Sunday, May 16, 2010

Cara membuat SKCK

Hayoo dah daftar Depkeu belum? Lagi buka lho sampai 29 Mei ini.

Gw baru kali ini daftar CPNS Departemen Pemerintahan. Aihhh matee ternyata ribet yaa? Salut ma temen2 yg dah pada apply. Salah satu yang diperluin buat daftar adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (dulu namanya Surat Keterangan Kelakuan Baik). Ini nii yang dibutuhin:

1. Surat pengantar dari RT (cuma perlu nama ma alamat kita doang. Harusnya gratis)

2. Surat pengantar dari RW. Kerjanya Pak RT cuma TTD-in surat pengantar dari RT doang. Harusnya gratis.

3. Surat pengantar dari Kelurahan. Nah ini yg sebenernya diperluin ma Kepolisian. Tapi untuk dapetin ini harus ada 1&2 di atas. Ribet? Emang! Pas mau bikin ini cuma diminta KTP asli. Ini juga harusnya gratis. Tapi kemarin dimintain shadaqah per lembarnya 1000.kalo ga mau juga gapapa. Nah kalo temen gw dia sampe ke kecamatan. Tapi ternyata ga perlu kok. Gw bisa langsung ke kepolisian

4. Ke bagian pelayanan SKCK di Polres, bukan Polsek (kalau Jak-Sel di Jl Wijaya II depan Tee Box) bawa surat pengantar kelurahan, Foto kopi KTP, Foto kopi Kartu Keluarga, foto berwarna 4x6 5 lembar. 3 lembar dikasih kesini, 2 lembar dikasi ke bagian sidik jari. Nanti dia kasih kita formulir isian. Ribet banget dah yang dah married. Sampai ditanya tempat tanggal lahir mertua. Gw tanya Ompimpa, dia juga lupa! Haha..

Notes:
Kalau untuk yang perpanjang SKCK (SKCK berlaku 3 bulan) fotonya cuma perlu 3 lembar dan jangan lupa bawa SKCK lama.

5. Ke bagian sidik jari. Disuruh isi perawakan kita sih intinya. Ditanya bentuk hidung, bentuk dahi, bentuk muka, yaelah penting banget nii. Sampai dikasih liat contoh foto untuk masing2 pilihan bentuk. Haha..paling sulit pas ditanya bentuk badan. Pengen banget gw pilih kurus. Akhirnya gw tak tau diri pilih sedang *sambilmenahanperut*. Terus tangannya dikasih tinta buat nempelin sidik jari. Nunggu bentar dikasih kertas segede kartu nama.

6. Ke bagian pelayanan lagi kasih formulir yg dah diisi dan kartu no.5 di atas. Nunggu bentar jadi deh SKCKnya.

7. Kalo lo mau sekalian legalisir Foto kopi dulu 5 lembar terus kasih lagi ke pelayanan. Kalo untuk ini bayar 20k. makes sense yah harganya? Selesaaii..

Notes: jam buka layanan SKCK cuma sampai jam 2 siang.

Kemarin gw ketemu ma anak UI juga angkatan 2006. Jadi gw prosesnya barengan ma dia. Lumayan ada temen ngobrol. Pas mau ke Fatmawati buat cek kesehatan, ternyata dia rumahnya daerah situ. Lucky me =). Makasih ya Anggita Larasati dimanapun lo berada.haha..

Nah gw tinggal tes kesehatan nii. Kemarin pas k Fatmawati dah tutup. Nanya harga Rp222k. sipp!! Kata temen gw sih prosesnya cuma bilang ke resepsionis minta surat keterangan berbadan sehat, bayar, cek kesehatan, udah. Kalo di Fatmawati jadinya 1hari kemudian. Tadinya mau berpaling ke RSUD Tarakan atau Budhi Asih karena mereka buka hari sabtu, tapi gw mau sekalian cek kesehatan yang bener. Yeah right saya jadi parnoan gara2 tumor kemarin.

Good luck bagi yg ikutan Depkeu jugaa..=)

2 comments:

Achie said...

terema kaseh infonya :))

Shintano said...

Sama2 acii.mari bersaing bersama =)

 

All I Wanna Do Is Grow Old With You Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template