Tuesday, December 21, 2010

Manajemen Gaji

Dengan gaji honorer 3 bulan ini gw bener2 nguras otak gimana cara ngakalinnya. Gaji 900ribu masih bisa nabung ga ya? *optimis tanpa basis.haha*. Emang bener kata Safir Senduk "kaya itu relatif, miskin mutlak!"

Apa aja pos2 keuangan yang berubah:

1. Transportasi
Alhamd selain hari ini pos ini nihil nilainya. Seenaaang =). Hari ini gw terpaksa naik taksi karena gw sok2an mau beghawoel di Atrium Senen jalan kaki. Daripada gw nunggu Ompimpa sampai jam 7 di Dhanapala mending gw cuci mata. Begitu sampai Atrium napas sesek, kaki mau patah *lebay*. Ahh sungguh gw ga bisa jadi bule. Capek cuyy. Padahal cuma 10 menit! Abis itu ga sanggup nemenin Ompimpa ke kampus tempat dia ngajar. Jam 7 langsung naik teksyong 45k (biasanya cuma 17k.haha)

2. Makan siang
Hadooh ini haram hukumnya keluar. Cuma boleh sekali seminggu.haha.. Jadi gw cuma keluar duit ngemil 7k buat rujak atau gorengan.

3. Belanja bulanan
Kalau dulu mau apa juga ga pakai mikir sekarang bener2 pakai prinsip Needs vs Wants. Tapi ada positifnya sih. Kalau dulu mau beli barang2 impian gw berasa bersalaah aja ma Ompimpa dan diri sendiri kemaren gw beli bantal mihil + magicom dan hampir oven dan kompor ga merasa bersalah sama sekali. Sayang banget oven dan kompor yg kita pengen lagi kosong. Dan itu gw ga mikir sama sekali lho mau ngeluarin duit segitu sekali bayar. Kalau dulu beh beh behhh temen kantor gw gemes kali yaa. Gw dah bilang mau beli oven dari jaman kapan ga kebeli2. Hahaha..

Sekarang prinsipnya kalau butuh ya beli aja. Toh gw ga ngeluarin 2 pos di atas.

Oiya sekarang gw nyusun menu seminggu tu lamaa bener. Diusahain 1 lauk bisa buat 2x makan. Misal minggu ini menunya:

Senin: ayam kremes
Selasa: kering tempe kacang teri asin
Rabu: nasgor ayam
Kamis: tumis tempe udang buncis
Jumat: nasi daging bumbu bawang

Itu muter terus tuh. Si ayam 2x, tempe 2x, dan bumbu dasar lainnya. Hihi..

4. Entertainment
Karena sekarang banyak waktu lowong jadi diusahain banget kalau mau nonton di hari kerja biar murah. Haha. Terus kalau mau jalan ma Ompimpa hari sabtu minggu gw usahain makan dulu di rumah. Untungnya 3 minggu ini gw ada acara reunian mulu ma temen. Jadi sehemat2nya hari kerja sabtu minggu hangoutnya poooll dan lagi2 ga merasa bersalah =)

5. Kesehatan
Sekarang niatnya mau nyisihin secara tetap sejumlah tertentu sampai nemuin asuransi kesehatan yg pas *emang belum nyari*. Lumayan bantu nih kemaren gw nambal gigi ga ngerusak pos2 lainnya.btw akhirnya kita nemu solusi buat masalah asuransi kesehatan ini. Gw bakal ngajuin ke temen gw yang secara tidak langsung kita anggap ketua angkatan buat koordinir anak2 mau ikut asuransi kolektif apa gak. Secara asuransi personal susah ya cyiin jadi pakai yang kolektif dengan syarat jumlah minimum peserta 50 orang. Behhh bisa banget inih. Karyawan baru sekarang 243 orang. Denger dari angkatan 2008 sih preminya cuma 300rb. Alhamdulilllaaaaahhh.. Akhirnya ga usah pusing masalah ini lagi.

6. Baju
Say no to baju baru buat sebulan ini. Gw ga jamin ya bulan depan. Haha. Pos belanja baju gw ditransfer ke pos belanja buku. Kan banyak waktunyaaa. Terus gw juga mau pasang Indov*s*on ahh. Bingung gw sampai rumah nonton apa. Ga tahan banget gw nonton sinteron busuk itu.

So far sangat berhasiiil metode akal2an ini. Seru banget deh hidup gw. Keliatan menderita padahal gw seneng gilaaakk. Masak emang karena lagi hobi2nya, ga beli baju karena toh baru masuk kerja ini semua tampak baju baru bukaan? Haha,yang paling seneng sih ya itu ada rasa self-esteemnya. Gw bisa beli barang tanpa merasa bersalah. Toh gw berjuang untuk dapetin itu =)

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template