Wednesday, August 4, 2010

Asuransi Kesehatan Mama

Yak setelah berabad2 janji mau posting ini, baru sempet ambil polis semalam setelah mengonggok 3 mingguan di rumah agen asuransi *sok sibuk*. kalau mau lihat postingan sebelumnya, bisa dibaca disini

Asuransi kesehatan yang gw ambil adalah Program Prolife Plus - 05 dengan tambahan Healthsafe Plan NE-1 (Manfaat Rumah Sakit dan Pembedahan) dari Manulife.preminya gede banget pusing pala gw juga! haha lebay. karena umur nyokap gw dah 51 tahun premi yang gw bayarin 8,112,800 (prolife plus 4,371,800 + healthsafe 3,741,000) selama 5 tahun dengan Uang Pertanggungan terendah (pelit!) yaitu 75juta dan dengan rate kamar per harinya 300ribu. gw jelasin satu satu yaa..

apa itu program prolife plus - 05?
Program Prolife Plus 05 itu program asuransi dengan perlindungan seumur hidup. sebelumnya gw tertarik ambil program Proactive karena preminya lebih kecil cuma 6 jutaan. Nah sidik punya sidik ternyata kalau Proactive ini setelah habis pembayaran premi dan gak ada klaim, uanglo hilang.kalau Prolife Plus perlindungannya sampai umur 99 tahun. kalau lebih dari 99 tahun belum meninggal pun uang pertanggungannya pasti keluar. hmm that's why Prolife lebih mihil.

Kedua kenapa namanya Prolife Plus -05?
Pertama kata Plus disini menunjukkan bahwa ada additional benefitnya selain asuransi jiwa dan kesehatan, yaitu Nilai Tunai Yang Dijamin. mulai pusing? mari dibahas..

jadi kalau Prolife, setiap tahun ada nilai tunai yang dijamin.
akhir tahun polis ke-1 : 975k
akhir tahun polis ke-2 : 4,275k
akhir tahun polis ke-3 : 7,875k
akhir tahun polis ke-4 : 11,775k
akhir tahun polis ke-5 : 16,050k, dst

Nilai tunai ini banyak manfaatnya:
1) kalau misalnya lo mau batalin asuransi ini ditahun kedua, maka lo terima sebesar nilai tunai yang dijamin(Uang pertanggungan 75 jutanya hilang yaa) yaitu 4,275k, tahun ke-3 7,875k, dst. tapi booo' di tahun kedua kita dah bayar 16 juta kalau dibatalin cuma dapat 1/4nya 4,275k. gokil! haha

2) selain itu, nilai tunai ini bisa digunakan untuk keperluan mendesak. misal sampai umur 80 tahun nyokap ga meninggal2 (alhamdulillah), maka nilai tunai ini bisa diambil. tapiii Uang Pertanggungannya 75 juta hilang.

3) Automatic premium loan
Nah kadang2 karena kesibukan lo lupa bayar premi (jangan sampai amit2), kalau setelah masa tenggang (grace period) 45 hari lo belum bayar juga, nilai tunai ini bisa digunain untuk bayarin premilo dengan asumsi nilai premilo maksimal 80% dari nilai tunai (setelah dikurangin tunggakan lainnya, haha).

tapi ya Buuuu untuk poin 3 ada bunganya dan bersifat majemuk, makanya gw bilang jangan sampai amit2. haha

nah setelah kata plus apa makna 05?
05 disini maksudnya dengan bayar prolife plus dalam 5 tahun saja, kita bisa dapat pertanggungan seumur hidup. jadi gw cuma bayar premi 5 tahun, tapi bisa dapat Uang Pertanggungan kapan pun nyokap gw meninggal *ketok2 meja*

Lanjut, Apa itu Healthsafe Plan Ne-1?
Healthsafe Plan adalah manfaat perawatan rumah sakit dan pembedahan. tapi ini cuma rawat inap yaa rawat jalan hanya berlaku akibat terjadi kecelakaan (padahal gw maunya yang rawat jalan biasa. tapi gak ada euy). nah NE-1 menunjukkan jenis kamar yang gw pilih. jadi ada 6 pilihan kamar mulai dari Rp 100,000 sampai Rp1,500,000 per hari. nah kalau NE ini kamar yang ratenya Rp300,000. murah ya?haha anak pelit! gw sengaja ambil yang ini. dengan asumsi alhamdulillah nyokap gw ga pernah sakit besar seumur hidup gw. paling parah patah tulang karena jatuh di kamar mandi. nah mengingat risk and benefitnya itu jadi gw ambil yang menengah aja. kalau lebih mahal nanti gw tambahin sendiri.

Untuk yang NE-1 ini yang gw dapat (dalam ribuan):
Rawat Inap
Biaya kamar/hari (maksimum 120 hari): 300
Biaya unit perawatan intensif (ICU,dll): 600
Biaya kunjungan dokter di Rumah Sakit/hari: 150
Biaya umum RS (rontgen, administrasi, dll): 9,000
Biaya pembedahan:
Tipe A (pembedahan berat macam pencangkokan ginjal, hati, rekonstruksi payudara,dll): 30,000
Tipe B(pembedahan lumayan berat macam pembuangan kelenjar tiroid, limpa, kantung kemih,dll): 22,500
Tipe C (pembedahan lumayan ringan macam operasi usus buntu, hernia ringan, dll): 12,500
Tipe D (pembedahan ringan macam operasi tumor gw kemarin, penyunatan,dll) : 6,000

Biaya konsultasi dokter rujukan/hari: 300
Biaya ambulans: 200

Rawat Jalan
Biaya sesudah rawat inap (misal dianjurkan dokter untuk konsultasi lagi setelah rawat inap): 600 (includes konsultasi dokter, obat, CT Scan, MRI, dll)
Biaya Rawat Jalan akibat kecelakaan: 1,200
Biaya perawatan kanker per tahun polis : 30,000
Biaya perawatan cuci darah per tahun polis : 9,000
Biaya perawatan oleh juru rawat setelah rawat inap/ hari (maks 30hari): 100

Manfaat lainnya:
Santunan meninggal (buat kuburan, dll) : 3,000
Manfaat pertolongan saat darurat: ada (ga jelas ni apaan,haha)

semuanya dibayar setiap kali mama gw sakit, kecuali cuci darah dan perawatan kanker yang ada nilai maksimalnya yaitu 30juta dan 9 juta per tahun(pls see above). nah enak yaa gak ada jumlah maksimalnya..tapi siapa coba yang mau sakit? jangan sampai ya Allah..

apalagi yaa?Ohiyaa..
Nah hal yang perlu dinoted sbb:
1) memang untuk prolife plus cuma dibayar selama 5 tahun. tapi kalau kita mau dapetin manfaat Healthsafe ini terus, kita boleh perpanjang polis Healthsafe aja sampai umur mama 65 tahun. untuk premi healthsafenya aja 3,741,000 (see above) sampai umur 59 tahun, dan 6,999,000 untuk umur 60 sampai 65 tahun.

2) maksimal health benefit yang ditanggung perus asuransi sampai umur 66 tahun aja

3) untuk ortu yang lebih dari 60 tahun ga bisa dimasukkan ke asuransi dan makin tua umur ortu kita makin mahal preminya. sigh! ini yang bikin gw mikir ulang ikutin bokap gw asuransi. bokap gw umurnya 59 dan preminya mihil semihil2nya. haha.. 12 juta boook buat yang Prolife. gilak!

4) pembayaran asuransi kesehatan sistemnya cashless. mama tinggal ke RS rekanan, nunjukin kartu Manulife, endebre endebre, selesai. nah masalah total biaya melebihi plafon gw juga ga ngerti. baru besok dihubungin lagi ma agen asuransi gw. makasih tante =D . kemarin gw dah dikabarin ma agennya kata doi kalau total biaya rawat inap melebihi plafon kita tinggal bayar sisanya di rumah sakit. jadi ga perlu berhubungan sama Manulife lagi. cakeep, praktis!

5) sebenarnya ada juga yang sistem reimbursement. ini preminya lebih murah. karena gw anak congkak males ribet2. hehe

6) sebelum memutuskan ambil premi yang mana ada baiknya lo trials and error dulu. coba beberapa skema buat dapet premi yang pas di kantong. variabel yang bisa diubah (tsaaah) jenis asuransi (Proactive, Prolife, dll), besarnya Uang Pertanggungan, jenis kamar, dll.

7) asuransi kesehatan baru bisa digunain 2 bulan setelah masa berlaku polis.

8) karena sebelum diapprove mama dites dulu di Prodia jadi bisa ketahuan tuh penyakit2 apa aja yang diderita mama. nah semua penyakit yang memang sudah ada 2 tahun terakhir sebelum polis diajukan (preexsiting condition), semua penyakit terkait preexisting condition ini baru bisa diklaim 2 tahun setelah polislo keluar. ngerti ga? misal nyokaplo punya penyakit jantung. nanti kalau kurang dari 2 tahun penyakitnya kumat ga bisa diklaim dulu. setelah 2 tahun baru bisa.

9) kalau gw baca di bagian pengecualian penyakit yang ditanggung pokoknya semua penyakit yang berbau2 rawat jalan ga ditanggung. misal sakit gigi, kacamata, medical check up, kelahiran, imunisasi, bedah kecantikan, dll.


Nah sekarang bahas apa itu Nilai Tunai Pertanggungan Tambahan (NTPT)?
Jadi selain Nilai Tunai yang dijamin kita juga bakal dapat hak atas distribusi surplus Manulife. tapi ini nilainya ga pasti yaa..jadi nanti kalau kita mau cairin sebelum masa pertanggungan berakhir total nilai tunai yang kita dapatkan adalah = Nilai Tunai yang dijamin + Nilai Tunai Pertanggungan Tambahan

Terakhir apa yang dimaksud dengan Nilai Pertanggungan Tambahan?
Cuma beda kata Tunai doang di tengahnya yaa, tapi artinya beda banget. kalau NTPT ditambahin ke Nilai Tunai yang dijamin (bagi yang cancel di tengah jalan), NPT ditambahin ke Uang Pertanggungan (bagi yang melanjutkan asuransi sampai akhir masa pertanggungan). jadi selain kita dapat nilai tunai (kalau yang mau cancel ditengah jalan kan tinggal ambil ini) naahh bagi yang terus melanjutkan asuransi sampai akhir masa pertanggungan dapat tabungan tambahan NPT ini. jadi setelah tahun ke5 UP kita gak hanya 75juta tapi bisa meningkat even sampai 122,120,000 di umur 99 tahun. ini juga alasan Prolife mihil. makanya sayang kan kalau dicairin nilai tunainya. tunggu sampai berakhirnya masa pertanggungan aja (semoga mama panjang umur, amiiinn) . rumusnya : Total Santunan Kematian = Nilai Pertanggungan Tambahan + Uang Pertanggungan

Bahh panjang bener penjelasan gw, semoga yang baca ngerti yaa. percuma nulis panjang2, haha

2 comments:

Dwi Jayanti said...

nta,, baca yang ini g berasa lagi mo ngaudit premium income sama reserve klien2 asuransi g,, seneng sih bacanya,, tapi kaya nightmare gitu jadinya,, :))

Shintano said...

Hahaha. Sama gw juga kalau baca koran ada kaitannya ma klien gw, kepala gw langsung pusing.berarti pengertian gw tentang asuransi bener ya Je?

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template