Tuesday, July 31, 2012

Siomay Oat (8m+)

4 comments
Halo mau bagi2 resep lagi ahh.. resep ini dapat dari Milis Mpasirumahan yang mana diambil dari Mommiesdaily..

Berikut resepnya:
2 sdm oatmeal
1 butir telur (Karena Kaysa masih 8 bulan jadi gw pakai kuningnya aja)
40 ml susu cair (untuk anak under 1Y bisa diganti air kaldu)
1/2 sdm tepung terigu
2 sdm keju parut
50 gr daging ikan lele atau ikan berdaging putih lainnya (Kaysa baru gw kenalin ikan patin)
1 sdm wortel parut

Cara buat:
1. campurkan oatmeal, susu/kaldu, terigu, daging ikan
2. masukkan telur, keju parut dan wortel, aduk smeua bahan
3. masukkan adonan ke dalam cetakan (gw pakai baby cubes), kukus selama 10 menit

Kalau mau digoreng juga bisa, selesai dikukus, celup2 ke kocokan telur, guling2 di tepung roti.

Untuk usia berapa sebenernya tergantung ya. liat aja bahan2nya. anak moms semua dah lulus 4 days rule apa belum.

rasanya? endang bambaaaanggg... kenyal2 gitu. jatuhnya kayak schotel sih menurut gw. kebetulan Kaysa sekarang dah ga mau yg cair2. dan makannya pan disuapin pakai tangan. hihi..gw mau bikinin buat Kaysa ahh sabtu ini (janji2 palsu!!!)..

selamat mencoba

Friday, July 27, 2012

Fasting While Pumping

2 comments
Alohaaa..masih puasa? samaaa..

nah bedanya tahun ini puasanya sambil pumping. sebenernya gw ga ngoyo mau puasa. tapi dengan pengalaman tahun lalu aja hamil gede bisa puasa dan batal cuma 2 hari insyaAllah tahun ini Allah juga pasti memudahkan.

mana mulai puasa wiken lagi ya. Sahur, nyusu, nyusu, masak, nyusu, nyusu, masak, nyusu nyusu, nyusu, masak. kelaaar jam 5 megap2. dehidrasi akut. alhasil dah bertekad kalau wiken ga mau puasa aja.

nah sekarang ngantor nih. alhamdulillah sebelum Ramadhan ini kan juga dah latihan puasa tuh. buat bayar puasa. jadi dah kebayang kayak gimana. dan alhamdulillahnya pas puasa ini badan juga ikut menyesuaikan diri. baik loh badankuh, ga haus atau kelaperan seperti yg dibayangkan. gw bayanginnya gw bakal megap2 juga gitu. secara biasanya gw abis pumping kiri minum segelas, pumping kanan, minum lagi segelas. pokoknya selama di kantor doang gw bisa minum 3,5 liter lho. banggaaa...

nah secara puasanya sih ga ngaruh, ta ta tapiiii hasil pumpingan lama2 ngaruh maliiihhh.. puasa pertama sama persis. malah lebih 20ccan. puasa kedua turun 30cc, ketiga 50cc, keempat 70cc, nah pagi ini baru pumping pagi aja dah berkurang 100cc. hwuuaaaaaaaaaaa *nangisdipojokan.

sekarang sih Kaysa baik deh. minumnya juga cuma 450-500cc. padahal biasanya 550-600cc. jadi ga ngejar2 banget. cuma pumping di kantor aja 3x cukup. nah mengingat pagi ini aja dah berkurang 1 botol, jadi makin yakin wiken ga puasa. mari kita balas power pumping tiap 2 jam dikala wiken. tumbler mana tumbler....

gimana sih tipsnya biar produksi ASI ga turun? padahal sebelum tidur usahain minum 1 liter. sahur juga 1 liter. tapi emang makan cuma 2x sih gw. secara abis pulang kadang Kaysa belum makan, jadi gw nyuapin Kaysa dulu. terus selesai2 pas dah ga ada orang di rumah. mana bisa makan sambil gendong Kaysa. dia pasti ngacak2 nasi gw. gw ngeri dia kena sambal terus ngucek mata, dll. jadi jam setengah 9an baru makan. nah makan keduanya kapan? keburu ngantuk maliih. Princess kan jam 9 dah tidur. hahahhaa kebo!

Monday, July 23, 2012

Those Unforgettable Times

6 comments
Gimana puasanya teman2? Dah batal belum? Gw dah puasa 3 hari tapi rasa2nya ga ada yng diterima inih. Marah mulu malih. Kemarin marah ma Ompimpa karena dia ga bisa jagain anak. Jadi gw masak sambil nyuapin anak dan buka puasa. Emosi? Yesss. Haha

Nah cukup sudah intronya. Jadi semenjak masuk sini roda kehidupan berubah. Secara gaji sih emang turun, tapi benefit lain kayak expenses dan tunjangan kesehatan mana ada dimari. Jadi kalau tahun lalu terngepot2 nabung buat biaya lahiran, abis lahiran pun masih terngepot juga bayar imunisasi anak. Gw aja yang imunisasi di Markas Sehat (klinik kesehatan binaannya DSA Kaysa, dr Wati) bisa abis 2 juta lho tiap kunjungan apalagi KMC ya? Sungguh tak mampu!

Nah dengan berkurangnya gaji pola kehidupan berubah. Postingan ini sengaja ditulis buat gw baca lagi 10 tahun atau bahkn 5 tahun kedepan ketika gw ga kere lagi. Hahhaha amiiiiiiiinnn..

1. Makan soto
Ini tersampah dalam hidup gw. Jadi pas makan soto ayam, begitu masuk pesan tuh ya soto ayam. Pas duduk gw liat menu di dinding soto ayam pisah 11ribu, soto ayam campur 9ribu. Gw langsung ke ibunya minta soto ayamnya dicampur aja. Huahaha

2.namapun PNS ya jadi kalau sakit ya terpaksa harus kenalan sama yang namanya Puskesmas. Nah sekali2nya tuh gw ke PUSKESMAS gang sanip. Begitu masuk disuruh buka sepatu. Yailah balik lagi. Abis daftar gw nunggu dipanggil dokternya. Pas lagi nunggu tiba2 ada ibu2 nyampirin gw minta salaman. Dia bilang "neng pulang dulu ya neng". Anjiirr kenapa pake saaman sik nih. Mana dia salamannya dari ujung k ujung. Semua disalamin. Haha.. abis itu digodain ma tukang ojek langgannan gw "sakit apaan mak?" Ibu: "ini sakit gatal2." Ojek: "yah mak kalau gatel tinggal garuk aje". Huahaha berasa di lenong bocah gw

3. Bulan lalu gw training di BEJ. Paginya gw prefer nyuapin Kaysa instead of sarapan. Kapan lagi gitu bisa nyuapin anak. Biasanya ngejar2 absen dari jam 7.30. Nah gw belilah tuh sandwich di stall roti langganan. Nah masalahnya dulu aja jaman di EY gw nunggu jam 5 dulu baru beli roti soalnya kalau di atas jam 5 diskon 50%. tapi ya gapapalah darurat. Mau ke PP juga belum buka. Akhirnya dibelilah sanndwich dan aqua gelas. Maklum standar sarapan gw sekarang nasi uduk. Roti kecil2 itu mana nampol. Pas bayar billnya 53ribu.masya Allah. Tega banget sih dia jual roti sekian persen gaji gw!!!! Apa perlu gw beli roti bawa slip gaji gw hah? Hah???

4. Nah kalau ini pengalaman hari ini. Tadi ada silaturahmi ma Dewan Komisioner OJK. Eh dah pada tau kan yah kalau gw kerja di Bapepam? Nah Bapepam ini nantinya mau gabung ma bagian monitoring perbankan BI jadi 1 badan superior (katanya) jadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Nah tadi orang bappam ke BI ngasih selamat ke semua Dewan Komisioner yg terpilih. Temen gw balik dari BI langsung gw tanya :"gimana Sal orang2 BI? Cakep2 ya?" dia jawab:" ya ampun Ta tangan orang BI empuk2 banget Ta. Beda banget ma tangan orang Bapepam".huahahahaha.. najiiiissss... eh ada lagi temen gw nyahut "iya bu haji (red: gw) beda banget. Tangan orang BI isinya cincin semua". Huahaahahaha

5. Pas zaman hamil gede kan gw sutris banget tuh ditanyain orang muluk kapan lahiran. Lah meneketehe emang sini Tuhan. Jadi tiap ada yg nanya dah lahiran belum seketika itu pula bawaannya mau ngemall nyari kontraksi. Sampai waktu itu gw cari kontraksike Gandaria City. Dah ditahan2 tuh selama ngemall cuma buat makan doang. Padahal keliling mall sampai 4 jam. Kan sini bawaannya ketar ketir aja harus saving duit puluhan juta buat caesar gitu. Eh ndilalah pas balik pake ditilang polisi lagi gara2 gw salah ambil jalan. Gw sumpah serapah ma Ompimpa dalam hati. Dah gw sayang2 tuh duit, ehyailah masa gw harus ngeluarin duit 50ribu. Akhirnya begitu pak polisi mau ngeluarin surat tilang gw sok2 meringis2kontraksi. Eh polisinya panik dan nanya: "mau ke RS ya Pak?" dan gw jawab:" iya pak dah sakit banget nih pak." Akhirnya gw disuruh lewat.horaaaayyyy... haha

6. Kalau ini kejadiannya pas jaman jadi auditor.eh berarti gw belum pernah ngerasain kaya yah. Hahaha.. jadi dulu tuh kita suka buka puasa ke Al Azhar. Demi apa? Demi dapet jodoh saleh. Hahaha.. nah pas masuk ke Al Azhar yailah kenapa temen gw ikutan ngantri tajil gratis sik. Malu ma pengemis jalanan noh. Hahaha jiwa miskin. Nah kejadian ini juga berulang kalau salat di PP. Jadi PP tuh suka ngasih kurma gratis plus Aqua. Nah kita ber4 tuh sering banget salat di PP demiiii Aqua gratis. Jadi abis ambil aqua baru makan di pengkolan depan Komdak belakang. Lumayan hemat 3 ribu. Hahaha

7. Nah yang terakhir ini kejadiannya pas jaman kuliah. Jadi emang dari lahir dah miskin sih gw. Haha *bangga. Jadi kan jaman muda, pengen cantik tapi ga punya duit. Jadi kalau creambath kemana lagi kalau bukaaaann Johny Andrean training center. Harus yang training kalau gak, gak mampu. Dulu creambath plus blow dry 17ribu, creambath plus keringin angin2 11ribu. Pede lah gw creambath. Nah pas diblow dry gw panik banget megang2in terus rambut gw. Gimana caranya rambut gw ga terlalu lepek kayak tikus kecebur tapi jangan sampai kering banget juga. Ntar gw bayar 17ribu lagi! Kan duit gw cuma cukup 11ribu. HAHAHAHAHAHAAHAAHA..

Aiiibbb aiiiibbbbbb.... demen banget sik gw umbar aib. Astofaziiimmm

Wednesday, July 18, 2012

Mood Booster

0 comments
Hari ini ngantuuuk banget. barusan ditraktir makan ma boss. langsung lah busui kalap. makan bayar aja kalap mulu apalagi hratiiiss. semua dimakan. enak juga ga tuh makanan. yang penting apapun dicoba. haha.. nah sampai tadi jam 1 sampai sekarang ga ilang2 ngantuknya. ter la lu. padahal ada kerjaan.

klik klik open folder di music, nemu lagu Kaysa. nnnnjuuuuuuuuuussssss berasa suntik oksitosin gw. senang dan jadi pengen kerja lagi. kangen anaaakkk...*hummingitsybitsyspider

Baby Sitter Cillikku

5 comments
Jadi sejak 1,5 bulan yang lalu AKHIRNYA gw dapet ART. gw dah nulis tentang ART ini, tapi lama ngendon di draft. terlalu negatif kayaknya auranya. jadi ga diterusin.

nah justru ketika gw ga nyari pembantu, tepatnya nyokap gw males pakai pembantu lagi, akhirnya temen nyokap nawarin. tapi dia maunya pulang pergi dan hari Minggu ga masuk. ditambah lagi dia bakal ngajak anaknya kerja. dang! Combo paket! yang tentu biasanya bakal ditolak nyokap mentah2. tapi herannya nyokap gw iyain aja ngasal. soalnya dah 2x juga ada yg dah deal masuk eh pas hari H ga dateng.

taraa hari Minggu datang Mba Lia seorang diri. cakep banget doi. putih bersih pakai kacamata frame lumayan tebal dan rambut buceri. pertemuan pertama gw shock juga. kenapa dia cakep banget pakai bajunya. haha. nah berhubung gw tipe yang judge a book by its cover, gw biasa aja pas dia masuk. lagak2nya ni mba ga serius kerja. masih suka hepi2. jadi hari pertama berlalu biasa aja.

nah pas hari Senin si mba bawa anaknya. etapiiii ternyata anaknya ini baik banget. namanya Biya. Kak Biya sayang banget ma Kaysa. dia nengok aja Kaysa dah cekikikan. ngumpet dikit Kaysa dah merangkak lebay sampai ngepot2. makin sering ngoceh2 ma Kakaknya. Biya mau lho lari2an demi Kaysa ketawa. sampai keringetan gitu dianya. ahh hatiku hangat. i fell for her. so deeply..

nah kemarin Kakak Biya ranking 1. jadi KAKAK Shinta kasih hadiah deh. gw bilang "Kak, kalau nanti Kakak bisa ranking 1 KAK Shinta ajak naik kereta di mall deh. dah pernah belum?". eh doi semangat belajar kali ya. jadi walaupun kata si mba nilai2nya turun dari semester sebelumnya (sebelumnya dia mang dah ranking 1) tapi dia berhasil ngejar nilainya dan ranking 1 lagi. horaayyyy...

jadi untuk menepati janji, kemarin KAKAK Shinta ajak Kakak Biya ke GI. have fun ya baby sitter kecilkuuu..


Friday, July 13, 2012

Baju Lebaran

0 comments
Huahahaha.. Iya iya gw tau puasa aja belum dah beli baju lebaran. Udah gitu belum tentu tahun ini ikutan puasa juga lagi. Haha. Eh justru itu, sebelum barang naik harga, beli dari sekarang. Setelah ngubek2 Ambas akhirnya nemu baju lebaran kece warna ungu. Iri banget deh ma Kaftan2 kece, tapi ya mosok gw nyusu tuh Kaftan ditarik dari bawah sampai t*t*. Jadi daripada gw exhibitionist beli baju lebaran atasan aja. Udah gitu nemu yg jual baju gamis bayi pitik cilik. Rencananya sih bakal dikecilin lagi. Semoga ga merusak bentuk asli tuh baju deh, nah berhubung baju gw dan Kaysa ungu, jadi suami jangan protes yaa kalau dibeliin baju koko ungu *evilgrin

Kaysa 8m old

4 comments
dah lama ga update milestone baby K. maafin bunda naakk..

nah alhamd wasyukurillah Kaysa ini cepet banget milestonenya. ini yang gw inget:

1. pas 6 bulan teng dah tumbuh gigi bawah, 2 minggu setelahnya numbuh lagi 1 gigi bawah. gitu terus. sampai sekarang 8m1w dah punya 5 gigi. 3 gigi atas 2 gigi bawah. tapii gigi atasnya gede banget bak kelinci. persis kayak gw. kenapa yg jelek yg ditiru sih Kay...makanya sejak umur 6m3w dah ga suka makanan cair2. maunya buburnya kental.. hihi. tapi negatifnya banyak bet bekas gigitan nyusu. huhu. baru juga sembuh seminggu, eh digigit lagi. ikhlasin siiinn ikhlaaasssiiiiiiiinnnn..

2. pas 6m Kay dah bisa duduk bersandar 1 tangan kayak di pantai, nah pas 6m2w tiba2 dah bisa duduk sendiri. awalnya sih doyong2 tapi 3 hari kemudian dah tegak duduknya.. horaaayyy..

3. pas 5m2w kan Kaysa dah bisa merangkak gaya lumba2. jadi merangkaknya pakai perut. nah sejak 6m1w Kaysa dah bisa merangkak pakai dengkul. terharu deh gw.. jadi cepet banget jalannya. nyokap gw masak air mandi tiba2 dah disusul ma Kaysa. hihi

4. nah ini yang bikin hati gw kejut2. pas umur 7,5m tiba2 Kaysa merambat di badan gw terus dia pegangan di meja. 7m3w dia dah lancar berdiri tanpa dipegangin. ya Allah histeris gw..

5. udah selesai tuh ya gw kaget dia bisa berdiri umur 7,5m, terus 7m3w tiba2 dia merembet di baby boxnya. ga banyak sih cuma 2 langkah. awalnya gw kira kebetulan doang kan. besokannya gw tes di kursi panjang. dia berdiri di pojok kanan. gw duduk di pojok kiri. eh dia bisa lho nyamperin gw. subhanallah...

6. nah ini yang teranyar. setelah bisa berdiri, untuk ke posisi duduk lagi biasanya dia jatuhin aja gitu pantatnya. tapi pas 8m dia dah bisa turun pelan2, terus jongkok, baru duduk. Subhanallaaaahhh Naak dah ngerti konsep sakit ya Nak? trus pinternya lagi kalau di kasur dia tetep jatuhin pantatnya. hihi..

7. pas 8m tiap berdiri biasanya dia seneng banget tuh pukul2 meja di tempat dia pegangan. terus lama2 gw suka nyanyi dindin ba dindiiin oiyy dindin ba dindiin, terus anak bayi nekuk2 lututnya tanda joget. huahahhahahahaha lucuuuuuuu.. anak bayi nurun siapa sih naakk doyan joget? *kibasjilbab

8. walaupun Kaysa ga suka didongengin tapi gw pantang mundur, tetep gw bacain buku apapun dengan harapan lama2 jadi suka. semalam gw bacain buku bantal Peternakan Si Meong. pas bagian sapi gw kasih tau sapi itu suaranya mooo'..mooo'.. eya Allah semaleman anak gadis teriak2 mooo' mooo' ga berhenti2. dari mulai main, sampai gw salat, makan, ngajakin tidur tetep aja dia teriak2 mooo' moooo'. haha. kejadian juga dia bisa ngomong akik. semaleman dia manggil gw akik. pernah juga sepagian gw dipanggil abah. lucuuu.. Bunda dipanggil abah atau akik tetep seneng kok Naak..

9. masalah berat badan. alhamdulillaah wasyukurilah karena Kaysa doyan makan apalagi alpukat dan keju, jadi bulan ini walaupun dah aktif beett BBnya tetap naik 400gram. asiiiikkkk.. padahal kalau di atas 6 bulan katanya naik cuma 250-400 kan ya. semoga BBnya naik terus deh. sekarang persentilnya mulai naik ke 39% setelah beberapa bulan ini terus turun dari 49% jadi 33%. bener2 sujud syukur

10. emang nyokap gw tuh supermom bener deh. setelah Kaysa diajarin minum pakai gelas, sekarang Kaysa mulai ditatur poop dan pee di toilet. ya ampun gw shock seshock2nya Kaysa dah bisa pee di toilet. kalau poop kan gampang ya. begitu liat dia ngeden2 bisa langsung dibawa ke toilet. nah kalau pee ini jadi tiap bangun tidur atau makan Kaysa dibawa ke toilet terus nyokap bilang uuusssttt usssssttt (suara pipis) trus Kaysa pipis deh. terbangga

apalagi ya? kayaknya udah. nah kekurangannya apa aja, ni nih:

1. dah diajarin dadah ma uminya (nyokap gw) dari 6m sampai 8m1w ini belum bisa2 juga.

2. separation anxietynya makin parah. ga bisa ditinggal sedikitpun. apalagi dia aktif banget kan ya jadi makin ga bisa ditinggal

3. senyumnya itu lho angin2an. kalau sama tetangga2 gw atau siapapun di mall sumeh banget. senyum teruuuss. tapi sama temen gw entah mengapa susyeee bener senyumnya. haha.. gw kadang malu lho. kesannya gw membesar2kan banget anak gw bisa ini itu tapi pas ketemu meneng wae. hhahahaaha

4. alhamd muka dah mulai putih tapi teteeep kaki sama tangan hitam. berarti beneran genetik ini mah hitamnya, bukan karena efek disinar dulu. hahahahhaa

nah ini nih foto Kaysa di umur 7-8 bulan *kecup. pulaaanggg pulaaanggg..ngelonin anak. happy wiken =)








Puding Beras Mangga

7 comments
Bagi2 resep lagi. kalau ini ambisi emaknya. dari jaman K 6 bulan gw dah nyari resep puding beras. karena gw suka banget ma puding beras di SwissBell tempat biasa rapat kantor. enak enak enaaakkk..

Bahan:
50 gram beras
1 sdm agar2 plain merk Swallow
air 600cc
mangga secukupnya untuk topping
susu secukupnya(kalau gw pakai 4 sdm ASIP)
cinnamon seiprit

Cara buat:
1. masukkan beras, agar2 dan air dalam panci sampai beras matang.
2. setelah dingin, blender dengan susu dan mangga.
3. tambahkan cinnamon di atasnya.

kelaaar.. nah masalahnya kemarin gw terlalu malas untuk blender. jadi walaupun Kaysa ga suka yang encer2, tapi dia ga suka juga beras utuh. harus tetep diblender. nah karena Kaysa ga suka gw yang makan. tambahin gula 1 sdm. enaaakkkkkk...

Cookies Oat Banana

3 comments
Hah besok dah wiken. senaaangg..Nah sejak 8 bulan ini Kaysa dah gw kenalin cemilan. Salah 1nya ini. gampill pisan bikinnya. gw dapet resepnya dari temen kantor. nih dia

Ingredients:
50 gr mentega tawar, suhu ruang, kocok2 sebentar pakai garpu/sendok, biar agak lembut aja
100 gr oat quick cooking, haluskan dengan grinder
2 buah pisang ambon matang, parut dengan parutan keju

Directions:
campur semua bahan hingga rata, pipihkan di loyang, potong2 dengan cookie cutter, bersihkan sisanya. Trus panggang dengan api kecil kurang lebih 10 menit atau sampai kecoklatan

Kalau pakai cookie cutter yg banyak liku2nya agak sulit dan lama merapikannya jd saranku pakai yg oval, bulat atau kotak aja, lebih gampang.



Nah itu teorinya. praktiknya gw ga punya cookie cutter. jadi potong2 pakai pisau. haha. ga cantik bener deh bentuknya. untuk manggangnya sendiri gw pakai suhu 180 selama 20 menit. eh tapi gosong juga sih ujung2nya. emang kalau kata mba Depe Mpasirumahan kenali oven anda. karena tiap oven beda2. sipp.. ntar dikurangin deh waktunya. selamat mencobaaa. Kaysa sih sukaaa banget. apalagi bagian gigit menggigitnya. hihi

Thursday, July 5, 2012

Manajemen ASI

1 comments
aaakk mulai dari mana ya? gini pada prinsipnya ASI itu kayak orang dagang. supply = demand. jadi makin banyak diperah, makin banyak juga ASI yg diproduksi. kalau gw sendiri mulai pumping dari hari kedua di RS. hasilnya? sepantat botol aja. haha. begitu sampai di rumah gw juga rajin pumping tiap 2 jam. hasilnya pas awal pumping cuma dapet 10 cc. abis dipumping kasih mama untuk Kaysa belajar nyusu pakai medela cup feeder. gitu terus sampai 10 harian. jadi belum stock ASIP. nah setelah Kaysa pulang dari RS karena kuning, alhamd ASInya mulai meningkat 1 botol bisa hasil dari 3x pumping, dst sampai sekarang bisa sekian botol.

nah masalahnya pas umur 3 mingguan mulai tuh fase growth spurt. bayi maunya nyusuuu mulu. baru nyusu setengah jam, eh dah owek2 lagi. itu sangat wajar saudara2. itu bukan karena ASIlo kurang lantas berpaling ke susu formula. Kaysa juga suka abis nyusu tetep nangis. hihi. that's why gw sempat Baby Blues. nah tapi gw tetep rajin pumping di setiap jedanya itu. biar dibilang baru juga 2x tuas goyang, gw simpen tuh ASIPnya. buru2 masukin kulkas biar Kaysa ga makin kenceng nangisnya.

untuk ASI segar ini bisa tahan hingga 4 jam di ruangan berAC. gw dah buktiin. lebih dari itu hwoeeekk (ketauan pernah minum susu sendiri). tapi kalau di ruangan ga berAC yasalaam. 1,5 jam aja dah kuning dan asem.

nah abis dipumping, botolnya dikasih tanggal, sama jam perah. gunanya jam perah ini untuk gabung2in ASInya. kalau ngasih label ini gw pakai selotip pipa kayak di bawah ini. apa sih namanya nih. enak kalau ini abis dicuci ga berbekas di botolnya dibanding label kertas itu.



nah ntar pas malam gw gabung2in ASI yg didapet seharian. jadi ASI itu kalau suhunya dah sama boleh digabungin dalam 24 jam. maksudnya suhunya dah sama tuh jadi kita ga boleh gabungin ASI yang baru dipumping sama ASI di kulkas. yang 1 dingin 1 hangat. jadi ASI yg baru diperah dimasukin ke kulkas dulu selama min 30 menit, baru boleh digabung. tapi gw malas. biasanya gabung sekalian pas malam. baru masukin freezer. awalnya 1 hari cuma dapat total 80ml-an (soalnya kan kepake buat Kaysa belajar mimik susu tuh)lama2 bisa nabung 3-4 botol ASI per harinya.

nah rajin ya gw? jangan salah! gw kira semua ibu menyusui tuh emang gitu, jadi gw lakuin karena emang gw kira itu kewajiban gw. hahahahahhahaa *gagaladmire. see kadang kegesrekan membawa berkah.

nah pas masuk kantor alhamdulillah lah pokoknya. dapet tabungan lumayan banyak. gw juga sewa freezer di mas Rizky di Depok nomor HP 081553328867. tapi yang bersisa freezer bukaan atas cuma Rp 100ribu/bulan. masalah? ga! gw rajin lho mindah2-in ASI per 2 mingguan atau kadang 1 bulan sekali jadi ASI yang terdahulu dipindahin ke atas, yang terbaru di bawah. nah ASIP yang disimpan di kulkas bawah (chiller) tahan
3-8 hari, kulkas di freezer 1 pintu tahan 2 minggu, freezer di kulkas 2 pintu tahan 3 bulan, dan kalau di deep freezer bisa tahan 6 bulan. Subhanallah yaa..

nah gimana cara penyajian ASIP (ASI Perah)?
gw penganut gabungin susu segar sama perah. malah akhir2 ini selalu pakai susu segar. karena gw yakin susu segar lebih banyak nutrisinya dibanding ASIP di freezer. jadi misal kebutuhan Kaysa dulu sebelum makan 7 botol, jadi 4 botol ASI hasil pumping kemarin, 3 botol ambil dari freezer. nah yang 3 botol dari freezer ini semalam sebelumnya dah gw turunin ke kulkas bawah. Ingat Suhu ASIP ga boleh berubah drastis nanti nutrisinya banyak yang hilang. nah ASI yang dah turun di kulkas ini bisa tahan 24 jam setelah mencair sempurna. gw sih ga pernah tahu tuh kapan ASIP gw mencair sempurna, jadi kalau lebih dari sehari udah lah gw buang aja walaupun bersisa.

ohya tips: untuk lebih cepat nyairin ASIP tuh taruh ASIP di mangkok plastik yang berisi air di chiller. plastik ya jangan keramik, lambreta juga kalau keramik mah.

trus pas mau diminum botolnya ditaruh di mangkok berisi air hangat, hangat ya jangan panas. inget apa ibu2? suhu ASI ga boleh berubah drastis. eh tapi gw lebih suka angetinnya pakai gelas sih. jadi merata air hangatnya sampai ke mulut botol. kalau mangkok kan paling cuma separuh botol kan tingginya. trus diminumin deh ke anaknya.

hangatinnya sebatas jumlah minum anaknya aja ya. soalnya ASI yang dah dihangatin ga boleh dihangatin lagi. misal nih pas newborn kan paling minumnya 1 cupfeeder doang; 30cc. jadi hangatinnya ya 30 cc aja. sisanya botolnya masuk kulkas lagi.

nah misal ASInya ga habis gimana? sayangnya ASI kalau dah kena liur bayi cuma tahan 1 jam. jadi dalam 1 jam harus dihabisin atau dibuang, hiks. dulu gw sering buang2 ASIP nih karena Kaysa ga suka ASIP. padahal gw dah ngumpet di kamar.

nah pertanyaan yang biasa sering muncul tuh kok ASIP gw bau sabun ya? sama buibu gw juga. normal sekali ituh. soalnya gw juga pernah nyiumin ASIP donor eh ternyata baunya sama persis ma bau ASI gw. tapi beda dengan ASI yang bau zat besi ya itu karena enzim lipasenya tinggi. jadi sebelum masuk kulkas ASIPnya harus discalding dulu. browsing aja ya tentang scalding ini. gw ga berpengalaman.

trus pertanyaan sering muncul lainnya kok tutup botol ASI gw pop up? aman ga tuh diminum bayi? kalau tutup botol pop up itu penyebabnya 2: 1. karena ASIlo kepenuhan. jadi maksimal kalau botol kaca biasa sampai yang ada garisnya aja ya (100cc). jangan lebih dari itu 2. karena mulut botol/tutup botolnya basah. gw sering tuh pas gabung2in ASI ada ASI di mulut botol, dilap dulu ya baru ditutup.

apalagi ya? ohya steril ya? kalau gw cuci botol pakai sleek, terus tinggal masukin dish dryer Panasonic. kelaar. gede sih itu wattnya . 400 ya. tapi gw ga mau ambil risiko daripada anak gw diare. cuci mencuci ini juga berlaku selama di kantor. setiap abis pumping, gw cuci bersih, terus masukin sterilizer juga.

nah karena di kantor gw ga ada kulkas, jadi gw kalau pulang pergi kantor bawa cooler bag. abisan cooler box berat. nanti begitu nyampe kantor langsung icegelnya masukin coolerbox biar botolnya ga dingin lagi. karena apa? suhu ASI ga boleh berubah drastis. nah nanti kalau botol dah ga dingin baru gw pumping. selama kerja PP 11 jam, gw pumping 3x. dulu sih pas awal pumping 3 jam sekali. tapi lama2 modar. males pumping, jadi dikurangin aja 3x. inget bunda Wati wanti2 nih pokoknya pumping di kantor untuk jam segitu ga boleh kurang dari 3x.

untuk jadwal pumpingnya pagi jam 9, siang jam setengah 2an sama jam 4an. sekarang sih dah malas ga pernah pumping malam lagi *janganditiru. kalau dulu dah ngurus anak seharian juga malam2 tetep pumping jam 2. wihhh ngalirr dereeessss..

semangat pumping ya buibu. emang kebukti deh anak ASI lebih aktif. semoga aktif ini seiring dengan kepintaran anak yaa. amiin

Perlengkapan ASI

6 comments
Mau share ini dari dulu tapi pengennya kalau fotonya lengkap. yang ada ga nulis2. haha. bagi teman2ku yang lagi hamil berbarengan hah lucky you. enak kali ya kalau hamil barengan ma temen sendiri.

nah apa aja sih perlengkapan ASI gw:

1. Breastpump
Nah ini modal utama ibu menyusui. gw sendiri punya 2 breastpump. yang 1 kado Pigeon Manual. 1 lagi beli sendiri Medela Swing. pas Kaysa lahir sampai umur 5 bulan gw pumping pakai Pigeon. canggih malih. PD bisa bener2 kempes pes pes. sampai akhirnya pas 5 bulanan tangan gw pegal ga hilang2 dan lama2 capek juga pakai manual dan karena sparepartnya banyak ga bawa 1 sparepart aja ga bisa pumping. gw pernah seminggu itu berkali2 pernah ga bawa tuasnya, terus beberapa hari setelahnya tiba2 yan putih2 tengahnya itu hilang entah kemana habis dicuci. dah BT tuh eh siangnya OB kantor nemuin katanya jatuh di lantai. hihi masih rezeki. tapi tenang walaupun banyak sparepartnya tapi sparepart cadangannya banyak juga. jadi kalau hilang ga usah beli lagi kayak Medela. gw puas banget ma Pigeon ini. Pigeon ini yang bantuin gw bisa ngumpulin ASI sebotol demi sebotol akhirnya dapat sekian botol untuk modal ninggalin Kaysa :D



akhirnya beli lagi Medela Swing. pas awal pakai norak gitu gw. kaget2 sendiri. haha.. tapi ga sakit samsek lho pakai ini. karena gw pernah minjem Medela Minelnya temen gw soalnya waktu itu Ompimpa lupa masukin tuas Pigeon ke coolerbag. nah kalau Minel itu gw ngerasa sakit. narik2nya ga alami menurut gw. kejut2 menggelegar. haha. ga usah review, must have items lah ini pokoknya.



2. Cooler bag
untuk coolerbag sendiri gw punya 2 juga, 1 merk Mothercare, 1 merk Unimom. 2-2nya kado. kalau untuk ke kantor gw biasanya pakai yang mothercare karena lebih muat banyak. ntar gw share manajemen ASI ala gw deh ya di post tersendiri. tapi kekurangannya coolerbag ini ga ada icegelnya. icegelnya seiprit liat foto deh, yang di tengah.



nah kalau unimom lebih tahan lama dinginnya dan biasanya gw pakai kalau pergi2. biasa Kaysa kalau pergi suka lebay excitednya dan jadi ga lama nyusunya. jadi gw akalin bawa ASIP dari rumah.



2-2nya recommended. yang penting icegelnya banyak dan bagus.

3 Ice Gel/ Ice pack
nah kalau ice gel gw punya ice gel paketannya Unimom. Silver Nano namanya. gretongan juga inih. gw suka suka suka ice gel ini. dah nemenin gw ke PESAT selama 8 jam dan pernah juga gw pakai rapat 14 jam masih dingin. senaaaangg.. gw punya 2, tapi yang 1 bocor jadi gw beli lagi. hah senangnya nemu yang jual icegel Silver Nano di www.gerailaktasi.com.

nah ice packnya gw beli Igloo. gw sih ga suka icepack ya. kurang dingin. ice pack mah 4 jam juga dah ga terlalu dingin. kalau ice gel 4 jam masih beku. beku lho ya bukan dingin. that's why tahan 12 jaman.

4 Botol ASI
Botol ASi ini tadinya gw beli di OLS2 terkemuka itu tuh yang asi-asian. trus gw nemu yang jual botol ASI murah di Pasar Pramuka. 1 pak isi 15 botol harganya 18ribu sajah. gw ga tau sih persisnya dimana soalnya yang beli Ompimpa. tapi banyak kok yang jual botol kaca tutup karet abu2 di Pasar Pramuka. lo tanya aja masmas2 disana *gamembantu

5. sterilizer
untuk sterilizer mang mantap deh pilihan gw ke Panasonic Dish Dryer. isinya gede dan langsung kering. karena gede jadi sekalian jadi rak botolnya Kaysa. ga makan tempat jadinya. haha



nah untuk di kantor, karena kantor gw ga ada kompor jadi ga bisa rebus2 alat pompa. jadi gw bawa sterilizer sendiri dari rumah merk Baby Crown. nah ini pinjeman dari Uni gw. mantaapp..kecil. jangan tanya kualitasnya. jelek. abis disteril harus diangin2in dulu biar kering. haha. ada harga ada kualitas. gw pernah browsing harganya cuma 85ribu. tapi sangat membantu untuk di kantor.



4. Medela Cup Feeder
Pas newborn sampai 3 bulan ngajarin Kaysa minum ASIP tuh entah berapa air mata yang keluar deh. Kaysa tipe yang lama bisa minum ASIP pakai media apapun. awalnya pakai cup feeder ini karena gw ga mau Kaysa bingung puting. akhirnya kelarr nangis2 mulu tiap pakai ini. akhirnya setelah 1,5 bulan gw beli spout. nah sekarang pas Kaysa dah makan medela cup feeder ini sangat membantu buat Kaysa belajar minum air putih. sekarang Kaysa dah bisa minum pakai gelas lho. terharuuu.. jadi kalau pergi2 tinggal beli Aqua gelas. lumayan ga perlu bawa botol



5. spout MagMag Pigeon Import
ngenalin ini juga taunya dari milis asiforbaby. seneng banget nemu ini. ini bukan dot ya. karena kalau dibalik ga tumpah ASINya. dan kekenyalannya juga beda ma dot dan bentuk spoutnya ga kayak puting. that's why ini recommended. akhirnya pas umur 3 bulanan Kaysa lancar minum pakai ini. yeayyyyy. emang tiap bayi beda. jadi cobain aneka media pemberian ASI yang cocok buat anak kita.



6. Cooler box Puku
nah selain tak berkompor di lantai gw juga ga ada kulkas. pe er banget deh tiap abis pompa harus turun ke bawah nitip di kulkas. mau beli kulkas sendiri ma busui2 lainnya ga dibolehin kepegawaian. bahh! duit2 kita ya padahal, cuih. mana lift kantor lamanya kayak nunggu jodoh, jadi akhirnya gw beli coolerbag Puku ini. harganya cuma 75ribu dan ASI awet sampai 24 jam. gw sering rapat di luar seharian dan awet 14 jaman. kekurangannya 1 berat. eh 2 deng sering dikira jualan es ma abang angkot. haha



7. Plastik ASI Natur
Nah kalau ini penyelamat di kala susah. gw tiap ke kantor bawa 7 botol ASI. tapi kadang ada aja kan masalahnya. lupa nyatuin ASI di 2 botol kepisahlah setelah suhunya sama, dll. jadi gw selalu siap Plastik ASI ini di kantor. dan kalau training juga biasanya bawa kantong ini aja biar ga berat. abisan Cooler boxnya aja dah segede2 gaban gitu.



8. Bra Menyusui
gw beli yg merk Ejese. nah ini bagus sih. gw juga punya yg pakai kawat merk Sorella. gw pernah salah posisi kawatnya kurung turun, jadi agak kejepit dikit (apanya sin? haha), nah gak lama langsung saluran ASInya mampet, jendul2 gitu. ngilu maliihh. alhasil gw sesiangan pijit PD di kamar mandi pakai lotion. hiks. kapok. ehtapi kalau pakai Kebaya gw pakai yg berkawat sih..

9. Bantal menyusui
nah ini nih yg ga kepake. baru mau dipakaiin ikat pinggangnya tuh bantal dah keburu nsngis anaknya. kelaaar. fotonya ada disini yaa..

10. Cairan Pembersih Botol Sleek
penting banget ya masuk sini. haha. ya mana tau ada yang nanya.. ini stock juga di kantor beserta sikat botolnya. senaaangg..

Happy shopping ya buibu

Wednesday, July 4, 2012

Apple and Sweet Potato Soup

1 comments
Mau bagi resep kesukaannya Kaysa. sumber dari sini: http://www.homemade-baby-food-recipes.com

2 tsp flour
2 tsp unsalted butter
6 fl oz (3/4 cup) low sodium orhomemade chicken broth
2 tsp applesauce (use our recipe above)
6 oz (3/4 cup)sweet potatoes(cooked)
pinch ground ginger (optional)
pinch ground cinnamon (optional)
4 fl oz (1/2 cup) milk (use breast milk or formula if you prefer)
Melt the butter in a heavy saucepan and stir in the flour.
Cook, stirring constantly, until the flour/butter mixture turns golden.
Pour in the broth slowly, stirring constantly, then add the applesauce, sweet potato, ginger and cinnamon.
Bring the mixture to the boil, then lower the heat until the mixture is simmering gently.
Cook for 5 minutes.
Puree the mixture (either by transferring to a food processor in batches, or using a hand blender in the pot), then return it to the saucepan.
Pour in the milk, warm through gently - and serve.

yummyyyy.. gw aja doyaaannn.. tapi gw ga pakai ginger karena takut Kaysa ga suka..Happy Cooking.. ohya buat yang nanya gw dah kenalin Kaysa unsalted butter dari 7,5 bulan. hehe.. alasannya karena gw pernah baca di milis mana gitu kalau dalam Mpasi yang paling penting variasi makanan. karena risiko bayi alergi cuma 10% dan ga lebih bahaya daripada bayi kekurangan nutrisi. dang! berasa ditampar saya. jadi sejak saat itu gw puter otak berkali2 (kayak yang punya!) gimana caranya semua kebutuhan makan Kaysa terpenuhi. susah banget lho buat gw. secara gw ga ngerti mana yang masuk sayur, buah, protein nabati, hewani, haha.. semangat belajar!!
 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template