quran, kalau malam susah tidur paling enak baca Al-Quran tuh bu. kalau saya baca buku lain berjam2 bisa kuat, tapi kalau baca Al-Quran kan bawaannya ngantuk yaa. haha.."

haha gw banget tuh. kalau di kantor dengerin anak pintar mp3 Al-Quran yang ada gw ga kerja2. oiya soal mp3 Al-Quran si dokter sempet bilang gini:
"menurut saya silly itu bu kalau ada yang dengerin anaknya Mozart di perut. orang ibu ngomong biasa aja si anak bisa denger kok. ngapain pakai ditempel2 di perut." hihi no offense ya bagi yang melakukannya..

Me: "pertanyaan terakhir dan selalu saya tanyain lagi nih dok. saya mau anak saya pinter selain makanan emang ga ada stimulus khusus dok? haha"
Dr: "aduh ibu dah saya bilang itu genetik (huahahahahha justru karena dokter bilang itu genetik jadi saya kepikiran terus!!)
yang penting dengerin anaknya yang baik2 lah Bu. jangan berantem di depan anak, sering dengerin anak ucapan yang indah2 (jleb!!! berhenti ngatain orang ni? untung dah ga ada Mona! sedikit membantu! huahahaha)


kemarin gw cuma dikasih obat Folamil Genio dan Cavit D3.masih sama ma bulan lalu. yang beda cuma pada kunjungan selanjutnya gw disuruh tes darah untuk ngecek kadar Hb dalam darah gw bagus apa ga. dan ini ga ada kaitannya sama tensi lho yaa. yang diliat disini keenceran darahnya. biasanya darah orang hamil tuh lebih encer, jadi O2 susah nempel ke Hemoglobin. nah makanya ibu hamil jadi gampang ngos2an karena kerja jantung harus memompa lebih kuat. untuk tesnya sendiri kayaknya abis 500an deh. konsultasi dan obat2an kemarin seperti biasa habis 480ribuan. aku senaaang =)

4 comments:

qonita said...

wuaaa,,aq suka skali deh sm dokternya,penjelasannya slalu menenangkan dan islami,,bsyukurlah nemu dokter kyk gitu :D

Shintano said...

iya. alhamdulillaah.. mana dokternya accesible lagi. bisa dihubungin kapanpun. rezeki anak gw =)

qonita said...

iya enak bgt ya,,
sepupuku yg lg hamil jg aq saranin baca blog ini,biar dpt ilmu,hihihi

Shintano said...

Hihi terima kasiih =D

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template