Thursday, September 8, 2011

Kunjungan Dokter Keenam

Setelah bulan lalu skip ke dr Diah karena dah kontrol USG 4 Dimensi ke dr Bambang, jadi setelah 2 bulan baru kemarin ketemu Bu dokter. gw datang jam setengah 7 dan dapat nomor 15 aja lho!. MasyaAllah.. mungkin orang2 mikirnya sama kayak gw ya. malas puasa2 ke KMC. macet sih! haha..

berat badan still di angka 59kg. ga nambah dari terakhir ketemu dr Rudy. ngoks! takut dimarahin bu dr. gw sampai insist ke susternya ini 59,5kg sus. dia jawab "gak bu, BB ibu 59kg." haha ga bisa ditipu si suster. tekanan darah 100/70. alhamd. terakhir 90/60 soalnya.

setelah nunggu 3 jam akhirnya masuk ruang dokter. pas masuk seperti biasa ditanya keluhannya apa. dan alhamd emang ga ada keluhan sama sekali. terus gw kasih liat hasil tes fungsi ginjal dan hati . dia bilang oh alhamd berarti anemianya pure karena hamil. gw tanya apa gw perlu tes auto imun yang diajurin dr Rudy, dia bilang "kamu harusnya nanya ke dr Rudy karena dia lebih ngerti". yayaya berarti ga usah ya dok. haha.. terus gw ceritain jelas apa aja yang dr Rudy bilang ke gw.

abis itu USG deh. sebelum USG gw bilang "Dok sebulan kemarin alhamd saya puasa cuma kalah 2 hari" (Ibu ketar-ketir karena takut BB anak ga naik. hiks. dan abis itung-itung semuanya terkuaklah BB anak pintar overweight 200 gram. hah? kok bisa? hauahahhahaa. makanya jangan sok pinter sendiri sin. pas Lebaran sok2 banyak makan karena takut bayinya kurus. lah ini jadi over weight kan. si bu dr bilang gw harus diet. karena kalau liat kondisi gw sekarang berari nanti lahir (39 weeks) beratnya 3,4kg (asumsi per minggu naik 200gram). nah kalau mundur 40 weeks bisa 3,6kg. ngoks! kuat ngeden ga ya gw (optimis lahir normal!). terus gw masih curious kan kenapa bisa bayinya gendut padahal BB ga naik. dia bilang "mungkin ibu banyak makan yang manis2?" hahaha gotcha! jadi walaupun porsi makan sama tapi lebih banyak yang manisnya ngaruh ya cuy. gapapa lebaran ini!

terus sesi tanya jawabnya ga seru. ga tau ya mungkin karena pola pikir kita beda. kalau gw tipe yang prepare for the worst yang dimaknai ma dia gw negative thinking mulu. you dont know me so well berarti dok *kibas rambut ala Sm*sh*

pertanyaan:
1. gw lagi-lagi mastiin kalau KMC nerapin rooming in, IMD, endesbre endeske.
2. gw tanya pengaruh nilai APGAR sama kecerdasan bayi. tes APGAR tuh tes setiap 1 menit, 5 menit sama berapa menit gitu setelah bayi lahir. jadi bayi dinilai detak jantung, kemampuan bernapas, warna kulit, aktivitas otot, dan kemampuan menanggapi rangsangan. nilainya 1-10. apakah bayi yang nilainya 10 lebih sehat dari yang 8? belum tentu! nilai APGAR ini dibuat untuk kebutuhan perawat dalam menentukan mana bayi yang perlu pengawasan lebih aja. misal pas 1 menit nilai APGARnya 5, terus cek 5 menit nilainya naik jadi 8. ini normal! kalau turun itu lah yang perlu pengawasan perawat.

Nah gw pernah baca penelitian terbaru kalau ada korelasi positif antara nilai APGAR dan kecerdasan. padahal di The Baby Book ditekankan APGAR bukanlah tes IQ. mengingat The Baby Book ditulis beberapa tahun yang lalu gw tanyakanlah. dan ternyata bener The Baby Book. ga ada korelasinya. APGAR cuma untuk liat resusitas bayi. mana yang susah napas, dll.

3. gw tanya pijat perineum. terus bu dr nanya balik "yang kamu tahu apa?". emang doi suka gitu. suka enforce pasiennya untuk terus baca, baca, dan baca! love her. terus gw ngaku dosa gw ga tau sama sekali. dia bilang pijat perineum itu pijat ms V untuk mencegah episiotomi. nah denger episiotomi gw mengangguk2. kalau di The Baby Book episiotomi = pengirisan kerampang untuk mempermudah persalinan. tau kan gw? btw kerampang apaan sih? hahaha

ehmm bahasan selanjutnya agak eerrrghhh. yang ga kuat ga usah baca!

dr bilang boleh2 aja kalau mau lakuin pijat perineum karena ga semua persalinan mesti sobek ms v-nya. kalau memang elastis ya ga perlu episiotomi. ngeri? gak sih alhamd.

4. penyebab bayi kuning. dia jelasin sih bla3 tapi sebenernya gw dah tau. haha. gw tanya tau rhesusnya dari mana karena gw sama Ompimpa alhamd sama2 bergolongan darah A. katanya dari hasil tes. umumnya orang Asia Rhesusnya positif. yayaya gw yakin gw sama Ompimpa sama2 positif.

5. bayi cegukan kayak gimana? terus gw ga terlalu ngeh jawabannya. ga penting juga sebenernya ya ini mah. haha

6. terus gw tanya IMD kalau caesar kayak gimana. bayinya ditaruh di bahu, ga dari perut. yayaya i thought so.

7. bayi kelilit tali pusat. dan terkuaklah emang ni dokter bener2 pro normal. dia bilang kalau kelilit 1-2 lilitan dia biasanya ga pernah caesar. teteep normal. love her. kalau 3-4 liat case per case. kalau lebih dari 4 baru caesar. eh gw pernah cerita ga ya dr Diah juga ga pernah operasi bayi yang tongue tie. dia bilang saya percaya setiap bayi itu sebenarnya bisa menyusui bla3. aseekk. gw suka nih.

8. kalau liat keadaan saya sekarang masih bisa normal ga? dia bilang selama sebulan ini semua pasiennya alhamd lahir normal. can you imagine that? gw langsung berkaca2 excited. dia bilang kuncinya cuma satu : nurut sama saya. hauahaha. ebuset kenapa gw merasa terintimidasi. haha..

terus dia cerita
dr: "yang paling saya suka tuh si Fifi."
me: "ah saya tahu itu dok."
dr: "bukan, Fifinya ada 2. eh tapi Fifi yang itu juga saya salut. dia jaga makanan. berat bayinya hanya 3kg. jam setengah 3an dia bukaan 5-6. saya bilang paling nanti jam setengah 4 kamu bukaan 8. eh jam setengah 4 dah bukaan 10. cepat sekali itu prosesnya. saya salut untuk wanita seusia dia, 26 tahun, bisa setenang itu."

gw bilang Fifi di twitter kata dia tenang apanya orang baju suami hampir robek kok. huahaha.

mari banyak2 baca Al-Quran.. mana kemarin pas lebaran saudara gw cerita. kebetulan dia internis. dia keluar cairan bening ada darahnya itu pagi (ini tanda2 persalinan). terus dia pikir ah ngapain lama2 di Rumah Sakit. biasanya kalau text book baru melahirkannya 12-24 jam kemudian. jadilah dia ke Rumah Sakit dulu buat praktek. selesai praktek jam 12 dia izin ke bossnya, dia bilang dia dah apa partum gitu. bossnya yang panik dan ngusir dia pulang. dia mah senyam senyum aja. sampai rumah sempat2nya tidur siang dulu 2 jam. abis itu sore dia ke RS YPK. pakai macet segala lagi. sampai RS jam setengah 9. dicek dah bukaan 6. hahahaha. terus jam setengah 12 malem dia pengen pipis. dia yakin kalau dia pipis pasti bayinya keluar. jadi dia bilang saya mau lahir sekarang aja saya kebelet pipis. akhirnya beberapa kali ngeden keluar deh anaknya. hahaha. Subhanallah lancar banget yaa. dia bilang dia selalu berdoa gitu, ga mau lama2 di Rumah Sakit. soalnya pas dia abis melahirkan aja pasien di sampingnya bukaan 6 jerit2 mulu. kalau dia belum melahirkan saat itu, dia pasti parno dan jadi makin tegang.

ya Allah mudahkanlah proses kehamilan hamba, proses persalinan nanti, proses menyusui, hingga mendidik anak2 hamba kelak. amiiin.. mengingat pas
operasi fam (tumor payudara) gw bisa setenang itu, gw harap pas lahiran juga bisa begitu deh. amiin..



3 comments:

qonita said...

eh tapi keren ya,,BB anak over tp ibunya ga kegendutan,,gud job,hihi
krn ada sodaraq,emg udh gemuk,pas hamil naek smp 90kg,anaknya lahir cuma 2.9 -.-!

amin doamu ya shin,,smg lancar smuaanya yaaa...

Shintano said...

Eh gila seberat apa itu bawa2 perutnya? Ngeriii.. Iya subhanallah banget ini lancaaar pisan! Makasih ya nit dah didoain

qonita said...

parah emang sodaraq itu,makannya gila2an,,smp bapaknya aja pas dia melahirkan lgsg blg : Alhamdulillah,tp kok malu2in ya,km sgede itu anakmu kecil
hahha

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template