Friday, September 30, 2011

Kunjungan Dokter Ketujuh

wow.. ga berasa dah 2 minggu sekali aja ke dokter. dulu perasaan pas ke dokter pasti lagi kangen2nya sama anak pintar..

lancar jaya banget deh kunjungan yang sekarang. nyampe, nimbang naik 2,5kg dan tensi bagus 110/70. akhirnya total kenaikan BB dah 8kg. kita dah beli McD buat dinner. pas mau makan di waiting room kok berasa terintimidasi gw? malu makannya Mc D. haha.. akhirnya melipir makan di mobil.

selesai makan pas banget suster nelepon "Ibu dimana Bu? dah dipanggil dr Diah." jyaahh.. baiklahh..

pas masuk ditanya keluhan dan alhamd emang ga ada keluhan. pas USG gw dah bilang "dok saya mau lihat muka anak saya yang jelas ya dok." eh teteeep lho anak pintar ga nengok. ibarat tidur, lagi tengkurap mulu. sombong pisan!!

terus ukur2, dan jedeeengg anak gw dah 2,6 kg aja. wow! dah siap lahiran nih ya? kan lahir min 2,5kg. dan seperti biasa over weight 200 gram. gw bilang ke dokter "padahal saya dah ga ngemil lagi lho dok. dijawab "ahh bohong ini buktinya BBnya naik 2,5 kg!" damn ketauan! haha..

tapi beneran deh guna banget ga kalap makan dari awal. untung gw termasuk bumil pemakan normal. jadi kalau sekarang overweight pun ga ketar ketir. orang tinggal beberapa minggu lagi. apalagi abis ikutan PESAT (i'll post it later) gw makin paham kenapa dokter2 KMC sukses bikin pasiennya jadi bumil langsing. karena bayi besar itu lebih gampang kena hipoglikomi (err apa hipotermi ya namanya? lupa!). nah kalau anak kena ini dia ga bisa IMD karena harus segera dipanaskan tubuhnya. padahal IMD ini penting banget buat si bayi dan ibu. imun bayi meningkat, ASI ibu terangsang keluar, dan kalau ibu sukses mengeluarkan ASI akan mengurangi pendarahan pasca persalinan dan rahim lebih cepat pulih. ssstt coba baca postingan wichi yang ini. kata dokter gw ternyata kebanyakan ibu meninggal justru di kala 3 (pengeluaran plasenta). jadi kalau ga sukses IMD risikonya makin besar ya? gw insyaAllah bisa IMD! yakin! amin..

terus masuk ke sesi konsultasi:
1. melahirkan dengan ILA (epidural) aman ga dok? apa ada pengaruh ke ASI?
aman kok. ke ASI juga ga berpengaruh. tapi itu ga ada ngaruhnya buat si ibu. itu cuma meringankan tugas saya sebagai dokter. jadi tenang jahit ibunya. haha baiklah dok saya ga mau pakai ILA. kan intinya di otak ya. kalau rileks pasti ga berasa sakitnya..

terus kata dr Purnamawati di PESAT (finally i met her!!!) "untuk apa sih ILA? ntar kalau dah diepidural Ibunya ngefly deh ga bisa ngerasain ngedennya. terus ntar karena ga bisa ngatur ngedennya, ujung2nya caesar deh. buang2 duit kan?" ahhh i love herr sooooooo much

2. gurita bayi dah ga boleh ya dok?
yup! karena bayi baru lahir masih menggunakan pernapasan perut. jadi ga perlu diiket2 perutnya. kasian si anak. ohiya 1 lagi. sarung tangan ma kaki bayi! itu ga perlu2 amat Bu. eh tapi Ibu nanti anaknya lahir di musim hujan ya? masa 1-2 bulan tuh lagi masa2 perkembangan anak dengan menyentuh, meraba, jangan disarungin terus tangannya. nanti kemampuan motoriknya terhambat.

dan ini juga dibenarkan dr Purnamawati. dia bilang bahaya kalau disarungin terus. ga sedikit yang tangan anaknya jadi mengepal terus karena ga dirangsang untuk membuka jari2 tangannya. ibu harus concern kalau sampai jempolnya masuk ke dalam 4 jari lainnya (err kebayang ga?). ini dah red alert banget!

3. kata bidan senam hamil saya posisi duduk bersila dengan kedua telapak kaki nempel sama khasiatnya dengan jalan?
saya ga pernah denger itu. ga ada lha bu yang ngalahin manfaatnya exercise! noted!

4. kalau di beberapa RS lain (e.g RSIB Duren Tiga) ada fasilitas bidan masuk kamar selama kala 1 (pembukaan 1-10) untuk ngebantu kita hypnobirthing. di KMC ada ga dok?
ga ada Bu. tapi saya bisa jamin suster2 disini helpful kok.

5. gerakan bayi saya selalu di sebelah kanan dok. jadi kalau bangun tidur whether saya miring kiri atau kanan tiap pagi pasti perut bengkoknya ke kanan. ini wajar ga sih dok?
wajar kok bu.

6. minum minyak kelapa boleh dok?
VCO (virgin coconut oil) ya? kalau VCO boleh2 aja. tapi ga terbukti itu yang minum VCO pasti lancar jalan lahirnya. kalau yang bilang minum air kelapa biar bayinya bersih. emang beberapa kasus iya sih jadi bersih. tapi emang kenapa sih mau bayinya bersih? kalau di luar negeri itu banyak lho yang ga mau dibersihin lapisan lemaknya (yang putih2) itu. itu kan bagus bagi bayi. jadi jaga suhu tubuhnya.

7. dok due date saya kan insyaAllah 2 Nov. dokter ada rencana ke luar kota ga tanggal2 segitu?
iya. saya keluar tanggal 2 Nov. tapi tenang bu saya kan sahabatan sama dr Sherly dan dr Febry. jadi nanti mereka bisa bantu

dari gelagatnya kayaknya doi mau ke luar negeri. tapi ga ada dr Diah, dr Sherly pun tak apa. sebenernya dulu banget ke KMC juga maunya sama dr Sherly cuma gara2 dr Sherly tiap mau meriksa baca bismillah dulu. ahh hatiku hangaat..nah mari tanya2 dr Febry kayak gimana. apakah disini ada yang diperiksa dr Febry? baik ga orangnya? pro normal kan ya?

8. dok saya bisa request semua dokter yang involved cewe kan ya? mulai dari DSA sampai anestesi?
bisa kok Bu --> asal nanya aja sih gw. kalaupun ada dr cowo juga gapapa. tapi mungkin ga ya DSA gw nanti dr Purnamawati? *fingercrossed*

ohiya tips dari dokter:

1. jaga makan. makanan manis MUSUH UTAMA! buah juga dipilih pear, apel sama kiwi aja. jangan makan buah alpukat, mangga, anggur, dll.
2. exercise! gw dah bilang tuh gw dah senam hamil. dia bilang senam hamil mah kalau ga tiap hari dipraktekin percuma Bu. hahaha. baiklah. mari kita jalan2, berenang, aerobik ringan, nyuci, ngepel, nyetrika.
3. rajin2 ML mulai minggu ke36. huahahaha sumprit dokternya sendiri yang bilang. yak mariiiii dirapatkan dirapatkan dirapatkan..

nah here's the thing:

meeeenurut bu dokter
meeeelihat kondisi gw sekarang, dan
meeeeeelihat posisi si bayi
diiiiiperkirakan..
laaaaahiran gw bisa maju ke minggu 36-37! WOOOOOOWWW! it means about 2 weeks from now. am i ready? of course i'm ready =)). beda banget ma Ompimpa yang malah ketar ketir. dia langsung cancel semua perjalanan dinas dia ke Padang dan Bogor di pertengahan sampai akhir Oktober. yahh kere deh! haha..

semakin tak sabar mau berjihad melahirkan si anak pintar.. Nak sama2 berjuang yaa.. Bunda masih tetap kerja lho walaupun due datenya diperkirakan maju. kalau Bunda cuti tanggal 10 Okt berarti ada kemungkinan seminggu setelahnya kita ketemu. amiiinnn..


2 comments:

Anonymous said...

Hai...haiii..

Gue dua kali pake epidural and it was wonderful. Sama sekali ga ada perasaan fly. Kesadaran terjaga seutuhnya. Kontraksi tetap terasa walopun tanpa rasa sakit (tetep kerasa ada tekanan di perut bagian bawah) dan pas banget pas epiduralnya abis pas juga waktunya utk ngeden. Jadi no problemo at all utk masalah ngeden. Dosisnya mantap kayanya. Tp walopun masih dlm epidural gue yakin masih bisa ngeden karena kontraksinya tetap kerasa jadi tau kapan harus nge-push.

Jujur aja, kalo tanpa epidural gue bakal pingsan di tengah2 kontraksi. Lahiran anak pertama prosesnya 40 jam, harus diinduksi yang msh bukaan satu aja sakitnya ajep2an. Kalo gak karena epidural gue gak bakal berani hamil lagi saking traumanya.

Lahiran kedua tanpa induksi tapi mulai bukaan tiga udah sakit banget. Dan gue bersyukur ada epidural. Gue bisa istirahat, simpen tenaga buat nge-push.

Menurut pendapat gue yang plg kebantu dgn epidural tuh pasien. Bukan dokter. Pengalaman lahiran gue jadi lbh menyenangkan.

Btw, gue di Finlandia dan di sini epidural ditawarkan oleh staff RS ke semua bumil, tinggal kitanya aja pilih mau pake atau gak. Begitu kita bilang "I want epidural" mereka akan siap siaga nyiapin prosedurnya.

Tapi tentunya mau pilih pake atau tanpa epidural kembali ke masing2 ibu. Gue cuma menyayangkan kok sptnya di Indo byk dokter2 yang masih anti epidural bahkan kadang kasih info2 yg menakutkan atau menyesatkan ke pasiennya. Well, ini pendapat gue pribadi aja sih, gue bukan dokter, dan kesimpulan gue ini cuma berdasarkan cerita2 di blog orang lain atau komentar2 temen gue (yg mereka dapet dari obgynnya) ttg epidural.

Semua orang punya level of tolerance yg berbeda2 dalam menghadapi rasa sakit. Ada yg sampe bukaan 10 baik2 aja, ada yg sampe muntah2, pingsan, dll. Kalo mmg ada yg bisa membantu utk mengurangi rasa sakit itu, kenapa gak? Menurut gue pasien berhak mendapatkan segala macam alat bantu yang ada.

Lhaaaaa...ini komentar gue panjang amaaat yaaaaaaak

Sori yaaaaa

Good luck buat hypnobirthingnya. Katanya membantu banget tuh.

Shintano said...

Hwoaa senangnya ada yg comment sejelas ini.

Wow 40 jam? Gw juga bakal nyerah pakai epidural. Salut!

Iya nih gw juga dah nanya2 harga ILA. Abis liat video melahirkan di babycenter yg pakai epidural abis ngobrol2 tiba2 brojol aja tuh anak. Senangnyaa..

Btw salam kenal ya?

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template