Monday, September 20, 2010

Adab Malam Pertama Dalam Islam

Happy Monday peeps..

New day new spirit.. Amiin..

Sebelum nikah gw ma Ompimpa commit baca banyak referensi. Secara nikah cuma sekali ya boo, jadi harus dipersiapkan baik material, fisik, dan mental.

gw baca buku tentang Khadijah, Fatimah (bukunya ga bagus ni), Chicken Soup for the Bride's Soul (biasa aja), sama How to be a great couple (1 buat gw dan 1 buku untuk suami yg tebelnya 3x lipat). Kalau Ompimpa cuma baca How to be a great couple sama Indahnya Menikah Ala Sunnah Nabi karya Amru Abdul Mun'im Salim.Lucu banget pas mau nikah dia bener2 nyempetin baca buku yg terakhir. Dia nemu buku ini di perpus kantornya. Enak deh perpus Depkeu tuh lengkap. Novel2 juga buanyak. Perpus kantor gw isinya jurnal2 audit sama klipingan Public Exposure klien2 doang. Buku ini dah 2x diperpanjang belum juga selesai dia baca dan maksimal perpanjang 2x doang. Gw nemenin dia ke Gramed, TGA, even Kwitang ga ada yg jual. Akhirnya dia fotokopi.Haha niat ya? Apa bagusnya ni buku?

Pas malam pertama gw tahu jawabannya. tiba2 dia ngeluarin pocket note. Dia nyatat hal2 berikut yg diambil dari buku itu halaman 131. Gw share yaa indaaah banget.

Bab: Adab2 Bercampur dan Pergaulan Suami Istri

1. Dianjurkan mengucapkan salam kepada istri saat bertemu di malam pertama

Sebagaimana disebutkan dalam hadits Ummu Salamah bahwa ketika Rasulullah SAW menikahinya dan beliau hendak masuk menemuinya, beliau mengucapkan salam. Intinya sih ini untuk mengurangi rasa gugup dan takut di malam pertama

2. Dianjurkan agar menyuguhkan minuman kepada istri sebelum memulai malam pertama

Suami dianjurkan agar menguguhkan sedikit minuman manis kepada istrinya, seperti susu manis, sirup atau sejenisnya. Hal ini penyebab datangnya ketenangan dan sakinah pada diri istri.

Diriwayatkan dari Asma' binti Yazid, ia berkata: "Aku merias Aisyah untuk Rasulullah SAW kemudian aku menemui beliau dan memanggil beliau untuk menyaksikan Aisyah. Beliau datang dan duduk di dekat Aisyah. Beliau membawa segelas susu lalu meminumnya, kemudian beliau memberikannya kepada Aisyah. Ia menundukkan wajahnya karena malu. Asma' berkata: "Aku menegurnya dan berkata kepadanya:'Ambillah gelas itu dari tangan Rasulullah.' Maka iapun mengambilnya dan meminumnya sedikit.

Hihi lucu yaa

3. Shalat 2 rakaat sebelum bercampur

Diriwayatkan dari Abu Wa'Il, dia berkata: "Seorang lelaki dr Bujailah datang menemui Abdullah bin Mas'ud dan berkata: 'Aku baru saja menikahi seorang gadis yg masih perawan. Aku takut ia membenci diriku.' Maka Abdullah berkata: "Sesungguhnya cinta itu datangnya dari Allah. Dan kebencian itu datangnya dari setan agar ia membencinya apa2 yg Allah halalkan baginya. Jika engkau mendatanginya, maka suruhlah ia shalat 2 rakaat bermakmum di belakangmu'"

Di buku ini sih ga dijelasin tata cara shalatnya yaa. Kalau gw dulu kayak salat rawatib aja. Shalat tanpa doa iftitah.Niatnya juga dalam bahasa Indonesia.

4. Dianjurkan agar ia memegang ubun2 istrinya lalu mendoakan keberkahan atasnya

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amru bin Al-Ash, ia berkata, Rasulullah bersabda:

"Apabila salah seorang dari kamu menikahi seorang wanita atau membeli seorang budak maka bacalah:"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan wanita ini dan kebaikan yg telah Engkau berikan atasnya. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan wanita ini dan keburukan yg telah Engkau tetapkan atasnya".

Gw sukaaa banget doa di atas. Percayalah ketika hal di atas dilakukan di malam pertama indaaah banget. Jadi sayang banget ma Ompimpa. Ompimpa dulu pegang ubun2 gw terus cium rambut gw. Ahhh l love ittt..

5. Meniatkan ganjaran pahala dari hubungan intim dengan istrinya

Hadits Nabi SAW:
"Dan kamu menyetubuhi istrimu juga terbilang sadaqah!" Para sahabat bertanya:"Wahai Rasulullah, apakah salah seorang dari kami jika menyalurkan syahwatnya juga mendapatkan pahala?" Nabi SAW menjawab:"Bukankah jika ia menyalurkan syahwatnya kepada perkara yg haram ia berdosa? Demikian pula sebaiknya jika ia menyalurkannya kepada perkara yg halal, tentunya ia mendapat pahala."

6. Hal2 yg dibolehkan bagi suami terhadap istrinya dalam berhubungan intim

Nabi SAW bersabda:
"Silakan setubuhi istrimu dari depan atau dari belakang, namun hindari dubur dan masa haidh."

Di buku ini detail banget dijelasin kalau suami tetap menggauli istri di masa haidh harus bayar kifarat bla3, menggauli istri dari belakang yg halal dalam Islam tapi kayaknya ga proper ya ditulis disini.

7.Doa yg dianjurkan dibaca sebelum melakukan hubungan suami istri

Allahumma jannabnaassyaithoona wa jannabissyaithoona maa razaqtanaa
Artinya:
"Ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari anak yg bakal Engkau karuniakan kepada kami."

Note:
Perhatiin panjang pendeknya yaa.

Bagus ya bukunya? menikah ala sunnah Nabi bener2 indah. InsyaAllah kalau dilaksanain dengan baik hub suami istrinya jadi ibadah.soalnya setan paling banyak di saat berhubungan suami istri. Jadi kita harus ngelawan setan2 ini.Kan sayang harusnya dapat pahala malah jadi dosa. Wong dah halal! Haha

Jujur gw laksanain seluruh paket di atas cuma sekali pas malam pertama. Abis itu ga pernah lg.haha. Tapi sepanjang berhubungan gw selalu berdoa dan berkali2 ucapin Bismillah kok.

InsyaAllah bulan ini dan seterusnya mau jalanin ini lg. Semoga anak kami kelak jadi anak yg shaleh dan shalehah.amiin

2 comments:

sita said...

Waa gaswat..gw bloom pernah ngelakuin itu semua nih shiiin,,gimana dong dong dong...:p

Shintano said...

inilah bedanya malam pertama karena napsu sama gak. huahahaa..

baik2 ya adek bayi di dalam sana. semoga tanggal lahirnya ga sama kayak auntie. amiiin

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template