Monday, May 10, 2010

Udang Goreng Mentega

Bukaan, gw bukan tipe cewe yang suka ke dapur. dulu terakhir ke dapur jaman SMP. SMA sampai kuliah gw ga pernah lagi masuk dapur. mungkin nyokap gw ga tega liat gw yang dah pulang malem harus masuk dapur.

nah sejak nikah, gw dengan didorong rasa sayang teramat sangat ma Ompimpa (yahh panjang deh idung gw), jadii gw coba masuk dapur. karena gw buta urusan dapur, gw beli buku ini:



terbitan TimDapurDeMedia.

bagus2 lhoo.enaak.. kecuali bagian minyak wijen yaa. biasanya gw ga masukin.

nah salah 1 favorit gw (red: cepet bikinnya cuma 30menit)Udang Goreng Mentega. ini resepnya:

Bahan:
500 gram udang ukuran besar
100 gram margarin

Bumbu:
3 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay, potong segitiga
2 buah cabai merah besar, iris serong
1 batang daun bawang, potong 3cm
1 sdt merica bubuk
2 sdm kecap manis
1 sdm minyak wijen (gw sih ga sukaa..oily)
1 sdt kecap asin
1/2 sdt garam
1/4 sdt kaldu bubuk

Cara membuat:
Kupas cangkang udang, sisakan ekornya. sayat bagian punggungnya, lalu cuci bersih. lelehkan margarin, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.

Masukkan udang, cabai merah, dan daun bawang, aduk hingga udang berubah warna. tambahkan bumbu2, masak hingga udang matang dan bumbu meresap.Angkat, sajikan.

Hasilnya:




kata Ompimpa, nyokap, dan bokap gw enaak. selamat mencoba =)

0 comments:

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template