Wednesday, June 30, 2010

Fibroadenoma Mammae

Udah lamaa banget mau nulis ini tapi lupa mulu..gw dulu pernah kena tumor jinak di payudara namanya Fibroadenoma Mammae (FAM). Thx God cuma tumor, kalo ganas namanya kanker.

Yang bedain fam dengan kanker adalah fam bentuknya bulat atau oval, kenyal atau padat, dan biasanya mobile mengikuti arah gerakan ketika ditekan. kalo fam gw bentuknya kayak busa kenyal gitu. normalnya berwarna putih. beberapa literatur bilang rasanya nyeri tapi gw sih ga berasa apa2. ukuran fam biasanya 1-5cm, kalo 15cm namanya giant fam. ukuran fam gw 1,5cm. kalo lebih dari 2cm ada kemungkinan kanker.

Pas abis diperiksa dokter, gw disuruh tes darah (200k an) USG dan torax (total 700k an). pas torax kita disuruh lepasin semua atasan. yak betul semuanya.dan jangan ada benda logam sedikitpun. buat yang berjilbab semua peniti dan penjepit jilbabnya juga harus dilepas. terus kita disuruh pakai baju kimono gitu. pas mau ditorax dagu ditempelin di alatnya, tangan menyamping, dan posisi badan nempel persis ke alat.kalo posisi belum bener atau masih ada peniti dia nyuruh kita benerin. abis itu nunggu 10 menitan untuk hasilnya.

abis torax gw disuruh USG. pas di USG ternyata hasil torax udah keluar. ternyata gw skoliosis ringan. tulang tengkorak agak melengkung ke kanan. beda emang artis dangdut sering joget2 jadi skoliosis deh.haha..tapi untungnya skoliosisnya ringan cuma 1cm kalo ga salah.

abis itu gw disuruh tidur terus diolesin kayak minyak gitu (persis kayak USG kehamilan *sok tau hamil aja belum*) untuk memudahkan dia scanning benjolan. pas discanning mukanya ga enak. dokternya nanya gw pertama kali nyadar sakit ini gimana. gw bilang ga sengaja keraba ada benjolan yang dalam waktu 2 minggu ukurannya dah 2x lipat. dia bilang untung gw langsung ke dokter. karena banyak wanita di luar sana yang anggap remeh benjolan dengan alasan mungkin mau mens.

terus abis cek yang kanan dia bilang iya ada benjolan suspect fam ukurannya 1,4x1,6 cm. kalo yang kiri ada benjolan kistik. terus dia manggil dokter seniornya. sambil ngasih tau arah jam 3, jam 9 apalah itu, terus dokter seniornya mengiyakan kalo ada kista di payudara kiri. ya Allah lengkap bener..
tapi untungnya kistanya kosong. jadi ga masalah. kista kan memang lazim ya. apalagi pas mens. tapi kista itu bakal ilang dengan sendirinya. nah kalo kistanya berisi cairan itu yang bahaya. alhamd..

oiya kenapa gw diUSG bukan dimammografi?
hasil browsing menunjukkan kalo mammografi diperkenankan bagi wanita usia lanjut. kalo wanita seumur gw apalagi belum punya anak sebaiknya diUSG aja alasannya karena fibroadenoma pada wanita muda tebal, sehingga tidak terlihat dengan baik bila menggunakan mammography. malah yaa kalo lo keseringan mammografi bikin rentan terhadap kanker. iiihh serem..

abis USG gw tes darah. hasilnya ga ada masalah sih cuma kurang minum. ya iya orang kantinnya RSCM di luar.ribet!

tahapan selanjutnya adalah penentuan kapan operasi. jujur gw ga takut sama sekali operasi. begitu ditanya kapan operasi Mba? gw jawab besok dok. tapi gw masih ga nyangka kenapa gw kena penyakit ini di umur segini. kata Bu Dokter justru memang fam ini lazim dialami wanita usia 20-25tahun. penyebab fam adalah karena kelebihan hormon estrogen. Biasanya ukurannya akan meningkat pada saat menstruasi atau pada saat hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.

oiya biaya konsultasi dokter onkologi (bedah kanker) di RSCM cuma 50k. murah banget ya? padahal gw ambil program swastanya (program Swadaya) bukan yang harus ngantri berjam2 di poliklinik.

abis nentuin tanggal dan jam operasi gw dianter petugas admin ke pendaftaran operasi. karena kemajuan teknologi anestesi yang memungkinkan operasi bedah tumor 1 hari aja artinya abis operasi bisa boleh pulang, jadi gw ambil program 1 day care ini. plus minusnya 1 day care biaya operasinya lebih mahal, tapi kan ga perlu bayar biaya rawat inap.

abis daftar petugasnya bilang besok bayarnya cash yaa ga bisa pakai kartu. haha baiklah.. kasian yaa.. biaya operasi 5,5juta + anestesi 250k.terus disuruh puasa 8 jam sebelum operasi. kalo minum air putih gapapa. total keseluruhan biaya mulai dari pre, operasi, dan pasca operasi sebesar 6,9juta.

besoknya gw operasi jam 9. kejadian lebih lengkap bisa dibaca disini.

pas operasi gw cuma inget gw diajak ngobrol gw takut apa gak, gw bilang gak, terus dokter anestesinya senyum. terus gw dah ga inget apa2 lagi. see operasi ga menakutkan kok. abis operasi gw bangun karena kaget terus tenggorokan dan hidung gw rasanya ga enak bangett. kalo kata dokternya itu efek samping dari anestesinya.gw operasi jam 10 jam 12 udah pulang. horay horaaayyy..

gw penasaran gw tuh diapain pas operasi? apa sih biopsi eksisi?
jadi gw itu diangkat jaringan tumornya secara keseluruhan (biopsi eksisi) karena lesi/ukuran tumor gw di bawah 2cm. kalo lebih besar dan suspect kanker biasanya dilakuin biopsi insisi. ini cuma ngambil sebagian aja sebelum masektomi (pengangkatan payudara) keseluruhan.

bagusnya 1 day care di RSCM dokternya mantau terus keadaan kita. jadi 2 hari setelah operasi gw ditelp dokternya dia nanya keadaan gw. gw ngalamin apa aja, dsb. terus gw ditanya2in tingkat kesuksesan operasi ini buat survey kecil2annya UI. biasa yaa FK UI kan pusat researhnya dokter2.

abis operasi jaringannya dibawa ke laboratorium untuk tes patologi anatomi. jadi jaringan selnya diteliti. baru deh ketauan ini fam atau kanker.

Thx God gw fam =D..

ribet yaa? jadi walaupun suspect fam belum tentu beneran fam. gimana orang2 pada ga takut ya? kesannya kalo operasi kan menyeramkan. padahal operasi ini cuma untuk ambil jaringan dan penentu kita sakit apa.

efek samping operasi fam:
1. tenggorokan sakit, muncul amandel. biasanya hari kelima hilang.
2. keluar darah dari hidung. biasanya cuma 1 hari

kalau secara fisik ga ada apa2 kok. bekas operasinya hanya akan meninggalkan luka atau jaringan parut yang nanti akan diganti oleh jaringan normal secara perlahan dan operasi ini juga mementingkan estetika. ga usah dibahas lah ya. intinya ga ada bekas =D

alhamdulillahnya lagi fibroadenoma ini sangat jarang atau bahkan sama sekali tidak dapat menjadi kanker atau tumor ganas =D

tapi dokternya wanti2 nyuruh gw lakuin SADARI (periksa payudara sendiri). caranya begini:



langkah 1-4 untuk liat apakah ada benjolan. no 5 untuk cek apakah keluar cairan atau bahkan darah. kalau 1-4 keliatan ada benjolan dan sifatnya ga mobile artinya kalo lo tekan ke kanan dia ga gerak ke kiri atau sebaliknya dan hasil periksa no.5 keluar cairan atau darah itu tanda2 kanker.

gimana sih bedainnya benjolan biasa sebelum mens dengan tumor ini?

kalau benjolan sebelum mens itu ga bermassa. artinya ga ada panjang dan lebarnya. haha. kalo benjolan sebelum mens kan luas yaaa sepanjang sisi payudara, kalau ini bentuknya kayak kelereng dan lo bisa megang bulatan ini.

ayo2 rajin2 ngelakuin SADARI seminggu setelah mens.. inget seminggu setelah mens jadi harusnya ga ada benjolan mens lagi kaan?

15 comments:

Cat said...

Salam kenal, saya menemukan blog kamu ketika sedang cari-cari soal FAM. Kebetulan saya ada FAM dengan ukuran 1,74 x 1,19 x 2,7 cm. Saya baca-baca setelah operasi, akan ada rasa nyeri pada bekas operasi tersebut. Dan mau tahu apakah bekas operasi tersebut besar dan menggangu? Mau tanya juga kalau saya baca-baca kan ga bahaya FAM ini, tapi kalau dibiarkan saja gimana?

Shintano said...

Hi Cat. gw sih ga nyeri samsek ya. jahitannya juga sekarang kayak garis gitu doang. kece deh pokoknya. terus kalau didiamkan katanya bisa jadi kanker Cat in the next 20 years maybe. jadi lebih baik dibiopsi. operasi kecil kok ini masuknya. sama kayak khitan kali ya. hihi,,

Risty said...

Mba, waktu itu operasi di RSCM ya?
Sama dokter siapa?
Yang One Day Care 5,5jt itu sama dr konsulen apa sama yg residen? Berarti kalo yg pake nginep biayanya di bawah itu?
Kalo tes darah thorax hari ini besoknya bisa lgsg operasi dong ya kaya mba?
Sori ya bnyk tanya, soalnya aku jg ada fam hampir 1cm dan mau operasi nih hihi
Thanks mba :)

Shintano said...

Hi Risty. sama dokter Diani Kartini. dokter muda dia. gw ga tau deh tuh dia dokter apa. tapi gw operasi di yang program swastanya (sori lupa namanya). gw bisa langsung operasi besoknya kok Risty. sehat2 ya. operasi kecil kok ini. semoga hasil patologi anatominya baik2 aja ya. amiiin

Risty said...

Aminn. Iya aku gak gak takut kok operasinya, cuma harus nyiapin duit nya aja yang bikin gak santai hihi.
Waktu itu begitu sampe RSCM daftarnya di depan yg loketnya banyak bgt trs bnyk org ngantri, atau lgsg ke klinik swasta yg mba bilang?

Shintano said...

langsung ke klinik swasta. kalau ga salah namanya Swadaya deh Risty

Tukang Nulis said...

aq mau biopsi eksisi tanya harganya kok 15-20 juta ya, ,agak kaget sih kok mahal banget ya. .

Shintano said...

Haii... ohya? kenapa mihil bener ya? tapi emang di RSCM ini murce bener sih. dokternya aja cuma 50ribu. mungkin normalnya segitu ya harusnya harganya. get well soon ya dear

Bano said...

Halo, mba.

mau nanya. klinik swadaya rscm ini beda sama rscm kencana ya?

makasih

Shintano said...

Sama mas. Kencana namanya. gws

Shintano said...

haduh ga ngerti deh mba. aku kebetulan 1 benjolan aja. kayaknya untuk keseluruhan operasi sih ya. tapi kalau beda payudara mungkin beda harga. hihi ga ngerti aku mba. get well soon ya mba

athaya said...

Mb sintha aku minggu dpn mau oorasi fam jg d rscm kencana sm dr diani kartini, gmn menurut mb , dktrnya bagus kn?

Shintano said...

InsyaAllah dokternya bagus. Teliti juga. Tapi ga komunikatif. Jadi harus kita yg nanya2

Caesyle Caesaro said...

Halo mba..salam kenal aku juga kena Fam ni..takut operasi..gmn yaa

Shintano said...

Ga usah takut. Operasi kecil ini. Gw malah bersyukur ketauannya pas baru tumor, kalau dibiarin nanti jd kanker *knockonwood

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template