Sunday, August 29, 2010

Cumi Asam Pedas

Gara2 nonton DVD Julie & Julia gw jadi semangat banget masak. apalagi setelah cek dan ricek harga di Pasar Tebet hampir sama dengan harga Giant jadi lah rajin gw mondar-mandir ke Giant. daripada bangun pagi2 ke pasar mending jalan siang ke Giant. haha..

Hari ini gw masak Cumi Asam Pedas yang diadaptasi dari resep Babi Asam Manis dalam buku resep "Jamuan Istimewa 6 Menu Hidangan" terbitan Seri Masak Femina.

Bahan:
500 gr daging babi > of course diganti cumi
50 gr tepung maizena
minyak goreng
3 siung bawang putih, memarkan
3 cabai merah buang bijinya, iris persegi 2cm
3 cabai hijau buang bijinya, iris persegi 2cm
150 ml kaldu
3 sdm saus tomat
3 sdm saus cabai manis > karena resepnya Cumi Asam Pedas jadi ini diganti saus sambal 2 sdm aja
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air
200 gr nanas, iris persegi 2x2cm

Olesan: campur jadi 1
1 sdm kecap asin
1 kuning telur, kocok
1 sdm tepung maizena
Karena cumi amis, gw tambah 1 sdm perasan jeruk nipis

Cara Memasak:
1. Potong cumi, campur bersama olesan (include 1 sdm tepung maizena dan jeruk nipis), sisihkan selama 1 jam. Taburkan tepung maizena pada potongan cumi > ini maksudnya yang 50 gr deh kayaknya.
2. Panaskan minyak yang banyak, goreng sampai matang, sisihkan.
3. Panaskan 3 sdm minyak, tumis bawang putih sampai harum, masukkan cabai. setelah layu, masukkan kaldu, saus tomat, saus sambal, garam, dan gula. masukkan larutan maizena
4. Masak hingga kuah mengental, masukkan nanas dan cumi goreng. aduk sampai rata lalu angkat.

Hasilnya..taraaa:



Rasanya enak dan segerr banget. yang cumi aja enak apalagi babi ya? haha

Untuk yg kaldu, gw tanya temen gw Sita boleh ga kalau kaldunya gw pakai kaldu blok terus ditambah air. Kata dia boleh. Masukin kaldu blok ayam (Maggi,Knorr,dll) ke 150ml air hingga mendidih. Kalau tadi gw pakai kaldu ayam beneran. Tinggal masukin ayam dan 150ml air + garam 1 sdt biar gurih udah deh.

Met mencoba =)

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template