Tuesday, August 3, 2010

Invest! Invest! Invest!

Aloha *tari hula2*..

Gw sebenernya rancu mau posting ini. takut dibilang riya.tapi dipikir2 yang penting kan niatnya yaa.gw nulis ini untuk kasih info bagi kalian yang mau invest. setelah ngendon di draft akhirnya gw publish juga..

Berhubung gw dan tim dah bekerja keras 2 minggu kemarin jadi gw dkk kemarin cabut mumpung si Maam lagi cuti ke US *mupeng*..

Kemarin banyak banget points to do nya tapi baru kesampean 4 point berikut:
1. buka deposito
2. print semua buka tabungan
3. beli LM
4. nanya2 reksadana syariah

ohiya gw mau cerita dulu kenapa gw pilih syariah. jadi sejak pakai jilbab gw berusaha sebisa mungkin ngejalanin agama gw dengan lebih mantap, baik perbuatan maupun penampilan. berhubung kalau perbuatan susah banget dilaksanain *apalagi bagian ga boleh ngomong bokep,haha* jadi gw mulai benahin dari hal2 yang kecil dulu. nah salah 1nya ini. inget kan prinsip gw "Yang penting usaha dulu* jadi setelah pakai jilbab usaha gw selanjutnya untuk masuk surga ya ini..buka tabungan syariah!

gw pernah baca hadits intinya gini:
"Hai orang yang beriman sesunguhnya diharamkan bagimu mendapatkan, memberikan, menghitung, dan memperhitungkan riba."

Bah jadi bukan cuma dapat riba yang haram tapi menghitung dan memperhitungkan juga haram.. ih sereemm.. langsung gw berpaling ke Bank Syariah. si Ompimpa jadi ikut2an ke bank syariah juga dengar alasan gw. hehe.. tapi karena Ompimpa PNS gajinya ditransfer ke BRI. jadi BRInya masih ada. eh tapi dia juga ada Mandiri sama BNI deng. tau deh ada uangnya apa gak. I'll check it *istri kepo*

Jadi balik ke masalah prinsip ya teman2.. kebetulan prinsip gw ini =)

Nah back to the topic.. kemarin gw akhirnya give up nyimpan valas. makin kesini harga beli USD makin turun. dari 9200 sekarang 8400. valas Ompimpa *tentu punya Ompimpa!mana punya gw* yang dah ngendon di rumah seumur pernikahan gw akhirnya gw depositoin. jadi pas mau nikah bossnya Ompimpa nyuruh Ompimpa company visit ke Malaysia. pas awal denger emosi jiwa gw. masa Ompimpa disuruh kerja sampai H-2 hari pernikahan? untung gw bukan orang Jawa. kalau orang Jawa keluarga gw dah marah2 kali yaa.. tapi...ternyata bossnya Ompimpa justru baik. uang dinasnya gedeeee..alhamdulillahh.. jadi hitung2 ini hadiah dari bossnya. alhamdulillaaahh...emang Allah baik banget. padahal kerjaannya cuma Company visit doang ke Petronas, tapi jadwal jalan2nya padet beneerr..setiap gw telepon sebentar ya yang Aa lagi ke Penang diajak jalan2 sama EOnya. bahhh lebih penting jalan2 daripada gw. tapi gw bakal gitu juga siih.haha..

nah setelah pikir2 sayang kalau tuh uang didiemin. sambil nunggu exchange ratenya membaik gw depositoin dulu aja. nisbahnya di bank gw 16% yaa. ga tau deh itu bagus apa gak. haha..

tugas kedua gw nanya2 reksadana syariah. ohiya setelah browsing sana sini, tanya temen, baca2 literatur tentang haram gaknya main saham, akhirnya pendapat financial planner Ahmad Gozali (twitternya @ahmadgozali) yang paling mengena di logika gw. menurut dia main saham itu halal selama produk yang dibeli juga produk syariah atau perusahaan2 yang bergerak di bidang syariah.

Daftar Reksadana Sesuai Syariah (data diambil dari sini)
No Nama Reksadana--Jenis Reksadana--Manajer Investasi

1. BNI Dana Syariah--Pendapatan Tetap--BNI Securities
2. I-Hajj--Pendapatan Tetap--Insight Investments Management
3. Mandiri Investa Dana Syariah--Pendapatan Tetap--Mandiri Manajemen Investasi
4. Medali Syariah--Pendapatan Tetap-- Mega Capital Indonesia
5. PNM Amanah Syariah-- Pendapatan Tetap --PNM Investment Management
6. Reksadana Syariah Batasa Sukuk-- Pendapatan Tetap-- Batasa Capital
7. TRIM Syariah Sukuk-- Pendapatan Tetap-- Trimegah Securities
8. BNI Dana Plus Syariah-- Campuran-- BNI Securities
9. Capital Syariah Fleksi-- Campuran-- Recapital Asset Management
10. CIMB-Principal Islamic Balanced Growth Syariah-- Campuran-- CIMB-GK Securities
11. Cipta Syariah Balance --Campuran
12. Danareksa Syariah Berimbang --Campuran-- Danareksa Investment Manegement
13. Euro Peregine Syariah Balance Plus-- Campuran-- Eurocapital Peregrine Securities
14. IPB Syariah-- Campuran-- Kresna Graha Securindo
15. Mandiri Investa Syariah Berimbang --Campuran-- Mandiri Manajemen Investasi
16. PNM Syariah-- Campuran-- PNM Investment Management
17. Syariah Batasa Kombinasi-- Campuran-- Batasa
18. Mega Dana Syariah --Campuran --Mega Capital Indonesia
19. Schroder Syariah Balanced Fund-- Campuran-- Schroder Investment Management Indonesia
20. TRIM Syariah Berimbang-- Campuran -- Trimegah Securities
21. Batasa Equity Syariah-- Saham --Batasa
22. CIMB-Principal Islamic Equity Growth Syariah --Saham --CIMB-GK Securities
23. Cipta Syariah Equity --Saham
24. Fortis Pesona Amanah --Saham --Fortis Investments
25. Mandiri Investa Aktraktif Syariah-- Saham-- Mandiri Manajemen Investasi
26. Manulife Syariah Sektoral Amanah-- Saham-- Manulife Asset Management
27. Mega Dana Saham Syariah-- Saham
28. PNM Ekuitas Syariah-- Saham --PNM Investment Management
29. BNIS Dana Saham Syariah --Saham --BNI Securities
30. Si Dana Saham Syariah --Saham
31. TRIM Syariah Saham --Saham --Trimegah Securities
32. Batavia Proteksi Syariah Mataram --Terproteksi
33. CIMB Islamic Sukuk I Syariah --Terproteksi-- CIMB-GK Securities
34. Lautandhana Proteksi Syariah 1 --Terproteksi Lautandahana
35. Mandiri Syariah Terproteksi Pendapatan Prima 1 --Terproteksi-- Mandiri Manajemen Investasi
36. Mandiri Syariah Terproteksi Pendapatan Prima 2 --Terproteksi --Mandiri Manajemen Investasi
37. Mandiri Syariah Terproteksi Pendapatan Prima 3 --Terproteksi --Mandiri Manajemen Investasi
38. RDT Mandiri Amanah Syariah Protected Dollar Fund --Terproteksi --Mandiri Manajemen Investasi
39. TRIM Syariah Terproteksi Prima 1 --Terproteksi --Trimegah Securities
40. TRIM Syariah Terproteksi Prima 2 -- Terproteksi --Trimegah Securities
41. Danareksa Indeks Syariah Indeks Danareksa Investment Manegement


bahh ternyata ada buanyaaakkk. where i have been? makasih pak Ahmad Gozali =)

begitu tau ini langsung gesit saya ke bank. di bank gw ada reksadana syariah. ada 2 tipe. yang 1 uangnya buat beli saham blue-chip. 1 lagi yang high risk. nah kalau yang blue-chip gw bakal diauto debet setiap bulan 1 juta sampai 12 bulan. haduh gede yaa *langsung jiper*. gw cuma budgetin paling banyak 300k. bahhh gagal..coreeet..

kalau yang high risk (ini yang dianjurkan untuk usia under 35 y.o)gw cuma disuruh bayar sekali.. behh langsung duduk anteng, pasang kuping, mata kedap-kedip *tabok nii!*, bayarnya berapa mas? 25juta aja! *pingsaaaann*.. gagal sudah punya reksadana syariah di bank ini. cari yang lain.. tapi emang kalau yang syariah mahal2 deh. asuransi syariah di manulife aja bedanya lumayan jauuh..

tugas ketiga print semua buku tabungan termasuk tabungan pendidikan anak gw. hihi lucu deh pas liat. kenapa gw terharu yaa.. alhamdulillah walaupun anak gw belum lahir uang masuk palygroupnya dah kekumpul..

yang lebih kaget waktu gw jumlahin tabungan gw alhamdulillah uang kuliah Ompimpa buat tahun depan juga dah kekumpul *dengan asumsi kuliahnya 2 tahun! awas lho A lewat dari 2 tahun!haha ngancem*. super yeay yeay yeay.. no words can describe my feeling.. gw mulai rumah tangga dari nol dan gw nabung super keras *emang iya?* buat ngumpulin target keuangan kita 1 tahun ke depan dan akhirnya kita bisa sampai ke titik ini dalam waktu 9 bulan. alhamdulillaaahhh.. kuncinya: rajin2 shalat Dhuha.

abis dari bank lanjut ke Melawai buat beli logam mulia (LM). begitu sampai di depan Melawai persis, gw baru sadar kemarin hari Senin. kalau Senin kan toko emas Kaliem ga buka *berjalan lunglai sambil beresin otak yang berarakan*. akhirnya gw coba nanya di toko emas langganan gw lainnya (toko Mutiara) dia bilang dia jualnya 100gram. lha buset emang muka gw muka orang kaya apah! gw tanya yang jual 10 gram dimana ya Mas? dia bilang coba ke toko Cantik. begitu dateng langsung dikasih harga 357k per gram. padahal harga di www.harga-emas.com kemarin 358,100. gw langsung excited dan cuma nawar 20ribu jadi 3,550k. abis dikasih harga kok gw malah ragu yaa. gw pasang muka cuek gw bilang ehh bentar deh mas saya cek harga dulu. mas2nya BT. maaaffff...

akhirnya gw keliling2. di toko kedua dikasih harga 4,115k. di toko ketiga 4,225k,beh makin mahal, akhirnya balik ke toko pertama *sambil ngumpulin harga diri*. begitu datang muka Mas2nya songong. pas gw bilang "saya mau deh mas LM yang tadi" si mas cuma nengok ke Mbak2 di sebelahnya *tetep dengan muka songong* ternyata passs banget emasnya ditawar ma si Mbak. bahhh gw mah ga mau ngemis2. sori dori. gw cuma bilang "Ok". padahal dalem hati "makan tuh cek harga!* haha..

abis itu emosi meluap2 bukan karena ga dapet emasnya tapi karena mas2nya songong dan ngerasa menang akhirnya gw tetep usaha ke toko lain dan semuaaa harganya mihil. mau nangis. pas toko di pojokan namanya Idola which is gw nanya dah sambil males2an ternyata dia jual LM. pas gw tanya dia kasih harga 3,537,500. alhamdulillah. gw tetep cool nawar 3,5 juta ya Koh. dia akhirnya hitung2 dan gw dikasih harga 3,510,000. horay horay horaaayyy...

pengen banget tuh gw tempel kwitansinya di muke mas2 songong di toko Cantik. haha dendam =D.

abis itu gw telepon Ompimpa dengan perasaan mengharu biru. padahal cuma beda 40ribu tapi material banget ini dalam dunia peremasan.haha.. abis nelepon eh si Ompimpa ga mau kalah minta dicariin emas dinar atau dikenal dengan emas ONH yang buat tabungan haji itu. gw dah tanya ke 4 toko ternyata memang di Melawai cuma toko emas Kaliem yang jual. yasulah ga rejeki Ompimpa. haha

tips keuangan keluarga kecil gw:
1. tentuin tujuan keuangan yang mau dicapai
2. targetkan dalam berapa lama tujuan itu mau dicapai
3. alokasikan jumlah yang mau dicapai tiap bulan ke berbagai tipe investasi: tabungan, deposito, asuransi, emas, and the next reksadana saham (amiiinn). remember "Don't put your eggs in one basket". jadi investasi itu harus disebar2 untuk minimize risiko.
4. dibuat aja cashflow per bulan buat kontrol kita dah sampai mana sih menuju titik tujuan ini. kalau kata Ligwina Hananto jangan sampai kita dah masuk tol tapi gak tau mau kemana.
5. fokus ke tujuan. ini ni yang paling susah. kadang pas mau capai tujuan ada aja godaaannya. hape baru lah, diskonan mobil lah, rumah tetangga yang dijual lah (kalau yang ini ga tertarik sama sekali, ga mampu! haha)
6. banyak2 salat dhuha. ini dah gw lakuin dari SMP *well pas kuliah sempet terputus sih*. sejak dilakuin lagi alhamdulillah rejeki ada aja. giliran pas gw ga sibuk, rejeki banyak di Ompimpa. ahh Allah maha adil
7. sering sedekah. dulu gw pelit i mean kalau mau ngasih pengamen maunya yang suaranya bagus, ga mau ngasih anak kecil, dst. sekarang gw coba ikhlas kasih mereka uang tanpa memandang suaranya bagus apa gak. yang penting niatnya buat sedekah titik.

pas pulang seneeeeng bangett.. emang kalau rejeki sedikit tapi disyukurin rasanya beda yaa. hatilo adem! inget setiap uanglo harus ada tujuannya. jangan dianggurin. setelah ini tujuan uang gw adalahhh buat beli mobil atau rumah. another big expenditures. fiuhh!! doakan keluarga kecil kami =D

10 comments:

Unknown said...

wah,,,mantep banget niy invest nya....

Shintano said...

Alhamdulillah..ayo riesta juga semangat investnya..*mengepalkan tangan* haha

Unknown said...

Mau tanya donk yg auto debit 1 juta sebulan itu di bank mana? Jd ga ambil reksadana Syariahnya ya..?

Saya ambil di Mandiri syariah RD Saham syariah ga mahal kok. Ambil pertama min 1 juta, tp selanjutnya min 500ribu aja, bisa kapan aja klo ada uang :)

Shintano said...

Iya bener mas BSM. Lha kok customer servicenya bilang begitu. Ahh unreliable nii. Makasih banyak infonya yaa..

Mrs.21 said...

Salam kenal Mbak, nemu blog ini dr googling reksadana..

thanks for sharing & love the post.

jadi 'kesentil' lg ttg hal yang aku lama tinggalin : sholat dhaha & sedekah.

Aku jd jaraang bgt kasih2 receh gara2 liat di tv pengemis yg penghasilannya gede.

tapi akhirnya, sebenernya tergantung dr niat kita.

& sama mba aku lagi bebenah diri utk reformasi finansial *duhh berat bener istillahnya*

Shintano said...

ahh senangnya ketika gw nulis ada manfaatnya buat orang lain. semoga kita bisa jadi org yang lebih baik lagi yaa..

hayoo semangat reformasi finansialnya =)

lomita said...

shin, kalo boleh tau buka tabungan pendidikan anak di bank mana ya?
bedanya sama asuransi pendidikan apa ya?

sempet baca tentang asuransi pendidikan anak di prudential syariah, menarik juga....
*pdhl nikah aja belum hehehe*

Shintano said...

Buka di Bank Syariah Mand*r* mit. Gw ga tau sih bedanya apa. Tapi denger2 sih Bum*put*ra asuransi pendidikannya bagus Mit.

Sebenernya itu bisa buat apa aja sih mit. Jadi misal lo mau nyiapin dana 50juta buat anaklo, nah lo harus nabung sekian tiap bulannya. Kayak AXA Mandiri bukan sih? Padahal mah suka2 lo buat apaan tuh uang, ga harus buat pendidikan.

Gw coba compare ma pro lifenya Man*life (asuransi kesehatan+jiwa) nyokap gw, untuk jangka waktu yg sama ma asuransi pendidikan B*M gw (seinget gw 20 tahun), lebih gede dapet di B*M lho.

Bahh kenapa jadi panjang banget inih? Haha.

lomita said...

shinta...
aku jd tertarik ni pengen nabung di BSM...skalian pengen buka tabungan pendidikan juga...

boleh minta info gak seputar tabungan BSM sama tabungan pendidikan di BSM?
udah buka web nya tapi kurang begitu jelas ya, mau ke bank nya langsung agak susah ijin dari kantor ni...

if you don't mind,boleh kirim via japri? ke black_lover_gurl@yahoo.com

many thanks in advance yaaa....;)

Shintano said...

Lomi gw kan Oon ya dalam hal menjelaskan gw add ymlo yaa..terserah deh lo mau nanya apa. Don't hesitate to ask me ya lomii..

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template