Tuesday, September 7, 2010

Sayur Godog Cabai Hijau


Yesterday was another madol day. So I cooked for my hubby. Senangnyaa bisa mencoba masakan baru tiap harinya. Nah kemarin 1 step ahead gw mulai bermain dengan santan dan bumbu2 ulekan yg spicy. Walaupun masaknya agak ribet karena kalau santan kan ga boleh ditinggal meleng dikit yaa.kalau gak dia pecah dan bentuknya ga bagus lagi. But it's worth it.Deliciousoo..

Bahan:

250 gr jantung ayam > err ga pake. Ga suka!

Air untuk merebus

1 1/2 sdm minyak goreng

100 gr cabai hijau, iris serong > ini nih yg bikin spicy. Dia mainannya ga buah, tapi gram. Gw kemarin kurleb pakai 12 cabai hijau ukuran sedang. Mantaaaf pedasnya

50 gr cabai merah, iris serong > gw kemarin kurleb pakai 10 cabai

1 cm lengkuas, memarkan

1 lembar daun salam

250 gr udang, kupas > Karena takut amis, jadi udangnya gw kasih 1 sdm air jeruk lemon+1/2 sdt garam

750 ml santan, dari 1/2 butir kelapa > nah ini kesalahan gw. Gw kemarin pakai santan instan Kara. Haha istri pemalas. Tapi ya buu jadinya kental gitu. Mending pakai santan beneran. Kalau Kara gitu kan cuma sari santannya doang. Atau mungkin ditambah air? Hmm boleh ga ya?

2 buah tomat, belah2

15 butir telur puyuh rebus, kupas > hmm ga pake juga


Bumbu halus:

6 butir bawang merah

2 butir bawang putih

4 butir kemiri

1/2 cm kunyit > kalau menurut gw ini kurang bangett! Jadinya pucat gitu. Jadi gw tambahin terus jadi 1 cm lebih kayaknya. Biar warnanya kuning keorange-an *apa siih?*

2 sdt garam

2 sdt gula merah

Cara masak:

1. Bersihkan jantung ayam. Rebus dalam air mendidih kurleb 10 menit, angkat, tiriskan.

2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, cabai, lengkuas, dan daun salam sampai harum, masukkan udang dan jantung ayam.

3. Setelah udang berubah warna, masukkan santan dan tomat. Masak sambil ditimba2 agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan telur, masak terus di atas api kecil sampai matang.

Porsi untuk 6-8 orang.

Sumber: buku seri masak Femina, Jamuan Istimewa 6 Menu Hidangan.

Selamat mencobaaa. Enak enak enaak..

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template