Thursday, June 17, 2010

Cara Mencegah Kanker Serviks

Emang dasar gw kepo,pas tahun lalu liat tas klien tulisannya "Selamatkan Wanita dari Kanker Serviks" langsung nyari tau apa itu kanker serviks. Oalahh kanker serviks tuh kanker mulut rahim toh.haha

Dan baru tau tahun lalu juga kalo kanker serviks ini pembunuh nomor 1 di Indonesia. Yang keduanya kanker payudara.Beh langsung klak klik klak klik browsing.

Yang namanya kanker sampai saat ini belum diketahui penyebabnya. Ada beberapa penilitian yg bilang karena pola hidup (makanan, olahraga,dll), hormon, genetis,dll.

Salah 1 penyebab kanker serviks adalah keputihan yang sering.keputihan sebenernya ga masalah selama warnanya ga kuning dan berbau seperti tape.

Selayaknya penyakit kanker lainnya yang ga ada symptoms jadi kita harus jaga2 sedini mungkin..

Ini rangkuman hasil browsing dan nanya2 temen yg dokter cara mencegah kanker serviks:
1) Pakai underwear dari bahan yang menyerap keringat

2) Setiap habis iis jangan lupa dilap pakai tissue

3) Pas tidur sebaiknya jangan pakai CD

4) Habis berhubungan suami istri jangan langsung tidur. Cuci dulu sampai bersih.maaf ya agak2 jorok cara bersihinnya buka labium (bibir vagina) dengan jempol dan jari manis, lalu masukkan jari tengah.lakukan gerakan memutar hingga semua cairan keluar.

5) Kalo bisa pake pantyliner jadi bisa langsung diganti pas keputihan.tapi inget pantyliner harus diganti setiap 4 jam sekali.

6) Sering2 lakuin papsmear. Kalo bisa 6 bulan sekali. Tapi 1 tahun 1x juga gapapa.

Nah kalo yang ini berdasarkan pengalaman sendiri kok gw pake cairan pembersih Ms V malah memicu keputihan ya? Kalo kata temen gw cairan ini bikin pH Ms V berubah2. jadi memacu keputihan deh..

Semoga bermanfaat ya teman2..

2 comments:

Bonnie said...

Shin... nikah blon sampe 6 bln boleh papsmear gak ya *parno*

Shintano said...

boleh kok Bon

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template